Customer Journey: Pengertian dan Alasan Pebisnis Perlu Paham

customer-journey

Pengertian Customer Journey adalah

Apa yang dimaksud dengan customer journey? Jadi, customer journey adalah seluruh pengalaman customer atau konsumen saat berinteraksi dengan suatu perusahaan, mulai dari cara konsumen mengenal produk, layanan bisnis, sampai kapan saatnya konsumen memutuskan melakukan pembelian.

Bagi pebisnis, semua informasi ini sangat penting untuk pengembangan bisnis. Yuk, cari tahu penjelasan lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Customer?

Customer adalah orang atau perusahaan yang melakukan pembelian barang, jasa, atau membeli layanan bisnis tertentu. Dengan kata lain, customer sama dengan konsumen atau pelanggan (jika ia sudah langganan berbelanja produk).

Pengertian Customer Journey

Customer journey adalah serangkaian aksi atau tindakan yang konsumen lakukan mulai dari mengetahui kebutuhan mereka, mencari produk yang sesuai, sampai akhirnya melakukan pembelian dan mengulang pembelian di masa mendatang (repeat order).

Banner-ireap-pro

Pebisnis perlu mengetahui rangkaian perjalanan customer tersebut untuk bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Selain itu, masih ada beberapa keuntungan dan manfaat jika Anda sebagai pebisnis memahami dengan baik mengenai customer journey, di antaranya:

Kenapa Pebisnis Perlu Memahami Customer Journey?

1. Mempelajari Perjalanan Customer dari Mengenal Produk Sampai Melakukan Pembelian

Mengetahui secara jelas customer journey memungkinkan Anda mengetahui apa saja yang membuat konsumen tertarik dengan produk Anda.

Misalnya dari mana mereka mengenal produk dan bisnis Anda? Mengapa mereka tertarik? Bahkan, Anda juga bisa mencari tahu, faktor penentu yang membuat konsumen memutuskan membeli produk Anda.

2. Memahami Pola Pikir Customer dan Cara Mereka Mengambil Keputusan untuk Membeli Produk

Memahami customer journey juga memudahkan Anda mendapatkan berbagai informasi pendukung dan insight yang berhubungan dengan pola pikir konsumen.

Apa tujuan mereka melakukan pembelian? Mengapa mereka memutuskan membatalkan pembelian? Atau Bagaimana perasaan mereka saat berinteraksi dengan brand Anda?

Kenapa Harus Paham Customer Journey?

3. Mengenal dan Mengetahui Kebutuhan Customer

Dengan adanya customer journey, Anda jadi lebih mengenal dan mengetahui siapa konsumen Anda, termasuk kebutuhan mereka yang paling krusial.

Ingat, bisnis yang sukses adalah bisnis yang mampu memberikan solusi untuk permasalahan yang dihadapi konsumen dan memenuhi kebutuhan mereka.

Ketika sudah mengetahui apa saja hal yang dibutuhkan konsumen, Anda pun jadi lebih bisa menerapkan strategi promosi dan melakukan pemasaran yang efektif dan efisien.

Dengan cara ini pula, konsumen akan mengingat Anda sebagai brand yang memperhatikan kebutuhan mereka.

4. Memudahkan dalam Pemetaan Sales Funnel

Customer journey juga penting untuk pemetaan sales funnel. Sales funnel adalah cara efektif untuk meningkatkan penjualan.

Di dalam aktivitas pemetaan sales funnel, Anda perlu membuat tahapan atau strategi yang paling potensial sehingga target penjualan tercapai.

Banner-ireap-pro

5. Berguna Saat Menyusun Strategi Marketing

Customer journey juga sangat berguna dalam penyusunan strategi marketing. Anda akan dapat menyesuaikan pemasaran seperti apa yang paling tepat untuk menjangkau target pelanggan, media iklan apa yang paling potensial, jenis iklannya, dan sebagainya.

Dengan catatan, Anda sudah punya data lengkap mengenai pengalaman pelanggan sebelumnya, mulai dari pertama mereka tahu produk Anda, melakukan riset, batal beli, lalu melihat iklan Anda, dan akhirnya tertarik untuk melakukan pembelian.

Dalam proses penyusunan strategi ini, Anda juga bisa menentukan retargeting dan remarketing untuk pelanggan lama yang sudah tidak pernah membeli lagi, calon pelanggan yang belum pernah melakukan pembelian, atau untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.

Berguna Saat Menyusun Strategi Marketing

6. Membantu Pebisnis untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Customer

Customer journey bisa pula dikatakan sebagai upaya untuk mengenal konsumen lebih dekat. Sama seperti pepatah, jika tak kenal maka sulit akan sayang.

Nah, kalau Anda mengenal konsumen dengan baik, memenuhi kebutuhan mereka, tahu cara menyenangkan mereka, maka loyalitas pelanggan terhadap brand dan produk Anda pun akan meningkat.

Pelanggan loyal bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan lagi lho. Mereka akan dengan senang hati merekomendasikan bisnis Anda kepada orang-orang yang mereka kenal.

7. Membantu Bisnis Menyediakan Produk yang Dibutuhkan Customer

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang mengerti dan tahu dengan pasti produk seperti apa sih yang dibutuhkan konsumen dan berapa harga yang cocok sehingga konsumen mampu membelinya.

Untuk bisa sampai pada tahap pemahaman tersebut, Anda perlu membangun interaksi yang intens demi mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan. Salah satu caranya dengan memanfaatkan customer journey.

Lalu selanjutnya, Anda pun bisa menyediakan produk-produk yang memang dibutuhkan konsumen. Perputaran produk yang cepat akan memberi dampak bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan bisnis dibandingkan produk yang susah jualnya.

Nah, Anda sudah mengenal apa itu customer journey dan manfaat customer journey. Agar bisa membuat customer journey, masih ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari. Yuk, lanjutkan membaca artikel berikutnya: 6 Tahapan Customer Journey dan Contohnya.

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp
contact whatsapp