5 Bisnis Modal Kecil Untung Besar Mudah Dilakukan

Small Capital Business with Big Profits


Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Membuka bisnis dapat menjadi pilihan Anda untuk menghasilkan uang dalam waktu pandemi seperti ini. Siapa yang akan berpikir dengan membuka bisnis modal kecil, Anda bisa mendapatkan untung besar. Anda tidak perlu membuka bisnis besar untuk mendapatkan keuntungan besar, karena ada juga banyak yang dapat menuai keuntungan besar dari bisnis yang dapat dilakukan semua orang.

Meskipun Anda memiliki dana yang cukup besar, tetapi pertimbangan bisnis modal kecil adalah persyaratan penting untuk menghindari kerugian jika terjadi kegagalan. Selain itu sebagian besar menginginkan bisnis yang dapat dilakukan dari rumah.

Baca juga: Peluang Usaha Makanan Kekinian Paling Laris

Pengertian Bisnis Modal Kecil

Berdasarkan Keputusan Presiden No. 99 tahun 1998 pengertian usaha kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”

Dengan persyaratan yang termasuk dalam Keputusan Presiden termasuk:

  • Kekayaan bersih maksimum sebesar Rp. 200.000.000, -, tidak termasuk tempat usaha dan tanah.
  • Penjualan tahunan maksimum sebesar Rp. 1.000.000.000 (satu miliar rupiah).

Bahkan hari ini ada begitu banyak anak muda yang lebih senang melakukan peluang bisnis modal kecil untung besar yang dapat dengan mudah diperoleh di internet.

Mengapa ini disebut bisnis modal kecil yang menjanjikan? Karena contoh bisnis ini cukup hanya membutuhkan modal uang yang sangat sedikit. Biaya operasional terbesar yang dibutuhkan oleh bisnis ini adalah waktu dan kreativitas.

Banner-ireap-pro

Daftar Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Usaha yang menjanjikan dapat digunakan sebagai bisnis sampingan atau utama dan bisa dijalankan oleh siapa pun.
Berikut adalah ide bisnis rumahan modal kecil untung besar dengan potensi pendapatan yang menggiurkan bahkan dengan modal minimal.

1. Youtuber

Saat ini siapa yang tidak tahu dengan YouTube. Dari orang dewasa hingga anak-anak sudah mengetahui situs berbagi video ini.

Mengapa saya meletakkan YouTube di nomor satu? Karena layanan gratis dari Google terbukti memberikan jumlah pendapatan yang tidak sedikit, bahkan Youtuber dapat menuai penghasilan hingga ratusan juta rupiah per bulan.

Dan ini jelas merupakan bisnis modal kecil yang bisa menjadi miliarder juga, dengan penghasilan yang besar.

Buat wanita remaja atau ibu rumah tangga, tema video memasak, atau makeup atau kecantikan bisa menjadi pilihan tema yang tepat.

Selain itu, ada juga tema tutorial tentang cara berpakaian yang menarik untuk harian, kuliah, pertemuan sosial, ke kantor adalah ide video yang banyak ditunggu oleh para audiens.

Baca juga: Peluang Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan & Mudah

Ada juga teknik perbaikan alat-alat listrik seperti radio, komputer, televisi, AC juga dapat digunakan sebagai tema video untuk YouTube.

Apalagi jika Anda adalah teknisi listrik atau elektronik, selain mampu membuka layanan perbaikan peralatan elektronik, Anda juga bisa menjadi YouTuber.

Demikian juga jika Anda seorang teknisi kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil.

Teknik memperbaiki bagian-bagian rumah seperti membuat dekorasi dinding, memasang dekorasi langit-langit, membuat tangga unik, membuat kolam ikan, dapat juga digunakan sebagai ide untuk membuat video yang dinikmati oleh penonton.

Hampir semua kegiatan yang Anda lakukan dapat digunakan sebagai cerita dalam video untuk YouTube.

Peralatan yang dibutuhkan juga sederhana. Dengan smartphone Anda dapat merekam video dan untuk mengedit video menggunakan aplikasi video editor yang banyak beredar di appstore.

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk Baru

2. Bisnis Online

Dengan semakin mudah dan murahnya koneksi internet serta gadget, menjadikan bisnis online tumbuh dengan cepat.

Bisnis online adalah cara untuk mendapatkan uang dari internet dengan melakukan beberapa kegiatan. Ada banyak bisnis online, yang akan dijelaskan di bawah ini.

Singkatnya, Anda bisa mendapatkan uang dari YouTube, blog, menjual produk atau jasa melalui internet dan banyak lainnya.

Beberapa sumber pendapatan Internet, seperti: AdSense (terutama untuk blog dan video), ClickBank, Amazon, dll.

Mendapatkan uang dari internet adalah bisnis modal kecil untung besar, di mana Anda hanya perlu laptop dan koneksi internet.

Tetapi kemampuan Anda dalam pemasaran juga sangat dituntut. Anda dapat mempelajari secara autodidak dengan banyak tutorial yang dapat dibaca di internet secara gratis.

Baca juga: Contoh Strategi Pemasaran Brand Ternama

3. Bisnis Menjadi Dropshipper

Dropship adalah bisnis menjual barang atau produk yang bukan milik Anda, tetapi Anda dapat menaikkan harga atau mendapatkan komisi penjualan dari pemilik produk.

Selain itu, Anda juga tidak perlu mengurus produknya, termasuk manufaktur dan pengiriman, karena pemilik produk yang akan melakukannya.

Bisnis ini adalah bisnis tanpa modal yang sangat cocok untuk pemula.

Anda dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja hanya dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet.

Sebagai dropshipper / reseller, pekerjaan Anda adalah mencari pembeli dari produk yang akan Anda tawarkan.

Jika pembeli setuju dengan harga yang Anda tawarkan, maka pembeli dapat mengirimkan uang sesuai dengan penawaran harga produk.

Kemudian, Anda melakukan komunikasi dengan pemilik produk dan memberi tahu transaksi dan mengirimkan uang sebesar harga yang Anda dapatkan dari pemilik produk.

Dan pemilik produk segera menyiapkan barang yang akan dikirim langsung ke pembeli.

Oleh karena itu, seperti dropshipper atau reseller, Anda dapat memperoleh manfaat dari perbedaan harga antara pembeli dan pemilik barang.

Ini adalah usaha kecil yang menjanjikan dan dapat dilakukan dari rumah atau dari mana saja dengan sarana gadget atau smartphone.

Baca juga: Cara Menghitung Harga Jual Produk Anda agar Mendapatkan Untung Besar

4. Bisnis Kuliner

Bisnis rumahan membuka usaha makanan. Itu mungkin terdengar klasik atau umum sebagai bisnis rumahan. Tetapi makanan dan minuman kali ini dalam perspektif yang berbeda.

Di mana Anda harus dapat memanfaatkan keberadaan aplikasi pesan makanan online, seperti GoFood dan GrabFood.

Sekarang, dengan adanya pesanan makanan secara online, semakin banyak pemilik bisnis kuliner rumahan yang omsetnya meningkat.

Ini karena pembelian tidak hanya berasal dari pelanggan yang mampir ke kios atau warung. Tetapi juga dari mereka yang memesan melalui layanan aplikasi online.

Tentu saja, yang perlu Anda lakukan adalah membuat menu makanan dan minuman menarik dari semua aspek, seperti rasa, warna, bentuk, kemasan, hingga harga.

Kemudian lakukan kerja sama dengan aplikasi layanan pesan makanan tersebut.

Anda harus dapat mempertahankan kualitas produk dan layanan untuk selalu mendapatkan pesanan.

Ada banyak jenis bisnis makanan rumahan dengan modal kecil yang dapat dilakukan misalnya Baso, Ayam Bakar, Ayam Penyet, Jus Buah, Sate, Siomay, Gado-gado, dan lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

5. Bisnis Jasa Fotografer

Bisnis yang masih menguntungkan adalah layanan pemotretan atau fotografi.

Untuk acara-acara penting seperti pernikahan, reuni, pertemuan masyarakat, menggunakan layanan fotografer sangat menguntungkan.

Karena foto yang dihasilkan cenderung berbeda jika semua foto dilakukan sendiri.

Fotografer biasanya pintar dalam mengambil momen yang sulit dilakukan saat selfie. Misalnya foto-foto candid yang diambil secara bersembunyi membuat mereka yang melihatnya tersenyum sendiri.

Untuk menjalankan peluang bisnis yang menguntungkan ini, Anda harus memiliki pengetahuan dalam menggunakan kamera.

Yang terbaik adalah menggunakan kamera SLR, yang sekarang sudah menjadi peralatan umum.

Lakukan promosi dengan optimal baik secara mulut ke mulut, menggunakan pamflet, spanduk bahkan di situs web dan media sosial.

Promosi online menggunakan blog dan medsos seperti IG, FB atau Twitter saat ini juga cukup efektif.

Karena calon pelanggan dapat melihat hasil karya Anda dan menilai seberapa profesional bisnis Anda.

Untuk mendapatkan banyak calon pelanggan, Anda harus secara rutin memperbarui medsos Anda dengan foto-foto terbaru kegiatan Anda, sehingga follower Anda semakin terpengaruh untuk mencoba layanan Anda.

Banner-ireap-lite-free