Home » Tips Bisnis » 10 Ide Bisnis Modal 1 Juta Untung Besar

10 Ide Bisnis Modal 1 Juta Untung Besar

bisnis-modal-kecil-untung-besar

Ide Bisnis Modal Satu  Juta Untung Besar

Modal 1 juta usaha apa ya? Mungkin pertanyaan ini muncul dalam kepala Anda saat ingin mencoba memulai bisnis. Di artikel iReap POS kali ini, Anda bisa menemukan rekomendasi ide bisnis modal kecil yang bisa mendatangkan keuntungan besar. Apa saja? Yuk, baca sampai selesai.

10 Ide Bisnis Modal 1 Juta Untung Besar

1. YouTuber Short Video

Dengan modal satu juta, Anda bisa membeli smartphone yang memiliki kamera bagus. Lalu buatlah video-video pendek yang menghibur dan menyenangkan. Kemudian, tayangkan video Anda di YouTube Short.

Mulai Februari 2023 ini, menjadi kreator di YouTube Short bisa menghasilkan uang. Nantikan ulasan lengkapnya di artikel selanjutnya dalam website ini ya.

2. Content Creator

Hampir sama dengan ide bisnis di nomor satu, Anda juga bisa menjadi content creator dan menghasilkan untung besar hanya bermodal ponsel.

Content creator adalah orang yang membuat konten untuk ditayangkan di media sosial. Misalnya, membuat video review produk, konten edukatif, konten yang menghibur, video how-to, dan masih banyak lagi.

Untuk memulainya, Anda perlu punya skill dasar membuat desain, infografis, dan menulis caption di media sosial.

Berapa penghasilan content creator? Ini tergantung usaha dan kerajinan Anda. Jika sehari Anda bisa membuat 3 konten saja seharga Rp100.000,- dikalikan 30 hari, maka Anda bisa mendapatkan penghasilan sebesar Rp9.000.000,- dalam satu bulan.

3. Usaha Laundry

Ide Usaha Laundry

Jika di rumah sudah ada mesin cuci, Anda bisa memulai usaha laundry hanya dengan modal 1 juta saja lho. Cara memulainya, sebagian uang modal belikan deterjen dan pewangi, sikat baju, setrika, dan timbangan digital.

Jangan lupa, sediakan juga dana untuk mempromosikan usaha laundry Anda. Misalnya, membuat papan reklame yang dipasang di depan rumah, sehingga orang tahu kalau Anda buka usaha laundry. Lalu mempromosikan bisnis juga perlu dilakukan dengan cara memberi info ke tetangga dan kenalan mengenai usaha Anda ini.

Keuntungan bisnis laundry akan terlihat kalau Anda pintar mempromosikan bisnis, hasil cucian bersih dan wangi, serta bisa melayani pelanggan dengan baik.

Kalau harga per kilo laundry adalah 20 ribu dan dalam sehari Anda bisa menerima 10 kilo, maka penghasilan kotor Anda sudah 200 ribu per hari. Lumayan banget, kan?

4. Bisnis Gorengan / Jajan Pasar

Menjalankan bisnis gorengan atau jajan pasar juga menguntungkan dan bisa Anda mulai hanya dengan modal 1 juta. Dengan catatan, Anda sudah punya peralatan memasak dan membuat gorengan di rumah ya.

Lalu belilah bahan-bahan untuk membuat gorengan. Jika baru pertama, cukup buat 2-3 jenis gorengan saja yang bahannya serupa, misalnya pisang goreng, tahu isi dan bakwan goreng.

Memasarkannya bagaimana? Anda bisa menitipkan gorengan bikinan Anda di warung-warung terdekat, ke kantin sekolah atau perusahaan.

Dengan cara ini, Anda bisa meminimalkan kerugian. Nanti kalau usaha sudah semakin maju dan modal terkumpul banyak, Anda bisa mengembangkan usaha dengan membangun gerai gorengan sendiri.

5. Dropshipper

Menjadi dropshipper juga bisa mendatangkan keuntungan besar. Anda hanya perlu rajin menjualkan produk orang lain. Keuntungan yang Anda dapatkan bisa berupa selisih harga atau dari komisi penjualan yang diberikan oleh pemilik produk.

Bagaimana cara menjadi dropshipper? Cukup gunakan smartphone yang memiliki koneksi internet. Lalu cari toko online yang menerima dropshipper dan mulailah membuat toko online Anda sendiri di e-commerce yang sudah terkenal, misalnya di Shopee atau Tokopedia.

Nanti kalau ada yang ingin membeli produk, Anda tinggal menghubungi pemilik produk, melakukan pembayaran, dan produk akan langsung dikirim ke pelanggan Anda oleh pemilik produk.

Banner-ireap-pro

6. Admin Sosial Media

Salah satu profesi yang saat ini cukup menjanjikan keuntungan adalah menjadi admin media sosial. Cukup banyak toko online yang mencari admin untuk mengelola media sosial mereka.

Nah, kalau Anda punya kemampuan membuat konten dalam bentuk video atau gambar, bisa membuat caption jualan yang menarik, maka tak ada salahnya Anda mencoba bisnis ini.

Dengan modal 1 juta, Anda beli dulu ponsel yang bisa membantu Anda bekerja. Kemudian, coba tawarkan jasa Anda untuk menjadi admin media sosial di berbagai toko online. Gaji untuk seorang admin media sosial antara 2 juta hingga 5 juta Rupiah per bulan.

7. Bisnis Frozen Food

Ide Bisnis Frozen Food

Memulai bisnis frozen food dari rumah juga bisa dengan modal 1 juta. Awalnya, gunakan freezer dari lemari es di rumah dulu dan siapkan frozen food yang banyak digemari tetangga sekitar rumah. Kemudian mulailah menawarkannya kepada para tetangga.

Usahakan perputaran uangnya cepat sehingga Anda bisa mengumpulkan modal lebih banyak untuk memperbesar bisnis frozen food ini.

Keuntungan yang Anda dapatkan bisa dari selisih harga beli dan harga jual produk. Jangan lupa, hitung juga biaya listrik dan penyimpanan produk ya.

8. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah jenis bisnis yang membayar jasa seseorang untuk menjualkan produknya. Saat ini, cukup banyak e-commerce dan brand besar yang menerapkan sistem affiliate marketing.

Ini bisa jadi peluang yang bagus untuk mendapatkan penghasilan dan keuntungan besar, asalkan Anda menekuninya dengan benar. Apalagi bisnis ini bisa Anda jalankan cukup menggunakan ponsel harga satu jutaan.

Cara memulainya, daftarkan diri Anda di penyedia affiliate marketing atau Anda bisa menghubungi tim support iReap POS jika ingin jadi partner pemasaran aplikasi kasir toko. Pelajari sistemnya, kemudian mulailah menjualkan produk yang ditentukan. Komisi atau penghasilan yang Anda dapatkan berasal dari jumlah produk yang berhasil Anda jual.

9. Penerjemah

Era digital membuka peluang yang sangat luas untuk seorang penerjemah. Bahkan Anda bisa mendapatkan pelanggan dari luar negeri yang membutuhkan penerjemah profesional untuk menerjemahkan berbagai tulisan ke dalam bahasa yang mereka butuhkan.

Kalau Anda punya kemampuan berbahasa asing, manfaatkan saja untuk membuka jasa penerjemahan teks atau translator. Bahkan di industri hiburan pun kebutuhan akan penerjemah masih terbuka lebar, misalnya untuk menerjemahkan drama Jepang atau Korea ke bahasa Indonesia, dan sebagainya.

Standar gaji penerjemah beragam, tergantung skill dan bahasa asing yang Anda kuasai, namun berkisar antara Rp3.000.000 untuk penerjemah pemula hingga Rp8.000.000 untuk penerjemah berpengalaman.

10. Bisnis Pre-order

Bisnis terakhir yang bisa Anda jalankan hanya dengan modal satu juta, bisa berupa bisnis pre-order. Modal tersebut baru Anda gunakan ketika sudah ada seseorang yang mau memesan produk Anda.

Misalnya, Anda membuka Pre Order kue kering atau bisnis hampers. Begitu ada yang melakukan pemesanan dan melakukan pembayaran, baru Anda membuatkan pesanan mereka.

Bisnis pre-order selain menguntungkan juga risikonya minimal lho. Bahkan bisa Anda jalankan tanpa modal sama sekali. Sebab, pelanggan yang melakukan pemesanan harus membayar duluan baru pesanan bisa diproses.

Tips Memulai Bisnis Bisa Sukses

Mau menjalankan bisnis apa pun, asalkan Anda punya niat yang kuat, perencanaan yang bagus, dan pencatatan keuangan yang baik, maka berpotensi mencapai kesuksesan. Beberapa tips sukses berbisnis yang bisa Anda terapkan, antara lain:

  • Fokus hanya pada satu bidang bisnis dulu. Artinya, kalau Anda sudah memulai bisnis gorengan, fokus saja dulu menjalankannya sampai hasilnya sudah menunjukkan pengembangan yang bagus. Jangan tergoda menjalankan bisnis lain, selama bisnis pertama belum benar-benar stabil.
  • Kuasai pengetahuan pendukung yang membantu Anda menjalankan bisnis dengan baik. Maksudnya, saat memulai bisnis laundry misalnya, Anda tidak cuma harus menguasai bagaimana mencuci baju yang bersih dan cepat kering, tetapi harus tahu cara promosi, cara melayani pelanggan, bahkan pembukuan.
  • Miliki pencatatan bisnis yang baik. Dengan modal yang terbatas, yaitu hanya modal 1 juta, ya Anda harus berhati-hati dalam mengelola keuangan. Untuk itu, miliki sistem pencatatan yang memudahkan Anda mengelola keluar masuk uang. Untuk itu, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir gratis iReap POS.
  • Terus belajar dan pantang menyerah juga harus Anda miliki. Jangan segan untuk belajar dari orang lain atau dari berbagai buku. Cari tahu sebanyak mungkin hal-hal baru yang bisa mendukung bisnis Anda berkembang. Selain itu, wajib pantang menyerah ya. Sebab, akan selalu ada tantangan yang mesti Anda taklukkan dalam perjalanan menjalankan bisnis.

Dengan modal satu juta, ada banyak ide bisnis yang bisa Anda jalankan. Contohnya seperti ide bisnis modal 1 juta di atas. Oh ya, masih banyak lagi ide bisnis yang bisa Anda coba, terutama kalau ingin menjalankan usaha dari rumah. Cek di sini rekomendasinya yuk: 25 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pemula Terbaru Tahun 2023.

Oh ya, saat menjalankan bisnis agar bisa sukses dan mendapatkan keuntungan yang besar, Anda harus mengenali siapa pelanggan Anda. Untuk itu, Anda juga perlu membaca tentang Pengertian dan Alasan Pebisnis Perlu Paham Customer Journey.

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp ireap pos