25 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pemula Terbaru Tahun 2023

ide-bisnis-untuk-pemula

25 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pemula Terbaru

Apa saja ide bisnis modal kecil untuk pemula? Mungkin pertanyaan ini yang terlintas dalam pikiran Anda saat mau memulai usaha.

Beberapa ide bisnis bagi pemula, misalnya ide bisnis kreatif, personal shopper, personal trainer, bisnis frozen food, makeup artist, jadi content creator, dan sebagainya.

Nah, di artikel ini, Anda bisa menemukan 25 ide bisnis modal kecil yang cocok untuk pemula dan pastinya menguntungkan. Yuk, baca sampai selesai.

25 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pemula yang Menguntungkan

Ada banyak ide bisnis modal kecil yang cocok bagi Anda yang baru pertama kali memulai bisnis. Berikut beberapa ide bisnis yang bisa Anda coba dan masih menjanjikan keuntungan di tahun 2023 ini.

1. Bisnis Kreatif

Bisnis kreatif adalah jenis usaha yang memproduksi dan menjual berbagai kerajinan tangan, seperti aksesoris, hiasan dinding, tatakan piring dan gelas, atau souvenir untuk berbagai acara.

Memulai bisnis ini bisa kok hanya dengan modal kecil, bahkan bisa tanpa modal kalau menggunakan sistem pre-order. Selain itu, Anda perlu punya keterampilan untuk membuat berbagai macam kerajinan dan kreativitas yang tinggi.

2. Personal Shopper

Menjadi personal shopper merupakan salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Cara kerjanya, Anda membantu orang lain membelikan berbagai produk yang dibutuhkannya. Misalnya, membelikan pakaian, perhiasan, furniture, atau produk lainnya.

Menjalankan bisnis ini bisa juga tanpa modal lho. Sebab, pengguna jasa personal shopper biasanya melakukan pembayaran terlebih dahulu, baru kemudian Anda membelikan produk sesuai pemesanan.

3. Makeup Artist

Makeup artist adalah salah satu profesi yang bisa jadi ide bisnis tahun 2023 ini.

Peluangnya cukup besar, mengingat banyak orang ingin tampil cantik dan menawan pada momen tertentu, seperti pernikahan, ulang tahun, atau saat mau menghadiri acara resmi lainnya.

Selain itu, industri televisi, iklan, teater, juga butuh makeup artist untuk merias wajah para artis atau talent mereka.

Modal menjalankan bisnis ini, perangkat makeup, kemampuan merias wajah, serta kemampuan mempromosikan bisnis.

4. Desain Grafis

Desainer grafis perlu memiliki keahlian dalam menggunakan berbagai teknik desain, seperti typography, ilustrasi, dan fotografi untuk menciptakan karya yang estetis dan efektif dalam menyampaikan pesan.

Jenis pekerjaannya, antara lain membuat logo, poster, brosur, infografis, atau materi iklan. Baik untuk iklan digital maupun iklan cetak.

Ide bisnis ini sedang naik daun di era digital seperti sekarang dan banyak dicari oleh para pelaku bisnis.

5. Penjahit

Bila Anda memiliki keahlian dalam bidang menjahit, ada beberapa ide bisnis yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Membuka toko menjahit di tempat yang strategis dan menyediakan layanan untuk menjahit sesuai dengan kebutuhan konsumen, seperti jahit pakaian, perbaikan pakaian, dan jahit aksesoris.
  • Membuat produk jahitan yang unik dan personal seperti baju, aksesoris, topi, tas, boneka, selimut, sprei, dan produk lainnya. Kemudian, produk dijual secara online.
  • Membuat pakaian untuk acara khusus, seperti pernikahan, acara formal, atau acara-acara lainnya yang membutuhkan pakaian yang sesuai dengan tema dan karakter.
  • Bekerja sama dengan brand tertentu untuk membuat pakaian dengan desain yang sesuai dengan karakter brand tersebut. Misalnya, jahit seragam karyawan.
  • Membuat produk jahitan, seperti bendera, spanduk, atau produk jahit lainnya untuk perusahaan atau organisasi.
  • Membuka kursus menjahit untuk orang yang ingin belajar menjahit.

6. Konsultan Bisnis

Punya pengetahuan yang mumpuni seputar bisnis, pemasaran, manajemen, atau strategi pengembangan usaha? Jika iya, ada ide bisnis yang cocok untuk Anda, yaitu menjadi konsultan bisnis.

Untuk memulai bisnis ini, Anda memerlukan kemampuan berkomunikasi yang baik, jaringan atau networking yang luas, memiliki sertifikat pendukung, dan bisa mempromosikan jasa Anda untuk mendapatkan pelanggan.

7. Clothing Line

Bisnis pembuatan dan penjualan pakaian disebut clothing line. Ada beberapa aspek yang harus Anda miliki bila ingin menjalankan ide bisnis ini, antara lain:

  • Anda perlu mengetahui selera dan kebutuhan pasar terkait dengan pakaian yang ingin Anda jual. Ini bisa dilakukan dengan mengamati tren fashion saat ini, melakukan survei, dan mengenali siapa kompetitor Anda.
  • Mampu membuat desain koleksi pakaian yang unik dan sesuai dengan tren serta kebutuhan pasar. Anda juga perlu mempertimbangkan biaya produksi dan harga jual yang sesuai.
  • Sudah memiliki rancangan untuk strategi promosi yang efektif untuk mengenalkan produk Anda ke pasar. Meliputi pemasaran online dan offline, mengikuti pameran, atau bekerja sama dengan toko pakaian lainnya.
Ide Bisnis Modal Kecil Sebagai Personal Trainer

8. Personal Trainer

Menjadi seorang personal trainer juga berpotensi mendatangkan keuntungan, apalagi ide bisnis ini juga cocok dijalankan oleh pemula.

Modalnya, harus punya spesialisasi dalam bidang tertentu beserta sertifikat pendukung. Misalnya, menjadi personal trainer di bidang olahraga, dan sudah memiliki lisensi ACE, NASM, atau NSCA.

Guna lisensi tersebut sebagai nilai tambah yang menunjukkan Anda memang kompeten di bidang tersebut.

9. Toko Kebutuhan Pet

Fokus ide bisnis membuka toko kebutuhan pet adalah menyediakan berbagai produk dan layanan yang dibutuhkan hewan peliharaan, seperti makanan, peralatan, aksesoris, dan layanan perawatan.

Anda bisa memanfaatkan ruang kosong yang ada di rumah terlebih dahulu, kemudian menyiapkan berbagai produk yang laku.

10. Bisnis Thrift Shop

Apabila Anda memiliki hobi mengumpulkan barang bekas yang unik, maka ide bisnis thrift shop cocok untuk Anda coba.

Thrift shop biasanya menjual barang-barang bekas yang masih bagus dan layak digunakan, seperti pakaian, perabotan rumah tangga, buku, elektronik, dan sebagainya.

Selain berbentuk toko fisik, Anda bisa memulai bisnis ini dengan cara berjualan secara online.

11. Personal Assistant

Memiliki hobi pengaturan jadwal bisa juga jadi ide bisnis yang profesional, yaitu menjadi seorang personal Assistant atau sekretaris virtual.

Beberapa tugas yang Anda lakukan sebagai sekretaris virtual, antara lain layanan administratif dan manajemen waktu bagi individu atau perusahaan.

Dalam hal ini, termasuk mengatur jadwal, mengatur perjalanan, menangani email, mengatur pembayaran, dan mengelola proyek.

12. Voice Over

Mempunyai suara yang indah tidak hanya berpeluang menjadi penyanyi atau penyiar radio saja, namun Anda juga bisa menjadi seorang voice over.

Ide bisnis ini sangat menjanjikan hingga beberapa tahun ke depan, bahkan bisa mendatangkan keuntungan besar. Apalagi kalau yang menggunakan jasa Anda adalah layanan streaming berbasis pelanggan, seperti Netflix, Disney Hotstar, Amazon Prime Video, HBO Go, dan lain-lain.

13. Streamer untuk Olshop

Menjadi streamer untuk olshop berarti Anda membantu memasarkan dan menjual produk dari suatu toko online.

Jadi, Anda perlu melakukan live streaming untuk mempromosikan dan menjual produk secara live.

Keuntungan yang Anda dapatkan bisa berupa komisi penjualan, gaji, atau selisih antara harga jual dan harga beli.

14. Sticker Custom

Sticker custom biasanya dibutuhkan untuk membuat stiker promosi produk, label nama, atau jenis sticker lainnya. Anda perlu memiliki mesin pembuat stiker yang bisa menghasilkan stiker berkualitas terbaik.

Selain itu, perlu kemampuan mendesain karena kadang ada pelanggan yang sekaligus minta dibuatkan desain untuk stiker yang mau ia buat. Bisnis ini bisa kamu jalankan secara offline maupun online.

15. Penitipan Anak

Bisnis ini dapat Anda lakukan dengan cara membuka daycare atau baby-sitting service. Daycare biasanya menyediakan fasilitas dan layanan, mulai dari makan, tidur, dan aktivitas untuk anak-anak. Sementara, baby-sitting service memberikan layanan perawatan anak di rumah orangtua.

16. Penitipan Hewan

Ide bisnis penitipan hewan adalah jenis usaha yang menyediakan jasa penitipan hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, burung, kura-kura, dan lain-lain.

Biasanya, orang akan mencari tempat penitipan hewan ketika mereka terlalu sibuk sehingga tak sempat mengurus hewan peliharaan dengan baik.

Bisa pula karena pemiliknya mau bepergian untuk waktu yang cukup lama. Layanan yang harus Anda sediakan berupa pemberian makanan dan minuman secara teratur, perawatan kesehatan, menyediakan berbagai aktivitas bagi hewan peliharaan, serta memberikan perhatian.

Ide Bisnis Angkringan

17. Angkringan

Bisnis angkringan sering disebut-sebut sebagai ide bisnis yang ekonomis, namun bisa mendatangkan keuntungan besar.

Sebab, menjalankan bisnis ini cukup dengan memanfaatkan rombong untuk tempat memajang makanan dan terpal atau alasan untuk lesehan.

Anda bisa membuka bisnis ini di pinggir jalan yang ramai, dan bisa berpindah ke tempat lain dengan mudah untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Jenis makanan yang biasa dijual, antara lain jajan pasar, gorengan, nasi bungkus, minuman hangat, dan lain-lain.

Misalnya Anda menyediakan jenis makanan yang premium, tetap ciri khas angkringan harus Anda pertahankan supaya para pecinta angkringan mau berkunjung ke angkringan Anda.

18. Hampers

Bisnis hampers adalah bisnis pembuatan bingkisan dalam keranjang atau wadah berhias. Isinya bisa bermacam-macam, seperti kue kering, peralatan makan dan minum, satu set produk skincare, bahkan buku.

Modal yang Anda butuhkan hanya untuk membuat beberapa contoh hampers, melakukan promosi, atau membuat foto produk.

Jika ada yang melakukan pemesanan, maka orang tersebut harus melakukan pembayaran terlebih dahulu, baru pesanan bisa Anda proses.

Untuk lebih jelas tentang ide bisnis hampers ini, Anda bisa membaca beberapa artikel yang khusus mengulas bisnis tersebut. Ini rekomendasinya:

19. Toko Sembako dan Kebutuhan Rumah Tangga

Sembako dan kebutuhan rumah tangga lainnya menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari. Maka, membuka warung sembako skala rumahan masih cukup menjanjikan.

Namun untuk bisa merealisasikan ide bisnis ini, Anda memerlukan modal cukup banyak. Misalnya untuk membeli etalase, membeli berbagai produk sembako, rak untuk memajang produk, lemari pendingin, dan sebagainya.

20. Sewa Peralatan Bayi

Bisnis sewa peralatan dan perlengkapan bayi masih menjanjikan keuntungan besar, mengingat angka kelahiran bayi masih tinggi di Indonesia.

Alasan para ibu memilih menyewa perlengkapan bayi karena lebih hemat dan waktu pemakaiannya pun tidak lama. Beberapa perlengkapan bayi yang biasanya disewakan, antara lain boks bayi, kereta dorong, perlengkapan mandi, lemari pakaian, ayunan, mainan, dan sebagainya.

21. Jasa Spa Panggilan

Jasa spa panggilan artinya Anda menjalankan layanan dan perawatan spa, mulai perawatan rambut, wajah, hingga perawatan tubuh.

Namun dalam menjalankan bisnis ini, Anda tidak membutuhkan tempat khusus. Cukup memiliki peralatan dan bahan-bahan spa saja.

Ketika ada orang yang membutuhkan jasa Anda, maka perawatan dilakukan di rumah orang tersebut. Misalnya untuk sekali perawatan seharga Rp250.000,- hingga Rp350.000,- maka Anda bisa menghitung sendiri.

Berapa penghasilan yang akan Anda dapatkan kalau memiliki 5 pelanggan/hari. Nah, supaya jasa spa panggilan Anda laris manis, tentu harus rajin promosi.

22. Bisnis Fotografi

Bisnis fotografi juga semakin berkembang di era digital seperti sekarang, bahkan jenisnya pun sudah banyak. Anda bisa menentukan spesialisasi bisnis fotografi yang Anda jalankan, misalnya hanya melayani foto produk saja, fotografi untuk new born, studio fotografi untuk semua kebutuhan, dan sebagainya.

23. Service Laptop Panggilan

Peluang bisnis jasa servis laptop ini modalnya kecil banget lho. Hanya butuh peralatan seperti obeng, tespen, dan sebagainya, serta keahlian untuk memperbaiki laptop. Sementara pangsa pasarnya tinggi dan hampir di setiap rumah saat ini ada laptop.

Langkah awal menjalankan ide bisnis ini, bangun dulu personal branding dan lakukan promosi. Misalnya dengan memanfaatkan media sosial, membuat website, menyebarkan brosur, membagikan kartu nama, dan sebagainya. Nanti jika ada pelanggan yang membutuhkan jasa perbaikan laptop, Anda tinggal datang dan melakukan perbaikan di rumah mereka.

24. Penyewaan Kostum

Ide bisnis sewa kostum juga bisa jadi pilihan untuk Anda yang masih pemula. Meskipun bisnis ini sudah banyak pelakunya, namun potensinya masih tinggi dan keuntungan yang didapatkan pun cukup besar.

Untuk tahap awal, Anda bisa memulainya dengan menyewakan pakaian daerah untuk anak-anak. Sebab, inilah pasar potensial dan paling sering menggunakan pakaian adat untuk hari besar tertentu.

Nanti kalau keuntungan sudah terkumpul dan bisa jadi tambahan modal, baru Anda menentukan untuk menyediakan jenis kostum lainnya.

Misalnya, gaun pesta, baju wisuda lengkap dengan topinya, kostum tema tertentu, pakaian adat untuk orang dewasa, dan sebagainya. Kesuksesan bisnis ini terletak pada layanan pelanggan yang baik, koleksi kostum yang lengkap, dan kebersihan kostum.

25. Katering Anak Kost

Ada banyak kisah anak kost yang hidup di perantauan dengan kiriman uang terbatas. Di saat yang sama, mereka juga belum tentu bisa memasak makanan sendiri, kost tidak menyediakan dapur, atau karena tak punya waktu memasak. Akhirnya, mereka akan lebih memilih untuk katering alih-alih membeli makanan sendiri.

Anda yang pandai memasak, bisa memanfaatkan kepandaian tersebut untuk membuka bisnis katering khusus anak kost. Buatlah daftar menu untuk seminggu lengkap dengan harga satu paketnya. Usahakan harganya masih terjangkau dan ramah bagi kantong anak kost.

Lalu, bagikan daftar menu tersebut ke rumah-rumah kost. Andai menu satu hari seharga 40 ribu, maka untuk satu pelanggan Anda akan mendapatkan Rp1.200.000,- Terbayangkan berapa penghasilan kotor Anda dalam sebulan kalau punya 10 pelanggan saja.

Dari 25 ide bisnis di atas, adakah yang membuat Anda tertarik untuk mencobanya? Jika belum ada yang cocok dan masih mencari ide bisnis lain yang lebih menjanjikan dan bisa dimulai tanpa modal, maka Anda perlu membaca artikel berikut ini: 13 Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Tambahan Penghasilan.

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp
contact whatsapp