17 Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

usaha rumahan

17 Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Usaha rumahan adalah bisnis atau usaha yang dijalankan dari rumah. Meskipun penjualannya di lakukan di luar rumah, tetap saja pusat kegiatan usahanya berada dan dijalankan dari rumah. Nah, ada banyak usaha rumahan dengan jualan modal kecil untung besar yang bisa dilakukan dari rumah. Contohnya, desain grafis, dropshipper atau reseller, warung kopi dan indomie, influencer, reviewer, katering, dan sebagainya. Cek ulasan lengkapnya di artikel ini.

Usaha Rumahan yang Menguntungkan di 2023

1. Affiliate Marketing

Saat ini cukup banyak toko online dan e-commerce yang menyediakan program afiliasi atau affiliate marketing. Anda bisa mendaftarkan diri dalam program ini, kemudian mempromosikan produk atau jasa seseorang menggunakan referral link.

Setiap ada orang yang melakukan pembelian dengan klik link referral milik Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi penjualan. Nah, agar banyak orang melakukan klik pada link tersebut, Anda bisa membuat konten, kemudian mempostingnya di media sosial, website, YouTube, atau menyebarkannya ke grup-grup Whatsapp dan Telegram.

2. Laundry Kiloan

Untuk awal, Anda cukup menggunakan satu mesin cuci saja sudah bisa menjalankan usaha rumahan seperti laundry kiloan. Tinggal lengkapi berbagai kebutuhan lain, seperti deterjen, pewangi, dan alat setrika. Nanti kalau sudah ramai dan banyak pelanggan, Anda bisa menambah mesin cuci secara bertahap. Kunci sukses bisnis rumahan ini adalah layanan pelanggan yang baik, cuciannya wangi dan bersih, serta jika memungkinkan sediakan layanan pesan antar.

Misalnya untuk 1 kg cucian seharga 15 ribu, lalu dalam satu hari Anda mendapatkan 10 kg saja, maka dalam sehari penghasilan Anda kurang lebih 150 ribu. Peningkatan penghasilan kotor ini akan sejalan dengan penambahan jumlah pelanggan. Tinggal rajin-rajin saja melakukan promosi, baik di lingkungan sekitar rumah atau untuk lingkungan yang lebih luas.

Jangan lupa catat penghasilan Anda ya. Sebab, usaha yang sukses adalah usaha yang memiliki pencatatan dan pengelolaan keuangan yang bagus. Untuk memudahkan proses pencatatan keuangan, bahkan bisa mencetak struk atau nota untuk pelanggan, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir gratis.

Banner-ireap-pro

3. Desain Grafis

Dengan banyaknya bisnis yang merambah ke dunia digital, maka banyak yang membutuhkan jasa desain grafis untuk berbagai keperluan. Misalnya, membuat konten promosi untuk media sosial, desain banner, undangan, kartu nama, logo usaha, sticker untuk merek dagangan, dan sebagainya.

Nah, kamu yang memang memiliki skill desain bisa mencoba usaha rumahan ini. Modalnya cukup komputer/laptop, printer, akses internet (jika pelanggan melakukan pemesanan melalui online), software desain, dan kemampuan promosi yang baik. Oh ya, kamu juga bisa menawarkan jasamu di situs-situs freelancer yang menyediakan jasa desainer grafis freelance.

4. Jasa Website dan Media Sosial

Salah satu bisnis usaha rumahan yang lagi trend adalah jasa pembuatan website. Di masa sekarang, cukup banyak pemilik bisnis yang ingin membuat website demi memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan penjualan produk dan jasa mereka.

Nah, bermodal komputer/laptop, skill membuat website, termasuk mampu melakukan maintenance website dan optimasi SEO, Anda sudah bisa menawarkan jasa kepada banyak orang. Keuntungannya juga lumayan besar lho, tergantung seberapa banyak layanan yang bisa Anda berikan untuk klien yang memesan website kepada Anda.

5. Dropshipper / Reseller

Usaha rumahan sebagai dropshipper atau reseller sangat mudah pengerjaannya. Anda hanya membutuhkan ponsel dan akses internet untuk mempromosikan produk. Jika ada yang tertarik dengan produk tersebut, maka Anda tinggal melakukan pemesanan dan pembelian ke supplier.

Nanti, supplier akan memproses pesanan barang tersebut, kemudian langsung mengirimkannya kepada pelanggan atas nama toko online milik Anda. Dengan menjalankan usaha rumahan ini, Anda tidak perlu repot stok barang dan tetap mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual. Mau sukses menjalankan bisnis ini, pastikan Anda rajin melakukan promosi dan kelola pelanggan Anda dengan baik.

6. Katering

Katering merupakan salah satu usaha rumahan yang lumayan menjanjikan keuntungan, terutama bagi Anda yang memang senang memasak dan mencoba berbagai variasi menu makanan.

Coba buatlah daftar menu beserta foto-foto makanannya, kemudian promosikan usaha katering Anda ke tetangga di sekitar rumah, ke kampus-kampus yang banyak anak kost, dan ke perkantoran. Selain itu, sediakan juga paket makanan untuk acara tertentu, misalnya arisan, pesta ulang tahun, dan sebagainya.

Agar usaha rumahan ini sukses dan bisa memiliki banyak pelanggan, pastikan selalu menjaga kebersihan dan rasa makanan yang enak, harga yang kompetitif, layanan yang bagus, kualitas dan variasi makanan dan minuman yang beragam.

Usaha Rumahan Sebagai Blogger

7. Blogger

Jika sedang menulis dan memiliki blog pribadi yang aktif, Anda juga bisa memulai usaha rumahan dengan menjadi blogger. Pendapatan seorang blogger berasal dari tulisan yang tayang di blognya, misalnya me-review produk atau jasa dengan bayaran tertentu, menyediakan tempat untuk brand memasang iklan.

Cara lain, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari Google AdSense, iklan dengan sistem pay per click (atau Anda akan mendapatkan komisi dari iklan yang diklik pembaca). Berapa penghasilan blogger? Jika untuk satu tulisan blogger mendapatkan bayaran Rp350.000,- maka jika mendapatkan 10 tulisan, hasilnya bisa mencapai Rp3.500.000,- per bulan.

8. Influencer di Media Sosial

Apakah Anda aktif di media sosial dan memiliki jumlah followers yang banyak? Jika iya, Anda bisa memulai usaha rumahan dengan menjadi influencer media sosial. Cukup bermodalkan ponsel, koneksi internet, dan kemampuan membuat konten yang menarik, maka Anda sudah bisa menjalankan bisnis jasa ini.

Di tahun 2023, akan banyak brand yang tertarik bekerja sama dengan nano influencer untuk mempromosikan dan memasarkan produk di media sosial. Nano influencer adalah influencer yang jumlah followers-nya antara 1000-10.000 pengikut. Jika untuk satu konten Anda menerima bayaran antara Rp150.000,- Rp300.000,- tergantung kualitas dan ketenaran Anda di media sosial.

9. Usaha Rumahan Sembako Online

Sama seperti bisnis makanan yang masih memiliki peluang bagus di tahun 2023, begitu pun dengan berjualan sembako. Semua orang sudah tentu membutuhkan sembako untuk memenuhi kebutuhan harian. Maka, menjalankan usaha rumahan dengan berjualan sembako juga bagus, apalagi keuntungannya lumayan besar.

Cara terbaik memulai usaha rumahan dengan berjualan sembako bisa secara online. Jadi, Anda cukup membuat promosi secara online, produk sembako apa saja yang Anda jual di toko online. Anda baru akan memproses pemesanan jika pelanggan sudah melakukan pembayaran.

Tips sukses usaha rumahan sembako online, buka toko online yang menjual berbagai sembako dengan memanfaatkan e-commerce atau marketplace. Selain tidak perlu modal besar untuk menyediakan tempat, bisnis ini bisa Anda jalankan tanpa perlu mempekerjakan banyak karyawan.

10. Warung Kopi dan Indomie

Pernah tidak ada memperhatikan ada warung kecil di pinggir jalan yang hanya menjual kopi dan Indomie, namun ramainya setengah mati? Ya, ini salah satu peluang rumahan yang bisa dicoba, terutama jika rumah Anda berada di pinggir jalan ramai, atau di daerah padat penduduk.

Anda tinggal menyediakan satu ruang terbuka, lengkap dengan meja dan kursi. Lalu, sediakan rombong untuk memasak dan menyiapkan pesanan. Dengan harga makanan yang ramah di kantong, tersedia WiFi gratis, dan tempat yang buka sampai malam, dijamin warung kopi dan indomie Anda akan ramai pengunjung.

11. Kursus Online dan Les Privat

Di masa pandemi lalu, banyak sekolah yang harus menjalankan kegiatan belajar mengajar secara online. Dengan kata lain, cukup banyak orang yang terbiasa belajar secara online. Ini menjadi peluang bagus bagi Anda yang ingin membuka kursus online atau les private mata pelajaran secara online.

Anda cukup memanfaatkan media, seperti Google Meet, Zoom, Google Classroom, dan sebagainya untuk mengajar murid-murid. Kelasnya bisa Anda selenggarakan perorangan (untuk kelas private) atau kelas kecil 5-10 peserta (untuk kelas umum). Harga kedua kelas juga bisa Anda bedakan ya, misalnya kelas private lebih mahal dari kelas umum.

Banner-ireap-pro

12. Bisnis Hampers

Hampers adalah bingkisan atau hadiah yang ditaruh dalam keranjang atau box berhias dan isinya bisa kue kering, seperangkat alat sholat, peralatan dapur, skincare, dan sebagainya. Bisnis hampers saat ini sedang naik daun dan menjanjikan keuntungan besar.

Untuk Anda yang ingin memulai usaha rumahan, bisnis hampers bisa jadi pilihan. Anda bahkan bisa memulainya tanpa modal lho. Cukup buat beberapa contoh hampers, kemudian promosikan di media sosial. Nanti begitu ada yang pesan dan sudah melakukan pembayaran, baru Anda membuat hampers sesuai pesanan.

Ingin tahu lebih banyak tentang bisnis hampers? Coba pelajari caranya di sini:

  1. Peluang Bisnis Hampers dan Jenis-Jenis Hampers.
  2. Tips Memulai Bisnis Hampers bagi Pemula.
  3. 15 Ide Unik untuk Bisnis Hampers Kekinian.
  4. Ide Bisnis Hampers Lebaran Terbaru.
Usaha Rumahan Persewaan Kostum

13. Persewaan Kostum

Ada banyak acara yang mengharuskan seseorang menggunakan pakaian tertentu, misalnya untuk acara pesta, peringatan hari besar, bahkan wisuda. Otomatis hal ini membuka peluang usaha sewa kostum.

Nah, Anda tinggal memilih fokus bisnis sewa kostum mau apa? Apakah sewa pakaian adat untuk anak-anak dan dewasa? Apakah sewa pakaian wisuda lengkap dengan jubah dan toganya? Nanti sejalan dengan perkembangan usaha, Anda bisa menambah ragam koleksi busana yang bisa Anda sewakan.

14. Bisnis Frozen Food

Punya freezer di rumah atau kulkas yang bagian freezer-nya lebih besar? Coba berdayakan untuk berjualan frozen food. Jenis makanan yang satu ini cukup digemari dan bisa jadi solusi bagi ibu rumah tangga yang ingin menyajikan makanan secara cepat bagi keluarganya.

Keuntungan dari bisnis frozen food adalah selisih harga jual dengan harga beli. Untuk mensiasati agar perputaran modal jadi lebih cepat, Anda bisa fokus menyediakan dan menjual produk yang paling banyak laku. Jangan lupa, sering-sering promosi ya, supaya pertambahan jumlah pelanggan bisa meningkatkan pendapatan usaha.

15. Jasa Titip Beli

Anda pasti pernah dengar tentang bisnis jastip atau jasa titip kan? Kebanyakan bisnis ini untuk membelikan produk dari luar negeri atau luar kota. Pemesan juga harus menitipkan sejumlah uang sebagai uang muka. Dengan konsep yang sama, kenapa Anda tidak mencoba membuka usaha rumahan jasa titip beli?

Jadi, Anda bisa menawarkan jasa untuk membelikan produk kebutuhan harian ke tetangga. Misalnya berbelanja ke pasar, membelikan sembako, dan sebagainya. Pemesanan bisa dilakukan mulai H-2 disertai pembayaran di muka. Setelahnya, Anda tinggal membelikan pesanan mereka dan mengantarkan produknya ke rumah pemesan.

16. Bisnis Kreatif Kerajinan Tangan

Ada banyak ide kreatif yang bisa Anda gunakan untuk membuka usaha rumahan. Apalagi kalau Anda punya keterampilan membuat berbagai kerajinan. Misalnya membuat cover bantal, taplak meja dari rajutan, penutup galon, kartu ucapan, bahkan sticker custom.

Modal untuk memulai bisnis kerajinan tangan tersebut juga kecil, namun bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Cuma memang, menjalankan usaha dari rumah seperti ini membutuhkan kesabaran, kreativitas, dan kemampuan mempromosikan bisnis di media sosial.

17. Salon Rumahan

Semua orang pasti membutuhkan potong rambut, perawatan rambut, atau kalau memungkinkan juga tersedia layanan perawatan wajah. Jika Anda punya keterampilan ini, manfaatkan saja dengan membuka salon di rumah. Cukup sediakan satu ruangan di bagian depan rumah dan peralatan potong rambut.

Kesuksesan bisnis ini terletak pada pelayanan yang ramah, hasil potongan rambut yang bisa menyesuaikan kebutuhan pelanggan, dan kebersihan serta kenyamanan tempatnya.

Dari 17 ide usaha rumahan modal kecil untung besar di atas, mana nih yang menurut Anda berpeluang mendatangkan penghasilan besar? Adakah yang sudah Anda coba? Prinsip dalam memulai dan menjalankan usaha adalah ketelatenan, kesabaran, dan rajin mempromosikan bisnis. Jika masih belum menemukan ide bisnis yang cocok, masih banyak ide lainnya. Misalnya ini: 35 Ide Bisnis Online untuk Pemula di 2023.

Banner-ireap-pro