13 Bisnis Online Tanpa Modal yang Menjanjikan

Promising Online Business Ideas


13 Bisnis Online Tanpa Modal yang Menjanjikan

Siapa bilang seorang pelajar tidak bisa berpenghasilan? Ada banyak macam bisnis yang bisa dilakukan para pelajar, lho! Sebagai pelajar atau mahasiswa, Anda bisa mulai menjalankan beberapa bisnis online tanpa modal.

Cari tahu apa saja bisnis online tanpa modal untuk pelajar, karyawan, hingga ibu rumah tangga yang bisa di kerjakan saat ini. Seru sekali, ya! Anda bisa punya penghasilan tambahan tanpa mengganggu kesibukan lainnya.

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Cara Bisnis Online Tanpa Modal

Cara Bisnis Online Tanpa Modal

Seperti yang telah kita ketahui selama ini, ada banyak alasan kenapa seseorang malas berbisnis, Salah satunya yaitu banyaknya modal yang harus disiapkan. Padahal ada banyak peluang dalam berbisnis, terlebih lagi di masa kini yang serba digital.

Jika Anda tidak memiliki modal uang yang banyak untuk membuka toko atau stand dan lain sebagainya, setidaknya Anda sudah memiliki satu modal yaitu smartphone. Cukup dengan memanfaatkan smartphone atau komputer dan internet yang Anda miliki. Anda sudah bisa membuka bisnis, lho!

Anda bisa membuka bisnis online meskipun belum lulus sekolah atau kuliah tanpa modal. Ada banyak peluang bisnis online tanpa modal saat ini yang harus Anda lakukan salah satunya.

Beberapa inspirasi dan cara bisnis online tanpa modal yang bisa Anda ikuti seperti:

  • Banyak membaca buku tentang bisnis online
  • Membaca beberapa situs yang membahas tentang tips-tips bisnis online seperti iReap News
  • Menonton youtube para influencer bisnis mengenai rekomendasi bisnis online tanpa modal dan terpercaya

Baca juga: Langkah-langkah Jitu Jualan Online untuk Pemula

Setelah itu, Anda perlu segera mengeksekusinya, ikuti tips dan trik dari apa yang sudah Anda baca dan dengar. Salah satunya bisa dengan men-download aplikasi bisnis online tanpa modal di smartphone Anda.

13 Daftar Bisnis Online Tanpa Modal

13 Daftar Bisnis Online Tanpa Modal

Bisnis online kerap dilirik dan dijadikan salah satu cara untuk menghasilkan pendapatan lebih, mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran, maupun ibu rumah tangga.

Selain tidak harus mengeluarkan modal yang besar, bisnis online juga tidak terlalu merepotkan pelakunya karena bisa dikerjakan dari mana saja bahkan hanya dari rumah. oleh sebab itu, banyak yang menekuni jenis bisnis ini.

Baca juga: Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan & Mudah

Apa saja ide bisnis online yang bisa dilakukan tersebut? Simak 13 daftar bisnis online tanpa modal di bawah ini!

1. Dropshipper

Bagi Anda yang sering melakukan belanja online, tentu Anda tidak asing dengan istilah dropship. Dropship adalah jenis usaha tanpa modal di mana Anda dapat menjual barang atas nama Anda, namun produk tersebut dikirimkan oleh pihak lain.

Melalui usaha tanpa modal ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari harga yang sudah Anda tetapkan sendiri. Anda bisa menetapkan harga yang lebih tinggi dari harga aslinya.

Sistem dropship cukup mudah, hanya dengan modal smartphone dan internet ditambah skill promosi Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan. Cukup pasarkan produk yang ingin dijual di sosial media dan e-commerce, maka para pelanggan akan menghubungi Anda untuk membeli.

Baca juga: Contoh Kata-kata Promosi Jualan Online

Bukan hanya itu, dengan menjalankan bisnis sistem dropship Anda tidak perlu memikirkan persediaan sendiri, karena urusan stok dan lain sebagainya telah dipegang oleh pemasok.

Dengan begitu Anda tidak perlu repot dan mengeluarkan budget besar untuk menyewa gudang khusus, pengendalian dan sebagainya. Maka tidak heran jika banyak orang yang meminati jenis usaha online ini.

Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan oleh seorang dropshipper:

  • Cari dan temukan barang yang akan dijual
  • Buat akun di sebuah situs penjualan
  • Buat akun media sosial
  • Promosikan produk yang akan dijual

2. Bergabung dengan Afiliasi

Afiliasi hampir sama dengan dropshipping, yaitu sama-sama jenis bisnis online tanpa modal menjualkan produk pihak lain.

Namun yang berbeda di antara keduanya yaitu cara mendapatkan penghasilannya, dengan sistem afiliasi, besarnya komisi yang di dapat sesuai dengan yang telah disepakati dengan penjual, bisa 25% hingga 50%.

Biasanya program afiliasi mengharuskan Anda untuk mendaftar terlebih dahulu. Kemudian, setelah bergabung, Anda akan mendapatkan kode kupon atau banner. Anda bisa posting dan share banner tersebut di sosial media, website atau media lainnya.

Komisi yang Anda akan dapatkan berdasarkan berapa banyak jumlah pembelian produk yang dilakukan konsumen menggunakan kode kupon Anda.

Kunci dari kesuksesan pelaku bisnis afiliasi ini adalah bagaimana caranya mempromosikan bisnis tersebut dan orang-orang membeli produk menggunakan kode kupon Anda agar mendapatkan persentase komisi yang besar.

3. Membuka Kursus Online

Kursus online semakin diminati semenjak masa pandemi, ini bisa menjadi ide bisnis online tanpa modal yang menguntungkan untuk Anda yang mempunyai skill di bidang tertentu yang ingin diajarkan.

Kursus online ini bisa dengan membangun website khusus yang berisi berbagai macam materi pengetahuan yang mana materi tersebut bisa diakses dengan sistem berbayar. Bisa dengan sistem berlangganan maupun sekali beli.

Anda bisa menggunakan platform seperti WordPress yang akan membantu Anda membuat kursus online dengan sistem yang tepat. Dengan plugin LMS (Learning Management System) yang dimiliki WordPress Anda akan dibantu dalam mengelola kursus, membuat beberapa kelas hingga manajemen portal pembayaran.

Banner-ireap

4. Admin Sosial Media

Anda bisa mencoba jenis pekerjaan yang satu ini, yaitu menjadi seorang admin sosial media. Tak perlu mengeluarkan modal berupa uang, modal utama yang harus Anda punya jika ingin bekerja di bidang ini yaitu adalah ide. Seorang admin sosial media bertugas membuat ide untuk mengisi konten menarik di akun sosial media yang dipegang.

Anda bisa menggunakan smartphone pribadi atau bahkan ada beberapa perusahaan atau kantor yang menyediakan smartphone khusus untuk digunakan admin sosial media.

Pekerjaan ini merupakan salah satu jenis pekerjaan yang baru di beberapa tahun terakhir, tetapi banyak sekali yang berminat bekerja di bidang ini. peluang pekerjaan ini cukup banyak saat ini, terlebih lagi sekarang banyak akun-akun bisnis yang pastinya membutuhkan tenaga kerja untuk meng-handle akun sosial media milik mereka.

Hal yang harus Anda persiapkan jika ingin bekerja sebagai admin sosial media ialah belajar bagaimana caranya membuat konten yang menarik, banyak melakukan riset di akun-akun serupa tentang strategi meningkatkan jumlah followers, like dan cara berinteraksi dengan mereka.

5. Mengembangkan Akun Youtuber Pribadi

Youtube merupakan salah satu jenis sosial media dalam bentuk video, Anda bisa memperoleh penghasilan dengan meng-upload video di Youtube. Semua orang dari kalangan manapun dengan usia berapa pun bisa memiliki kesempatan untuk menjadi seorang Youtuber.

Beberapa hal yang perlu Anda siapkan ialah smartphone, kamera, laptop, dan jaringan internet, dan yang paling penting tentunya ide yang menarik dan kreatif.

Namun bagi Anda yang hanya memiliki smartphone dan belum memiliki laptop serta kamera, Anda tak perlu khawatir. manfaatkan smartphone Anda semaksimal mungkin. Banyak juga Youtuber pemula yang merekam video hanya menggunakan kamera smartphone miliknya, begitupun untuk mengedit video, ada banyak aplikasi pengedit yang bisa didownload melalui smartphone.

Bahkan, dahulu beberapa dari anak-anak Gen Halilintar sebelum menjadi Youtuber professional mereka hanya memanfaatkan smartphone untuk merekam video dan mengeditnya.

Hal yang harus Anda siapkan sebelum menjadi seorang Youtuber yaitu percaya diri, kreatif, skill editing video serta semangat yang tinggi dan pantang menyerah tentunya.

6. Membuka Jasa SEO

Bagi Anda yang mempunyai keahlian SEO (Search Engine Optimization), Anda bisa membuka jasa konsultan optimasi website. Bisnis ini bisa menjadi salah satu peluang peluang yang menjanjikan.

Ahli SEO sangat dibutuhkan di masa kini, namun masih sedikit orang yang ahli di bidangnya.

Bisnis online ini menawarkan jasa dalam membantu website sebuah bisnis mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari. Dengan begitu, penjualan bisnis tersebut akan semakin berpeluang untuk meningkat karena banyaknya pengunjung yang tertarik pada website mereka hingga berpotensi melakukan pembelian.

Strategi terbaik dalam mengembangkan bisnis ini adalah dengan senantiasa melakukan riset keyword, content audit, hingga monitor backlink.

7. Menjadi Penulis Freelance

Apakah Anda memiliki keahlian dalam menulis? Ini bisa menjadi peluang bisnis online tanpa modal yang menjanjikan untuk Anda. Jasa penulis content marketing sangat dibutuhkan oleh para pebisnis dalam mempromosikan usaha mereka, bahkan beberapa perusahaan bisa menyiapkan budget yang besar untuk membayar jasa ini.

Tak perlu bingung untuk mendapatkan konsumen, Anda bisa melakukan berbagai cara seperti di antaranya, bergabung dengan platform freelancer dan bisa mengambil pekerjaan yang ada sesuai keahlian yang Anda punya.

Contoh platform yang bisa Anda gunakan yaitu Sribulancer dan Projects.co.id, dengan mendaftarkan diri atau membuat akun di platform ini Anda bisa menemukan beberapa lowongan bisnis online tanpa modal yang Anda butuhkan.

Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membangun blog atau website portofolio yang menunjukkan skill yang Anda miliki. dan jangan lupa untuk menyiapkan halaman kontak khusus agar ketika calon klien yang tertarik menggunakan jasa Anda bisa segera menghubungi kontak tersebut.

Jangan lupa juga untuk selalu mempromosikan skill Anda ini melalui beberapa platform seperti media sosial agar semakin banyak yang mengetahui dan tertarik menggunakan jasa Anda.

8. Membuka Jasa Pembuatan Website

Bagi Anda yang ahli dalam bidang coding, bisnis ini cocok untuk Anda. Membuka jasa pembuatan website adalah salah satu bisnis online tanpa modal yang menjanjikan. Banyak orang membutuhkan jasa ini karena mereka tahu betapa pentingnya sebuah website bagi bisnis yang mereka kelola namun tidak memahami cara membuatnya.

Anda bisa memulainya dengan membangun website pribadi yang unik dan menarik sebagai media promosi dan identitas bisnis Anda.

Bangunlah branding yang kuat atas keahlian yang Anda punya, dana tetaplah belajar, lakukan riset, pelajari strategi dan tips-tips dalam mengembangkan bisnis ini.

9. Menjadi Seorang Blogger

Profesi seorang blogger juga termasuk ke dalam bisnis online, karena tulisan dan konten yang Anda suguhkan bisa saja menarik banyak orang, sehingga banyak pula yang mengunjungi blog Anda.

Semakin banyaknya pengunjung yang datang maka semakin besar pula penghasilan yang akan Anda dapatkan. Penghasilan ini bersumber dari iklan dengan bergabung ke platform Google Adsense.

Bukan hanya itu, terkadang ada beberapa bisnis yang berani membayar Anda untuk menulis konten sponsor (sponsored post). Selain itu, Anda juga bisa menjual produk Anda sendiri di blog Anda.

10. Menawarkan Jasa Terjemah Bahasa Asing

Apakah Anda memiliki keahlian dalam berbahasa asing? Nah, menawarkan jasa penerjemah adalah salah satu peluang bisnis tanpa modal yang bisa Anda jalankan.

Semakin banyaknya Informasi yang masuk dari berbagai penjuru dunia pastinya bahasa yang digunakan pun bermacam-macam, tidak mungkin bila semua artikel, atau buku yang bukan berasal dari Indonesia tersebut menggunakan bahasa Indonesia.

Paling tidak bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, namun tidak semua orang bisa dan mengerti bahasa Inggris, apalagi kalimat bahasa Inggris yang cukup sulit dan akademis seperti halnya yang terdapat di dalam buku atau jurnal ilmiah.

Jika Anda ahli dalam bahasa Inggris, Anda bisa mencoba peruntungan bisnis di bidang ini. agar reputasi sebagai penerjemah semakin diakui, Anda bisa melengkapi sertifikat yang diperlukan, dan untuk memperkuat koneksi, Anda bisa bergabung ke dalam komunitas penerjemah seperti Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI).

11. Membuka Jasa Titip (JasTip)

Anda pasti pernah mendengar ini, kan? Pengguna Instagram pasti tahu mengenai jasa ini, saat ini banyak sekali akun Instagram yang menawarkan jasa titip online atau yang sering disebut jastip.

Baca juga: Usaha di Bidang Jasa yang banyak diminati

Jastip adalah salah satu terobosan baru dalam dunia bisnis dengan menawarkan sistem ‘titip belanja’ jadi Anda bisa mendapatkan komisi karena telah membelikan barang untuk orang lain.

12. Menawarkan Jasa Konsultan

Jika Anda memiliki keahlian yang layak untuk dibagikan ke banyak orang, Anda bisa tawarkan jasa konsultan online kepada mereka. Misalnya Anda ahli dalam SEO, Anda bisa bagikan ilmu terkait ke perusahaan-perusahaan baru yang ingin meningkatkan brand perusahaan mereka.

Contoh lain yaitu, jika Anda adalah seorang arsitek, Anda bisa membuka jasa konsultasi terkait desain sebuah perusahaan properti ataupun hunian pribadi.

Modal yang dibutuhkan yaitu laptop dan jaringan internet saja. Nah, untuk cara promosinya yaitu dengan mencantumkan portofolio yang menunjukan kompetensi Anda dalam menangani klien-klien pernah menggunakan jasa Anda. Dalam dunia profesional ini, Anda bisa mencantumkan semua daftar prestasi dan lainnya tersebut di LinkedIn.

13. Menjadi Seorang Social Media Influencer

Social media influencer ialah seseorang yang dapat mempengaruhi pengguna sosial media lainnya melalui postingan yang diunggah.

Jika Anda ingin menjadi seorang social media influencer, Anda bisa mulai mengembangkan sosial media yang Anda punya, misalnya dengan memposting hal-hal menarik dan bermanfaat sehingga banyak yang tertarik untuk memfollow sosial media Anda. Karena salah satu syarat seorang social media influencer adalah memiliki followers yang banyak.

Penghasilan yang didapatkan oleh seorang social media influencer didapat dari endorsement produk.

Seorang social media influencer biasa mendapatkan penghasilan yang besar contohnya bagi influencer di YouTube, bayaran yang didapatkan bisa mencapai lebih dari US$12 ribu dengan pengikut 100-500 ribu, influencer Instagram sebesar US$ 5 ribu, influencer Facebook mencapai lebih US$6 ribu, dan influencer Twitter sekitar US$ 2 ribu.

Total penghasilan tersebut tentunya akan bertambah seiring bertambahnya pengikut dan viewers. Bisnis online tanpa modal yang satu ini sangat menjanjikan, bukan?

Setelah mendapatkan ide bisnis online tanpa adanya modal dan terbukti membayar di atas, Anda berencana akan menjalankan yang mana? tunggu apa lagi? segera eksekusi, yuk!

Pebisnis Butuh Aplikasi Ini, Download Segera!

Bagi Anda seorang pebisnis, Anda sangat membutuhkan aplikasi ini untuk memudahkan monitoring semua aktivitas penjualan Anda.

iREAP adalah aplikasi kasir Android terbaik yang sangat membantu aktivitas bisnis Anda, dengan men-download aplikasi ini, Anda sebagai pemilik bisnis bebas mengakses data semua toko yang dimiliki selama 24 jam, dari mana saja dan kapan saja secara online real-time.

Melalui aplikasi iREAP, semua aktivitas penjualan, keuntungan, stock realtime bisa dimonitor dengan lebih praktis dalam genggaman Anda. Dapatkan informasi selengkapnya di sini! Dan jangan lupa download aplikasinya segera di Play Store!

Banner-ireap-pro