15 Ide Usaha Kreatif Kekinian untuk Milenial Modal Kecil

ide usaha modal kecil

jualan camilan unik

Di tengah menjamurnya berbagai konten mengenai literasi keuangan menjadikan banyak orang semakin sadar akan pentingnya mencari penghasilan tambahan demi memiliki keuangan yang lebih baik. Tidak hanya untuk ibu rumah tangga, atau bapak-bapak yang bekerja sebagai tulang punggung keluarga. Remaja berusia SMA bahkan mahasiswa dari kelompok generasi milenial juga bisa memulai usaha rumahan modal kecil. Nah, ini ada 15 ide usaha modal kecil yang bisa Anda coba. Baca, yuk.

15 Ide Usaha Modal Kecil untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Ada banyak ide usaha modal kecil yang bisa menjadi peluang Anda mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan pekerjaan ini kalau ditekuni, bisa mendatangkan penghasilan yang cukup memenuhi kebutuhan Anda dalam sebulan. Apa saja 15 ide usaha modal kecil yang bisa dicoba? Lanjutkan membaca, yuk.

1. Berjualan Camilan Unik

Berjualan camilan unik bisa Anda mulai dengan membeli camilan dalam kemasan besar, lalu Anda kemas ulang dalam ukuran kecil dan dengan bentuk kemasan yang unik. Apalagi untuk menjalankan bisnis ini, tidak dibutuhkan keterampilan khusus. Cukup kemampuan mengemas berbagai camilan dalam wadah. Misalnya, untuk acara ulang tahun, khitanan, arisan, dan sebagainya.

2. Guru Les

Masih banyak orang tua yang merasa belum mampu mengajari anaknya belajar. Nah, ini bisa jadi peluang bagi Anda. Asalkan Anda memiliki kemampuan mengajar dan mendampingi anak belajar (mengerjakan PR), Anda bisa menjalankan profesi sebagai guru les ini.

Misalnya, Anda mahasiswa semester 2 dan punya keterampilan matematika. Anda bisa jadi guru matematika untuk anak SD dan SMP. Penghasilan yang didapatkan bisa dihitung perkali datang atau bulanan lho. Contoh: 1 kali datang, biayanya 50 ribu rupiah untuk 1,5 jam mengajar. Cara lain, Anda bisa bergabung dengan berbagai platform belajar online yang biasanya membutuhkan guru les.

3. Sewa Kostum

Untuk acara-acara tertentu, cukup banyak orang yang memanfaatkan jasa sewa kostum daripada harus membeli kostum sendiri. Ini jadi peluang yang sayang sekali kalau dilewatkan, mengingat hasilnya juga lumayan. Namun, modal yang dibutuhkan memang lebih banyak mengingat Anda perlu menyediakan berbagai kostum sesuai kebutuhan. Misalnya, sewa toga untuk wisuda, sewa baju adat untuk anak-anak SD dan SMP, sewa kostum karakter untuk acara ulang tahun, dan sebagainya.

4. Kerajinan Daur Ulang

Peluang ini cukup menjanjikan karena kamu tidak membutuhkan modal banyak, namun bisa menghasilkan laba yang lumayan besar. Contohnya, Anda bisa membeli potongan-potongan kain di penjahit dengan harga yang sangat murah. Kemudian, potongan kain tersebut bisa Anda buat jadi selimut kain perca, scrunchie, keset ruang tamu, dan sebagainya.

bisnis kerajinan

5. Desain Uang Mahar

Bagi kamu yang memiliki jiwa seni dan pandai mengemas produk biasa menjadi terlihat cantik dan unik, kamu bisa membuka usaha desain uang mahar untuk acara lamaran. Ada banyak referensi yang bisa memberi Anda banyak ide, seperti dari buku, atau video YouTube. Bisa pula mengunjungi toko-toko perlengkapan mahar dan acara untuk pengantin. Nah, kalau sudah, Anda tinggal mempromosikan usaha mahar Anda ini dengan memanfaat word of mouth di antara teman-teman, tetangga, kenalan, saudara, atau membuat postingan di media sosial.

6. Penyedia Konten Sosmed

Di era digital dan meningkatnya kebutuhan digital marketing, ada banyak orang maupun perusahaan yang membutuhkan jasa penyedia konten media sosial. Jika Anda memiliki keterampilan desain konten untuk media sosial, alangkah baiknya membuka usaha penyediaan konten sosmed ini. Apalagi saat ini membuat konten di media sosial sudah cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan tools desain seperti Canva, PowerPoint, Corel Draw, dan sebagainya.

7. Penulis Artikel Website

Konten adalah raja di zaman serba digital seperti saat ini. Kebutuhan akan artikel berkualitas pun meningkat tajam, mengingat tidak semua pemilik website bisa menulis. Kalau Anda punya keterampilan menulis artikel, buka jasa penulis artikel website saja. Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada perusahaan, pemilik UMKM yang memiliki website, atau ke pemilik bisnis online.

8. Hadiah Wisuda

Menyediakan hadiah wisuda dengan kemasan cantik bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Tentu agar bisnis ini laris, kamu harus memiliki nilai seni dan kreativitas yang tinggi dalam menyulap kado menjadi tampak istimewa.

9. Jastip (Jasa Titip)

Hobi plesiran ke banyak tempat? Yuk, manfaatkan hobi Anda tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Caranya, Anda cari produk-produk khas daerah atau negara tertentu. Kemudian bukalah jasa titip atau yang populer dengan sebutan jastip. Salah satu ide usaha kreatif minim modal karena konsumen harus membayar terlebih dahulu sebelum Anda membelikan titipan mereka.

10. Titip Belanja di Pasar

Sampai saat ini masih banyak orang yang merasa enggan untuk berbelanja sendiri ke pasar. Kalau kebetulan Anda memiliki jaringan pertemanan yang rata-rata pada enggan untuk berbelanja ke pasar, coba tawarkan jasa Anda. Caranya, minta pelanggan mencatat apa saja barang yang mereka butuhkan, beserta uangnya. Nanti Anda tinggal membelanjakan kebutuhan mereka di pasar. Jangan lupa, tetapkan jasa belanja Anda ya. Misalnya dari total belanjaan pelanggan, maka jasa Anda sekitar 20-25% saja.

11. Make-Up Artist

Ada banyak orang yang ingin merayakan hari spesial dengan tampil istimewa, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk merias diri. Ini bisa jadi peluang bagi Anda yang memiliki keterampilan merias wajah. Agar banyak pelanggan, promosikan jasa Anda di media sosial, gunakan hashtag relevan, misalnya: #jasamakeup #makeupartis #periaspengantin #periaspanggilan, dan sebagainya.

jasa fotografer lepas

12. Fotografer Lepas

Bingung karena akhir minggu tidak ada kesibukan? Manfaatkan waktu Anda dengan menjadi fotografer lepas. Anda tinggal pergi ke tempat-tempat wisata dan tawarkan jasa Anda untuk memotret pengunjung. Selain itu, Anda juga bisa menjual hasil foto Anda ke berbagai platform, misalnya shutterstock, pexel, dan sebagainya.

13. Jasa Antar Jemput

Saat ini banyak aktivitas yang sudah kembali normal. Kemudian Anda melihat tetangga di sekitar Anda sudah mulai kebingungan untuk mengatur waktu antar jemput anak, mengingat mereka juga sudah mulai masuk kantor. Nah, langsung saja tawarkan jasa antar jemput anak sekolah. Selain antar jemput anak sekolah, Anda bisa pula menyediakan antar jemput karyawan, misalnya untuk karyawan yang bekerja satu perusahaan dengan Anda.

14. Bisnis Barang Antik

Salah satu keuntungan menjajakan barang antik ialah laba yang diperoleh bisa maksimal mengingat keuntungan yang Anda dapatkan merupakan selisih dari harga jual dan harga beli. Agar sukses menjalankan bisnis barang antik, Anda harus rajin blusukan ke pasar-pasar barang antik, ya.

15. Jasa Pembuatan Kue Karakter

Kini kebutuhan akan kue dengan bentuk yang unik semakin digemari. Bisnis ini wajib sekali kamu coba apalagi jika kamu memiliki keterampilan boga dan membuat kue ulang tahun.

Selain 15 ide usaha modal kecil di atas, masih banyak lho jenis bisnis modal kecil yang bisa Anda lakukan sebagai usaha sampingan atau bisnis rumahan. Beberapa di antaranya bisa Anda cari tahu pada tulisan berikut ini:

Jangan lupa, mengelola bisnis perlu perhitungan matang, termasuk melakukan pencatatan setiap transaksi. Tujuannya, supaya Anda bisa lebih mudah memantau kemajuan dan keuntungan bisnis yang Anda jalankan. Agar proses pencatatan keuangan bisa dilakukan dengan lebih praktis dan mudah, gunakan saja aplikasi POS iReap. Menggunakan aplikasi ini memungkinkan Anda mendapatkan pencatatan transaksi secara otomatis lho.

Itulah beberapa rekomendasi ide usaha kreatif modal kecil yang bisa Anda mulai. Agar mencapai hasil yang diharapkan, Anda harus konsisten dan tidak mudah putus asa. Jika Anda ide lain, yuk bagi di kolom komentar dan kita bisa berdiskusi untuk realisasi ide usaha yang lebih baik lagi.

Banner-ireap-pro