20 Ide Usaha Kreatif Kekinian Modal Kecil

ide-usaha-modal-kecil

20 Ide Usaha Kreatif Kekinian Modal Kecil

Ada banyak contoh produk kreatif yang bisa jadi ide usaha modal kecil yang kreatif, kekinian, dan bisa dijadikan bisnis oleh siapa pun.

Beberapa contoh di antaranya, produk daur ulang, kerajinan rotan, produk daur ulang, hadiah wisuda, dan masih banyak lagi.

Mau pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, bahkan karyawan yang ingin punya usaha sampingan juga bisa menjalankan bisnis kreatif ini. Yuk, baca sampai selesai ide usaha kreatif kekinian yang layak Anda coba.

20 Ide Usaha Modal Kecil untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

1. Kerajinan Daur Ulang

Peluang usaha kreatif berupa membuat kerajinan daur ulang cukup menjanjikan. Untuk memulainya, Anda tidak membutuhkan banyak modal, namun bisa menghasilkan laba yang lumayan besar.

Contohnya, Anda membeli potongan-potongan kain di penjahit dengan harga yang sangat murah. Kemudian, potongan kain tersebut bisa Anda buat jadi selimut kain perca, scrunchie, keset ruang tamu, dan sebagainya.

2. Berjualan Cemilan Unik

Berjualan camilan unik bisa Anda mulai dengan membeli camilan dalam kemasan besar, lalu Anda kemas ulang dalam ukuran kecil dan dengan bentuk kemasan yang unik.

Untuk menjalankan bisnis ini, tidak membutuhkan keterampilan khusus. Cukup kemampuan mengemas berbagai cemilan dalam wadah yang cantik dan berhias. Misalnya, untuk acara ulang tahun, khitanan, arisan, dan sebagainya.

3. Desain Uang Mahar

Bagi Anda yang memiliki jiwa seni dan pandai mengemas produk biasa menjadi terlihat cantik dan unik, Anda bisa membuka usaha desain uang mahar untuk acara lamaran.

Ada banyak referensi yang membantu mendapatkan ide usaha kreatif dan unik, seperti dari buku, atau video YouTube.

Anda juga bisa mengunjungi toko-toko perlengkapan mahar dan acara untuk pengantin. Kalau sudah, Anda tinggal mempromosikan usaha mahar ini dengan memanfaat word of mouth di antara teman-teman, tetangga, kenalan, saudara, atau membuat postingan di media sosial.

4. Kerajinan Rotan

Rotan itu salah satu sumber daya alam Indonesia yang berlimpah lho. Anda bisa membuka usaha kreatif menggunakan bahan ini, misalnya membuat berbagai kerajinan rotan, seperti keranjang, wadah estetik, rak buku, furniture, bahkan dekorasi dinding.

Karena bentuknya yang indah dan memberi kesan alami, cukup banyak penggemar kerajinan rotan ini.

bisnis kerajinan

5. Hadiah Wisuda

Menyediakan hadiah wisuda dengan kemasan yang unik bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Tentu agar bisnis ini laris, Anda harus memiliki nilai seni dan kreativitas yang tinggi dalam menyulap kado menjadi tampak istimewa.

6. Crafter

Kalau punya keterampilan membuat berbagai produk kerajinan tangan, seperti membuat cover bantal, taplak meja, penutup galon, tatakan gelas dan piring, atau produk lainnya, tak ada salahnya Anda membuka usaha kreatif dengan menjual berbagai produk kerajinan tangan tersebut.

Modal yang Anda butuhkan untuk merealisasikan ide usaha kreatif kekinian ini hanyalah kreativitas Anda untuk membuat berbagai produk sesuai kebutuhan konsumen.

Selain itu, Anda harus mampu mempromosikan bisnis Anda dengan baik sehingga bisa memiliki banyak pelanggan.

7. Penyedia Konten Sosmed

Di era digital dan meningkatnya kebutuhan digital marketing, ada banyak orang maupun perusahaan yang membutuhkan jasa penyedia konten media sosial.

Jika Anda memiliki keterampilan desain konten untuk media sosial, alangkah baiknya membuka usaha penyediaan konten sosmed ini.

Apalagi saat ini membuat konten di media sosial sudah cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan tools desain seperti Canva, PowerPoint, Corel Draw, dan sebagainya.

8. Bahan Makanan Siap Masak

Ada banyak konsumen wanita yang sibuk dan butuh solusi untuk bisa masak secara praktis. Mereka tentu senang dengan bahan makanan siap masak yang fresh, sudah dicuci dan dipotong, bahkan sudah dilengkapi dengan bumbunya.

Nah, Anda bisa menyiapkan produk seperti ini. Kemas produk secara bersih dan higienis, kemudian lakukan promosi. Saat baru awal buka, mulailah dengan tetangga sekitar rumah, dan mintalah bantuan mereka untuk ikut mempromosikan bisnis Anda ini.

9. Pernak-Pernik Penghias Ruangan

Ruangan yang ada hiasan pernak-perniknya tentu lebih terasa menyenangkan dan nyaman. Apalagi di era media sosial seperti sekarang, cukup banyak netizen yang pamer ruangan di rumahnya yang terlihat artistik.

Ini peluang bagi Anda yang ingin memulai bisnis kreatif. Caranya, Anda bisa mulai memproduksi berbagai perabotan rumah tangga dan dekorasi ruangan yang sederhana, namun berkesan cantik.

Misalnya, membuat penutup lampu, frame foto, vas bunga, hiasan meja, hiasan dinding, meja dari batang pohon asli, rak buku, dan sebagainya.

10. Souvenir untuk Berbagai Keperluan

Bisnis souvenir masih memiliki pasar yang sangat luas dan menjanjikan keuntungan. Asalkan Anda bisa membuat produk Anda terlihat unik.

Contohnya, souvenir untuk pernikahan, event kantor yang akan membagikan bingkisan kecil untuk tamu yang hadir, souvenir ulang tahun, souvenir untuk acara pengajian, arisan, dan sebagainya.

11. Guru Les

Masih banyak orang tua yang merasa belum mampu mengajari anaknya belajar. Nah, ini bisa jadi peluang bagi Anda.

Asalkan Anda memiliki kemampuan mengajar dan mendampingi anak belajar (mengerjakan PR), Anda bisa menjalankan profesi sebagai guru les ini.

Misalnya, Anda mahasiswa semester 2 dan punya keterampilan matematika. Anda bisa jadi guru matematika untuk anak SD dan SMP.

Penghasilan yang didapatkan bisa dihitung per kali datang atau bulanan lho. Contoh: 1 kali datang, biayanya 50 ribu rupiah untuk 1,5 jam mengajar.

Cara lain, Anda bisa bergabung dengan berbagai platform belajar online yang biasanya membutuhkan guru les.

12. Sewa Kostum

Untuk acara-acara tertentu, cukup banyak orang yang memanfaatkan jasa sewa kostum daripada harus membeli kostum sendiri. Ini jadi peluang yang sayang sekali kalau dilewatkan, mengingat hasilnya juga lumayan.

Namun, modal yang dibutuhkan memang lebih banyak mengingat Anda perlu menyediakan berbagai kostum sesuai kebutuhan. Misalnya, sewa toga untuk wisuda, sewa baju adat untuk anak-anak SD dan SMP, sewa kostum karakter untuk acara ulang tahun, dan sebagainya.

13. Penulis Artikel Website

Konten adalah raja di zaman serba digital seperti saat ini. Kebutuhan akan artikel berkualitas pun meningkat tajam, mengingat tidak semua pemilik website bisa menulis.

Kalau Anda punya keterampilan menulis artikel, buka jasa penulis artikel website saja. Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada perusahaan, pemilik UMKM yang memiliki website, atau ke pemilik bisnis online.

14. Jastip (Jasa Titip)

Hobi plesiran ke banyak tempat? Yuk, manfaatkan hobi Anda tersebut untuk mendapatkan penghasilan.

Caranya, Anda cari produk-produk khas daerah atau negara tertentu. Kemudian bukalah jasa titip atau yang populer dengan sebutan jastip.

Salah satu ide usaha kreatif minim modal karena konsumen harus membayar terlebih dahulu sebelum Anda membelikan titipan mereka.

15. Titip Belanja di Pasar

Sampai saat ini masih banyak orang yang merasa enggan untuk berbelanja sendiri ke pasar. Kalau kebetulan Anda memiliki jaringan pertemanan yang rata-rata pada enggan untuk berbelanja ke pasar, coba tawarkan jasa Anda.

Caranya, minta pelanggan mencatat apa saja barang yang mereka butuhkan, beserta uangnya. Nanti Anda tinggal membelanjakan kebutuhan mereka di pasar.

Jangan lupa, tetapkan jasa belanja Anda ya. Misalnya dari total belanjaan pelanggan, maka jasa Anda sekitar 20-25% saja.

16. Make-Up Artist

Ada banyak orang yang ingin merayakan hari spesial dengan tampil istimewa, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk merias diri. Ini bisa jadi peluang bagi Anda yang memiliki keterampilan merias wajah.

Agar banyak pelanggan, promosikan jasa Anda di media sosial, gunakan hashtag relevan, misalnya: #jasamakeup #makeupartis #periaspengantin #periaspanggilan, dan sebagainya.

jasa fotografer lepas

17. Fotografer Lepas

Bingung karena akhir minggu tidak ada kesibukan? Manfaatkan waktu Anda dengan menjadi fotografer lepas. Anda tinggal pergi ke tempat-tempat wisata dan tawarkan jasa Anda untuk memotret pengunjung.

Selain itu, Anda juga bisa menjual hasil foto Anda ke berbagai platform, misalnya shutterstock, pexel, dan sebagainya.

18. Jasa Antar Jemput

Saat ini banyak aktivitas yang sudah kembali normal. Kemudian Anda melihat tetangga di sekitar Anda sudah mulai kebingungan untuk mengatur waktu antar jemput anak, mengingat mereka juga sudah mulai masuk kantor.

Nah, langsung saja tawarkan jasa antar jemput anak sekolah. Selain antar jemput anak sekolah, Anda bisa pula menyediakan antar jemput karyawan, misalnya untuk karyawan yang bekerja satu perusahaan dengan Anda.

19. Bisnis Barang Antik

Salah satu keuntungan menjajakan barang antik ialah laba yang diperoleh bisa maksimal mengingat keuntungan yang Anda dapatkan merupakan selisih dari harga jual dan harga beli.

Agar sukses menjalankan bisnis barang antik, Anda harus rajin blusukan ke pasar-pasar barang antik, ya.

20. Jasa Pembuatan Kue Karakter

Kini kebutuhan akan kue dengan bentuk yang unik semakin digemari. Bisnis ini wajib sekali kamu coba apalagi jika kamu memiliki keterampilan boga dan membuat kue ulang tahun.

Selain 20 ide usaha modal kecil di atas, masih banyak lho jenis bisnis modal kecil yang bisa Anda lakukan sebagai usaha sampingan atau bisnis rumahan. Beberapa di antaranya bisa Anda cari tahu pada tulisan berikut ini:

Bisnis Sukses dengan Pencatatan Keuangan Bisnis yang Rapi

Jika ingin bisnis sukses, Anda perlu mengelola bisnis dengan perhitungan matang, termasuk melakukan pencatatan setiap transaksi.

Tujuannya, supaya Anda bisa lebih mudah memantau kemajuan dan keuntungan bisnis yang Anda jalankan.

Agar proses pencatatan keuangan bisa dilakukan dengan lebih praktis dan mudah, gunakan saja aplikasi POS iReap. Menggunakan aplikasi ini memungkinkan Anda mencatat setiap transaksi secara otomatis, sehingga tidak ada yang terlewat. Dengan cara ini, Anda bisa cepat mengetahui, apakah bisnis Anda sudah untung atau rugi.

Oh ya, kalau Anda sedang mencari jenis usaha yang bisa dijalankan dari rumah, tim iReap juga sudah menyiapkan rekomendasinya lho. Ada cukup banyak usaha rumahan yang bisa Anda mulai dengan modal kecil, tapi untungnya lumayan banget. Baca ulasan lengkapnya di artikel ini, yuk: 17 Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar.

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp
contact whatsapp