Home » Tips Bisnis » 10+ Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan & Mudah

10+ Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan & Mudah

peluang-usaha-modal-kecil-menjanjikan-dan-mudah

Peluang Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan dan Mudah

Apakah Anda sedang mencari ide usaha modal kecil yang menjanjikan, dan bertanya-tanya, “Jualan apa ya yang cepat laku?” Jualan yang cepat laku, antara lain bisnis makanan (kuliner), penjahit, bisnis top-up, jadi influencer atau content creator, jadi dropshipper, bahkan laundry pun masih sangat dibutuhkan saat ini. Yuk, baca ulasan lengkapnya di artikel ini.

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

1. Content Writer

Meskipun saat ini sudah tersedia teknologi AI (artificial intelligence), tetap saja content writer profesional sangat dibutuhkan. Hal ini karena masih banyak website bisnis yang membutuhkan penulis konten.

Apalagi, tulisan manusia jelas akan berbeda dengan tulisan hasil AI, sehingga Anda yang ingin jadi content writer tidak perlu khawatir.

Peluang pekerjaannya, baik sebagai freelance, penulis full time atau penulis in-house di suatu perusahaan, masih banyak tersedia.

Tugas content writer adalah menulis konten untuk blog yang menarik, informatif, dan bisa mendatangkan organic traffic maupun leads. Selain menulis, seorang content writer profesional memiliki teknik dasar SEO, kemampuan editing, analisis data, serta desain.

Untuk penghasilannya, bisa gaji bulanan antara Rp2.000.000,- – Rp5.000.000,-/bulan atau dibayar per artikel yang telah selesai ditulis.

2. Bisnis Online

Bisnis online masih menjadi salah satu usaha modal kecil yang menjanjikan dan mudah dijalankan. Bahkan Anda bisa menjalankannya tanpa perlu punya produk sendiri. Artinya, Anda bisa menjalankan bisnis online dengan menjualkan produk orang lain.

Untuk memulainya, Anda bisa memanfaatkan e-commerce atau marketplace yang sudah banyak di internet. Selain itu, Anda juga bisa berjualan online dengan memanfaatkan media sosial, seperti Instagram shop, TikTok shop, Facebook shop, dan sebagainya.

Bagaimana kalau belum punya modal? Anda tetap bisa berbisnis online kok. Caranya dengan bergabung ke supplier atau produsen yang menawarkan bisnis sistem dropship atau reseller.

Nah, supaya bisnis online Anda sukses dan bisa mendapatkan keuntungan, pelajari teknik pemasaran digital, rajin mempromosikan produk di berbagai platform digital, serta melayani pelanggan dengan baik.

Banner-ireap-pro

3. Affiliate Marketing

Bisnis affiliate marketing adalah satu bisnis online yang mudah dilakukan. Selain itu juga tidak memerlukan modal sama sekali selama Anda memiliki situs web, blog, atau akun media sosial sebagai medianya.

Cara kerjanya, Anda perlu mendaftarkan diri dulu dalam program afiliasi yang disediakan brand atau merchant. Setelah itu, Anda akan mendapatkan link afiliasi untuk mempromosikan produk brand/merchant.

Nah, Anda tinggal memasang link afiliasi tersebut di website, blog, disematkan di status media sosial, dan sebagainya. Ketika ada audiens yang klik link afiliasi Anda dan terjadi transaksi, maka akan mendapatkan komisi.

Bisnis afiliasi ini bisa menjadi penghasilan pasif yang akan terus-menerus mendatangkan keuntungan, selama link afiliasi Anda tetap terpasang di berbagai platform. Namun tetap perhatikan dan baca detail berbagai ketentuan dalam program, termasuk mengenai ketentuan pembayaran komisinya.

4. Influencer dan Content Creator

Menjadi influencer dan content creator juga merupakan usaha modal kecil yang bisa dilakukan siapa pun, terutama bagi Anda yang senang membuat review produk dan bikin konten di media sosial.

Untuk menjadi influencer maupun content writer umumnya punya followers yang banyak dan memiliki pengaruh yang besar terhadap followers mereka. Itu sebabnya, tarif influencer untuk satu kali posting di media sosial bisa ratusan ribu hingga puluhan juta.

Anda ingin merintis profesi ini? Coba bangun branding yang kuat, konsisten posting konten, mampu mengelola followers yang banyak, dan punya kemampuan copywriting yang dapat mempengaruhi followers untuk melakukan tindakan yang Anda sarankan.

Bangun juga berbagai akun media sosial. Sebab influencer zaman sekarang tidak hanya punya Instagram, tetapi juga punya Twitter, Facebook, Tiktok dan YouTube.

Peluang Usaha Modal Kecil Dropshipper

5. Dropshipper

Bagi Anda yang sudah memiliki pekerjaan utama, maka bisnis dropshipper bisa jadi bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sementara bagi Anda yang belum memiliki pekerjaan tetap, maka dropshipper bisa menjadi usaha modal kecil yang akan memberi Anda pemasukan rutin, asalkan dijalankan dengan baik.

Cara menjadi dropshipper, Anda tinggal menghubungi seller atau brand yang menawarkan sistem dropshipper. Setelahnya, Anda tinggal mempromosikan produk para seller tersebut.

Anda bisa menjalankan usaha ini tanpa modal.Cukup punya koneksi internet, kemampuan pemasaran, dan juga rekening bank. Keuntungan yang Anda dapatkan berupa komisi penjualan.

6. Penjahit

Anda memiliki keterampilan menjahit? Menerima jahit pakaian di rumah bisa jadi usaha modal kecil yang menjanjikan lho, apalagi saat ini sulit sekali menemukan penjahit rumahan.

Meski saat ini bisnis fashion berkembang pesat, tetap saja jasa penjahit dibutuhkan, misalnya untuk menjahit bagian pakaian yang robek sedikit, ganti resleting, hingga membuat pakaian baru.

Memulai usaha jahitan di rumah tidak memerlukan modal besar, cukup hanya mesin jahit dan keterampilan menjahit. Lalu supaya bisa sukses menjalankan usaha modal kecil yang satu ini, coba baca artikel berikut: Bagaimana Cara Menjadi Wirausaha Sukses

7. Bisnis Top-up

Tren penggunaan e-money, e-toll, e-parkir, dan produk cashless lainnya membuka peluang usaha modal kecil lainnya, yaitu bisnis top-up. Bisnis ini bisa dijalankan di rumah, bermodalkan smartphone, koneksi internet dan saldo untuk mengisi top-up.

Selain menerima top-up saldo ke kartu pembayaran, Anda juga bisa menerima pengisian pulsa listrik, paket internet, dan sebagainya. Untuk memulainya, Anda bisa menawarkan bisnis Anda ini ke teman-teman, tetangga, relasi, anggota komunitas, dan bikinlah spanduk atau papan promosi yang menunjukkan kalau di rumah Anda bisa melakukan top-up.

Banner-ireap-pro

8. Tempat Cuci Motor

Jika rumah Anda berada di pinggir jalan dan punya halaman yang cukup luas, atau punya lahan kosong lainnya yang memungkinkan buka tempat cuci motor, maka usaha ini bisa jadi peluang untuk mendapatkan penghasilan.

Tidak ada keahlian khusus untuk memulai bisnis pencucian motor. Cukup siapkan lahan, keran air, selang, mesin semprot, dan sabun cucinya. Selain itu pastikan ketersediaan air yang cukup dan ada sistem pembuangan air kotor agar tidak mengganggu tetangga.

Lalu, agar bisnis cuci sepeda motor laris, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti menyediakan ruang tunggu yang nyaman, harga promosi secara berkala, kartu langganan, atau voucher gratis cuci sepeda motor setelah beberapa kali kedatangan.

9. Bisnis Kuliner

Jika Anda punya keterampilan membuat makanan yang enak, cemilan unik, atau punya resep khas keluarga yang berpotensi untuk dipasarkan, maka buka saja usaha yang bergerak di bidang bisnis kuliner.

Meskipun saat ini sudah banyak pebisnis kuliner di luar sana, potensi mendapatkan keuntungan tetap besar kok, mengingat makanan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Nah, supaya bisnis kuliner Anda bisa bersaing, dikenal luas, dan bisa memiliki banyak pelanggan, pastikan beberapa hal berikut:

  • Kualitas rasa dan kebersihan makanan, termasuk menjaga kebersihan selama pengolahan makanan.
  • Pengemasan makanan harus mengutamakan higienis, bersih, dan terjamin keamanannya saat dikonsumsi oleh pelanggan.
  • Makanan, cemilan, atau kue yang menjadi produk dagangan memiliki keunikan secara tampilan, rasa yang khas, dan sebagainya.
  • Manfaatkan media sosial untuk promosi dan pemasaran.

10. Usaha Laundry

Saat ini memang sudah banyak orang yang membuka usaha laundry, namun masih sedikit yang bisa benar-benar berkembang atau memiliki banyak pelanggan. Oleh karena itu, masih ada peluang yang menjanjikan kalau Anda mau memulai usaha laundry. Apalagi kalau usaha laundry Anda berada di pemukiman ramai, di sekitar kampus atau rumah kost.

Laundry yang bersih, rapi, bisa bikin pakaian wangi, dan punya pelayanan yang baik, masih sangat dibutuhkan lho. Untuk memulainya pun Anda bisa mulai dengan satu mesin cuci dulu, alat setrika, perlengkapan dan bahan-bahan laundry lainnya.

Supaya usaha laundry Anda berkembang pesat dan mendatangkan keuntungan, terapkan beberapa hal berikut:

  • Utamakan target market dari kalangan mahasiswa, rumah tangga yang semua anggota keluarganya bekerja di luar rumah, pekerja kantor yang masih bujangan, dan sebagainya.
  • Pastikan pakaian yang masuk ke laundry Anda akan keluar dengan kondisi bersih, rapi, wangi, dan tidak berjamur (yang biasanya ditandai bercak putih akibat proses pengeringan yang tidak maksimal).
  • Pelayanan pelanggan yang baik, ramah, dan bisa menyelesaikan laundry dengan tepat waktu.
  • Jujur dan amanah wajib banget. Jangan sampai ada pakaian pelanggan yang hilang atau tertukar dengan pelanggan lain.
  • Jika menggunakan karyawan untuk mengoperasikan usaha laundry, maka pastikan karyawan menerapkan aturan yang sudah Anda tetapkan, termasuk semua poin di atas.
  • Lakukan promosi secara offline, misalnya dengan memasang spanduk, atau menyebar brosur dan pamflet). Selain itu, lakukan juga pemasaran online menggunakan media sosial, misalnya Facebook, Instagram, atau TikTok.
Usaha Kerajinan Tangan

11. Kerajinan Tangan

Hobi membuat kerajinan tangan? Ini bisa menjadi peluang usaha modal kecil. Saat ini kerajinan tangan sangat populer dan diburu. Anda bisa membuat paket hantaran pengantin, hampers, dekorasi rumah, dan lainnya.

Untuk Menjalankan usaha modal kecil yang satu ini hanyalah kreativitas dan kemampuan mempromosikan hasil kerajinan tangan buatan Anda. Untuk pemasaran dan promosi, Anda bisa memanfaatkan media sosial.

12. Usaha Sayuran Packing

Anda pasti pernah melihat sayur dalam kemasan, yang sudah dalam kondisi bersih, sudah dipotong-potong, bahkan sudah tersedia bumbu dan resepnya, kan? Nah, ini bisa jadi salah satu usaha yang menjanjikan.

Pada awal memulai usaha, mungkin Anda perlu belanja sayuran sendiri di pasar grosir, atau pasar subuh yang harga sayurannya jauh lebih murah. Nanti jika usaha sudah besar, Anda bisa bekerja sama dengan distributor atau penyuplai sayuran ke pasar, atau bahkan langsung bekerja sama dengan petani.

Pelajari cara pengemasan sayuran yang higienis dan tidak membuat sayur cepat busuk. Pastikan juga sayuran yang Anda kemas dalam kondisi segar dan tidak ada yang busuk. Dengan alasan lebih praktis dan sudah siap masak, ada banyak pelanggan yang membutuhkan sayur dalam kemasan ini.

13. Pet Shop

Kepedulian akan hewan peliharaan saat ini cukup besar dan memang banyak orang yang memiliki hewan peliharaan dengan beragam jenis. Itu sebabnya, membuka pet shop memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan.

Anda bisa membuka toko fisik yang dijalankan secara offline. Di saat yang sama, Anda juga menyediakan penjualan online sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Produk yang Anda jual dapat berupa makanan khusus hewan, produk perawatan mandi, mainan, alat potong kuku atau cukur bulu, bahkan pakaian hewan yang lucu-lucu,

14. Cloud Kitchen

Cloud Kitchen adalah bisnis kuliner berbasis online dan fokusnya hanya dapur untuk memasak dan menyiapkan makanan. Sementara menu makanannya bisa diakses secara online oleh pelanggan.

Nah, kalau pelanggan ingin membeli makanan, mereka tinggal melakukan pemesanan melalui platform yang sudah disediakan atau menggunakan platform pihak ketiga. Begitu makanan jadi, makanan akan dikirimkan kepada pemesan.

15. Laundry Sepatu

Selain laundry pakaian, ada banyak orang juga yang membutuhkan laundry sepatu. Apalagi untuk membersihkan dan merawat sepatu agar tetap bersih membutuhkan treatment khusus.

Anda bisa membuka usaha laundry sepatu dengan menyewa tempat di dekat gedung perkantoran, kampus, atau lokasi bisnis lainnya. Dalam menjalankan bisnis ini agar cepat berkembang dan mendapatkan banyak pelanggan, pastikan semua sepatu yang masuk ke laundry benar-benar bersih, bebas kotoran dan debu, serta bebas dari bau tak sedap.

Lebih bagus lagi kalau kalau di bisnis laundry Anda juga tersedia perbaikan atau penggantian bagian sepatu yang rusak, seperti sol, tali sepatu, dan lain sebagainya.

Banyak ya ternyata usaha modal kecil menjanjikan dan mudah dijalankan, bahkan selain 15 usaha modal kecil di atas, masih banyak lagi peluang usaha lainnya, misalnya peluang usaha makanan. Apa saja usaha makanan yang laris di tahun 2023 ini? Cek di sini, yuk: 15+ Peluang Usaha Makanan Kekinian Paling Laris 2023.

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp ireap pos