10+ Peluang Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan & Mudah

promising business opportunities image


peluang usaha modal kecil menjanjikan

Siapa yang tidak ingin memiliki peluang usaha modal kecil yang menjanjikan? Siapa pun ingin memiliki bisnis dengan keuntungan yang pasti tanpa harus takut atas kerugiannya. Tetapi, untuk menemukan gagasan tentang peluang usaha menjanjikan cukup lah sulit.

Tidak mudah bagi orang untuk menemukan kesempatan bisnis untuk dilakukan, keterbatasan pengalaman dan modal menjadi hambatan dalam menjalankan bisnis mereka.

Ada beberapa calon wirausahawan yang memutuskan untuk mundur ketika mereka menemukan hambatan ketika memulai bisnis, meskipun peluang usaha menjanjikan sudah terlihat. Masalah klasik yang sering kita dengar adalah kurangnya modal awal untuk memulai bisnis mereka.

Nah, bisnis apa yang cukup menjanjikan dan menguntungkan meskipun bagi pemula yang baru saja terjun ke dunia bisnis. Simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Peluang Usaha

Pengertian Peluang Usaha

Peluang usaha terdiri dari dua kata yaitu peluang dan usaha. Peluang dapat diartikan dengan sesuatu yang dapat terjadi dan dapat menghasilkan keuntungan, atau kesempatan yang datang.

Sementara Usaha dapat diartikan dengan tindakan untuk mengarahkan pikiran dan energi dalam mencapai tujuan atau target.

Berikut beberapa pengertian peluang usaha yang diuraikan oleh para ahli.

Pengertian peluang usaha menurut para ahli

Thomas W. Zimmerer adalah salah satu pakar kewirausahaan yang telah diakui kredibilitasnya. Bahkan banyak pendapat atau pernyataan darinya yang dipertimbangkan di dunia bisnis.

Salah satunya adalah pengertian peluang usaha, yang berarti penerapan inovasi dan kreativitas. Ini dilakukan dari hasil pemikiran yang digunakan untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehingga muncul peluang untuk dimanfaatkan.

Tidak jauh berbeda, Dr. D. J. Schawrtz, menggambarkan peluang usaha sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk memajukan bisnis. Dalam bukunya, ia bahkan menyediakan berbagai cara untuk memanfaatkan kesempatan bisnis yang ada. Salah satunya harus dilakukan dengan serius tanpa ada kata yang mustahil atau tidak mungkin.

Terakhir, seorang wirausahawan dari dalam negeri, Arif F. Hadipranata memberikan pendapat bahwa peluang usaha adalah resiko. Jadi, dia menganggap bahwa seorang pengusaha memang harus berteman dengan hal seperti itu.

Peluang usaha adalah risiko yang harus diambil, agar dapat menghadapi, dan mengelola masalah keuangan apa pun yang dialami oleh calon pebisnis.

Banner-ireap-lite-free

Analisis Peluang Usaha

Sebelum memulai bisnis, ternyata perlu untuk melakukan analisis peluang usaha terlebih dahulu. Tujuan analisis ini untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan dari bisnis di masa depan. Sebab, cukup banyak pebisnis pemula yang tidak melakukan analisis peluang usaha.

Kemudian banyak keraguan dalam bisnis mereka dan bahkan bingung harus menentukan produk atau layanan yang akan dijual. Simak ulasan tentang analisis peluang usaha berikut ini.

Cara Analisis Peluang Usaha

Analisis peluang usaha terkait erat dengan ide-ide bisnis dan strategi perusahaan. Analisis ini sangat berguna dalam mengembangkan strategi penjualan untuk membuat ide bisnis baru.

Ini dapat dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threat). Dengan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman menjadi salah satu cara menganalisis kesempatan bisnis.

Strenght

Apa yang dimaksud dengan Strenght (kekuatan) adalah keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan atau bisnis yang akan Anda jalankan. Kekuatan bisnis ini dapat ditemukan dengan melihat keunikan bisnis yang tidak dimiliki oleh perusahaan pesaing.

Weakness

Kemudian Weakness (kelemahan) adalah kelemahan yang dimiliki dan berdampak negatif pada perusahaan. Seperti faktor-faktor apa yang membuat kinerja perusahaan menurun.

Opportunity

Lalu ada Opportunity (peluang) yang merupakan kesempatan yang dimiliki oleh perusahaan. Jadi perusahaan memiliki kesempatan untuk berkembang di masa depan. Di sini Anda perlu melihat apa tren yang sejalan dengan bisnis Anda.

Threat

Terakhir ada Threat (ancaman), Anda perlu mempelajari hambatan yang membuat perusahaan tidak dapat berkembang. Seperti teknologi terbaru, peraturan pemerintah terbaru, dan banyak lainnya.

Baca juga: Apa itu analisis SWOT ?

Cara Mencari Peluang Usaha di Sekitar Anda

Cara Mencari Peluang Usaha

Salah satu kesulitan yang dihadapi oleh seseorang yang akan memulai bisnis adalah bagaimana mencari peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Banyak pemula di dunia bisnis masih bingung memilih bisnis yang tepat, sehingga mereka menunggu kesempatan.

Meskipun kesempatan tidak datang begitu saja, Anda perlu menemukan dan menciptakan peluang Anda sendiri. Berikut beberapa cara untuk mencari peluang usaha di sekitar Anda.

1. Mencari Peluang Usaha dari bakat Anda sendiri

Cara paling efektif untuk menemukan peluang usaha adalah dimulai dari mencari bakat yang ada dalam diri Anda. Karena kadang-kadang seseorang tidak menyadari bahwa potensi sebenarnya dapat digunakan sebagai peluang bisnis.

Banyak orang memiliki bakat unik yang tidak dimiliki oleh orang lain, jadi ini dapat digunakan sebagai peluang bisnis potensial.

2. Bekerja sama dengan bisnis lain

Jika Anda mengalami kesulitan karena tidak memiliki lokasi bisnis yang strategis, maka Anda dapat bekerja dengan pemilik bisnis lainnya. Anda dapat bekerja sama dengan mempercayakan barang-barang penjualan kepada mereka.

Anda dapat menawarkan perjanjian untuk bagi hasil keuntungan. Titipkan produk Anda pada usaha mereka yang memiliki lokasi strategis, tentu saja dengan cara ini produk Anda memiliki potensi untuk dibeli orang.

Mencari cara untuk melihat kesempatan bisnis cukup sulit, tetapi sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Karena peluang ini sebenarnya bisa didapatkan dari kehidupan sehari-hari atau di sekitar Anda.

Hal yang harus ditekankan dalam memulai bisnis adalah tekad yang kuat, keberanian, sikap disiplin, dan antusiasme untuk terus belajar.

Baca juga: Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Mudah Dilakukan

Menentukan Peluang Usaha Modal Kecil

Jika kita berbicara tentang usaha kecil yang menjanjikan, artinya kita benar-benar memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis. Meskipun dengan jumlah terbatas berarti kita masih harus mengeluarkan uang. Selain itu, kita juga harus memiliki modal non-material seperti pengetahuan tentang bisnis yang akan diimplementasikan, kemauan & upaya yang kuat.

Berikut ini beberapa contoh peluang usaha modal kecil yang sering dijalankan oleh pengusaha kecil dan menengah:

Peluang Usaha Modal Kecil Bisnis Online yang Menjanjikan

peluang usaha bisnis online

Bisnis online sangat cocok ketika dikombinasikan dengan bisnis offline yang kita miliki. Misalnya kita memiliki toko furnitur, nah sekarang kita dapat menjual furnitur secara online, dan tentu saja pasar akan lebih luas karena bisnis Anda dapat mencapai lebih banyak orang melalui internet. Namun, jika kita tidak memiliki bisnis offline, kita tetap dapat membangun bisnis online.

Berikut ini beberapa peluang usaha modal kecil online yang dapat dilakukan dari rumah:

1. Usaha Dengan Menjadi Penulis Lepas

Banyak penulis lepas diperlukan sebagai kontributor di situs web dan blog. Pekerjaan utama penulis ini tentu saja membuat artikel menarik untuk dipublikasikan.

Bisnis ini juga semakin menguntungkan karena banyak perusahaan besar mencari penulis online untuk mengisi artikel di blog dan situs web mereka. Biasanya blog / situs web yang sudah mulai banyak pengunjung akan memerlukan penulis artikel untuk memperbarui konten. Semakin banyak konten yang dibangun, kesempatan untuk mendapatkan trafik website juga akan semakin besar. Itulah sebabnya penulis lepas sering dicari oleh pemilik blog / situs web.

2. Usaha Dengan Membuat Toko Online

Bisnis toko online dapat dijalankan oleh orang-orang yang memiliki toko offline dan ingin meningkatkan penjualan dengan menjual secara online. Dan bisnis ini juga dapat dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki produk, dengan cara bergabung dengan pemasok atau produsen yang menawarkan sistem dropship atau reseller.

Agar toko online sukses sebaiknya mengetahui teknik pemasaran digital yang tepat. Dapat juga menggunakan marketplace untuk memfasilitasi proses pembelian dan penjualan dengan toko online.

3. Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing)

Bisnis affiliate marketing adalah satu bisnis online yang mudah dilakukan. Selain itu juga tidak memerlukan modal sama sekali selama Anda memiliki situs web atau blog sebagai sarananya.

Metode kerja bisnis ini dengan memasukkan link ke dalam web atau blog. Kemudian keuntungan akan diperoleh dari jumlah pengunjung ke tautan tersebut. Biasanya akan ada ketentuan terpisah apakah berdasarkan jumlah kunjungan dari link, penjualan atau bahkan sebagai anggota.

Menariknya, bisnis ini memberikan keuntungan karena cukup menempatkan link ke dalam web atau blog dan akan terus memberikan keuntungan. Dapat dikatakan sebagai penghasilan pasif dalam bisnis.

4. Usaha Dengan Menjadi Influencer

Influencer juga merupakan bisnis online yang menggoda. Sosok influencer tidak hanya harus memiliki sejumlah pengikut di media sosial. Tetapi juga mampu memberikan peran atau mempengaruhi pengikut mereka.

Tidak heran jika tarif influencer bisa bernilai mulai dari jutaan hingga puluhan juta?

Influencer tidak hanya di Instagram. Sebaliknya, Influencer sebenarnya menyebar hampir di semua media sosial. Mulai dari Twitter, Facebook, Tiktok dan YouTube. Platform ini memiliki deretan influencer masing-masing dengan pengaruh besar pada pengikut mereka.

Menjadi influencer juga nyaris tidak membutuhkan modal. Meskipun tentu saja branding yang kuat diperlukan dan kemampuan copywriting untuk mempengaruhi pengikut mereka.

5. Usaha Tanpa Modal Menjadi Dropshipper

Peluang usaha sampingan salah satu yang bisa dilirik, biasanya dilakukan selain pekerjaan utama. Jadi jika Anda memiliki pekerjaan, usaha sampingan dapat menjadi kesempatan untuk mendapatkan uang ekstra.

Salah satu peluang usaha sampingan yang menjanjikan tentu saja dropshipper. Saat ini ada banyak pilihan usaha untuk menjadi dropshipper. Dan pilih produk yang sekiranya akan mendapatkan keuntungan besar.

Dropshipper juga nyaris tidak membutuhkan modal. Untuk menjalankan peluang usaha sampingan ini hanya dengan memiliki koneksi internet, kemampuan pemasaran atau pemasaran, dan juga rekening bank.

Peluang Usaha Offline dengan Modal Kecil

peluang usaha offline

Ada banyak peluang usaha dengan modal kecil yang bisa dilakukan dari rumah. Kita dapat melakukan semua proses menjalankan bisnis dengan baik tanpa harus menyewa tempat. Meski begitu kita harus mempertimbangkan pasar di sekitar kita, akankah ada orang yang membutuhkan produk yang kita jual di sana?

Berikut ini beberapa peluang usaha modal kecil yang dapat dilakukan di rumah secara offline:

1. Peluang Usaha sebagai Penjahit Rumahan

Anda memiliki keterampilan menjahit? Peluang usaha penjahit rumahan bisa menjadi pilihan. Bisnis yang satu ini tidak memerlukan modal besar, cukup hanya mesin jahit dan juga keterampilan untuk menjahit saja.

Meskipun tidak membutuhkan modal besar, peluang usaha penjahit rumahan juga menjanjikan prospek keuntungan. Tidak heran jika di saat pandemi covid-19 banyak yang memulai bisnis penjahit rumahan dengan membuat berbagai macam Masker.

Bisnis penjahit rumahan akan menjanjikan ketika lokasi berada di lingkungan yang padat, mulai dari memperbaiki kerusakan pada pakaian, hingga membuat pakaian baru.

2. Bisnis Top-up

Bisnis rumahan ini juga terus meningkat. Dan masih memberikan manfaat yang cukup besar. Selain itu, tentu saja, mudah dikelola dan dijalankan dari rumah. Seperti namanya, bisnis ini adalah layanan untuk membantu top-up. Mulai dari pengisian pulsa listrik dan paket internet, listrik prabayar, hingga top up untuk e-money yang saat ini juga banyak digunakan.

Peluang usaha rumahan ini juga mudah dilakukan, juga tidak memerlukan modal besar. Bahkan pergantian modal untuk bisnis ini bisa dibilang cepat.

Jika Anda adalah seseorang yang aktif dalam jaringan, sebuah organisasi di mana anggota cukup banyak, atau anak-anak kuliah, maka kesempatan bisnis top-up bisa sangat menguntungkan, karena Anda dapat menjualnya kepada teman-teman yang ada di jaringan, organisasi dan kampus.

Namun, untuk menjalankan bisnis top-up perlu keseriusan dan strategi pemasaran yang baik karena saat ini persaingan untuk menjual top-up cukup ketat.

3. Bisnis Tempat Cuci Motor

Lokasi rumah Anda di pinggir jalan atau memiliki lahan yang luas? Maka bisnis cuci sepeda motor bisa menjadi pilihan. Seperti beberapa bisnis rumahan lainnya, untuk membuka tempat pencucian sepeda motor tidak ada keahlian khusus. Bahkan tidak banyak modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini.

Peluang usaha ini tidak perlu modal besar dan keahlian, untuk memulai bisnis cuci sepeda motor hanya membutuhkan lokasi yang tepat. Terutama jika Anda membuka bisnis ini di rumah maka ketersediaan air dan sistem pembuangan air kotor juga harus diperhatikan.

Agar bisnis cuci sepeda motor laris, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Seperti menyediakan tempat menunggu yang nyaman, memberikan berbagai promosi, dan voucher gratis cuci sepeda motor untuk beberapa kali kedatangan.

4. Bisnis Kuliner

Jika Anda memiliki resep makanan yang unik atau dapat membuat camilan yang disukai oleh banyak orang, maka Anda harus mempertimbangkan peluang bisnis di bidang kuliner.

Peluang bisnis yang menjanjikan ini sangat cocok untuk mereka yang menyukai dunia kuliner. Tidak sedikit orang yang berhasil menjalankan bisnis makanan, bahkan bisnis mereka tumbuh dan membuka cabang di tempat lain.

Perhatikan juga bahwa bisnis kuliner adalah salah satu model bisnis yang tidak akan pernah mengalami kemunduran. Mengapa? Karena kuliner atau makanan adalah kebutuhan dasar manusia. Meskipun sekarang kami telah menemukan banyak jenis bisnis kuliner, masih akan ada jenis bisnis kuliner lainnya dengan berbagai tampilan dan pengemasan.

Model bisnis ini juga dapat dijalankan dengan modal yang relatif kecil. Dan jika Anda tidak memiliki keahlian di dunia kuliner tetapi benar-benar ingin memiliki bisnis makanan, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli bisnis waralaba makanan dengan modal kecil, misalnya waralaba makanan ringan. Salah satu makanan ringan waralaba bisnis yang dapat Anda pertimbangkan adalah bisnis waralaba gorengan karena memiliki banyak penggemar.

5. Peluang Usaha Laundry

Jika kita melihat bisnis laundry, semakin banyak dan beragam layanannya, beberapa bahkan menawarkan untuk mengambil pakaian yang akan di laundry. Dan bisnis laundry biasanya akan sangat laris jika lokasi dekat dengan kampus dan rumah kos.

Jika Anda merasa bisnis ini cocok untuk Anda maka Anda harus segera melakukannya karena bisnis ini akan selalu dicari oleh banyak orang.

Ada beberapa informasi yang harus kita perhatikan jika Anda ingin berhasil dalam bisnis laundry;

  • Perhatikan target pasar. Sebelum membuka bisnis layanan laundry, kita harus tahu bahwa target pasar siapa yang sering menggunakan layanan laundry yang ditawarkan. Biasanya orang yang sering menggunakan layanan laundry adalah mahasiswa dan pekerja kantor yang masih bujangan. Tetapi ada kemungkinan bahwa pelanggan berasal dari berbagai segmen, misalnya ibu rumah tangga.
  • Modal adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan. Tidak hanya modal material tetapi juga pengetahuan tentang bisnis laundry, kemampuan manajemen, dan jaringan bisnis.

    Lokasi bisnis laundry juga merupakan penentu keberhasilan dalam bisnis ini. Cobalah untuk membuka bisnis laundry di lokasi yang cukup ramai, misalnya di sekitar kantor, perumahan, asrama, atau rumah kos.

  • Memilih dan membina karyawan juga tidak dapat diremehkan. Jika Anda mempercayakan pengoperasian bisnis laundry kepada karyawan, pastikan karyawan tersebut memiliki pengetahuan yang cukup baik.
  • Yang terakhir adalah proses pemasaran dan promosi. Selain menggunakan media offline untuk promosi (seperti spanduk, brosur, pamflet), pertimbangkan juga untuk mempromosikan melalui Internet (misalnya promosi di Facebook).

6. Peluang Usaha Kerajinan Tangan

Hobi membuat kerajinan tangan? Ini bisa menjadi peluang usaha modal kecil. Saat ini kerajinan tangan sangat populer dan diburu. Hanya perlu mengembangkan kreativitas dan juga kemampuan untuk dapat membuat kerajinan menarik dan dapat digunakan. Apakah itu untuk perlengkapan rumah dan hiasan, ataupun untuk dikenakan.

Agar kerajinan tangan laris untuk dijual, keunikan memang merupakan poin utama. Selain itu, kemampuan pemasaran juga diperlukan. Sehingga pemasaran kerajinan tangan bisa secara luas.

banner cara mengelola toko dengan ireap