Bagaimana Cara Menjadi Wirausaha Sukses?

How to Become a Successful Entrepreneur


Cara Menjadi Wirausaha Sukses

Mungkin Anda pernah mendengar kata wirausaha, nah, apa itu wirausaha? Meskipun kata wirausaha itu sendiri sangat umum, tetapi kita mungkin tidak memahami seluk beluknya. Wirausaha merupakan salah satu pendorong ekonomi negara. Oleh karena itu, pemerintah membantu banyak wirausahawan untuk memulai wirausaha sehingga tingkat pengangguran berkurang dan perekonomian negara membaik.

Apa itu Wirausaha?

Wirausaha berasal dari kata “Wira” dan “Usaha”. “Wira” berasal dari bahasa Sangiang dan Sanskerta yang berarti “berani”. Sementara “Usaha” berarti “perbuatan untuk mencapai tujuan”. Jadi dapat disimpulkan bahwa Wirausaha adalah seseorang yang berani berisiko melakukan tindakan untuk mencapai suatu tujuan.

Atau definisi wirausaha adalah kegiatan ekonomi yang ditetapkan oleh seseorang yang dijalankan secara independen untuk mendapatkan laba di mana dalam prosedurnya dapat membentuk sesuatu yang produktif dan memiliki lebih banyak manfaat.

Seorang wirausaha generasi milenial atau wirausahawan cenderung berani mengambil risiko, tetapi di belakangnya ada potensi keberhasilan bisnis karena ide aslinya tidak memiliki pesaing.

Wirausaha sering disebut juga dengan wiraswasta. Istilah wiraswasta lebih sering dikenal dan digunakan daripada wirausaha. Bahkan, keduanya memiliki arti sama dan setara dengan kata Entepreneur.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Setiap pakar memiliki pendapat yang berbeda tentang Wirausaha, berikut ini pengertiannya menurut para ahli.

Menurut Jean Baptista Say (1816), kewirausahaan adalah seorang wirausahawan yang mampu mengelola sumber daya yang secara ekonomi dimiliki (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi. Sedangkan menurut Burgess (1993), kewirausahaan adalah seseorang yang mengelola, mengatur, dan berani menanggung semua risiko dalam menciptakan peluang dan bisnis bisnis baru.

Baca juga: Aplikasi Kasir Toko Baju membantu para wirausaha untuk maksimalkan penjualan

Ciri-ciri Wirausaha dan Karateristik

Ciri-ciri Wirausaha dan Karateristik

Pengusaha unggul tentu memiliki karakteristik mereka sendiri dan tidak harus dimiliki oleh semua orang. Selain itu, cara menjadi wirausaha sukses ini membuat seseorang mampu berhasil di bidangnya.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri wirausaha sukses.

1. Berpikir Positif dan Bersikap Jujur

Berpikir positif selalu merupakan kondisi penting dalam setiap tahap yang kita jalani dalam hidup. Demikian pula, mendirikan usaha, Anda harus berpikir positif pada setiap kesempatan sehingga tidak dibayangi oleh keraguan karena mengalami kegagalan dalam menjalankan usaha serta Anda tidak akan berperilaku pesimis dalam keadaan apa pun yang terjadi ketika melaksanakan bisnis.

Sedangkan kejujuran adalah kondisi utama dalam melakukan bisnis atau sebagai wirausahawan sukses.

2. Percaya Diri dan Disiplin

Anda juga harus memiliki kepercayaan diri yang besar dalam melaksanakan bisnis yang Anda jalankan sendirian dan disiplin dalam menjalankan bisnis itu untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Orang yang percaya dirinya tinggi adalah orang yang telah dewasa secara jasmani dan rokhani.

Karakteristik kedewasaan seseorang adalah bahwa tidak tergantung pada orang lain, memiliki rasa tanggung jawab tinggi, kritis, emosional stabil, tidak mudah tersinggung.

3. Kreatif dan Inovatif

Kreatif adalah pengalaman individu untuk melakukan sesuatu yang berbeda, sementara inovasi adalah sesuatu yang baru dan seorang wirausahawan harus memiliki inovasi baru untuk perusahaan atau di tempat bisnisnya sendiri.

Produk baru berarti bahwa tidak perlu sepenuhnya baru, tetapi bisa juga bagian dari produk yang saudah ada.

4. Berjiwa Pemimpin dan Memotivasi

Ini juga poin utama Anda dalam menjalankan perusahaan karena di sini Anda adalah pemimpinnya. Pemimpin yang baik harus menerima kritik dari bawahan, ia harus responsif dan juga mampu memberikan motivasi kepada bawahannya.

Cara menjadi Wirausaha Sukses

bagaimana menjadi wirausahawan sukses

Wirausahawan adalah orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan yang memiliki kecerdasan atau berbakat mengenali produk-produk baru, menentukan metode produksi baru, menyiapkan manajemen operasional untuk pengadaan produk baru, memasarkannya dan mengatur modal operasional.

Berikut adalah tips menjadi wirausaha sukses:

1. Memiliki modal

Untuk memulai bisnis, Anda akan membutuhkan modal. Memiliki akses yang baik ke modal akan membantu bisnis Anda berjalan dengan lancar dan tentu saja akan mempercepat proses produksi.

Modal adalah salah satu kunci sehingga bisnis dapat berjalan dengan lancar. Anda bisa mendapatkan modal dari mana saja. Apakah itu dari investor, uang Anda sendiri, atau bahkan dari bank.

2. Mampu Melihat Peluang Bisnis

Kesempatan yang diambil dengan cepat dapat menjadi kesempatan untuk mengeksekusi ide, mengambil momentum, bahkan kecepatan mengambil target pasar dengan strategi pemasaran yang tepat.

Pengambilan peluang cepat tidak berarti tanpa pertimbangan terlebih dahulu. Pengusaha harus menganalisa setiap langkah dengan benar dan cepat agar tidak mengambil langkah yang salah.

3. Memiliki Mental Pengusaha

Berjiwa Pengusaha harus dibentuk sejak awal sebelum membangun bisnis. Keterampilannya seperti memahami target pasar, memahami kebutuhan pasar, mampu membaca peluang, keterampilan komunikasi yang baik, dll.

Semua keterampilan ini akan bermanfaat bagi wirausahawan karena akan sangat dibutuhkan selama membangun bisnis.

Baca juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan Wirausaha?

Contoh Wirausaha Modal Kecil yang Menjanjikan

Contoh Wirausaha Modal Kecil

Banyak pelaku wirausaha kreatif yang memulai bisnis mereka dari modal kecil dan tumbuh menjadi besar, berikut contoh-contoh usaha yang dapat dipertimbangkan:

1. Wirausaha Franchise

Franchise adalah salah satu bisnis waralaba yang bermanfaat. Bisnis waralaba selain mudah dikombinasikan dengan waralaba lain juga tidak membutuhkan modal yang begitu besar.

Bisnis waralaba juga relative aman, karena mengikuti arahan dari yang sudah pernah menjalankan bisnis nya, hanya perlu kehati-hatian dalam memilih.

Baca juga: Tips membeli Bisnis Franchise agar Anda tidak salah pilih dan untung besar

2. Wirausaha Laundry

Contoh wirausaha ini sangat ideal jika berada di lingkungan yang padat penduduk, zona pendidikan dan kantor. Terutama jika musim hujan tiba akan ada banyak orang yang malas untuk mencuci karena sulit untuk mengeringkannya.

3. Warung dengan Produk Token Listrik dan Pulsa.

Bisnis warung bisa dimulai dengan modal yang kecil dan tanpa tempat yang besar, biasanya bisa mulai dari perkarangan rumah untuk kebutuhan pokok, penduduk sekitar. Sekarang hampir semua orang memiliki gadget sebagai sarana untuk berkomunikasi.

Dari setiap orang yang memiliki gadget, tentu saja membutuhkan pulsa untuk dapat mengaksesnya. Keuntungan dari bisnis token pulsa dan listrik ini memang sedikit. Tetapi jika itu ditelatenkan dengan serius dan banyak orang yang melakukan pembelian, maka keuntungan akan berlimpah.

Selain itu, banyak bisnis MLM yang menggunakan produk pulsa sebagai bisnis mereka untuk mendapatkan lebih banyak laba. Dan masih banyak wirausaha yang menjanjikan lainnya, tergantung pada karakteristik Anda.

Baca juga: Peluang Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan dan Mudah

Setelah mengetahui tips bagaimana cara menjadi wirausaha sukses, maka kesalahan fatal yang terjadi dalam kewirausahaan adalah karena tidak adanya manajemen keuangan yang rapi. Manajemen keuangan sangat penting untuk bidang bisnis apa pun.

Lalu mana yang Anda pilih untuk menjadi wirausahawan atau karyawan kantor kah? Semoga bermanfaat.

aplikasi kasir bisnis waralaba / franchise