10+ Peluang Usaha Makanan Kekinian Paling Laris 2023

peluang-usaha-makanan-kekinian-paling-laris

Peluang Usaha Makanan Kekinian Paling Laris

Ada banyak usaha yang bagus untuk pemula, misalnya usaha makanan kekinian. Pertanyaannya, bisnis makanan apa yang cepat laku? Beberapa bisnis makanan yang cepat laku dan bisa menjadi usaha yang bagus untuk pemula, misalnya jualan gorengan, singkong keju, kulit ayam kremes, pisang nugget, takoyaki, tahu crispy, bahkan roti bakar pun masih laris manis sampai sekarang. Yuk, langsung saja baca ulasan lengkapnya di artikel iReap ini.

Pilihan Usaha Makanan Kekinian yang Laris dan Bisa Anda Coba di Tahun 2023

Bagi pebisnis pemula, menjalankan usaha makanan kekinian, seperti jajanan ringan dan snack/cemilan jauh lebih mudah serta berpotensi laris manis. Selain proses pembuatannya yang mudah, menjalankan usaha makanan seperti ini juga tidak memerlukan tempat yang luas.

Untuk meningkatkan peluang bisnis bisa laris, Anda bisa memilih lokasi usaha di pinggir jalan besar, di area perkantoran, area kampus, dan lokasi lainnya yang ramai lalu lalang orang.

Beberapa pilihan produk yang berpotensi laris untuk usaha makanan kekinian yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Usaha Makanan Keripik Kulit Ayam Kremes

Di masa lalu, kulit ayam lebih sering untuk bahan tambahan sayur sop, semur, dan menu makanan lainnya. Namun sekarang, keripik kulit ayam kremes menjadi salah satu camilan yang digemari dan mendatangkan keuntungan yang besar bagi penjualnya.

Anda bisa mencoba jualan keripik kulit ayam kremes, apalagi cari membuatnya cukup mudah. Kulit ayam yang sudah dibumbui, langsung goreng dalam minyak yang banyak dan panas. Aduk supaya semua kulit tergoreng sempurna, dan begitu terlihat sudah kering, angkat, dan tiriskan.

Sayangnya, cukup banyak pula yang beranggapan kalau keripik kulit ayam yang kriuk, gurih dan lezat ini kurang baik untuk kesehatan. Nah, PR Anda adalah mencari metode lain untuk mengolah kulit ayam menjadi keripik yang tidak membahayakan kesehatan.

2. Usaha Makanan Pisang Nugget

Masyarakat Indonesia menggemari pisang, mengingat buah pisang mudah ditemukan dan bisa diolah menjadi beragam makanan. Selain digoreng dan direbus, pisang juga bisa dibuat nugget dan menjadi salah satu usaha makanan kekinian yang laris dan banyak penggemarnya.

Layaknya bikin nugget, Anda tinggal mengolah pisang menjadi adonan yang bisa dibentuk, kemudian baluri dengan tepung terigu dan tepung roti. Goreng sebentar. Pelanggan nanti tinggal memilih mau toping apa. Misalnya toping keju susu, topping Nutella, toping coklat meses, matcha, dan sebagainya.

3. Usaha Makanan Takoyaki

Takoyaki adalah jenis camilan dari Jepang yang saat ini populer di Indonesia. Bahannya terbuat dari adonan tepung terigu, diberi isi potongan gurita, kemudian digoreng dalam cetakan berbentuk bulat seperti bola.

Saat ini, memang sudah banyak penjual takoyaki dengan isinya yang beragam, dan tidak lagi berisi potongan gurita. Ada yang mengisi takoyaki dengan bakso, daging, keju, sosis, ayam sampai keju.

Kalau ingin memulai usaha makanan takoyaki, coba lakukan inovasi pada resep adonan, isi dan pada pilihan topping. Selain itu, coba kemas takoyaki dengan tampilan yang lebih menarik.

Usaha Makanan Takoyaki

4. Usaha Makanan Tahu Crispy

Penjual gorengan sudah banyak dan variasi gorengannya hanya itu-itu saja. Kalau Anda ingin berjualan gorengan juga, coba jual tahu crispy. Usaha makanan kekinian yang satu ini sedang naik daun dan diburu banyak orang karena rasanya yang gurih dan enak.

Modal untuk memulai usaha makanan kekinian dengan produk tahu crispy ini juga tidak banyak. Namun pastikan Anda bisa mendapatkan kualitas tahu mentah yang segar, sehingga tahu crispy Anda tidak berasa asam.

5. Peluang Usaha Makanan Roti Bakar

Siapa yang tak menyukai dengan jajanan satu ini? Selain rasanya yang bervariasi, usaha jajanan roti bakar adalah bisnis yang memiliki prospek cemerlang untuk mendatangkan keuntungan.

Kesuksesan menjalankan usaha makanan roti bakar terletak pada kualitas roti yang digunakan sebagai bahan baku, varian rasa, dan cara Anda mengemasnya menjadi lebih menarik.

Pilih roti tawar dengan tekstur yang lembut sehingga ketika dibakar tidak berubah menjadi keras. Jangan lupa, tambahkan mentega untuk meningkatkan cita rasa dan aromanya.

6. Peluang Usaha Seblak

Seblak menjadi makanan yang cukup populer di kalangan anak muda. Seblak terbuat dari kerupuk yang direndam air hangat, sehingga menjadi lembek. Kemudian tambahkan campuran aneka bumbu.

Untuk topping-nya, Anda bisa menambahkan berbagai pilihan topping sesuai permintaan pelanggan, misalnya bakso, sosis, ayam, makaroni, dan sebagainya.

Agar lebih kekinian, Anda juga bisa menambahkan campuran keju mozarella, daging cincang, seafood, atau bahan makanan lain untuk meningkatkan cita rasa.

Seblak bisa disajikan kering atau dengan kuah, namun yang lebih laris memang seblak berkuah. Nah, kalau ingin mencoba usaha makanan seblak ini, coba berkreasilah menciptakan resep seblak sendiri dengan rasa yang lebih khas, atau mengolah seblak menjadi menu baru agar pelanggan tidak bosan.

7. Martabak

Siapa sih yang tak suka makan martabak? Banyak orang di Indonesia yang menyenangi jenis makanan ini sebagai camilan saat bersantai bersama keluarga atau suguhan dalam acara-acara keluarga.

Dengan banyaknya penggemar martabak, wajar kalau banyak pebisnis kuliner yang mencoba peruntungan dengan membuka usaha makanan dengan produk martabak. Meski begitu, peluang masih ada kalau Anda juga ingin jualan martabak. Tinggal pikirkan resep martabak yang unik, isi martabak yang beda dari biasa, kemasan, atau Anda bisa menciptakan martabak dengan ukuran jumbo untuk acara spesial.

Lalu untuk pemasarannya, Anda bisa membuka kedai di pinggir jalan, menyediakan layanan delivery, dan bekerja sama dengan aplikasi makanan pesan antar

Martabak

8. Singkong Keju

Singkong adalah jenis makanan yang kalau diolah bisa menjadi santapan yang nikmat. Bahkan kandungan karbohidrat dalam singkong bisa jadi pengganti nasi. Nah, Anda bisa memanfaatkan singkong sebagai produk unggulan untuk usaha makanan yang Anda jalankan.

Salah satu contoh olahan singkong yang bisa Anda jual, misalnya singkong keju. Singkong sebaiknya direbus dulu dengan berbagai bumbu, seperti ulekan bawang putih, garam, lada, dan bumbu lainnya. Setelah cukup lunak, baru digoreng sampai kering. Kemudian taburi parutan keju sebagai topping-nya.

9. Pempek

Pempek adalah makanan khas masyarakat Palembang, namun makanan ini sudah dikenal luas di berbagai daerah di Indonesia. Kalau ingin jualan pempek dan tak bisa membuatnya, Anda bisa bekerja sama dengan pembuat pempek asli Palembang. Jadi, Anda tinggal menggoreng dan menjualnya kepada pelanggan.

Namun jika Anda bisa membuatnya sendiri, itu jauh lebih baik, dan keuntungan yang Anda dapatkan pun jauh lebih besar. Hanya saja, pastikan pempek yang Anda buat memiliki cita rasa yang sama / atau lebih baik dari aslinya.

10. Sosis Bakar

Penggemar sosis bakar tak cuma anak-anak, namun banyak juga dari kalangan remaja dan orang dewasa yang suka makanan ini. Kebanyakan penjual sosis bakar berjualan di alun-alun, dekat sekolah, atau sentra kuliner.

Nah, Anda bisa memulai usaha makanan sosis bakar dengan membuka kedai kecil di rumah sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat. Selain itu, manfaatkan saja peralatan memasak yang ada di rumah dan tidak perlu membeli peralatan khusus.

Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan kalau ingin usaha sosis bakar Anda laris adalah pilihan topping yang tersedia, rasa sosis, dan cara pengemasannya.

11. Usaha Makanan Keripik Pisang

Jika pada ulasan di atas Anda sudah membaca tentang pisang nugget, maka selain dijadikan nugget, pisang juga bisa jadi keripik beraneka rasa.

Anda tinggal mengolah pisang menjadi keripik, kemudian memberikan berbagai rasa sebagai varian, misalnya keripik pisang coklat, keripik pisang gula merah, keripik pisang keju, dan sebagainya.

Jangan lupa, kemas keripik pisang yang Anda produksi dalam kemasan yang menarik dan higienis. Kemudian lakukan promosi dan pemasaran untuk menjangkau pasar yang lebih luas, misalnya pemasaran di media sosial.

Kesimpulan

Usaha makanan kekinian di atas hanyalah sebagian ide peluang usaha yang bisa Anda coba dan bisa menjadi sumber penghasilan. Apa pun jenis usaha makanan yang akhirnya Anda pilih untuk dikembangkan, pastikan Anda memiliki manajemen keuangan yang baik dan rutin melakukan analisis bisnis.

Agar keuangan bisa terkelola dengan baik, gunakan saja aplikasi kasir iReap POS yang memudahkan Anda dalam mencatat setiap transaksi bisnis. Jangan lupa hitung dengan teliti Harga Pokok Penjualan agar dapat menentukan harga jual yang sesuai dengan menguntungkan.

Atau kalau belum cocok dengan ide usaha makanan di atas, dan ingin buka warung makan saja. Coba baca dulu artikel ini: Ini Caranya Usaha Warung Makan Untung Banyak.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp