8 Fitur Google Bisnisku yang Bikin Bisnis Mudah Ditemukan

fitur google bisnisku

Fitur Google Bisnisku yang Bikin Bisnis Mudah Ditemukan

Anda pasti pernah mengetikkan kata atau kalimat tertentu di Google Map saat mencari suatu lokasi bisnis atau toko yang ingin Anda datangi.

Setelah hasil pencarian muncul, Anda bahkan bisa mendapatkan informasi mengenai nama bisnis, alamat atau lokasi bisnis berada, produk yang tersedia, hingga review dari pelanggan. Nah, semua ini ada pada fitur Google Bisnisku. Baca penjelasannya di bawah ini, ya.

8 Fitur Google Bisnisku yang Bikin Bisnis Mudah Ditemukan

Ada 8 fitur Google Bisnisku yang utama dan bisa membantu Anda para pemilik bisnis meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari, seperti Google. Tujuannya tentu saja agar konsumen potensial bisa dengan mudah mengenali serta menemukan bisnis Anda. Berikut ketujuh fitur Google My Business tersebut:

Nama Bisnis dan Kategori

1. Nama Bisnis dan Kategori

Penting untuk memastikan nama bisnis terdaftar dengan benar di Google Bisnisku. Karena kalau sampai ada kesalahan, apalagi typo dalam penulisannya, sudah tentu akan merugikan Anda.

Nama bisnis adalah identitas utama bisnis Anda. Dengan nama yang tepat, calon pelanggan dapat dengan cepat memahami jenis layanan atau produk yang Anda tawarkan.

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika mencantumkan nama bisnis di Google My Business, antara lain:

  • Deskripsikan nama bisnis dengan jelas, termasuk mengenai jenis produk dan layanan yang tersedia.
  • Hindari menggunakan nama yang umum dan tidak informatif.
  • Ada baiknya nama bisnis singkat saja, unik, dan mudah diingat.
  • Boleh mencantumkan benefit atau manfaat yang akan pelanggan dapatkan kalau menggunakan / membeli produk dari bisnis Anda. Misalnya: “Sate Ayam Makmur yang Selalu Memuaskan Lidah.”
  • Nama bisnis harus sesuai dengan hukum dan perpajakan di wilayah Anda, termasuk tidak menggunakan nama yang sudah digunakan bisnis lain. Ini untuk menghindari masalah hukum di kemudian hari.

Selanjutnya, pastikan Anda memilih kategori bisnis sesuai dengan jenis layanan atau produk yang Anda tawarkan. Misalnya, Anda memiliki restoran, maka pilih kategori yang langsung menggambarkan jenis makanan yang Anda jual.

Cara ini akan membantu Google memahami bisnis Anda, kemudian Google bisa merekomendasikan bisnis tersebut kepada pelanggan yang relevan.

Contoh:

Nama bisnis: “Sate Ayam Makmur yang Selalu Memuaskan Lidah.”

Kategori bisnis: “Restoran Masakan Sate.”

2. Deskripsi Bisnis di GMB

Deskripsi bisnis adalah kesempatan untuk memberikan informasi dan gambaran singkat tentang apa yang membuat bisnis Anda unik beserta produk atau layanan bisnis yang ditawarkan.

Selain itu, deskripsi bisnis yang Anda cantumkan di Google Bisnisku akan meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari. Oleh karena itu, buatlah deskripsi singkat yang menarik, informatif, dan sisipkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuat deskripsi bisnis di Google My Business:

  • Deskripsi wajib ditulis secara singkat, jelas, namun tetap informatif.
  • Isi deskripsi harus dapat menggambarkan jenis layanan atau produk yang Anda tawarkan dan menjadi cerminan identitas bisnis secara keseluruhan.
    Contohnya:

    • “Warung Sate Makmur adalah destinasi kuliner terbaik untuk pencinta sate. Nikmati sate lezat dengan berbagai pilihan daging dan saus yang kami tawarkan.”
    • “Toko Bunga Cantik menawarkan beragam rangkaian bunga segar dan bunga potong berkualitas tinggi untuk berbagai kesempatan.”
  • Gunakan kata kunci yang relevan dan merujuk pada produk atau layanan bisnis dan memang sering pelanggan cari.
    Contoh: toko bunga Anda berfokus pada “bunga potong” dan “bunga papan”, maka kedua kata kunci tersebut harus ada dalam deskripsi.
  • Deskripsi bisnis juga perlu Anda perbaharui secara berkala sehingga informasi yang tercantum di Google Bisnisku adalah informasi terbaru dan selalu up to date.
  • Pastikan deskripsi bisnis yang Anda buat unik dan berbeda dari kompetitor, terutama kompetitor yang berada di area yang berdekatan dengan bisnis Anda.

Terakhir dan yang paling penting, jangan lupa baca serta pelajari Panduan Membuat Deskripsi di Google Bisnisku.

3. Fitur untuk Pasang Foto di Google Bisnisku

Anda pasti sudah paham, kan, kalau satu foto dapat mengungkapkan seribu makna dan bisa memikat orang yang melihatnya. Kenapa Anda tidak memanfaatkan keberadaan foto untuk membuat orang tertarik pada bisnis Anda saat mereka menemukannya di Google Map?

Keuntungan menayangkan foto, baik foto produk, foto kemasan, foto layanan bisnis, atau jenis foto lainnya dapat membuat bisnis Anda meraih posisi teratas pencarian.

Oleh karena itu, manfaatkan fitur untuk menampilkan foto di Google Bisnisku seoptimal mungkin. Apalagi foto-foto tersebut bisa pemilik bisnis yang mengunggahnya, bisa pula pelanggan.

Tapi jangan bergantung hanya pada foto-foto dari pelanggan ya. Berdasarkan panduan Google, ada baiknya foto dan video yang diunggah di GMB lebih banyak dari pemilik bisnis dengan tujuan semua foto mengenai bisnis Anda relevan dan dalam sudut pengambilan terbaik.

Masih dari panduan yang sama, Google bahkan menyarankan agar Anda secara rutin memeriksa foto-foto unggahan pelanggan dan menghapus foto berkualitas buruk atau yang tidak relevan.

Pertanyaannya sekarang, foto yang seperti apa yang bagus diunggah di Google Bisnisku? Berikut beberapa panduannya:

  • Foto yang mencerminkan identitas bisnis, seperti logo, warna khas, kemasan produk, dan sebagainya sehingga bisnis Anda mudah dikenali pelanggan.
  • Pasang foto sampul, yaitu foto yang menggambarkan bisnis Anda secara keseluruhan, seperti foto bangunan usaha atau eksterior gedung.
  • Anda juga bisa memajang foto interior toko / tempat usaha, tim maupun karyawan yang bekerja bersama Anda demi membangun kepercayaan pelanggan, foto produk, dan sebagainya.

Pastikan semua foto yang Anda pajang di Google Bisnisku memiliki resolusi tinggi, tidak blur, tidak pecah, dan jelas. Selain itu, Anda juga bisa lho membuat katalog produk di Google My Business demi membangun brand awareness dan membuat calon konsumen ingin segera mengunjungi dan berbelanja secara langsung di tempat usaha.

4. Review / Ulasan Pelanggan

Ulasan pelanggan dapat mempengaruhi keputusan pelanggan potensial. Minta pelanggan untuk meninggalkan ulasan positif tentang bisnis Anda pada Google Bisnisku.

Responlah dengan sopan terhadap ulasan, baik positif maupun negatif, untuk menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap pendapat pelanggan.

5. Atribut

Google Bisnisku memungkinkan Anda menambahkan atribut bisnis seperti jam operasional, metode pembayaran yang diterima, dan fasilitas aksesibilitas.

Pastikan untuk mengisi atribut ini dengan benar agar pelanggan potensial memiliki informasi yang lengkap.

Konten Promosi

6. Konten Promosi

Gunakan fitur “Posting” di Google Bisnisku untuk mempromosikan penawaran, acara khusus, atau berita terbaru dari bisnis Anda.

Ini adalah cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung melalui hasil pencarian.

7. Fitur untuk Berinteraksi dengan Pelanggan

Google Bisnisku juga memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui pesan.
Ini juga menjadi cara yang baik untuk menjawab pertanyaan pelanggan atau memberikan informasi tambahan tentang produk atau layanan bisnis.

8. Google Bisnis Insight

Anda dapat menggunakan fitur Google Bisnis Insight untuk melihat seberapa sering profil bisnis Anda dilihat oleh pengguna dan bagaimana mereka menemukan bisnis Anda.

Dengan seluruh data insight yang Anda dapatkan, Anda jadi tahu kinerja bisnis yang di platform Google dan bisa pula merancang strategi promosi yang tepat.

Memahami berbagai fitur Google Bisnisku akan membantu Anda menggunakannya dengan optimal demi perkembangan bisnis. Nah, sekarang ikuti langkah-langkah dan Cara Daftar Google Bisnisku yang Lengkap dan Mudah.

Kelebihan Produk Point of Sales Gratis dari iReap

About

contact whatsapp
contact whatsapp