Google Bisnisku, Pengertian dan Manfaatnya Agar Bisnis Makin Dikenal

pengertian dan manfaat google bisnisku

Pengertian dan Manfaat Google Bisnis

Google Bisnisku, pernahkah Anda mendengar istilah ini? Ya, Google bisnisku atau Google My Business adalah fitur dari Google yang membantu bisnis Anda mudah ditemukan secara online di mesin pencari. Tak hanya meningkatkan visibilitas, namun menggunakan Google bisnisku ini akan membantu konsumen mengenal bisnis Anda dengan baik. Yuk, cari tahu pengertian dan manfaat Google Bisnisku di artikel iReap ini.

Apa Itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk pemilik bisnis. Dengan menggunakan Google Bisnisku, Anda dapat mengelola informasi bisnis, mulai dari produk, layanan bisnis, jam operasional usaha, dan alamat usaha.

Bahkan bisa pula menyediakan katalog dalam bentuk video atau image. Bisa dikatakan, Google Bisnisku merupakan alat luar biasa yang dapat membantu bisnis Anda untuk tampil lebih menonjol di halaman pencarian seperti Google dan dapat bersaing dengan kompetitor.

7 Manfaat Google Bisnisku yang Wajib Pebisnis Tahu

1. Bisnis Muncul di Google Map

Pertama-tama, Google Bisnisku memungkinkan bisnis tampil di Google Maps. Ketika ada pelanggan yang mencari bisnis dengan mengetikkan kata kunci tertentu, apalagi kata kunci tersebut relevan dengan bisnis Anda, maka bisnis Anda pun berpotensi muncul di pencarian.

Kemunculan bisnis di Google map membuka peluang calon konsumen menemukan bisnis Anda dengan mudah, atau malah langsung berkunjung ke gerai bisnis karena memang mau melakukan pembelian. Ini sudah pasti akan mendatangkan keuntungan.

2. Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Dengan Google Bisnisku, bisnis mendapatkan eksposur yang lebih besar di hasil pencarian Google. Misalnya ada konsumen yang ingin membeli sate, kemudian mereka mengetik, “kedai sate terdekat.”

Jika kebetulan Anda menerapkan strategi local SEO dan menggunakan Google My Business, bisa jadi calon konsumen tersebut datang langsung untuk membeli sate di kedai Anda. Nah, ini hanya analogi saja ya. Untuk jenis bisnis lain pun berlaku hal yang sama.

Manfaat Google Bisnisku yang Wajib Pebisnis Tahu

3. Memudahkan Pelanggan Menemukan Bisnis Anda

Seperti jendela virtual, Google Bisnisku dapat membantu pelanggan mengetahui apa yang tersedia dalam bisnis Anda.

Misalnya, Anda mencantumkan berbagai jenis produk dan layanan bisnis yang Anda jual. Lalu, Anda melengkapinya dengan deskripsi, spesifikasi, bahkan foto produk. Semua informasi ini tentu memudahkan pelanggan.

Lalu jangan lupa cantumkan juga nomor kontak atau email aktif yang bisa dihubungi siapa tahu pelanggan ingin berkomunikasi secara langsung dengan Anda.

Semakin pelanggan merasa dimudahkan dalam banyak bentuk, terutama untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, maka akan semakin terbuka peluang terjadinya konversi.

4. Media Informasi dan Interaksi bagi Pelanggan

Dalam Google Bisnisku juga tersedia fitur untuk berinteraksi dengan para pelanggan. Maka pastikan ketika ada pelanggan yang meninggalkan pesan, berkomentar, atau memberikan ulasan terkait bisnis, luangkan waktu untuk membalasnya.

Anda juga dapat membagikan pembaruan terkini dan info terbaru kepada pelanggan. Ini menjadi cara efektif untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan lama sekaligus menarik lebih banyak pelanggan baru.

5. Lebih Mudah Mendapatkan Ulasan / Review

Ulasan dan review sangat penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Karena di era digital saat ini, orang baru memutuskan akan membeli atau menggunakan suatu produk setelah membaca ulasan dari pelanggan lain.

Nah, Google Bisnisku memungkinkan pelanggan meninggalkan ulasan langsung di halaman bisnis Anda. Oleh karena itu, pastikan bisnis Anda memberikan pelayanan terbaik, sehingga bisa mendapatkan banyak ulasan positif yang dapat meningkatkan reputasi bisnis.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

6. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Bisnis yang terverifikasi oleh Google akan mempengaruhi tingkat kepercayaan pelanggan. Dengan kehadiran yang kuat di Google Bisnisku, pelanggan akan merasa lebih percaya pada bisnis Anda. Kepercayaan ini dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan baru.

7. Menjadi Alat Analisis Terbaik untuk Mengenal Pelanggan

Selain manfaat eksternal, Google Bisnisku juga memberikan wawasan berharga tentang perilaku pelanggan.
Anda dapat melihat seberapa sering orang mencari bisnis Anda, dari mana asal mereka, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan informasi bisnis yang tersedia.

Data ini dapat membantu Anda mengambil keputusan strategis yang lebih baik, juga membantu merancang strategi pemasaran yang tepat sasaran.

Setelah tahu pengertian Google Bisnisku dan manfaatnya agar bisnis makin dikenal, cari tahu juga yuk mengenai 8 Fitur Google Bisnisku yang Bikin Bisnis Mudah Ditemukan.

Kelebihan Produk Point of Sales Gratis dari iReap

About

contact whatsapp
contact whatsapp