Cara Desain Kemasan Produk Kreatif, Unik, dan Menarik

product-packaging-design


Cara Desain Kemasan Produk Kreatif, Unik, dan Menarik

Sebagian besar keputusan calon pembeli untuk mendapatkan suatu produk dipengaruhi oleh desain dari kemasan produk tersebut. Semakin unik desain kemasan produk tersebut. Maka semakin besar juga keinginan calon pembeli untuk mendapatkan produk tersebut. Sebagai pengusaha tentunya Anda tidak mungkin menyia-nyiakan hal ini bukan?

Untuk itu Anda perlu membuat desain yang menarik pada kemasan produk yang Anda miliki. Jadikan kemasan produk Anda memiliki harga jual produk tinggi agar mendapatkan untung besar dengan membuat desain yang berbeda dari lainnya. Tentunya anda juga perlu memperlihatkan keunggulan dari pengertian produk Anda yang nantinya bisa membuat calon pembeli semakin tertarik.

Cara Membuat Desain Kemasan Produk Kreatif Untuk Produk Makanan

Cara Membuat Desain Kemasan Produk Kreatif

Pada era yang canggih seperti ini persaingan pasar semakin meningkat. Apalagi kini berbisnis bisa dilakukan dengan mudah melalui perangkat digital. Tidak heran, banyak pelaku usaha yang mulai memberikan desain yang menarik untuk mempromosikan produknya kepada masyarakat.

Baca juga: Contoh Kata-kata Promosi Jualan Online

Tentunya desain kemasan produk menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pengusaha. Tak hanya dapat menarik minat masyarakat, namun juga bisa menjadi salah satu branding jenis usaha Anda khususnya pada bidang produk makanan. Makanan merupakan salah satu jenis kebutuhan pokok yang selalu dicari oleh masyarakat.

Agar pembeli bisa kembali membeli produk Anda, jangan hanya meningkatkan kualitas rasa saja. Namun juga perlu memperhatikan desain dari kemasan produk Anda. bagaimanapun juga, calon pembeli sebelum memutuskan membeli produk Anda pasti akan melihat kemasan produk terlebih dahulu.

Jika produk Anda memiliki kemasan yang kurang rapi, kurang menarik atau bahkan tidak sesuai dengan produk Anda. Bisa dipastikan calon pembeli akan lebih memiliki produk makanan lain dibandingkan produk Anda. Untuk itu desain kemasan produk perlu dibuat dengan pertimbangan yang matang.

Tenang saja, ada cara membuat label makanan yang terbaik dan mampu menarik calon pembeli. Caranya cukup mudah, Anda bisa mengikuti beberapa tips yang ada di bawah ini.

1. Kenali Berbagai Jenis Kemasan

Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali semua jenis kemasan produk makanan. Satu jenis makanan pastinya akan memiliki berbagai macam kemasan yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Dalam memilih kemasan produk makanan, yang perlu diperhatikan pertama kali ialah mengenai keamanannya. Produk makanan yang tidak menggunakan kemasan yang aman bisa mengakibatkan kualitasnya berkurang.

Jika sudah begini, maka pembeli bisa saja merasa kecewa. Untuk itu pilihlah jenis kemasan yang aman dan sesuai dengan jenis produk makanan yang Anda miliki.

2. Perhatikan Ukuran Kemasan

Setelah mengenali jenis kemasan yang nantinya akan Anda gunakan, maka Anda bisa langsung memilih ukurannya. Anda bisa menemukan berbagai ukuran kemasan produk makanan, dan pilihlah ukuran yang sesuai. Ukuran yang dipilih tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Melainkan Anda juga perlu mempertimbangkan dengan baik.

3. Pilih Desain Kreatif yang Mudah Diingat Konsumen

Desain kemasan produk adalah salah satu hal yang cukup penting untuk Anda pertimbangkan. Adanya desain ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk produk Anda. Selain itu Anda juga bisa lebih mudah melakukan branding jika memiliki desain kemasan tersendiri. Pastikan Anda memilih desain yang memang mudah diingat oleh masyarakat.

Untuk menciptakan desain yang mudah diingat, bisa dengan memilih logo produk yang simpel namun tetap menarik. Desain yang simpel dan unik akan jauh lebih diingat oleh masyarakat. Pastikan juga bahwa logo tersebut memiliki tulisan yang mudah dibaca.

4. Pilih Warna yang Cerah

Tidak hanya desain saja yang perlu dipilih dengan baik, melainkan juga mengenai warna kemasan produk. Anda bisa memilih warna yang cerah agar produk makanan Anda bisa lebih menarik perhatian masyarakat. Ada banyak warna cerah yang bisa Anda pilih, tentunya Anda juga perlu memilih perpaduan warna yang bisa menjadi ciri khas kemasan produk Anda.

5. Pilih Gambar yang Menarik

Pada kemasan produk khususnya makanan, biasanya memang memberikan gambar berupa makanan yang Anda produksi. Pemilihan gambar ini juga sangatlah penting agar calon pembeli bis amengetahui produk makanan apa yang akan dibeli. Tentunya gambar yang Anda cantumkan haruslah memiliki nilai seni yang bagus.

Jangan sampai Anda memberikan gambar makanan yang asal-asalan. Hal seperti ini juga bisa menjadikan produk Anda kurang laku karena calon pembeli merasa ragu membelinya. Pilihlah gambar yang baik, dengan mengambil foto dengan bagus dan menonjolkan keunggulan produk makanan Anda.

6. Cantumkan Informasi Produk

Hal yang tidak kalah pentingnya saat Anda membuat desain kemasan produk adalah mencantumkan informasi seputar produk. Informasi seperti ini sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat. Misalnya untuk produk makanan ringan, Anda bisa mencantumkan informasi mengenai komposisi, informasi nilai gizi dan lain sebagainya.

Selain itu Anda juga bisa memberikan informasi seperti slogan untuk produk makanan Anda. Bisa juga mencantumkan informasi mengenai promo yang sedang berlaku dan informasi penting lainnya.

Apabila Anda melakukan beberapa tips di atas untuk mendesain kemasan produk yang Anda miliki. Bisa dipastikan kemasan produk Anda akan terlihat jauh lebih menarik. Pastikan keunggulan produk yang Anda miliki bisa dicantumkan dengan baik melalui kemasan produknya.

Jika kemasan produk didesain dengan baik, maka bisa lebih memudahkan Anda untuk melakukan branding. Bahkan masyarakat juga bisa dengan mudah untuk mengenali produk Anda karena kemasannya yang menarik dan unik.

Contoh Desain Kemasan Produk Makanan Ringan

Contoh Desain Kemasan Produk

Kemasan untuk suatu produk memang sangatlah penting. Tidak hanya berfungsi untuk mengemas suatu produk dan dapat menjaga kualitasnya. Melainkan juga bisa menjadi branding untuk produk tersebut. Adanya kemasan ini juga bisa berpengaruh pada keputusan calon pembeli untuk membeli produk yang Anda miliki.

Makanan ringan adalah salah satu contoh produk yang sangat membutuhkan adanya kemasan. Produk makanan seperti ini jika tidak diberikan kemasan akan mengurangi kualitas makanan tersebut dan bisa cepat basi. Untuk itu pemilihan kemasan untuk produk makanan ringan tidak boleh sembarangan.

Selain tetap memperhatikan keamanan kemasannya, namun juga perlu memiliki desain kemasan produk yang menarik. Kebanyakan masyarakat cenderung memilih produk makanan ringan dengan kemasan yang unik dan menarik. Terlebih lagi makanan ringan untuk anak-anak atau remaja.

Kemasaan produk yang unik menjadi daya tarik utama konsumen untuk memutuskan membeli makanan ringan. Baru setelah melihat desain dari kemasan produk tersebut, konsumen akan menilai mengenai kualitas makanan tersebut. Untuk itu pemilihan desain kemasan produk makanan ringan harus benar-benar terlihat menarik konsumen untuk membelinya.

Anda ingin mencari ide untuk desain kemasan yang menarik dan unik? Maka Anda bisa menyimak beberapa ide contoh desain unik yang ada di bawah ini.

1. Menggunakan Kemasan Plastik Bening

Siapa sangka ide kemasan menggunakan plastik bening mampu menarik perhatian calon pembeli? Mungkin contoh desain seperti ini terlihat kurang menarik bagi sebagian orang. Namun Anda bisa menambahkan karakter lucu atau desain lainnya yang lebih menarik. Sehingga nantinya kemasan plastik bening masih terdapat variasi desain yang unik.

Bisa menambahkan karakter kartun, binatang sebagai variasi tambahan. Selain itu juga pilihlah warna yang cerah agar semakin menonjolkan keunikan produk makanan Anda. Adanya kemasan plastik bening ini juga bisa menjadikan keunggulan tersendiri untuk produk Anda.

Biasanya masyarakat akan merasa ragu membeli makanan ringan karena masih belum mengetahui secara pasti bentuknya. Namun dengan plastik bening ini bisa menjadi suatu informasi yang penting bagi masyarakat yang penasaran dengan produk makanan ringan Anda.

2. Menggunakan Desain Karakter Lucu

Untuk produk makanan ringan yang khusus anak-anak dan juga remaja, maka Anda bisa memilih desain kemasan menggunakan karakter lucu. Biasanya anak-anak akan menyukai makanan ringan yang memiliki karakter lucu. Bahkan cenderung tidak memperdulikan produk makanan ringannya, melainkan hanya desain kemasan karakternya.

Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan baik dan mulai mendesain kemasan produk Anda dengan memberikan karakter tertentu. Selain menggunakan desain karakter, Anda juga bisa memilih warna-warna yang cerah dan menunjukkan keceriaan. Hal ini bisa menjadi nilai plus untuk desain kemasan produk Anda.

3. Memiliki Bentuk Kemasan Produk yang Anti Mainstream

Ide terakhir yang bisa Anda pilih untuk desain kemasan makanan ringan adalah memilih bentuk kemasan yang anti mainstream. Kebanyakan makanan ringan dikemas dengan bentuk tabung, bundar atau bahkan bentuk bantal seperti pada umumnya. Jika Anda ingin menggunakan desain yang berbeda dengan lainnya, maka coba dengan menggunakan hal baru.

Bisa dengan menggunakan kemasan berbentuk prisma yang terbuat dari bahan kertas. Atau dengan bentuk mesin oven dan masih banyak lagi. Namun yang paling penting adalah keamanan dari kemasan tersebut. Pastikan bahwa makanan ringan yang ada di dalamnya tetap terjaga kualitasnya hingga sampai di tangan konsumen.

Itulah beberapa contoh desain kemasan untuk produk makanan ringan yang cukup unik dan bisa menjadi ide untuk kemasan produk Anda. Pastikan Anda membuat desain yang terbaik dan bisa menampilkan semua keunggulan produk Anda. Jika hal tersebut Anda lakukan dengan biak, maka produk Anda bisa laku di pasaran dan menjadi makanan kesukaan masyarakat.

Memilih desain kemasan produk memang penting untuk Anda pertimbangkan dengan baik. Bahkan juga perlu memilih desain yang unik agar bisa menarik calon pembeli. Akan tetapi yang paling penting adalah kemasan tersebut bisa menyimpan makanan ringan dengan baik. Untuk itu pastikan kemasan tersebut sudah aman digunakan.

Aplikasi Untuk Desain Kemasan Produk

Aplikasi Untuk Desain Kemasan Produk

Untuk mendesain suatu kemasan produk Anda, sudah pasti membutuhkan aplikasi. Aplikasi ini berguna untuk memudahkan Anda mendesain kemasan dengan baik sesuai dengan keinginan Anda. Tanpa menggunakan aplikasi khusus, Anda bisa saja kesulitan untuk mendesain kemasan produk.

Tentunya ada banyak jenis aplikasi yang bisa Anda gunakan. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua aplikasi mampu memberikan fasilitas terbaik untuk Anda. Apabila Anda memilih aplikasi yang tepat, maka bisa menghasilkan desain kemasan produk sesuai dengan keinginan Anda.

Kini untuk membuat desain tidak sesulit dulu. Saat ini tersedia beberapa aplikasi yang mampu memberikan template dengan banyak pilihan yang bisa Anda pakai. Bahkan aplikasi seperti ini sangat cocok digunakan untuk pemula. Tentunya pilihan aplikasi untuk membuat desain bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Anda bisa memilih berbagai jenis aplikasi untuk membuat desain. Manfaatkan aplikasi ini dengan baik dan dapatkan desain kemasan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. berikut ini beberapa aplikasi untuk membuat desain yang wajib Anda coba.

1. Menggunakan Aplikasi Desain Canva

Aplikasi pertama yang bisa Anda coba adalah canva. Tersedia berbagai pilihan template yang bisa Anda gunakan secara instan, bahkan aplikasi juga cocok untuk pemula. Canva merupakan aplikasi desain grafis yang berasal dari Australia. Anda bisa menggunakan aplikasi ini melalui web ataupun melalui smartphone.

Untuk mengoperasikan aplikasi canva sangatlah mudah. Bahkan tersedia ikon, font, teks, dan gambar menarik yang bisa Anda pilih saat mendesain kemasan untuk produk Anda. Canva ini bisa diakses secara gratis, akan tetapi Anda bisa lebih leluasa mengakses fiturnya saat berlangganan.

2. Aplikasi Desain PicsArt

Selanjutnya bisa dengan menggunakan aplikasi PicsArt. Aplikasi dari negeri Paman Sam ini khusus diakses oleh pengguna smartphone. Terdapat banyak fitur yang bisa Anda gunakan di dalam aplikasi ini. Bahkan Anda bisa melakukan editing standar yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik.

PicsArt juga cocok untuk Anda yang ingin membuat desain dengan gambar atau foto. Aplikasi yang satu ini bisa dengan mudah mempercantik foto produk Anda. Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah tidak terlalu banyak memerlukan ruang penyimpanan. Sangat menguntungkan Anda bukan?

3. Menggunakan Aplikasi Adobe Spark

Aplikasi yang bisa digunakan untuk mendesain kemasan produk adalah adobe spark. Adobe spark ini diluncurkan untuk kebutuhan desain yang lebih banyak menggunakan smartphone. Penggunaannya yang mudah, aplikasi ini juga cocok digunakan oleh pemula yang tidak memiliki latar belakang sebagai desainer.

Tersedia banyak template yang bisa digunakan sesuai keinginan Anda. tersedia berbagai keunggulan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan aplikasi yang satu ini.

4. Menggunakan Aplikasi Vectr

Bagi Anda yang ingin desain menggunakan fitur pembuatan desain vektor, maka bisa mencoba menggunakan aplikasi vectr ini. Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini masih tergolong lengkap. Aplikasi berbasisi web ini juga cocok digunakan untuk pemula yang masih belajar melakukan desain.

5. Aplikasi Snappa

Aplikasi terakhir yang cocok bagi Anda yang menginginkan fitur desain sederhana namun hasilnya memuaskan adalah snappa. Anda bisa dengn mudah menentukan template untuk desain kemasan produk yang diinginkan. Apabila telah memilih template, maka Anda bisa melanjutkan dengan menambahkan efek, gambar vektor, font dan lain sebagainya.

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Beberapa aplikasi desain di atas memang cocok digunakan bagi Anda yang ingin membuat desain untuk kemasan produk lebih baik. Adanya aplikasi ini sangatlah memudahkan Anda untuk mendapatkan desain yang menarik dan unik. Meskipun Anda masih pemula dalam mendesain, namun Anda bisa semakin mahir jika terus belajar untuk membuat desain.

Mendesain kemasan untuk suatu produk memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Untuk itu Anda perlu mencari tahu keunggulan produk Anda yang nantinya perlu bisa Anda tonjolkan pada kemasan produk. Dengan demikian kemasan produk Anda memiliki desain yang unik dan berbeda dari lainnya.

Pastikan desain kemasan produk Anda memiliki daya tarik yang mampu memikat calon pembeli lalu lanjutkan dengan stretegi digital marketing agar produk Anda semakin populer.

Tertarik dengan artikel seperti ini? Dapatkan informasi yang bermanfaat lainnya dengan mengunjungi website kami di www.ireapos.com.

Jika Anda membutuhkan aplikasi perhitungan untuk monitor penjualan, keuntungan dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan aplikasi satu pintu yakni iREAP POS.

Aplikasi terbaru untuk menghitung dan mengelola toko atau usaha rumahan yang memiliki peluang besar yang Anda bina secara mudah mengorganisirnya. Cari tahu keuntungan lainnya menggunakan aplikasi iREAP POS ini. Bila perlu download juga sekarang aplikasinya!

Banner-ireap-pro