Apa itu QRIS, Manfaat, dan Cara Membuat QRIS?

apa-itu-qris

Apa itu QRIS, Manfaat, dan Cara Membuat QRIS?

QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan QR Code dari bank Indonesia yang bertujuan untuk mengintegrasikan seluruh metode pembayaran non tunai seperti E-wallet (DANA, GoPay, OVO, LinkAja, ShopeePay), Mobile Banking (BCA Mobile, Livin’by Mandiri, dll) serta semua pembayaran yang tergabung dalam QRIS (QR nasional) untuk mempermudah transaksi dan lebih aman tanpa menerima uang tunai.

Dengan QR code, transaksi yang anda lakukan tentunya akan lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

banner-qris

Untuk detail lebih lanjut, lihat informasi di bawah ini tentang apa itu QRIS, manfaat QRIS, dan bagaimana cara membuat QRIS.

Apa itu QRIS?

Apa itu QRIS?

Kepanjangan QRIS adalah Quick Response Indonesian Standard yang merupakan program yang diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI) sebagai standar pembayaran digital atau online di Indonesia.

Program QRIS dibuat untuk tujuan praktis dalam transaksi pembayaran. Seperti yang Anda ketahui, di Indonesia, ada banyak dompet digital. Contohnya Ovo, Dana, LinkAja, Gopay, ShopeePay, dan banyak lagi.

Jika setiap dompet digital memiliki kode QR yang berbeda, tentu akan sangat merepotkan bagi pedagang dan pembeli. Untuk informasi, sebelum ada teknologi QRIS setiap aplikasi pembayaran digital di Indonesia memiliki kode QR sendiri.

Misalnya, jika ada 10 aplikasi pembayaran digital yang ingin Anda gunakan, maka Anda harus memiliki 10 jenis kode QR.

Oleh karena itu, QRIS dibuat dan dapat dipindai dengan mudah melalui semua dompet digital resmi di Indonesia seperti QRIS BCA dan QRIS Mandiri atau QRIS Gopay maupun QRIS Shopeepay.

Seperti yang sudah diatur dalam PADG No.21/18/2019 tentang implementasi Standar Internasional QRIS adalah untuk pembayaran.

Tidak peduli alat pembayaran yang Anda miliki, transaksi dapat dilakukan dengan memindai di satu tempat, yaitu di QRIS merchant yang bekerja sama dengan program ini.

Baca juga: Apa itu Bisnis Retail, Jenis, dan Cara Memulai untuk Pemula?

Manfaat QRIS Untuk Merchant dan Konsumen

Manfaat QRIS Untuk Merchant dan Konsumen

QRIS dibuat dengan tujuan yang baik, yaitu memberikan kemudahan transaksi dengan aplikasi pembayaran digital. Untuk alasan ini, QRIS juga menawarkan manfaat bagi mereka yang menggunakannya, yaitu merchant dan konsumen.

Manfaat QRIS untuk Merchant

  1. Pembayaran Via QRIS Lebih Mudah
    Tidak dapat disangkal, kehadiran QRIS adalah membuat proses transaksi lebih mudah dan lebih praktis. Merchant hanya perlu memiliki satu kode QRIS untuk melayani berbagai aplikasi pembayaran digital yang telah memperoleh izin di Indonesia.

    Ini juga membuat tampilan kasir lebih rapih karena tidak perlu memajang banyak kode QR. Setiap merchant hanya perlu memasang satu kode QR QRIS.

  2. Mencegah Peredaran Uang Palsu
    Sirkulasi uang palsu juga merupakan momok yang menakutkan bagi para pedagang. Terlebih lagi bagi pedagang kecil. Kenapa banyak beredar uang palsu?

    Karena banyak transaksi tunai yang dilakukan. Pengedar uang palsu memiliki peluang besar untuk menipu pedagang dengan uang imitasi untuk mendapat manfaat.

    Jika pedagang itu menggunakan pembayaran menggunakan QRIS, kesempatan untuk terjebak uang palsu akan sangat kecil. Bahkan tidak ada kemungkinan sama sekali. Karena pembayaran dilakukan secara digital dan uang yang diberikan kepada pedagang berasal dari memotong saldo pembeli secara otomatis.

  3. Gampang Daftar QRIS Untuk Jadi Merchant
    Anda tidak perlu mendaftarkan toko satu per satu ke bank atau e-wallet yang berbeda untuk menerima pembayaran. Melainkan, Anda hanya perlu daftar QRIS sekali untuk menerima pembayaran digital melalui aplikasi apa pun.
  4. Analisa Penjualan Menjadi Lebih Mudah
    Semua transaksi dicatat dengan sangat jelas dan terperinci. Detail seperti asal uang masuk, jumlah, dan waktu transaksi akan dilaporkan secara real time oleh sistem.

    Dengan begitu, merchant tidak perlu membuat pencatatan keuangan secara manual dan arus kas dapat dengan mudah dipantau.

Baca juga: Usaha Makanan Paling Laris

Manfaat QRIS untuk Konsumen

  1. Beragam Alternatif Untuk Pembayaran
    Dengan QRIS, pembeli semakin mendapatkan banyak manfaat karena alternatif pembayaran semakin beragam. Seperti dijelaskan di atas, QRIS ini dapat dipindai menggunakan berbagai aplikasi e-wallet atau Mobile Banking.
  2. Transaksi Cepat Tidak Perlu Uang Tunai (Cashless)
    Pembayaran digital, terutama dengan QRIS, tentu saja, jauh lebih cepat daripada pembayaran tunai.

    Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Karena saldo dalam e-wallet atau rekening bank akan secara otomatis dipotong jika Anda melakukan pembayaran menggunakan QRIS.

  3. Banyak Promosi yang Menarik
    Salah satu hal yang paling disukai oleh konsumen adalah promosi, apakah itu diskon atau cashback. Jika Anda menyukai dua hal ini, gunakan e-wallet dan lakukan pembayaran menggunakan QRIS saat berbelanja.

Limit Transaksi QRIS

Limit Transaksi QRIS

Dikutip dari bisnis.com, transaksi QRIS selama periode pandemi Covid-19 mengalami peningkatan yang signifikan, bersama dengan percepatan digitalisasi sistem pembayaran.

Bank Indonesia mencatat transaksi QRIS secara nominal dan volume masing-masing meningkat sebesar 290 persen pada tahun ke tahun dan 326 persen yoy pada Januari 2022.

Bank Indonesia meningkatkan limit transaksi QRIS adalah dari Rp5 juta menjadi Rp10 juta per transaksi, berlaku mulai 1 Maret 2022.

Selain itu, Bank Indonesia juga akan melanjutkan uji coba QRIS antar negara dengan Thailand dan Malaysia dan mengeksplorasi perluasan kerja sama QRIS antar negara di wilayah tersebut.

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Cara Membuat QRIS Dengan Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas manfaat QRIS untuk merchant adalah untuk analisa transaksi penjualan menjadi lebih mudah serta dicatat secara realtime oleh sistem.

Nah, untuk mendapatkan manfaat tersebut merchant terlebih dahulu harus daftar QRIS, Kamu bisa simak cara daftar QRIS di aplikasi iREAP POS di bawah ini:

  1. Masuk ke akun iREAP PRO melalui PC.
  2. Pada halaman utama pilih Administrasi, lalu Metode Pembayaran.
  3. Buat Metode Pembayaran Baru, pilih tipe pembayaran QRIS dan Simpan.

Untuk lengkapnya Anda bisa mengunjugi link Cara Pembayaran Transaksi dengan QRIS.

Biaya QRIS Untuk Setiap Transaksi

Pembayaran dengan QRIS ada istilah Merchant Discount Rate (MDR).
MDR adalah biaya yang diberlakukan oleh penyelenggara sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

MDR QRIS adalah 0,7% yang akan ditanggung oleh merchant atau konsumen pada saat daftar QRIS.

Jika dibandingkan dengan biaya switching di GPN yang mencapai 1%, angka ini tentu lebih kecil dan menguntungkan.

Demikian cara membuat QRIS dengan aplikasi kasir iREAP POS.

Ayo download aplikasi kasir iReap di google play store segera! Solusi terbaik untuk mengetahui aktivitas toko Anda dari mana saja dan kapan saja.

Anda dapat berlangganan dan menggunakan aplikasi kasir android terbaik iREAP POS dengan harga terjangkau, atau dapat mencobanya gratis 14 hari.

Banner-ireap

About

contact whatsapp
contact whatsapp