Apa Itu QRIS dan Manfaatnya untuk Proses Transaksi?

mengenal QRIS jenis dan manfaatnya

Apa Itu QRIS dan Manfaatnya

Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS adalah metode pembayaran menggunakan kode QR yang memudahkan proses transaksi bagi pelanggan maupun pemilik bisnis. Baca yuk penjelasan lengkap mengenai apa itu QRIS serta manfaatnya bagi konsumen dan penjual.

Apa Itu QRIS?

Pernah melihat orang melakukan pembayaran di kasir menggunakan kode QR kan? Nah, metode pembayaran tersebut dikenal dengan QRIS.

QRIS singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard, yaitu standar pembayaran nasional menggunakan kode QR, yang lebih cepat, aman, dan memudahkan bagi konsumen maupun penjual.

Dengan menggunakan QRIS, transaksi pembayaran bisa dilakukan secara non tunai dan cukup menggunakan smartphone.

Artinya, tak perlu lagi membawa uang tunai ke mana-mana ketika berbelanja, atau kasir disibukkan dengan menghitung uang tunai sekaligus menyiapkan uang kembalian.

Manfaat Menyediakan Metode Pembayaran QRIS Bagi Penjual

Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu ingin proses transaksi bisnis bisa tercatat dengan rapi, sekaligus tetap bisa melayani pelanggan dengan cepat. Salah satu caranya, bisa dengan menyediakan metode pembayaran QRIS.

Beberapa manfaat lain yang akan Anda dapatkan jika menggunakan QRIS, antara lain:..

Manfaat QRIS Bagi Penjual

1. Pelayanan Pelanggan Lebih Praktis dan Proses Transaksi Lebih Cepat

Bagian kasir yang sudah menyediakan metode pembayaran QRIS isa melayani pelanggan dengan cepat ketika melakukan proses transaksi pembayaran.

Pelanggan tinggal scan kode QR, lalu nota pembelian tercetak, dan transaksi selesai. Cara ini juga dapat meminimalkan terjadinya antrian panjang di meja kasir.

2. Keamanan Bertransaksi dan Mencegah Penerimaan Uang Palsu

QRIS memiliki sistem keamanan dengan standar internasional sehingga penjual bisa mendapatkan jaminan keamanan dalam bertransaksi secara digital.

Selain itu, pemilik bisnis juga bisa mencegah terjadinya kerugian akibat menerima uang palsu dari pembelian yang dilakukan pelanggan.

3. Kerja Kasir Lebih Efektif dan Efisien

Bagian kasir dapat bekerja lebih praktis, efektif, dan efisien. Sebab, proses transaksi berlangsung secara digital tanpa perlu menerima uang tunai dan menyiapkan uang kembalian.

Bahkan di akhir hari ketika bisnis tutup, kasir tidak perlu juga merekap penjualan secara manual dan menghitung uang tunai yang didapat.

4. Seluruh Transaksi Tercatat dengan Baik

Proses transaksi menggunakan QRIS juga mencegah terjadinya kecurangan yang bisa jadi dilakukan oleh karyawan bagian kasir.

Hal ini karena seluruh transaksi menggunakan QRIS tercatat dengan rapi dan lengkap. Uang hasil transaksi juga akan langsung masuk ke rekening.

5. Cara Terbaik untuk Meningkatkan Omzet Penjualan

Pernah tidak Anda mengalami pelanggan yang tak jadi beli produk karena uang tunai yang dibawanya kurang? Jika pernah, sudah waktunya Anda menggunakan QRIS.

Bisnis yang menggunakan QRIS berpotensi mengalami peningkatan angka penjualan. Sebab, pelanggan bisa membeli produk tanpa khawatir uangnya kurang. Hal ini karena QRIS terhubung dengan dompet digital maupun rekening bank milik pelanggan.

Manfaat Menyediakan Metode Pembayaran QRIS Bagi Pelanggan

Selain bermanfaat bagi penjual, tersedianya metode pembayaran QRIS di berbagai gerai bisnis juga memberi manfaat bagi pembeli, seperti:

Manfaat QRIS Bagi Pelanggan

1. Praktis Tanpa Perlu Bawa Dompet dan Uang Tunai

Era digital mendorong masyarakat beradaptasi sehingga banyak proses transaksi yang dilakukan secara digital. Kebiasaan pun berkembang, sehingga banyak orang yang sudah tak lagi membawa dompet dan uang tunai ke mana-mana.

Tersedianya metode pembayaran QRIS pada akhirnya mendorong pelanggan untuk bertransaksi ke gerai yang memang menyediakan jenis pembayaran yang satu ini.

Alasannya tentu saja karena mereka bisa bertransaksi menggunakan e-wallet atau rekening bank, dan bisa melakukannya cukup melalui smartphone.

2. Kemudahan Pembayaran dan Lebih Aman

Hampir semua smartphone sudah mendukung penggunaan QRIS. Apalagi kalau pelanggan memang sudah terbiasa bertransaksi secara digital, menyimpan uang di dompet digital (OVO, Gopay, Link Aja, DAna, dan sebagainya), atau terbiasa berbelanja dengan pembayaran sistem transfer.

Kemudahan pembayaran yang bisa dirasakan dengan adanya sistem pembayaran QRIS juga membuat pelanggan merasa lebih aman dalam bertransaksi. Manfaat QRIS lainnya, pembeli dapat mengontrol pengeluaran mereka melalui catatan transaksi yang secara otomatis tersimpan di rekening atau dompet digital.

3. Proses Transaksi yang Cepat

Masyarakat modern lebih menghargai waktu, lebih mobile, dan tidak suka menunggu lama di meja kasir. Dengan menggunakan QRIS, proses transaksi jadi lebih cepat dan pelanggan tak perlu membuang waktu lagi hanya untuk menunggu uang kembalian.

Banyak ya ternyata manfaat dari tersedianya metode pembayaran dengan QRIS, baik bagi penjual maupun pembeli. Namun sebelum menggunakan QRIS, ada baiknya Anda kenali dulu 11 Jenis QRIS yang Ada di Indonesia.

banner-qris

About

contact whatsapp
contact whatsapp