11 Jenis QRIS yang Ada di Indonesia

jenis QRIS

11 Jenis QRIS yang Ada di Indonesia

QRIS itu buat apa? Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS adalah metode pembayaran menggunakan kode QR sehingga prosesnya jadi lebih mudah, cepat, dan aman.

Sebagai pemilik bisnis yang ingin mengefisiensikan proses transaksi bisnis, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan QRIS yang terintegrasi dengan aplikasi kasir yang Anda gunakan. Namun sebelum itu, kenali dulu jenis-jenis QRIS yang ada di Indonesia.

11 Jenis QRIS yang Ada di Indonesia

1. QRIS Statis

QRIS statis adalah QRIS yang menggunakan QR Code tetap dan sama untuk setiap transaksi. Kode QR-nya biasanya akan tampil di struk atau di layar EDC, dan pelanggan tinggal melakukan scan kode tersebut saat membayar transaksi.

QRIS statis cocok digunakan untuk bisnis UMKM, UKM, dan pelaku usaha kecil lainnya karena mudah digunakan dan biayanya juga murah.

2. QRIS Dinamis

QRIS dinamis adalah QRIS yang menggunakan kode QR berbeda untuk setiap transaksi. Artinya, ketika terjadi transaksi maka kode QR untuk satu pelanggan dengan pelanggan lainnya akan berbeda dan kodenya pun hanya bisa dilihat oleh petugas kasir atau merchant.

Karena kode QR terus berubah untuk setiap transaksi, sudah tentu kode tidak ditampilkan pada struk. Penggunaan QRIS jenis ini lebih banyak digunakan oleh perusahaan besar dengan banyak cabang usaha.

3. QRIS Terpusat

QRIS terpusat banyak digunakan oleh perusahaan besar dengan banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Namun berbeda dengan QRIS dinamis, kode QR pada jenis QRIS ini tetap atau sama untuk semua transaksi. Selain itu, informasi pembayaran yang terkait dengan transaksi tersimpan di server terpusat...

QRIS Multiple Payment

4. QRIS Multiple Payment

QRIS multiple payment adalah QRIS yang dapat digunakan untuk pembayaran menggunakan beberapa jenis aplikasi pembayaran, seperti Gopay, OVO, dan DANA.

Jika bisnis Anda ingin menyediakan berbagai opsi pembayaran bagi pelanggan, maka jenis QRIS ini cocok untuk Anda gunakan.

5. QRIS Cross Payment

QRIS cross payment adalah QRIS yang dapat digunakan untuk pembayaran menggunakan aplikasi pembayaran asing, seperti WeChat dan Alipay. QRIS ini sangat cocok digunakan oleh merchant yang ingin memfasilitasi pembayaran dari turis asing yang berkunjung ke Indonesia.

6. QRIS Dompet Digital

QRIS dompet digital adalah jenis QRIS yang menggabungkan antara QRIS dan dompet digital, sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi non-tunai dengan cepat dan mudah. QRIS dompet digital bisa diakses melalui aplikasi yang sudah terintegrasi dengan QRIS.

7. QRIS Payment Gateway

QRIS payment gateway adalah jenis QRIS yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi secara online melalui website atau aplikasi. Umumnya, jenis QRIS payment gateway digunakan oleh merchant online atau e-commerce.

8. QRIS Bank

QRIS Bank adalah jenis QRIS yang digunakan oleh bank-bank besar di Indonesia. Anda bisa memiliki QRIS jenis ini melalui aplikasi mobile banking atau internet banking. Contohnya: QRIS yang tersedia di aplikasi blu by BCA Digital, QRIS mobile banking mandiri, dan lainnya.

QRIS Retail

9. QRIS Retail

QRIS retail adalah QRIS yang banyak digunakan toko retail. Proses pembayaran menggunakan QRIS jenis ini lebih cepat karena terintegrasi dengan sistem dan aplikasi kasir yang digunakan toko ritel.

10. QRIS Lembaga Pemerintah

QRIS lembaga pemerintah umumnya ya digunakan oleh lembaga pemerintahan untuk menerima pembayaran pajak dan retribusi daerah.

11. QRIS Fintech

QRIS fintech adalah jenis QRIS yang digunakan oleh perusahaan fintech atau startup finansial. Kegunaannya hampir sama dengan jenis QRIS lainnya, yaitu untuk melakukan pembayaran non tunai dengan lebih mudah, cepat, dan aman, melalui aplikasi fintech yang sudah terintegrasi dengan QRIS.

Dari sekian banyak jenis QRIS yang tersedia, Anda perlu memilih jenis QRIS yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dari penggunaan QRIS. Cek di sini: Keuntungan Menggunakan QRIS bagi Bisnis.

banner-qris

About

contact whatsapp
contact whatsapp