7 Keuntungan Menyediakan Metode Pembayaran QRIS Bagi Bisnis

keuntungan menggunakan QRIS

7 Keuntungan QRIS Bagi Bisnis

Siapa yang menanggung biaya QRIS? Dalam ketentuan dari Bank Indonesia, mana merchant yang menggunakan QRIS menanggung biaya transaksi yang disebut Merchant Discount Rate (MDR) sebesar 0.7%.

Meskipun ada biaya transaksi yang harus ditanggung, biaya ini jauh lebih murah dan worth it banget dengan keuntungan yang bisa Anda dapatkan kalau menggunakan QRIS bagi bisnis. Apa saja keuntungannya? Baca penjelasannya di bawah ini.

7 Keuntungan Menggunakan QRIS bagi Transaksi Bisnis yang Efektif

1. Transaksi Pembayaran Jadi Lebih Mudah dan Praktis

Tersedianya sistem pembayaran dengan QRIS akan memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi dengan praktis, cepat, namun tetap aman.

Apalagi saat ini kebanyakan orang sudah terbiasa berbelanja secara non tunai menggunakan aplikasi dompet digital, seperti OVO, GoPay, LinkAja, bahkan QRIS dari bank digital seperti blu by BCA Digital atau bank Jago.

2. Menghemat Biaya Transaksi

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini, biaya penggunaan QRIS memang ditanggung merchant, namun hanya 0,7% saja. Ini jauh hemat biaya karena tidak ada biaya lainnya lagi, seperti biaya administrasi atau biaya kartu kredit.

Dengan biaya transaksi yang hemat ini, Anda jadi lebih leluasa dalam menyesuaikan harga produk, layanan bisnis, maupun jasa, dan tetap bisa mendapatkan keuntungan yang optimal...

Menghemat Biaya Transaksi

3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

QRIS memiliki sistem keamanan yang canggih, tingkat integrasi yang tinggi, dan kecepatan akses. Itulah sebabnya, banyak konsumen yang lebih senang melakukan pembayaran menggunakan QRIS.

Jika Anda menyediakan metode pembayaran ini di gerai bisnis, sudah tentu akan meningkatkan citra bisnis yang kekinian dan mengikuti perkembangan teknologi. Di saat yang sama, Anda juga menarik lebih banyak konsumen untuk berbelanja di gerai bisnis Anda.

4. Meningkatkan Efisiensi dalam Pengelolaan Keuangan Bisnis serta Pembukuan

Pengelolaan keuangan dan pencatatan pembukuan menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kelangsungan bisnis. Bisa jadi saat ini Anda sudah menggunakan aplikasi kasir untuk memudahkan transaksi.

Namun tak ada salahnya, Anda melengkapi opsi pembayaran QRIS sehingga konsumen bisa memilih mau membayar menggunakan Gopay, OVO, atau QRIS dari aplikasi perbankan yang mereka gunakan.

Penerimaan uang yang dibayarkan melalui QRIS akan tercatat secara otomatis. Jika QRIS terintegrasi dengan aplikasi kasir atau dompet digital, maka catatan tersebut akan tampil di aplikasi yang Anda gunakan dalam bentuk pembukuan yang rapi.

Dengan cara ini, Anda jadi lebih mudah dalam melakukan pencatatan, pengelolaan keuangan, bahkan dapat melakukan evaluasi dan analisis terkait keuangan bisnis di kemudian hari.

5. Memperluas Pasar

QRIS singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard, yaitu standarisasi pembayaran menggunakan metode QR code dari Bank Indonesia. Tujuannya, agar masyarakat bisa memanfaatkan metode pembayaran yang lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Karena memiliki standar nasional, maka QRIS yang digunakan di wilayah mana pun di Indonesia akan memiliki sistem yang sama. Ini peluang bagi Anda saat mau melakukan perluasan pasar ke daerah atau kota lain.

QRIS Memperluas Pasar

6. Pengelolaan Database Konsumen

Ketika konsumen melakukan pembayaran menggunakan QRIS, informasi mereka akan tercatat dalam sistem secara otomatis. Mulai dari nama, nomor ponsel, email, dan produk yang mereka beli.

Kelak dari data tersebut Anda bisa memahami preferensi dan kebutuhan konsumen. Ini bisa membantu Anda dalam menyusun strategi promosi dan pemasaran yang sesuai kebutuhan konsumen di masa yang akan datang.

7. Mengurangi Risiko Pencurian dan Kehilangan Uang Tunai

Beberapa penyebab bisnis mengalami rugi, antara lain mempekerjakan karyawan yang tidak jujur sehingga terjadi pencurian atau kehilangan uang.

Lalu, bisa pula terjadi selisih nominal uang tunai yang diterima kasir dengan pencatatan yang dilakukan sistem kasir. Nah, menggunakan QRIS, Anda bisa mengurangi risiko tersebut. Sebab, transaksi berlangsung secara digital dan kasir tidak perlu menerima uang tunai dari konsumen.

Semua keuntungan di atas bisa Anda dapatkan kalau menggunakan QRIS sebagai salah metode pembayaran pada bisnis Anda. Dengan catatan, Anda menggunakan aplikasi kasir yang terintegrasi dengan QRIS, seperti aplikasi kasir gratis iReap.

Oh ya, untuk memastikan penggunaan QRIS aman, ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan. Cek di sini faktor-faktor tersebut: Faktor Penting yang Wajib Anda Perhatikan dalam Menggunakan QRIS.

banner-qris

About

contact whatsapp
contact whatsapp