10 Jenis Frozen Food yang Digemari Masyarakat

jenis frozen food

Jenis Frozen Food yang Digemari Masyarakat

Makanan beku adalah jenis makanan yang telah dibekukan dengan suhu yang sangat rendah untuk memperlambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme sehingga kesegarannya tetap terjaga. Jika ingin menjalankan usaha makanan beku, ada berbagai jenis frozen food yang perlu Anda tahu, seperti nugget, sosis, dimsum, siomay, bakso, dan sebagainya.

10 Jenis Frozen Food yang Laris Dijual

1. Nugget

Nugget adalah sejenis makanan yang terbuat dari daging yang dicincang, dicampurkan dengan bahan lain, dan bumbu. Setelahnya dibentuk menjadi kotak, bulat, atau bentuk lainnya. Kemudian dibekukan, dikemas, dan akhirnya dijual sebagai frozen food.

Bahan baku pembuat nugget bisa dari berbagai jenis daging, seperti sapi, ayam, ikan, atau bahan non-daging (tahu, tempe, kentang, dll).
Teksturnya renyah di luar, namun lembut di dalam membuat makanan ini disukai anak-anak maupun orang dewasa. Cara memasaknya juga cepat, tinggal digoreng.
Anda bisa langsung menghidangkannya sebagai makanan dengan rasa yang lezat dan punya kandungan nutrisi yang baik. Bahkan bisa pula dinikmati sebagai cemilan.

2. Sosis

Sosis menjadi salah satu jenis frozen food yang memiliki banyak penggemar. Produk makanan beku yang satu ini bisa diolah dari bahan daging sapi, ayam, ikan, seafood, bahkan campuran dari berbagai macam daging.

Daging kemudian digiling halus, ditambah bumbu, lalu ada proses pengemasan ke dalam bungkus yang terbuat dari usus hewan atau bahan sintetis lainnya yang aman dikonsumsi.

Oleh konsumen, sosis bisa mereka olah dengan dipanggang, direbus, digoreng sebelum disajikan. Selain bisa disajikan sebagai hidangan utama, sosis juga digemari karena bisa jadi bahan pelengkap menu makanan lainnya, seperti untuk membuat hotdog, campuran sayur dan sup, bahkan bisa dijadikan cemilan.

Jenis Frozen Food Dimsum

3. Dimsum

Dimsum adalah sejenis hidangan kuliner tradisional dari China yang saat ini juga populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Biasanya, dimsum tersaji dalam keranjang bambu atau nampan dan dikukus. Isinya bisa berupa siomay, hakau, pangsit, lumpia kukus, berbagai jenis dumpling, hingga bakpao.

Kemudian penyajiannya yang tinggal dikukus membuat konsumen menjadikan makanan ini sebagai hidangan untuk sarapan atau sering pula sebagai cemilan. Nah, yang membuat jenis frozen food ini laris, banyak bisnis rumahan yang juga berjualan dimsum sudah matang dan bisa langsung disantap.

4. Siomay & Bakso

Siomay adalah hidangan berbahan dasar ikan, udang, atau daging ayam yang dicincang, dibungkus kulit pangsit, dan dimasak dengan cara dikukus. Umumnya, siomay disajikan dengan potongan kentang, irisan telur rebus, daun selada, kemudian diberi saus kacang yang kental dan saus pedas.

Rasanya yang gurih, lembut, dan enak, menjadikan siomay makanan favorit bagi banyak orang, baik sebagai makanan utama maupun cemilan.

Bahkan saat ini, banyak warung makan dan pedagang makanan yang juga menyediakannya sebagai salah satu menu yang mereka jual. Inilah kenapa produk siomay frozen juga menjadi salah satu frozen food yang laris.

Sementara bakso adalah campuran tepung dengan protein hewani yang dibentuk menjadi bola-bola kecil. Keduanya dapat dihidangkan dengan saus kacang atau kuah panas.

5. Fish Stick

Fish stick dapat menjadi alternatif yang lebih sehat untuk nugget, terbuat dari potongan ikan yang dilapisi tepung roti dan dibekukan. Hidangan ini sangat cocok sebagai camilan sehat atau menu anak-anak.

6. Frozen Food yang Digoreng

Ada berbagai jenis makanan yang dapat digoreng setelah dibekukan, seperti berbagai jenis gorengan, kentang goreng, bahkan pisang goreng. Makanan ini selalu populer karena kelezatannya yang tak tertandingi.

Frozen Food yang Digoreng

7. Frozen Food yang Direbus

Beberapa jenis makanan beku, seperti bakso ikan, chikuwa, dan crab stick dapat direbus dengan mudah. Anda bisa menyediakan berbagai jenis frozen food yang direbus karena memang cukup banyak masyarakat yang senang mengkonsumsinya.

Jika ada jalannya, lebih baik lagi kalau Anda juga bekerja sama dengan restoran, depot makan, atau penjual cemilan yang menu jualannya berbahan makanan beku yang direbus.

8. Frozen Food yang Dikukus

Makanan frozen yang dikukus sering kali menjadi pilihan praktis untuk orang yang sibuk, karena dapat disimpan dalam freezer dan diolah dengan cepat, tetapi tetap menjaga cita rasa yang lezat dan nutrisi yang baik.

Frozen food yang dikukus ini sering kali dapat ditemukan di toko-toko makanan beku atau supermarket, seperti bakpao, siomay, dimsum, pangsit, dan aneka dumpling.

Jenis menu ini menjadi pilihan yang paling banyak diambil ketika orang ingin menikmati makanan kecil yang waktu penyajiannya singkat.

9. Frozen Food Panggang

Bagi pecinta panggangan, ada banyak pilihan makanan beku yang dapat dipanggang. Mulai dari ayam panggang hingga patty hamburger, pilihan selalu berlimpah.

10. Frozen Food Siap Santap

Terakhir, ada juga jenis makanan beku yang sudah siap santap. Ini termasuk pizza beku, lasagna, dan hidangan khas lainnya yang dapat dipanaskan dan dinikmati.

Membuat Frozen Food Sendiri atau Beli dari Supplier?

Ketika memutuskan untuk memulai usaha frozen food, pertanyaan penting yang harus Anda jawab adalah, apakah Anda akan membuat frozen food sendiri atau membelinya dari supplier? Kedua pilihan ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Jika membuat frozen food sendiri, Anda memiliki kendali penuh atas bahan-bahan yang digunakan dan proses pengolahan. Selain itu, Anda juga dapat menghadirkan rasa yang unik demi memenuhi kebutuhan pasar yang khusus. Namun, ini juga memerlukan investasi waktu dan modal yang lebih besar.

Sementara kalau membeli dari supplier dapat menghemat waktu dan tenaga. Anda bisa memilih dari berbagai macam produk yang sudah ada dan memiliki kualitas yang teruji. Tetapi ya mau tidak mau Anda juga harus bersaing dengan pedagang lain yang menjual produk yang sama.

Jenis frozen food di atas hanya sebagian kecil karena masih banyak jenis produk makanan beku lainnya yang bisa jadi punya penggemar tersendiri.

Lakukan saja survei untuk memastikan produk mana saja yang memang laris dan sering konsumen beli. Setelah memilih jenis produk yang mau dijual, selanjutnya mulailah berbisnis. Cek di sini caranya: 9 Cara Memulai Bisnis Frozen Food yang Ampuh.

banner-ireap-pro-monitor-penjualan

About

contact whatsapp
contact whatsapp