Alasan Usaha Frozen Food Menarik dan Menguntungkan

usaha frozen food menguntungkan

Alasan Usaha Frozen Food Menarik dan Menguntungkan

Pada artikel iReap sebelumnya yang membahas tentang bisnis frozen food, Anda sudah tahu berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan kalau menjalankan bisnis makanan beku. Nah, pada artikel kali ini, akan diulas secara lengkap alasan bisnis frozen food menguntungkan untuk dijalankan.

9 Alasan Bisnis Frozen Food Perlu Anda Coba

1. Pengolahan Praktis

Jika memproduksi frozen food sendiri, maka pengolahan makanan beku termasuk praktis. Bahkan umumnya, bahan makanan beku yang bisa Anda gunakan adalah bahan umum yang dijual di pasar.

Anda cukup membersihkan, memotong, membumbui, mengemas, kemudian membekukannya. Setelahnya, tinggal distribusikan ke agen atau seller. Contohnya: menjual wortel kupas berbentuk dadu yang dibekukan, sehingga konsumen tinggal memasaknya jika membutuhkan bahan ini.

Sementara jika ingin hanya jadi penjual atau agen, maka Anda tinggal mengambil beberapa jenis produk frozen food di distributor atau agen, kemudian bisa langsung berjualan frozen food.

2. Tahan Lama

Makanan beku memiliki keunggulan karena bisa disimpan untuk waktu yang lama, terutama jika penyimpanannya benar, yaitu pada suhu yang telah ditentukan. Bahkan, cukup banyak frozen food yang memiliki masa simpan hingga berbulan-bulan tanpa mengalami kerusakan serta tidak mengubah rasa dan teksturnya.

Ini artinya, Anda yang ingin berjualan frozen food tidak perlu khawatir produk jualan rentan expired, dan tetap bisa mengelola stok dengan baik. Apalagi kalau Anda menggunakan memanfaatkan fitur manajemen inventory dan stok barang seperti yang tersedia pada aplikasi kasir android, iReap POS.

Contoh: usaha restoran yang Anda jalankan jelas membutuhkan bahan daging untuk mengolah berbagai menu masakan.

Nah, Anda bisa membeli daging beku dalam jumlah besar (dan harganya pasti lebih murah kalau beli banyak). Kemudian tinggal kelola stok daging ini menggunakan fitur stok barang yang sudah tersedia di aplikasi kasir yang Anda gunakan.

Cek di sini penjelasan lengkap mengenai aplikasi kasir android iReap POS:

Memiliki Kandungan Nutrisi

3. Memiliki Kandungan Nutrisi

Dalam proses pengolahan produk makanan beku memang ada upaya untuk menjaga kesegaran dan mempertahankan kandungan nutrisinya.

Itulah sebabnya, produk frozen food dianggap konsumen sebagai solusi untuk bisa mendapatkan makanan segar dan bernutrisi setiap hari dengan cara yang mudah.

Sebagai contoh, sayuran beku sering kali memiliki kandungan nutrisi yang hampir setara dengan sayuran segar. Anda sebagai penjual harus bisa mengangkat poin penting mengenai kandungan nutrisi ini dalam materi iklan dan pemasaran.

4. Higienis

Ketika menjadi produsen frozen food, Anda dapat memastikan sendiri semua produk diproses dengan standar kebersihan yang tinggi, sehingga menghasilkan produk yang higienis.

Lalu, bagaimana jika produknya Anda ambil dari agen atau distributor?

Solusinya, Anda bisa mencari brand frozen food yang sudah memiliki kredibilitas tentang kualitas dan kebersihan produk mereka.

Nanti hal inilah yang mesti Anda angkat agar pelanggan juga bisa percaya kalau produk yang mereka beli adalah produk yang aman, bersih, dan berkualitas untuk dikonsumsi.

5. Harga Terjangkau

Salah satu alasan kuat yang membuat bisnis makanan beku menarik adalah harga yang terjangkau. Dalam banyak kasus, makanan beku lebih terjangkau daripada bahan makanan segar.

Ini bisa menjadi daya tarik besar bagi pelanggan yang ingin menghemat uang, sekaligus meningkatkan margin keuntungan bagi penjual.

Misalnya, daging beku sering kali lebih murah daripada daging segar, dan Anda bisa menawarkan produk makanan beku dengan harga yang kompetitif, menarik pelanggan yang mencari nilai terbaik.

Banyak orang yang ingin memulai bisnis, namun keinginan tersebut terpaksa tertunda hanya karena tidak memiliki cukup modal.

Padahal untuk bisa berbisnis frozen food, Anda bisa lho mulai kapan saja. Jika tak ada modal, maka mulailah dengan sistem konsinyasi. Dengan catatan, agennya dekat rumah dan memang sudah Anda kenal baik.

Kalau punya modal meski terbatas, Anda bisa jadi pengecer dulu dengan menjual berbagai jenis produk frozen food yang laris. Nanti kalau modalnya sudah tersedia banyak, Anda bisa naik kelas menjadi agen atau sekalian distributor frozen food.

Bisa Jadi Bisnis Rumahan

7. Bisa Jadi Bisnis Rumahan

Bisnis makanan beku dapat Anda jalankan dari rumah. Artinya, bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang mencari penghasilan tambahan atau ingin memulai bisnis rumahan.

Cukup sediakan freezer saja di rumah untuk menyimpan stok produk dan aplikasi kasir android, lalu Anda bisa langsung berjualan frozen food di rumah.

Kenapa pebisnis perlu menggunakan aplikasi kasir? Ya, agar Anda lebih mudah mencatat semua transaksi penjualan, bisa mengelola bisnis Anda agar cepat berkembang, serta mendapatkan keuntungan maksimal.

8. Pilihan Produk Bervariasi

Bisnis frozen food memiliki banyak pilihan produk yang dapat dijual. Mulai dari makanan siap saji, daging, ikan, hingga cemilan beku.

Anda dapat menyesuaikan produk yang ingin dijual dengan preferensi pasar. Variasi ini juga memungkinkan Anda menjangkau berbagai segmen pelanggan.

9. Proses Penyimpanan Mudah

Proses penyimpanan produk makanan beku juga sangat sederhana. Anda hanya perlu menjaga suhu ruangan sesuai dengan petunjuk, dan produk akan tetap segar.

Ini berbeda dengan bisnis makanan segar yang memerlukan perawatan lebih intensif. Kepraktisan ini akan membantu Anda mengelola stok dengan lebih efisien.

Ada banyak keuntungan berbisnis frozen food dan keuntungan tersebut bisa Anda maksimalkan kalau Anda juga melakukan analisis target market dan menjual berbagai produk laris. Apa saja? Ini lho daftar Jenis Frozen Food yang Digemari Masyarakat.

Kelebihan Produk Point of Sales Gratis dari iReap

About

contact whatsapp
contact whatsapp