Home » Tips Bisnis » Karyawan Restoran: Ini Posisi dan Tips Merekrut Karyawan Restoran

Karyawan Restoran: Ini Posisi dan Tips Merekrut Karyawan Restoran

karyawan restoran

Tips Merekrut Karyawan Restoran

Karyawan restoran memiliki peran penting dalam menjaga kualitas layanan dan menciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan di restoran.

Nah, sebagai pemilik bisnis restoran, tentu Anda ingin mendapatkan karyawan yang tepat, kan? Untuk itu, cek dulu panduan posisi dan tugas karyawan restoran beserta tips merekrut karyawan di artikel ini.

Posisi dan Tugas Karyawan Restoran yang Wajib Pemilik Restoran Tahu

1. Koki / Juru Masak

Sebagai tulang punggung restoran, tugas koki adalah mempersiapkan dan memasak hidangan lezat sesuai standar restoran. Bahkan perlu pula menciptakan tampilan makanan dan minuman yang menggugah selera.

Bisa dikatakan, seorang koki harus memiliki pengetahuan tentang berbagai teknik memasak, bahan-bahan makanan, dan memastikan lingkungan dapur kondusif.

Namun tetap tugas koki atau juru masak paling utama adalah memiliki kreativitas tinggi dalam menciptakan variasi menu masakan yang sesuai dengan preferensi dan pesanan pelanggan.

Profesi koki umumnya memiliki jenjang karir, mulai dari trainer, cook helper, junior cook, supervisor, chef, hingga chef eksekutif.

Namun kalau rumah makan atau restoran Anda belum terlalu besar, maka cukup memiliki koki, asisten koki, dan beberapa helper di dapur yang tugasnya bisa disesuaikan kebutuhan...

Asisten Koki

2. Asisten Koki

Kenapa Anda perlu memiliki asisten koki, padahal sudah ada koki? Alasannya, asisten koki akan mempermudah dan mempercepat tugas koki, terutama ketika restoran sedang ramai pengunjung.

Bahkan biasanya, asisten koki juga bisa membantu memasak hidangan sehingga dapat memastikan seluruh pesanan pelanggan bisa terpenuhi dengan baik.

Tugas lain asisten koki, antara lain mengatur jadwal kerja di dapur, mengelola daftar pesanan pelanggan, menyiapkan bahan-bahan masakan dan minuman, dan bisa jadi pengganti koki ketika koki tidak masuk kerja atau berhenti.

Supaya asisten koki bisa menggantikan koki yang keluar, misalnya, Anda perlu memastikan asisten koki juga mau mempelajari berbagai menu makanan yang seharusnya tersedia di restoran Anda.

3. Pelayan

Pelayan adalah posisi yang sangat penting dalam bisnis restoran, mengingat mereka inilah yang akan lebih banyak berhubungan dengan pelanggan. Beberapa tugas pelayan, antara lain:

  • Melayani pelanggan dengan ramah dan membantu mereka memilih hidangan.
  • Memastikan pengalaman makan yang menyenangkan bagi pelanggan.
  • Menerima pesanan dan memastikan pelanggan menerima seluruh pesanan mereka.
  • Mengelap dan membersihkan meja serta kursi.
  • Mendengarkan keluhan pelanggan.

Agar pelayan bisa menjalankan tugasnya dengan baik, pastikan pelayan punya keterampilan berkomunikasi yang baik, memiliki pembawaan ramah & sopan, mampu bekerja cepat dan tanggap dalam berbagai situasi, serta memiliki pengetahuan yang cukup terkait menu yang tersedia.

4. Washer / Tukang Cuci

Tugas utama washer adalah mencuci semua perlengkapan makan dan minum kotor, juga mencuci peralatan dapur dengan teknik pencucian yang benar. Tujuannya agar tidak ada noda dan bau yang tertinggal.

Jangan sampai ketika piring mau digunakan untuk pelanggan masih berbau bekas makanan dari pelanggan lain. Ini bisa menyebabkan pelanggan kecewa dan akhirnya tak mau berkunjung lagi.

Setelah proses pencucian selesai, tim yang ada di bagian washer ini juga harus memastikan tempat penyimpanan sudah bebas dari kotoran, debu, bahkan serangga.

Bisa dikatakan, pengontrolan kualitas dan kebersihan alat makan dan peralatan memasak menjadi tanggung jawab washer.

Di beberapa restoran, washer juga bertanggung jawab pada ketersediaan aliran air, kebersihan pembuangan air cucian, pembuangan sampah, serta menjaga kebersihan tempat cuci makan dan toilet.

5. Kasir

Karyawan bagian kasir tugasnya berkaitan dengan pembayaran dari pelanggan, menghitung dan mencatat transaksi, membuat nota pembayaran, menerima uang, dan di akhir hari harus membuat laporan penjualan.

Karena berkaitan dengan keuangan bisnis, Anda perlu memastikan merekrut petugas kasir yang jujur, rajin, teliti, dan bisa dipercaya. Selain itu, boleh juga menyediakan aplikasi kasir yang akan mendukung kerja kasir sekaligus meminimalkan antrian di meja kasir.

Merekrut Karyawan untuk Restoran

Tips Merekrut Karyawan untuk Restoran

Agar mendapatkan karyawan restoran yang berkualitas dan bisa membantu Anda memajukan bisnis restoran, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebagai pemilik restoran:

1. Jujur, Bersemangat, dan Bertanggung Jawab

Sehebat apa pun kemampuan seorang karyawan, akan percuma kalau ia tidak jujur dan tidak bisa bertanggung jawab pada tugas dan kewajibannya.

Untuk itu, pastikan hanya merekrut karyawan yang jujur, bertanggung jawab, dan punya semangat kerja yang tinggi.

2. Berpengalaman

Saat memilih karyawan restoran, penting untuk mempertimbangkan pengalaman mereka dalam industri ini.
Maka cari tahu apakah karyawan restoran yang mau Anda rekrut punya pengalaman kerja atau tidak?

Jika belum memiliki pengalaman, minimal pastikan mereka punya latar belakang dan keterampilan di bidang kuliner, terutama memasak.

3. Uji Praktik

Ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk melakukan tes atau uji praktik. Misalnya untuk posisi juru masak, sebaiknya lakukan tes memasak beberapa menu makanan. Dengan catatan, Anda yang menyediakan bahannya ya.

Sementara untuk posisi lain, coba uji praktik bagaimana mereka melayani pelanggan (untuk posisi pelayan), atau bagaimana mereka menggunakan aplikasi kasir (untuk karyawan yang akan mengisi posisi kasir).

4. Referensi

Selalu minta referensi dari calon karyawan. Hubungi referensi ini untuk memastikan bahwa calon tersebut memiliki rekam jejak yang baik dan mendapat rekomendasi yang positif.

5. Soft Skills Lain

Selain keterampilan yang berkaitan dengan hard skill, Anda tetap perlu memperhatikan beberapa soft skill yang juga wajib dimiliki calon karyawan.

Komunikasi yang baik, kerja tim, dan kemampuan beradaptasi adalah beberapa soft skills yang perlu karyawan miliki.

Oh ya, di atas tadi kan sudah disebutkan kalau posisi kasir merupakan salah satu yang krusial karena berkaitan dengan keuangan bisnis. Cari tahu lebih banyak, yuk, Apa Saja Tugas Kasir Restoran?

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp ireap pos