Apa Saja Tugas Kasir Restoran?

tugas-kasir-restoran

Apa Saja Tugas Kasir Restoran?

Peran dan tugas kasir restoran tidak hanya mengurusi transaksi penjualan kepada pelanggan dan menghitung jumlah uang hasil penjualan lho. Seorang kasir juga dituntut lebih berhati-hati dalam menjalankan tugasnya. Nah, tugas seorang kasir apa saja? Baca selengkapnya di artikel ini!

1. Memastikan Kelancaran Proses Transaksi dengan Konsumen

Tugas kasir restoran yang paling utama adalah memastikan kelancaran proses transaksi pembayaran yang dilakukan oleh konsumen. Untuk itu, kasir harus selalu memeriksa ulang detail transaksi demi menghindari kesalahan. Pemeriksaan ulang ini perlu dilakukan sebelum kasir mencetak nota dan pelanggan melakukan pembayaran.

2. Memastikan Jumlah Uang yang Dibayar Pelanggan Sesuai dengan Nota

Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki kasir restoran adalah kemampuan berhitung cepat. Sebab, kasir restoran harus memastikan jumlah uang yang dibayar oleh pelanggan sesuai dengan nota. Bahkan jika melakukan pengembalian uang kepada pelanggan pun harus berhati-hati agar tidak sampai terjadi kesalahan.

3. Menerima Pesanan dan Memeriksa Kelengkapan Pesanan

Untuk restoran yang menerima pesanan secara online, maka kasir juga bertugas mencatat dan menerima pesanan. Ketika pesanan sudah jadi, kasir harus memeriksa kelengkapan pesanan, mencocokkan jumlah pesanan dengan nota pembelian, input data penjualan, kemudian memproses invoice penjualan.

4. Wajib Teliti untuk Mencatat Setiap Data Penjualan

Kasir restoran wajib teliti untuk mencatat setiap data penjualan, mulai dari pencatatan nama produk yang terjual, harga per produk, hingga nominal transaksi. Selain itu, kasir pula yang bertugas melakukan input data pembeli/data pelanggan.

Tugas Kasir Restoran Mencatat Setiap Data Penjualan

5. Membuat Laporan Pertanggungjawaban Rutin

Di akhir hari ketika restoran sudah waktunya tutup, kasir harus membuat laporan terkait jumlah dan total transaksi penjualan, jumlah uang yang diterima, total omzet harian, uang masuk dan uang keluar, bahkan laporan stok barang.

6. Laporan kepada Atasan

Kasir juga harus memberi laporan kepada atasan. Laporan di sini tidak hanya menyebutkan total omzet harian saja, tetapi juga menyerahkan catatan laporan harian lengkap beserta sejumlah uang hasil penjualan. Selain itu, kasir perlu melaporkan sisa stok barang atau perlu tidaknya melakukan restock untuk produk-produk laris yang stoknya tinggal sedikit. Tujuannya, agar atasan bisa segera meminta bagian pembelian untuk melakukan pembelian produk untuk menambah stok.

Banyak ya tugas seorang kasir restoran dan tanggung jawabnya besar karena berkaitan dengan laporan transaksi dan keuangan. Ada tidak sih cara mempermudah tugas seorang kasir restoran? Tentu ada, yaitu menggunakan aplikasi kasir.

Fungsi Aplikasi Kasir Restoran

Fungsi Aplikasi Kasir Restoran yang Memudahkan Tugas Kasir

Saat ini sudah tersedia aplikasi kasir untuk restoran, kafe, depot makan, atau warung makan sederhana. Contohnya, menggunakan aplikasi kasir iReap POS. Beberapa fungsi aplikasi kasir untuk restoran, antara lain:

  • Memastikan semua proses transaksi penjualan dan pencatatan keuangan berjalan secara otomatis dan detail. Kasir tinggal input data penjualan saja.
  • Memudahkan proses menerima pesanan penjualan berkat adanya fitur Helper iReap yang membantu pramusaji dan kasir menerima pesanan dari pelanggan.
  • Penggunaan aplikasi kasir untuk restoran seperti aplikasi kasir iReap Pos juga bisa membantu Anda membuat daftar harga berdasarkan pelanggan, misalnya pelanggan kategori bronze (pelanggan baru), silver (pelanggan yang datang sesekali), atau gold (pelanggan loyal yang sering beli di restoran).
  • Aplikasi kasir bisa mengkategorikan pelanggan berdasarkan tipe platform online yang digunakan pelanggan, misalnya harga Gofood tentu berbeda dengan harga Grabfood dan Shopeefood.
  • Sudah tersedia fitur product set dan support resep dalam aplikasi kasir sehingga memudahkan kasir mengkategorikan stok barang berdasarkan bahan baku yang digunakan restoran atau kafe. Stok barang akan langsung berkurang otomatis begitu ada penjualan.
  • Aplikasi kasir sudah bisa menghitung harga pokok penjualan dan harga barang jadi.
  • Kasir tidak perlu repos lagi dengan semua laporan keuangan karena aplikasi kasir secara otomatis akan membuat laporan keuangan yang dibutuhkan.

Apakah Anda berprofesi sebagai kasir restoran? Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda menjalankan tugas sebagai kasir restoran dengan baik. Jangan lupa, gunakan aplikasi kasir untuk restoran supaya tugas Anda jadi lebih ringan. Cari tahu secara lengkap detail mengenai aplikasi kasir restoran di sini yuk.

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp
contact whatsapp