Home » Aplikasi » Tips Memilih Aplikasi Kasir yang Cocok untuk Bisnis Anda

Tips Memilih Aplikasi Kasir yang Cocok untuk Bisnis Anda

tips-memilih-aplikasi-kasir

Tips Memilih Aplikasi Kasir yang Cocok untuk Bisnis

Aplikasi kasir adalah suatu sistem yang memudahkan Anda mengelola transaksi dan menjalankan bisnis cukup melalui smartphone. Anda bisa mengelola semua transaksi yang terjadi dalam bisnis, mulai dari mencatat transaksi penjualan, mencetak nota, mengelola berbagai metode pembayaran, bahkan membuat laporan keuangan. Bagaimana cara memilih aplikasi kasir yang cocok untuk bisnis Anda? Yuk, baca selengkapnya di sini.

1. Cari Tahu Kebutuhan Bisnis dengan Menggunakan Aplikasi Kasir versi Gratis

Sebelum memutuskan memilih aplikasi kasir tertentu, Anda perlu mencari tahu kebutuhan bisnis Anda terlebih dahulu. Misalnya, bisnis Anda hanya butuh kecepatan dalam menjumlahkan transaksi penjualan dan mencetak struk/nota. Atau bisnis Anda butuh aplikasi kasir yang bisa mengelola transaksi, stok barang, dan pembuatan laporan keuangan.

Lalu untuk memastikan kebutuhan bisnis yang paling krusial tersebut, Anda juga bisa mencoba terlebih dahulu aplikasi kasir versi gratis, misalnya aplikasi kasir iReap. Gunakan semua fitur di dalam aplikasi, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika sudah, langsung putuskan untuk menggunakan aplikasi tersebut.

2. Pastikan Aplikasi Kasir Mudah Digunakan dan User Friendly

Mungkin Anda atau karyawan Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi kasir dan belum benar-benar menguasai berbagai teknologi digital. Nah, supaya tetap bisa mengoperasikan aplikasi kasir dengan baik, Anda harus memastikan aplikasi kasir pilihan Anda memang mudah digunakan dan user friendly.

Cara memastikan aplikasi kasir mudah digunakan, bisa dengan cara:

  • Anda dan beberapa karyawan mencoba langsung menggunakan aplikasi kasir, mulai dari kemudahan mengakses data, input data, mengoperasikan setiap fitur, mencetak, dan sebagainya.
  • Alur pengoperasian sederhana dan tidak terlalu berbelit-belit.
  • Aplikasi kasir harus punya manual book (buku panduan penggunaan) atau punya website yang berisi informasi cara penggunaan yang mudah dipahami.
  • Pastikan juga aplikasi kasir responsif dan tidak hang saat digunakan.
Cari Tahu Fitur Apa yang Ada dalam Aplikasi Kasir

3. Cari Tahu Fitur Apa Saja yang Tersedia dalam Aplikasi Kasir

Sebelum memutuskan menggunakan aplikasi kasir tertentu, Anda harus tahu secara pasti berbagai fitur yang tersedia dan cara penggunaan fiturnya. Misalnya, apakah aplikasi kasir sudah mendukung fitur point of sale (POS), tersedia tidak fitur untuk input master data, fitur pencatatan transaksi penjualan, fitur inventory dan stok barang, dan sebagainya.

4. Dukungan Teknologi Cloud

Aplikasi kasir di era digital sekarang memang banyak ragamnya. Namun salah satu syarat aplikasi kasir yang bagus adalah yang sudah didukung teknologi cloud. Teknologi cloud memungkinkan aplikasi kasir yang Anda gunakan mengunggah semua data transaksi ke server sendiri atau ke local drive demi keamanan. Anda tetap bisa mengakses data transaksi dari mana saja dan kapan saja.

5. Ketersediaan Layanan Pelanggan dan Tim Support

Syarat berikutnya yang perlu Anda penuhi ketika hendak memilih aplikasi kasir yang cocok untuk bisnis adalah ada tidaknya layanan pelanggan atau tim support dari pihak penyedia aplikasi kasir. Artinya, perusahaan penyedia aplikasi kasir tidak hanya jualan aplikasi, tetapi juga memberikan layanan pelanggan, konsultasi, dan siap membantu kapan pun Anda membutuhkan bantuan.

Aplikasi Kasir Harus Memiliki fitur Keamanan

6. Memiliki Fitur Keamanan Terbaik

Karena semua data bisnis Anda akan tercatat di dalam aplikasi kasir, maka pastikan aplikasi kasir yang Anda pilih bisa memberikan jaminan keamanan data.

7. Memiliki Reputasi dan Rekam Jejak yang Baik

Hal berikutnya yang juga penting untuk Anda perhatikan saat memilih aplikasi kasir, pastikan aplikasi kasir pilihan Anda memiliki reputasi dan rekam jejak yang baik. Anda bisa mencari informasi mengenai review dan pengalaman pengguna lain di internet maupun media sosial, seperti YouTube. Selain itu, cari tahu pula testimoni dari pebisnis lain yang sudah menggunakan aplikasi kasir tertentu.

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Bagaimana, sudah menentukan aplikasi kasir mana yang mau Anda gunakan? Jika belum, Anda bisa mencoba aplikasi kasir iReap POS Lite terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa perlu memasukkan data kartu kredit sebagainya. Yuk, unduh langsung aplikasi kasir gratis iReap di sini, siapa tahu cocok dengan bisnis yang Anda jalankan.

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp ireap pos