Home » Strategi Marketing / Bisnis » Restoran: Jenis-jenis Restoran dan Sistem Pembayaran di Restoran

Restoran: Jenis-jenis Restoran dan Sistem Pembayaran di Restoran

Jenis-jenis Restoran dan Sistem Pembayaran di Restoran

Jenis-jenis Restoran dan Sistem Pembayaran di Restoran

Hingga saat ini, bisnis restoran cukup menjanjikan keuntungan kalau dikelola dengan profesional. Nah, apakah Anda sedang berencana memulai bisnis restoran? Jika iya, pahami dulu apa itu restoran, kategori, jenis-jenis restoran, dan sistem pembayaran di restoran dalam artikel iReap POS kali ini.

4 Jenis Restoran yang Laris dan Menguntungkan

Sebelum memulai bisnis restoran, ada baiknya Anda menentukan jenis restoran yang mau Anda buka. Ada 9 jenis restoran berdasarkan suasana, jenis menu makanan yang disajikan, maupun berdasarkan penyajiannya, yaitu:

1. Jenis Restoran À la Carte

Restoran a la carte adalah jenis restoran yang memungkinkan pelanggan memesan makanan dan minuman yang ada di daftar menu. Harga tiap makanan dan minumannya berbeda-beda sehingga pelanggan bisa memilih jenis makanan sesuai dengan selera dan kemampuan membayar.

Gaya pelayanan di restoran ini, pelanggan datang ke restoran, kemudian memilih meja yang mau ditempati. Lalu pelayan datang dan mengambil pesanan pelanggan. Begitu makan siap, pelayan akan kembali mendatangi pelanggan sembari menyajikan makanan dan minuman.

2. Restoran Buffet

Sekilas, restoran buffet mirip dengan jenis restoran all you can eat. Pelanggan membayar terlebih dahulu untuk paket harga per individu, kemudian bisa mengakses berbagai jenis makanan yang tersedia di restoran.

Setelah melakukan pembayaran, Anda bisa memilih meja yang mau ditempati. Kemudian, Anda bisa mulai mengambil berbagai jenis makanan dan minuman sesuai selera dan dalam jumlah yang Anda mau.

Pilihan makanannya sangat banyak, mulai dari hidangan pembuka, hidangan utama, snack, sayur dan buah, hingga berbagai jenis minuman.

Bedanya dengan restoran all you can eat hanya pada layanan tambahan. Di restoran all you can eat ada pelayan yang mengambil pesanan khusus dan mengantarkan hidangan ke meja pelanggan. Sementara di restoran buffet tidak ada layanan seperti ini.

3. Jenis Restoran Family Style

Restoran jenis family style atau restoran keluarga adalah restoran dengan meja-meja besar di mana satu meja bisa terdiri dari 8-10 kursi.

Restoran ini memang mengkhususkan diri untuk melayani pelanggan yang datang bersama keluarga, atau pelanggan yang ingin makan beramai-ramai dengan rekan kerja atau kolega.

Ciri khas restoran family style lainnya terlihat pada penyajian hidangan yang menggunakan wadah atau piring besar, porsi makanan banyak, dan suasana kebersamaan yang hangat.

Porsi makanan juga kadang bisa disesuaikan dengan jumlah orang yang makan, namun ini tergantung dari restorannya.

Jenis-jenis Restoran Casual Style Dining

4. Casual Style Dining

Apakah Anda ingin menjalankan bisnis restoran yang tak hanya sebagai tempat makan, tetapi restoran yang jadi tempat berkumpul orang-orang untuk menyelenggarakan suatu acara atau ingin duduk santai makan sambil ngobrol? Jika iya, maka Anda bisa memilih jenis restoran casual style dining.

Restoran casual style dining adalah jenis restoran yang menawarkan suasana santai, serta makanan dan minuman dengan harga yang lebih terjangkau.

Untuk makan di restoran ini, pelanggan tidak perlu melakukan reservasi sehingga bisa datang kapan saja selama jam operasional. Menu makanannya variatif dan sudah tercantum di daftar menu.

Supaya bisa menjangkau target konsumen yang lebih spesifik, Anda perlu menentukan tema untuk restoran yang Anda bangun ini, seperti Italian, Chinese food, Korean barbeque, seafood, coffee and food, dan masih banyak lagi. Lalu jika memungkinkan pastikan suasana interior restoran sesuai dengan tema yang dipilih.

Sistem Pembayaran yang umum Berlaku di Restoran

Untuk meningkatkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan di restoran, sekaligus memudahkan pelanggan melakukan transaksi pembayaran, berikut beberapa sistem pembayaran yang harus ada di restoran:

1. Pembayaran Tunai

Ini sistem pembayaran yang sudah umum dan masih cukup banyak orang yang lebih senang melakukan pembayaran secara tunai. Maka tetap pastikan metode pembayaran ini tersedia di restoran Anda.

2. Kartu Kredit/Debit

Pembayaran dengan kartu kredit atau debit merupakan salah satu metode pembayaran yang umum digunakan di restoran.

Biasanya, pelanggan menggunakan pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit ini untuk memanfaatkan promo diskon yang diberikan oleh bank penerbit kartunya.

Untuk menyediakan sistem pembayaran jenis ini, Anda perlu memiliki terminal pembayaran dan printer bluetooth untuk cetak struk.

Pembayaran Digital di Restoran

3. Pembayaran Digital

Pembayaran digital atau dompet digital adalah metode pembayaran yang menggunakan aplikasi pembayaran, seperti Gopay, OVO, DANA, dan sebagainya.

Cara pembayaran transaksi dengan aplikasi cukup digemari kalangan milenial dan Gen Z karena kepraktisannya.

Pelanggan cukup memindai kode QR yang tertera dan transaksi pembayaran pun bisa langsung dilakukan sesuai nominal yang tampil di aplikasi.

4. QRIS

Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS adalah sistem pembayaran elektronik yang memanfaatkan teknologi QR Code.

Teknologi ini tak hanya terbatas pada dompet digital, namun juga bisa langsung dari rekening bank, kartu kredit, hingga kartu debit.

5. Sistem Point of Sale (POS)

Anda juga bisa menggunakan Point of Sale (POS) untuk memudahkan proses transaksi dan pembayaran untuk pelanggan di restoran Anda.

Ada banyak keuntungan menggunakan Point of Sale, antara lain:

  • Fleksibilitas dalam menerima banyak jenis pembayaran.
  • Meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam melayani pelanggan.
  • Mengurangi human error dalam membuat nota penjualan, menghitung total tagihan, hingga menerima pembayaran dari pelanggan.
  • Pencatatan transaksi yang lebih praktis hingga ketersediaan laporan keuangan yang otomatis dan terupdate secara real time.

Salah satu aplikasi Point of Sale yang bagus adalah iReap POS. Dengan aplikasi kasir android ini, Anda bahkan bisa melakukan manajemen inventaris, mengelola stok barang, dan menyelenggarakan loyalty program.

Penggunaan sistem POS sebagai metode pembayaran di restoran bukan hanya sekadar alat untuk mempermudah transaksi pembayaran, tetapi menjadi alat yang efektif yang bisa membuat operasional bisnis restoran menjadi lebih lancar. Yuk, unduh langsung aplikasinya dan coba sendiri dengan klik banner di bawah ini:

Banner-ireap

Nah, Anda sudah tahu apa itu restoran, jenis-jenis restoran, dan sistem pembayaran yang umumnya tersedia di restoran. Untuk memberi gambaran tentang bisnis restoran, baca juga tentang Contoh Menu Restoran dan Restoran Jepang Populer di Indonesia dan Strategi Bisnis yang Efektif untuk Bikin Restoran Laris.

About

contact whatsapp ireap pos