7 Tips agar Restoran Ramai Pengunjung

tips-restoran-ramai-pengunjung

Tips agar Restoran Ramai Pengunjung

Agar restoran ramai pengunjung, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti konsep restoran yang unik, menu kekinian dan lezat, fasilitas, kebersihan dan sebagainya. Jika ingin usaha restoran Anda ramai dan memiliki banyak pelanggan, yuk baca artikel ini sampai selesai.

Peluang Usaha Bisnis Restoran

Restoran yang ramai adalah impian dari semua pengusaha di bidang kuliner. Peluang usaha di bidang kuliner memang sangat menjanjikan karena selalu dibutuhkan dan akan berkembang seiring waktu.

Tetapi Anda juga perlu lebih berupaya untuk mempromosikan restoran, mengingat saat ini tingkat persaingan bisnisnya juga tinggi.

Jika ingin pendapatan meningkat, Anda perlu memikirkan strategi promosi yang tepat sehingga dapat menjangkau lebih banyak pengunjung.

Lanjutkan membaca untuk tahu tips agar restoran ramai pengunjung dan cara mempromosikan restoran yang tepat sasaran.

7 Tips agar Restoran Ramai Pengunjung

Pemilik restoran yang telah lama membuka bisnis ini pasti sudah terbiasa dan tahu cara mengatur restoran, sehingga selalu ramai dengan pengunjung.

Bagaimana dengan pebisnis yang baru memulai bisnis untuk bisa mendatangkan banyak pengunjung ke restoran Anda? Berikut ini cara membuat restoran ramai pengunjung:

1. Konsep Restoran yang Unik

Banyak restoran memiliki konsep terlalu biasa, bahkan mirip-mirip dengan banyak restoran lain. Pengunjung yang datang juga sebagian besar hanya menikmati makanan dan pulang, karena tidak ada yang terlalu menarik di restoran. Kalau ini dibiarkan, ya lama-lama pengunjung bosan dan mulai mencari restoran lain.

Itulah sebabnya, Anda perlu memiliki konsep yang unik dan berbeda, sehingga pelanggan akan senang berlama-lama berada di restoran Anda.

Desain ruang yang unik serta penyajian makanan yang instagramable juga memancing pelanggan untuk membagikan pengalaman mereka di media sosial.

Akhirnya, ada lebih banyak pelanggan baru yang penasaran dan ikut mengunjungi restoran Anda.

Apalagi di era media sosial seperti sekarang, generasi milenial lebih suka tempat yang viral dan kekinian untuk dikunjungi. Menjadi viral juga dapat mengurangi biaya promosi lho. Benar-benar keren, kan?

Baca juga: Manfaat Software Kasir Untuk Bisnis Restoran

Buat Menu Restoran Kekinian yang Lezat

2. Buat Menu Restoran Kekinian yang Lezat

Jenis menu makanan dan minuman juga menjadi salah satu faktor yang membuat restoran ramai pengunjung. Rasa makanan lezat akan membuat pelanggan puas dan akan terus datang ke restoran.

Bahkan cukup banyak dari pelanggan yang puas tersebut, kemudian merekomendasikan restoran Anda ke teman-temannya atau keluarganya.

Inilah yang kemudian bisa membuat restoran Anda terus kedatangan pengunjung, baik pelanggan lama atau calon pelanggan baru.

Nah, tugas Anda berikutnya, selalu update menu makanan dengan menciptakan menu makanan baru, garnish yang cantik, nama menu makanan atau minuman yang unik, dan sebagainya.

Dengan cara ini, pengunjung akan terus penasaran dan tak ada bosannya datang berkunjung.

Selain itu, pastikan juga menu yang dibuat memiliki tampilan yang sesuai dengan gambar, sehingga pelanggan tidak merasa kecewa. Intinya, masih memprioritaskan rasa yang lezat dan sesuai dengan lidah pengunjung.

3. Fasilitas Lengkap untuk Pengunjung Restoran

Anda pasti akan merasa senang dan betah saat berkunjung ke restoran dengan fasilitas yang lengkap, kan? Nah, itu pula yang akan dirasakan pengunjung lain. Itulah sebabnya, Anda sebagai pemilik restoran juga harus memastikan tersedianya fasilitas lengkap bagi pengunjung.

Hal ini karena kebiasaan masyarakat modern sudah berubah. Mereka ke restoran tak hanya mencari makanan atau minuman lho, tetapi juga untuk hangout, kumpul dan ngobrol bersama relasi, teman, atau keluarga, bahkan ada juga yang sekalian kerja.

Beberapa fasilitas yang perlu ada di restoran, antara lain ruang meeting atau private room, toilet yang bersih, WiFi gratis, mini karaoke, area bermain untuk anak-anak, pendingin ruangan, dan lainnya. Jangan lupa atur desain ruangan agar bisa membuat nyaman pengunjung.

4. Pastikan Kebersihan Restoran Terjaga

Lingkungan di dalam maupun di luar area restoran harus terjaga kebersihannya. Sebab, hal inilah yang pertama kali akan dilihat oleh pengunjung sebelum mereka memutuskan masuk ke restoran Anda.

Menjaga kebersihan di sini juga berlaku untuk kebersihan di ruang makan, area memasak, kebersihan bahan baku, hingga kebersihan setiap karyawan restoran. Lalu, sediakan juga wastafel di sudut tertentu, tisu dan hand sanitizer di setiap meja, serta pastikan meja dan kursi yang kosong dalam keadaan bersih.

Gunakan Aplikasi Kasir Restoran

5. Gunakan Aplikasi Kasir Restoran

Pelayanan adalah kunci utama dalam setiap bisnis. Pelayanan yang baik tentu akan membuat pelanggan puas dan akan terus kembali. Salah satu pelayanan yang juga penting adalah metode pembayaran yang banyak pilihan, dan tidak perlu pakai antri ketika pengunjung mau membayar makanan dan minuman mereka.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir restoran iReap POS. Aplikasi kasir ini sekalian untuk membuat proses pembayaran di kasir menjadi lebih praktis, juga bisa membantu Anda memantau stok bahan baku agar jangan sampai kehabisan.

Baca juga: Keuntungan Penggunaan Aplikasi Kasir pada Bisnis Restoran

subscribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

6. Publikasikan Restoran Menggunakan Website dan di Media Sosial

Di era persaingan bisnis restoran yang sangat ketat, Anda sudah harus mempertimbangkan penggunaan website dan media sosial sebagai wadah untuk publikasi.

Strategi digital marketing menggunakan website dan media sosial merupakan cara yang murah dan praktis untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke restoran dan bisa membuat restoran Anda selalu ramai.

Di saat yang sama, sudah banyak bukti restoran yang dulunya hanya kedai kecil, sekarang menjadi besar dan ramai pengunjung hanya dengan membangun kekuatan brand melalui media digital, seperti menggunakan situs web dan media sosial.

7. Ajak Pelanggan Restoran Melalui Strategi Pemasaran yang Menarik

Banyak cara yang bisa Anda lakukan, misalnya memberikan promo khusus berupa diskon pembelian menu tertentu, buy 1 get 1, atau bonus satu menu makanan favorit jika pengunjung mengunggah story di Instagram.

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan, misalnya menyediakan beberapa porsi gratis bagi mereka yang datang dengan satu keluarga penuh. Gratis minuman (free flow) jika restoran Anda adalah jenis all you can eat, dan sebagainya.

Cara Mempromosikan Restoran Menggunakan Google My Business

Anda juga bisa lho menarik perhatikan lebih banyak calon pelanggan untuk berkunjung ke restoran dengan cara mempromosikan restoran menggunakan Google My Business (GMB).

Jadi ketika ada orang yang mengetikkan pencarian di Google, seperti “restoran terdekat dari lokasi saya”, “restoran sekitar sini”, “restoran enak”, dan sebagainya, Google akan merekomendasikan restoran Anda.

Caranya bagaimana?

  1. Buat akun dan profil di Google My Business.
  2. Isi data profil dengan informasi yang akurat dan relevan.
  3. Tambahkan deskripsi restoran, menu makanan dan minuman, jam buka, dan alamat yang jelas.
  4. Cantumkan nomor telepon dan situs web atau media sosial jika ada.
  5. Tambahkan foto ruang restoran yang menarik, foto makanan dan minuman, serta lainnya, untuk menarik perhatian pengunjung.
  6. Pada deskripsi dan informasi restoran, gunakan keyword atau kata kunci yang relevan sehingga restoran Anda mudah ditemukan oleh pengguna internet.
  7. Promosikan profil Google My Business Anda di media sosial dan situs web. Ini akan membantu meningkatkan kesadaran merek dan menarik lebih banyak pengunjung datang ke restoran.

Anda juga bisa lho menambahkan ulasan dan testimoni positif dari pelanggan yang puas. Ini akan membantu meningkatkan kepercayaan dan meyakinkan orang lain untuk datang dan mencoba restoran Anda.

Kesimpulan

Sebuah restoran yang ramai berarti penghasilan tinggi dan restoran bisa berkembang lebih pesat. Untuk membantu memudahkan manajemen keuangan dan menganalisis kinerja restoran, Anda membutuhkan Aplikasi Kasir Restoran Terbaik.

Menggunakan aplikasi kasir restoran, seperti iReap POS, akan memberi kemudahan dalam input order, cetak pesanan otomatis ke dapur, dan yang paling penting akurat dalam menghitung HPP dan laba.

Oke, itulah 7 tips agar restoran ramai pengunjung yang dapat Anda lakukan. Selain 7 hal yang disebutkan di atas, ada sesuatu yang lebih penting dan harus dilakukan agar bisnis restoran Anda selalu laris, ramai, sukses, berkah, yaitu Doa.

Tidak peduli seberapa keras upaya dilakukan, itu tidak akan berhasil tanpa kekuatan Doa, karena manusia hanya dapat berusaha dan Tuhan yang menentukan.

Oh ya, jika berminat membuka restoran dengan menu khusus yang banyak pelanggannya, Anda bisa belajar dari beberapa restoran berikut: 6 Restoran Makanan Jepang di Indonesia Paling Catchy.

Banner-ireap

About

contact whatsapp
contact whatsapp