7 Tips Restoran Ramai Pengunjung (#5 Kunci Utamanya)

tips for crowded restaurants


tips-restoran-ramai-pengunjung

Restoran ramai adalah impian dari semua pengusaha di bidang kuliner. Peluang usaha di bidang kuliner memang sangat menjanjikan karena selalu dibutuhkan dan akan berkembang seiring waktu. Tetapi melakukan usaha di bidang kuliner itu tidak mudah. Dengan semakin ramai bisnis kuliner, maka tingkat persaingan akan lebih tinggi.

Anda harus dapat bersaing dalam meningkatkan penjualan. Peningkatan penjualan ditentukan oleh meningkatnya jumlah pengunjung yang datang, oleh karena itu diperlukan strategi sehingga restoran ramai dengan pengunjung.

Memang sulit untuk menjaga restoran tetap beroperasi terutama di masa-masa pandemi seperti sekarang. Pernah berpikir untuk menutup restoran? Jangan terburu-buru untuk membuat keputusan, mungkin yang Anda butuhkan adalah menemukan solusi untuk masalah tersebut.

7 Tips Rahasia Restoran Ramai Pengunjung

Pemilik restoran yang telah lama membuka bisnis ini pasti sudah terbiasa dan tahu cara mengatur restoran sehingga selalu ramai dengan pengunjung. Anda yang sudah tertarik untuk membuka bisnis dan memiliki modal yang cukup, tidak ada salahnya untuk membuka bisnis restoran.
Berikut ini tips membuat restoran ramai pengunjung.

1. Konsep Restoran yang Unik

Banyak restoran memiliki konsep biasa seperti umumnya membuatnya sama dengan restoran lain tetapi dengan desain yang berbeda. Pengunjung yang datang juga sebagian besar hanya menikmati makanan dan pulang setelah makan makanan, tidak ada yang terlalu menarik.

Memiliki konsep yang unik dan berbeda adalah salah satu nilai tambah yang harus Anda lakukan. Karena jika restoran Anda memiliki konsep unik, calon pembeli akan penasaran dengan restoran Anda. Selain itu, restoran Anda juga akan menjadi viral dan terkenal di media sosial. Generasi milenial lebih suka tempat yang viral dan kekinian untuk dikunjungi. Menjadi viral juga dapat mengurangi biaya untuk promosi restoran Anda. Benar-benar keren kan?

Baca juga: Manfaat Software Kasir Untuk Bisnis Restoran

2. Buat Menu Restoran Kekinian yang Lezat

Jenis menu makanan dan minuman juga merupakan penyebab restoran ramai pengunjung . Rasa makanan lezat akan membuat pelanggan Anda puas dan akan terus datang ke restoran Anda. Hebatnya, kadang-kadang pelanggan akan merekomendasikan restoran Anda ke teman-temannya atau keluarganya. Tetapi Anda juga harus selalu update jenis makanan yang saat ini viral. Inilah yang Anda lakukan sehingga pelanggan Anda tidak merasa bosan dengan menu biasa saja.

Anda juga dapat menggunakan nama unik yang disesuaikan dengan konsep restoran yang membuatnya menjadi lebih menarik. Juga pastikan menu yang dibuat memiliki tampilan yang sesuai dengan gambar sehingga pelanggan tidak merasa kecewa dan datang lagi untuk makan makanan. Intinya, masih memprioritaskan rasa yang lezat dan sesuai dengan lidah pengunjung.

3. Berikan Fasilitas ke Pengunjung Restoran

Cobalah untuk membayangkan jika Anda datang ke restoran yang bersih dan nyaman dan memiliki fasilitas lengkap. Tentu saja itu akan membuat Anda merasa betah di restoran tersebut. Itu akan terjadi jika Anda menerapkannya di restoran yang Anda miliki.

Sekarang orang ke restoran bukan hanya mencari makanan. Tetapi juga untuk hang out atau menghabiskan waktu mengobrol dengan keluarga dan kerabat. Untuk itu, beri mereka fasilitas. Fasilitas jenis ini, misalnya, WiFi gratis, mini karaoke, taman bermain untuk anak-anak, dan lainnya. Jangan lupa untuk mengatur desain ruangan agar sesuai dengan fungsi tersebut.

4. Pastikan Kebersihan Restoran Terjaga

Ketika pandemi seperti saat ini, kebersihan adalah poin utama yang dilihat oleh masyarakat sebelum memutuskan untuk makan di sebuah restoran. Kebersihan restoran harus dipertahankan setiap saat. Kebersihan yang dimaksud meliputi segala hal, mulai dari kebersihan di ruang makan, area memasak, kebersihan bahan baku, hingga kebersihan setiap karyawan restoran. Siapa yang akan datang jika restoran tidak bersih?

Berikan cuci tangan di tempat-temapt tertentu dan hand sanitizer di setiap meja, selain memberikan aturan kepada karyawan untuk selalu menggunakan masker. Atur meja dengan jarak sesuai dengan standar yang telah diatur pemerintah untuk adaptasi baru selama pandemi.

5. Gunakan Aplikasi Kasir Restoran

Pelayanan adalah kunci utama dalam setiap bisnis. Pelayanan yang baik tentu akan membuat pelanggan Anda puas dan akan terus kembali. Berikan kebutuhan para pelanggan, misalnya, seperti metode pembayaran lengkap selain menggunakan uang tunai. Salah satunya Anda bisa menggunakan aplikasi kasir restoran iReap POS.

Baca juga: Keuntungan Penggunaan Aplikasi Kasir pada Bisnis Restoran

6. Publikasikan Restoran Dengan Website dan Media Sosial

Jangan merasa Anda belum memerlukannya ketika diminta untuk membuat situs web restoran Anda. Keberadaan situs web dan aktif di media sosial akan memudahkan Anda untuk mengajak pelanggan ke restoran Anda. Terutama saat ini masanya digital dan banyak orang suka mengakses internet selama berjam-jam melalui ponsel mereka.

Masih banyak wirausahawan yang meremehkan kekuatan digital, seperti situs web maupun media sosial dalam bisnis restoran. Padahal ada banyak bukti restoran yang dulunya hanya kedai kecil tetapi mampu membangun kekuatan brand melalui dunia digital melalui situs web dan juga media sosial.

7. Ajak Pelanggan Restoran Melalui Strategi Pemasaran yang Menarik

Banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya, Anda dapat menggunakan media sosial. Berikan promo khusus apakah itu diskon harga atau gratis dari menu tertentu jika seseorang berani foto selfie saat makan di restoran Anda. Tentu saja itu harus dengan kondisi seperti harus mengikuti media sosial restoran Anda, dan lainnya. Cara lain juga dapat dilakukan misalnya dengan menyediakan beberapa porsi gratis bagi mereka yang datang dengan satu keluarga penuh.

Ini hanya beberapa contoh. Intinya adalah membuat umpan kepada pelanggan di mana pelanggan juga merasa tertantang. Dengan demikian pelanggan akan tertarik mengunjungi restoran Anda. Jadi mereka pergi ke restoran Anda tidak hanya kenyang setelah makan, tetapi juga keseruan yang tidak ditemukan di restoran lain.

Baca juga: Contoh Kumpulan Kata-Kata Promosi di Olshop

Kesimpulan

Sebuah restoran yang ramai berarti penghasilan tinggi. Penghasilan tinggi akan menjamin keberhasilan bisnis. Peluang bisnis restoran memang sangat menjanjikan dan selalu berkembang bersama dengan kemajuan zaman. Oleh karena itu, Anda harus dapat bersaing dengan pebisnis lain dalam meningkatkan penjualan.

Untuk membantu memudahkan manajemen keuangan dan menganalisa restoran Anda, Kamu membutuhkan Aplikasi Kasir Restoran Terbaik. Gunakan iReap POS yang memberi kemudahan dalam input order, cetak pesana otomatis ke dapur, dan yang paling penting akurat dalam menghitung HPP dan laba.

Oke, itulah 7 tips agar restoran ramai pengunjung yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan restoran Anda. Tetapi selain 7 hal yang disebutkan di atas, ada sesuatu yang lebih penting dan harus dilakukan agar bisnis restoran Anda selalu laris, ramai, sukses, berkah, yaitu Doa. Tidak peduli seberapa keras upaya dilakukan, itu tidak akan berhasil tanpa kekuatan Doa, karena manusia hanya dapat berusaha dan Tuhan yang menentukan.

banner menghitung hpp