Home » Aplikasi » Mengenal Mesin Kasir Restoran – Pengusaha Kuliner Harus Tahu

Mengenal Mesin Kasir Restoran – Pengusaha Kuliner Harus Tahu

mesin kasir restoran

Mengenal Mesin Kasir Restoran

Untuk bisa bertahan dan sukses dalam menjalankan bisnis restoran, Anda membutuhkan berbagai inovasi diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Apakah Anda sedang mencari mesin kasir untuk restoran?

Jika iya, Anda bisa menemukan beragam jenis mesin kasir, seperti cash register, Point of Sale (POS), aplikasi kasir android, bahkan ada mesin kasir restoran berbasis aplikasi web. Yuk, baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Jenis Mesin Kasir Restoran

1. Cash Register

Anda pasti pernah melihat mesin kasir restoran jenis cash register ini, kan? Di masa lalu, hampir semua bisnis, baik restoran maupun toko ritel hampir semuanya menggunakan cash register.

Cara kerja mesin kasir cash register, petugas kasir akan memasukkan jumlah penjualan secara manual dengan mengetikkannya di keyboard.

Setelah menerima pembayaran, petugas kasir akan memasukkan nominal pembayaran, baru kemudian laci di cash register terbuka...

Jenis Mesin Kasir Restoran

2. Point of Sale (POS)

Point of Sale (POS) adalah suatu sistem yang menjadi tempat di mana penjual dan pembeli melakukan transaksi jual beli dalam operasional bisnis.

Point of Sale ini juga termasuk mesin kasir yang bisa digunakan untuk mempermudah operasional bisnis restoran. Bentuknya bisa berupa kombinasi dengan cash register / cash drawer, tablet, smartphone, bahkan versi desktop.

Bisa dikatakan cara kerja POS lebih lengkap dibandingkan dengan mesin kasir seperti cash register. Menggunakan Point of Sale (POS), Anda bisa menghitung transaksi penjualan dengan cepat, menerima pembayaran, dan cetak struk.

Selain itu, Anda juga bisa secara otomatis mengelola database pelanggan, database inventory, menghitung laba / rugi, bahkan bisa sekaligus menyajikan laporan transaksi yang lengkap.

Dengan menggunakan Point of Sale (POS), semua data transaksi keuangan, ketersediaan barang, turnover barang, dan menu makanan serta harganya dapat tersimpan rapi dalam sistem POS.

Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah sederhana untuk mengakses semua data ketika membutuhkannya.

3. Aplikasi Kasir Android

Saat ini teknologi semakin canggih dan sudah tersedia aplikasi kasir android untuk restoran. Selain itu, aplikasi kasir android ini juga bisa digunakan untuk warung kopi, kafe, depot, warung makan, dll.

Cukup menggunakan smartphone atau tablet, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi kasir ini. Beberapa fungsinya, antara lain:

  • Tersedia fitur Helper yang dapat membantu pramusaji restoran menerima pesanan pelanggan.
  • Menghitung total pembelian pelanggan dan menerima pembayaran.
  • Membuat daftar harga khusus jika restoran Anda melayani pesanan makanan dari GoFood atau GrabFood.
  • Sudah support untuk membuat daftar resep sehingga tiap ada menu yang terjual akan langsung otomatis memotong stok bahan.

Selain fitur-fitur di atas, aplikasi kasir android untuk restoran ini juga bisa untuk mencatat performa karyawan restoran, absensi karyawan, menampilkan laporan penjualan per periode transaksi, bahkan secara otomatis membuat laporan keuangan.

Mesin Kasir Restoran Berbasis Aplikasi Web

4. Mesin Kasir Restoran Berbasis Aplikasi Web

Anda pasti sudah tahu bahwa posisi kasir restoran adalah tempat di mana konsumen melakukan transaksi pembayaran.

Namun dengan menggunakan mesin kasir restoran berbasis aplikasi web, kasir restoran tidak lagi hanya menerima pembayaran.

Sebab, mesin kasir jenis ini bisa membantu mencatat semua data. Mulai dari transaksi keuangan, ketersediaan barang, turnover barang, dan menu makanan serta harganya dapat tersimpan rapi di dalam sistem mesin kasir.

Untuk mengoperasikannya, mesin kasir restoran berbasis aplikasi web membutuhkan software dan hardware yang memungkinkan terciptanya sistem yang terkoneksi antara server, kasir, staf dapur, hingga staf bagian back office.

Nah, bagaimana? Ingin tahu lebih banyak mengenai mesin kasir restoran? Cek dengan baca artikel ini: 8 Kelebihan Mesin Kasir Android.

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Apa Tiga Fungsi Utama Mesin Kasir?

1. Dapat Mendata Transaksi Penjualan dengan Akurat

Tidak seperti mesin kasir manual, aplikasi berbasis web yang diterapkan dalam mesin kasir ini memungkinkan Anda mendata transaksi penjualan dengan lebih akurat, baik transaksi tunai maupun non tunai.

Bahkan mesin ini akan membantu Anda melacak setiap penjualan dengan lebih teliti dan efisien.

2. Anti Repot

Aplikasi dalam mesin kasir ini juga akan membantu Anda mengelola transaksi dengan lebih efektif dengan menggunakan satu alat saja.

Konsumen juga akan dapat memilih untuk mendapatkan nota yang dikirim lewat email atau dicetak secara langsung dengan aplikasi ini.

3. Keamanan Terjamin

Karena segala transaksi penjualan dapat dipantau, maka keamanan juga lebih terjamin. Mesin kasir restoran ini dapat menghindarkan anda dari kecurangan karyawan.

Butuh konsultasi untuk memilih mesin kasir restoran yang cocok untuk bisnis Anda? Boleh lho menghubungi tim di virtual chat yang ada di website iReap atau boleh juga mengirim email ke support@ireappos.com.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp ireap pos