Cara Melakukan Optimasi SEO On-Page dan Off-Page pada Situs Bisnis

optimasi-seo

Cara Melakukan Optimasi SEO On Page dan Off Page

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik atau upaya meningkatkan peringkat situs di mesin pencari seperti Google.

Cara kerjanya dengan melakukan optimasi pada situs web (on page SEO) dan di luar situs web (off page SEO) untuk membuatnya lebih relevan dan otoritatif bagi mesin pencari.

Nah, jika Anda ingin memperbaiki peringkat situs web bisnis di mesin pencari, Anda perlu melakukan optimasi SEO on page dan off page. Yuk, cari tahu caranya dengan membaca artikel ini.

Optimasi SEO On Page

Optimasi SEO on page adalah optimasi yang dilakukan di dalam web Anda sendiri.

Artinya, Anda perlu melakukan perbaikan semua elemen di dalam situs bisnis, misalnya struktur konten, meta deskripsi, dan sebagainya.

Tujuannya, agar dapat membantu mesin pencari memahami konten dan tujuan situs web Anda. Cara melakukan optimasi SEO on page bagaimana? Berikut beberapa di antaranya:

1. Lakukan Riset Kata Kunci dan Gunakan dengan Bijak

Penggunaan kata kunci yang tepat dan relevan menjadi bagian penting dalam optimasi SEO on page. Untuk itu, lakukan dulu keyword research dan pilih kata kunci yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Keyword research atau riset kata kunci yaitu penggunaan keyword (kata kunci) tertentu yang sering digunakan oleh pengguna internet untuk menemukan suatu konten dan relevan dengan produk maupun bisnis Anda.

Kata kunci biasanya tersebar di dalam artikel. Tidak spamming, namun menggunakan kombinasi short tail keyword, long tail keyword, dan LSI (Latent Semantic Indexing).

2. Buat dan Sediakan Konten Berkualitas Tinggi

Konten yang informatif, berguna, dan orisinal akan membantu situs bisnis mendapatkan otoritas pada topik tertentu, dan akhirnya berdampak pada peningkatan peringkat di mesin pencari.

Oleh karena itu, sediakan konten (dengan menerapkan content marketing) sebagai sumber informasi dan solusi yang bisa membantu konsumen menyelesaikan masalah mereka, sekaligus memenuhi kebutuhan mereka.

Apalagi di era digital sekarang, kebanyakan konsumen memang konsumen lebih senang mencari solusi di mesin pencari.

Misalnya: bagaimana cara kerja mesin kopi? Apa nama alat yang bisa membersihkan sela-sela tempat tidur?

Optimalkan Heading Tags

3. Optimalkan Heading Tags, Meta Deskripsi, dan Title Tag

Pada setiap konten di situs bisnis, pastikan sudah menerapkan heading tags.

Heading tags adalah bagian dari struktur halaman web yang bisa membantu audiens dan mesin pencari untuk memahami isi konten.

Heading tag H1 umumnya digunakan untuk judul utama halaman web. Kemudian H2, H3, H4, dan seterusnya menjadi sub-judul atau bagian isi halaman/konten.

Kemudian, Anda juga perlu menerapkan penggunaan meta deskripsi dan title tag dalam optimasi SEO on page.

Untuk melakukannya, Anda bisa menulis meta deskripsi dan title tag yang informatif untuk mendorong audiens melakukan klik tautan situs web Anda yang muncul di hasil penelusuran di mesin pencari.

4. Optimalkan Gambar untuk Meningkatkan Loading Speed dan Tambahkan Alt Text

Loading speed mempengaruhi kecepatan situs ketika audiens mengunjungi suatu situs bisnis.

Itu sebabnya, Anda perlu memperhatikan hal ini. Misalnya dengan melakukan optimasi pada gambar yang digunakan, mulai dari ukurannya, pixel, juga sudah menggunakan ekstensi .webp.

Selain itu, tambahkan alt text yang deskriptif ke gambar, sehingga mesin pencari dapat memahami konten gambar dan mencocokkannya dengan pencarian audiens.

Alt text juga membantu orang dengan gangguan penglihatan memahami isi gambar.

5. Optimasi URL dan Gunakan Internal Link

Anda bisa melakukan optimasi URL dengan cara memasukkan kata kunci dalam URL, atau modifikasi URL (URL tidak harus sama dengan judul).

Contohnya seperti artikel ini. Judul artikel adalah Cara Melakukan Optimasi SEO On Page dan Off Page pada Situs Bisnis.

Lalu URL-nya dioptimasi agar lebih pendek menjadi: optimasi-seo. Maka URL yang tampil menjadi: https://www.ireappos.com/news/id/optimasi-seo/

Selain itu, Anda juga perlu menggunakan link internal (tautan di dalam konten) yang menghubungkan antara satu konten dengan konten lain yang masih berkaitan/relevan.

Sebab, lebih baik menyediakan beberapa konten yang spesifik, tetapi saling berhubungan, daripada membuat satu artikel panjang dan membuat audiens lelah membacanya.

Optimasi SEO Off-Page

Optimasi SEO off page adalah optimasi yang dilakukan dari luar situs bisnis Anda. Tujuannya, untuk meningkatkan otoritas situs web dan meningkatkan kepercayaan di mesin pencari.

Dalam melakukannya, Anda perlu membuat tautan balik atau membangun backlink, meningkatkan visibilitas di media sosial, dan banyak lagi. Berikut cara lengkap optimasi SEO off page yang bisa Anda terapkan:

Membangun Tautan Backlink Berkualitas

1. Membangun Tautan Balik (Backlink) yang Berkualitas

Backlink atau tautan balik dari situs web yang otoritatif dan berkualitas tinggi dapat membantu meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari.

Namun pastikan ketika membangun backlink ini, bangunlah secara organik, berkualitas, dari situs yang memiliki traffic dan pembaca, dan tidak terindikasi situs spam.

2. Bangun Social Signal di Media Sosial

Kehadiran dan visibilitas bisnis Anda di media sosial dapat membantu meningkatkan otoritas situs web di mata mesin pencari.

Untuk itu, aktiflah membagikan konten dari situs ke berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn, dan posting konten yang relevan dan berguna untuk pengikut Anda.

Membangun social signal atau social sharing dengan cara menyebarkan konten dari website bisnis ke berbagai media sosial, juga menjadi cara terbaik untuk menjangkau lebih banyak audiens baru di berbagai kanal digital yang tersedia.

Anda bisa melakukannya dengan mengikuti panduan berikut: Pebisnis, Ini Jenis Iklan Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnis.

3. Perluas Jaringan dengan Guest Posting

Guest posting di situs web lain juga dapat membantu meningkatkan otoritas situs web Anda di mata mesin pencari. Pastikan Anda menulis konten berkualitas tinggi dan relevan yang memperkuat otoritas sebagai ahli di bidang yang Anda jalani.

4. Bangun Kehadiran Bisnis di Direktori Bisnis

Daftarkan situs bisnis di direktori bisnis lokal sehingga bisa meningkatkan otoritas situs di mata mesin pencari. Tapi jangan dilakukan secara sembarangan, ya. Pilih direktori yang memang relevan dan sesuai dengan bisnis Anda.

5. Bangun Hubungan Baik dengan Audiens untuk Meningkatkan Sharing Konten

Pancing dan dorong audiens untuk membagikan lebih banyak konten yang sudah membantu mereka ke orang lain, termasuk menyertakan tautan menuju website Anda dari website lain di luar sana.

Untuk bisa melakukannya, Anda perlu memiliki hubungan baik terlebih dahulu dengan audiens atau followers di media sosial.

Selain menerapkan SEO on page dan SEO off page, Anda juga perlu melakukan analisis dan evaluasi hasil penerapan strategi SEO.

Untuk memudahkan prosesnya, gunakan berbagai tools, seperti Google Analytics, Google Search Console, Semrush, Ahrefs, dan sebagainya.

Nah, sekarang Anda sudah tahu cara menerapkan digital marketing, termasuk melakukan optimasi SEO.

Namun dalam penerapannya, hindari berbagai kesalahan pemasaran digital yang mungkin terjadi. Apa saja kesalahan yang harus dihindari? Klik link ini dan baca dulu, yuk: Marketers, Hindari 9 Kesalahan Digital Marketing Ini, Yuk.

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp
contact whatsapp