Pengertian dan 11 Karakteristik Pengusaha dan Entrepreneur

Definition Businessman and Entrepreneurs

Pengertian Pengusaha dan Entrepreneur

Dalam dunia bisnis, ada banyak sekali istilah-istilah yang menggunakan bahasa asing atau kata serapan. Salah satunya yang sedang booming, yakni pengusaha dan entrepreneur.

Sebenarnya, istilah tersebut sudah lama ada, tetapi kembali naik daun setelah menjadi trending di salah satu media sosial. Lantas, apa pengertian dari kata tersebut?

Pengertian Pengusaha dan Entrepreneur

Pengusaha dan entrepreneur dapat diartikan sebagai kelompok usaha entrepreneur. Entrepreneur sendiri memiliki pengertian yang sangat luas, tidak terbatas pada kata pengusaha, saja.

Namun, secara sederhana entrepreneur dapat diartikan sebagai seseorang yang berwirausaha dengan melakukan berbagai macam inovasi produk berikut pengambilan keputusan.

Baca juga: Apa Itu Wirausaha? Dan Ciri-Ciri Wirausaha Sukses

Karakteristik Pengusaha dan Entrepreneur

Dari penjabaran tersebut, maka dapat diketahui bahwa untuk menjadi seorang entrepreneur tidaklah mudah. Setidaknya, Anda harus membekali diri dengan beberapa karakter di bawah ini:

1. Fokus pada Visi dan Misi

Untuk memulai sebuah perjuangan, pengusaha serta entrepreneur harus memiliki visi dan misi yang jelas. Sebab, keduanya berperan sebagai benang merah, agar pengambilan keputusan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

2. Optimis dan Berkomitmen

Dalam dunia usaha, pasang surut dan kegagalan adalah sesuatu hal yang sangat biasa terjadi. Rasa optimisme yang tinggi dan komitmen akan menopang Anda, saat diterpa berbagai masalah atau hambatan.

3. Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas adalah kemampuan untuk melihat peluang dengan menciptakan ide-ide fresh dan berbeda, maupun mencari cara baru untuk keluar dari permasalahan.

Berbeda dengan inovasi yang berupa skill untuk memanfaatkan solusi kreatif dalam rangka mengisi peluang, hingga dapat memberikan manfaat bagi kehidupan.

4. Mindset Positif dan Terbuka

Mindset atau pola pikir sangat memengaruhi seseorang, terutama dalam pengambilan keputusan. Meski fokus pada tujuan, tetapi seorang pengusaha serta entrepreneur harus mau berpikir secara terbuka.

Pasalnya, sebuah inovatif harus mengikuti perkembangan zaman, agar dapat diterima oleh masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk berpikir secara rasional dan kritis.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Wirausaha Sukses?

5. Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri akan membuat entrepreneur tidak mudah terombang-ambing oleh saran dan masukan dari orang lain. Bagaimanapun Anda harus memiliki batasan, sejauh mana mengikuti dan mendengarkan orang lain.

6. Berani Mengambil Risiko

Tak dimungkiri, salah satu kelebihan menjadi pengusaha serta entrepreneur adalah potensi keuntungan yang lebih besar. Sebab, seorang entrepreneur menjalankan segala aktivitas usaha sendiri, dari awal hingga akhir.

Oleh karena itu, laba perusahaan menjadi milik pribadi. Hanya saja, Anda juga harus siap untuk menanggung segala risiko yang mungkin muncul bersamaan dengan pengambilan keputusan.

7. Kepemimpinan

Seorang entrepreneur harus memiliki jiwa kepemimpinan, karena semua karyawan dan kegiatan usaha akan berpusat kepada satu kepala. Oleh karena itu, Anda harus dapat menjadi seorang pemimpin yang terbaik.

8. Kemampuan Berkomunikasi yang Bagus

Skill komunikasi menjadi kekuatan terpenting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha dan entrepreneur. Pasalnya, komunikasi yang baik memiliki kekuatan untuk memengaruhi, memotivasi, dan menginspirasi orang lain.

Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah untuk menjual produk maupun jasa kepada para klien. Komunikasi juga dapat menghindarkan kesalahpahaman atau missing dalam kerjasama dengan para karyawan.

9. Mampu Melihat Peluang

Kesempatan mungkin saja datang dua kali, tetapi hanya orang-orang tertentu yang mampu memanfaatkannya dengan maksimal. Oleh karena itu, entrepreneur harus jeli untuk melihat peluang yang ada di sekitar.

Hal ini memang sedikit lebih sulit, terutama untuk produk atau jasa yang berhubungan dengan kaum milenial dan generasi Z. Pasalnya, tren pada kelompok tersebut sangat cepat mengalami perubahan.

10. Ketegasan

Ketegasan merupakan salah satu modal pengusaha dan entrepreneur yang tidak boleh absen. Saat Anda memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur, maka tidak ada lagi alasan untuk menunda pekerjaan.

Begitu juga dalam pengambilan keputusan, harus tegas dan jelas. Sebab, keputusan apapun yang sudah Anda tetapkan, maka akan diikuti dan dilaksanakan oleh karyawan.

11. Kecerdasan Emosional

Adapun yang dimaksud dengan kecerdasan emosional, yakni kemampuan seseorang untuk mengenali, mengelola, serta mengontrol emosi di dalam dirinya sendiri.

Seorang entrepreneur yang mempunyai kecerdasan secara emosional mampu mencegah terjadinya hal-hal negatif. Entah itu emosi yang berasal dari dalam diri maupun orang-orang di sekitarnya.

Baca juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan Wirausaha?

Tipe-tipe Pengusaha & Entrepreneur

Selain mempelajari karakteristik, penting juga bagi Anda untuk memahami tipe-tipe entrepreneur yang ada di luaran. Berdasarkan informasi dari BusinessTown, entrepreneur terbagi menjadi empat tipe, yakni:

1. The Survivor

Apakah Anda pernah mendengar kisah tentang seseorang yang resign dari pekerjaannya, lalu membangun sebuah bisnis? Kondisi inilah yang cocok untuk menggambarkan tipe the survivor.

Pengusaha dan entrepreneur tipe ini tidak merasa betah berlama-lama untuk bekerja di bawah tekanan orang lain. Mereka lebih menyukai kebebasan untuk mengekspresikan ide-ide cemerlangnya.

2. The Strategist

Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk memulai sebuah bisnis hanya karena melihat sebuah peluang maupun tertarik dengan bujukan orang lain. Di balik itu, mereka sebenarnya tidak terlalu menguasai bidang tersebut.

Memanfaatkan peluang memang baik, tetapi tidak membekali diri dengan kemampuan juga cukup berisiko. Itulah sebabnya, ada banyak bisnis baru yang hanya mengalami masa keemasan sebentar saja.

Lain hal dengan jenis pengusaha dan entrepreneur the strategist yang justru sangat memahami bidang tersebut. Biasanya, mereka adalah orang-orang yang memulai bisnis dari sebuah passion atau bakat.

3. The Visionary

Tipe the visionary memiliki ide-ide cerdas dan inovatif untuk menciptakan sebuah produk yang benar-benar unik. Mereka mampu berpikir out of the box, sehingga mampu menjadi pelopor atau trendsetter.

Tak hanya fokus pada saat ini, the visionary juga memikirkan langkah ke depannya. Itu artinya, mereka tidak hanya membuat gebrakan yang bersifat sementara, tetapi punya tujuan jelas.

Salah satu contoh tipe ini ialah Steve Job atau pendiri Apple. Produk tersebut muncul tahun 1976 dan mampu bertahan hingga kini dengan menduduki peringkat pertama sebagai perusahaan teknologi terbesar di dunia.

4. Tipe The World Changer

Sesuai namanya, the world changer mendirikan usaha dengan tujuan untuk mengubah dunia atau memberikan manfaat bagi orang lain dan lingkungan. Harapannya, mereka dapat membuat dunia menjadi lebih baik.

Tipe ini menggabungkan antara konsep keseimbangan, masyarakat, dan empati menjadi satu kesatuan. Fokus mereka bukan pada keuntungan pribadi, tetapi manfaat yang dapat dirasakan oleh orang lain.

Baca juga: Manfaat Wirausaha Untuk Generasi Milenial

Apapun tipenya, keberadaan entrepreneur patut diacungi dua jempol. Setidaknya, mereka berani untuk mengerahkan seluruh ide, waktu, dan kemampuan demi menciptakan sesuatu yang baru.

Gunakan IREAP POS Sekarang!

Untuk alasan inilah, Sterling Team hadir di Indonesia. Kami memahami, bahwa tidak semua orang mampu dan merasa yakin untuk memulai sebuah langkah baru.

Dengan tenaga kerja profesional dan jam terbang tinggi, kami siap untuk mendampingi Anda dalam merealisasikan impian. Untuk mendukungnya, kami mempersiapkan fitur-fitur unggulan dengan teknologi terbarukan.

Untuk mempelajari layanan yang kami sediakan, Anda dapat mengunjungi situs ireappos.com. Lalu, bersiaplah untuk menjadi seorang pengusaha dan entrepreneur yang sukses dan berkompeten.

Banner-ireap-pro