Pentingnya Pembukuan Usaha & Pengelolaan Keuangan Restoran

pembukuan usaha

Pentingnya Pembukuan Usaha

Pembukuan usaha adalah proses pencatatan keuangan usaha, meliputi pemasukan dan pengeluaran usaha. Cari tahu lebih banyak mengenai pembukuan usaha itu apa saja dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Pentingnya Pembukuan Usaha Untuk Bisnis Restoran

Pembukuan usaha yang rapi akan membantu Anda mendapatkan informasi mengenai peningkatan dari bisnis restoran yang Anda jalankan.

Sebab, pencatatan pembukuan usaha yang dilakukan secara teratur memuat data keluar masuk uang, bahkan keuntungan usaha dalam periode tertentu.

Agar informasi keuangan yang Anda dapatkan bisa lengkap, berikut beberapa hal penting yang harus ada dalam pembukuan usaha:

1. Pengeluaran dan Pemasukan

Catat semua uang yang keluar dan uang yang masuk dan lampirkan buktinya, bisa berupa nota penjualan, faktur pembelian, bahkan bukti transfer.

Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, Anda bisa secara jelas mendapatkan gambaran berapa penghasilan yang restoran Anda dapatkan.

Lalu, Anda juga bisa tahu, apakah restoran masih mendapatkan keuntungan setelah penghasilan dikurangi dengan berbagai biaya yang wajib Anda bayar...

Contoh Pembukuan Usaha untuk Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan:

Contoh Pembukuan Usaha

2. Stok Barang

Penting untuk selalu mengontrol dan mendata persediaan bahan makanan yang ada dan berapa banyak yang sudah laku terjual.

Anda juga harus bisa memperkirakan, apakah stok barang yang ada masih bisa memenuhi kebutuhan pelanggan? Hitung dalam jumlah porsi ya. Cara ini akan membantu Anda merencanakan pembelian bahan baku sebelum kehabisan persediaan.

3. Untung dan Rugi

Memantau untung dan rugi usaha restoran juga penting dilakukan secara berkala. Tujuannya, agar Anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk pengembangan lebih lanjut ketika mendapatkan banyak untung.

Sebaliknya, ketika restoran mengalami rugi, Anda juga bisa bergegas melakukan perbaikan agar kerugian tidak semakin besar.

4. Inventaris

Di dalam pembukuan usaha, Anda juga perlu melakukan pencatatan barang inventaris restoran. Ini termasuk aset dari restoran, dan bisa saja membutuhkan biaya ketika ada yang hilang, rusak, atau butuh perbaikan.

Contoh barang inventaris misalnya aplikasi kasir untuk restoran, barcode scanner, printer bluetooth untuk cetak struk, meja, kursi, berbagai peralatan memasak & dapur, dan sebagainya.

Contoh Pembukuan Inventaris Restoran:

Contoh Pembukuan Inventaris Restoran

Lakukan Evaluasi secara Berkala

Proses evaluasi penting dilakukan secara berkala untuk tahu bisnis restoran Anda maju atau tidak. Proses ini akan jadi lebih mudah kalau Anda sudah menerapkan pembukuan usaha mengikuti panduan di atas.

Selain melakukan evaluasi berkaitan dengan keuangan usaha, Anda juga perlu melakukan evaluasi secara menyeluruh, seperti:

  • Bagaimana pelayan di restoran melayani para pelanggan?
  • Apakah restoran secara rutin menyajikan menu baru untuk membuat pelanggan terus datang?
  • Inovasi apa yang sudah dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan?
  • Berapa banyak jumlah pelanggan baru dan berapa banyak jumlah pelanggan lama?

Di atas hanyalah beberapa contoh pertanyaan yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengetahui letak kekurangan bisnis Anda. Nanti jawabannya bisa Anda gunakan untuk menyusun strategi yang lebih baik dan melakukan pembenahan.

Ngomong-ngomong tentang pencatatan dan pembukuan usaha, sekarang sudah ada cara yang lebih cepat dan praktis lho. Anda tinggal gunakan saja aplikasi kasir POS yang akan membantu Anda membuat pembukuan usaha. Cari tahu lebih lanjut, yuk: Keuntungan Aplikasi Kasir POS pada Bisnis Restoran.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp