Sales Canvasser : Tips Praktis Berjualan di Tahun 2021

sales-canvasser

sales canvasser adalah

Apa itu Sales Canvasser?

Sales Canvasser adalah orang yang menawarkan produk dalam suatu penjualan kepada pelanggan tanpa melalui kontak sebelumnya atau pertemuan yang dijadwalkan. Dengan begitu banyak-nya cara untuk menjangkau para pelanggan, hanya dengan strategi yang tepat, proses ini dapat menjadi cara yang efektif untuk membawa produk Anda ke pasar.

Tantangan seorang sales canvasser saat ini adalah bagaimana melipatgandakan target utama yaitu prospek baru untuk dapat memenuhi target penjualan perusahaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan seorang sales untuk memenuhi hal ini yaitu Canvassing.

Canvassing adalah salah satu kegiatan penjualan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan atau calon pelanggan. Komunikasi yang dilakukan dapat melalui telepon dan email, atau mengunjungi tempat pelanggan.

Canvassing merupakan kegiatan penjualan yang memberikan peluang untuk menghasilkan uang, jadi dalam hukum propabilitas semakin sering melakukan canvassing akan semakin banyak terjadi komunikasi dan akan meningkatkan kemungkinan terjadinya penjualan.

subscribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Skill Sales Canvasser

Beberapa hal yang harus dikuasai oleh seorang sales canvasser adalah

1. Mengetahui Detail Produk

Kemampuan utama sales canvasser adalah memahami seluk-beluk produk yang dijual termasuk spesifikasi, metode penggunaan, dan hal-hal terkait lainnya. Dengan ini, canvasser akan lebih mudah untuk menjelaskan tentang produknya, dan konsumen juga memiliki kepercayaan mereka sendiri.

2. Bisa Komunikasi dengan Baik

Untuk dapat menjelaskan produk dan mendapatkan pelanggan tentu saja seorang canvasser harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik agar apa yang disampaikan mendapat timbal balik yang baik, penuturan kata yang rapih bisa membuat konsumen nyaman ketika berkomunikasi secara langsung.

3. Mampu Untuk Negosiasi

Untuk dapat menawarkan sesuatu kepada pelanggan, tentu saja kemampuan seorang canvasser adalah dapat bernegosiasi. Karena calon konsumen sangat mungkin membuat penawaran harga. Nah, sebagai seorang canvasser, Anda harus mengerti kapan saatnya merespons, dan bagaimana caranya.

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk Baru di tahun 2021

Tips Sales Canvasser

Tugas sales canvasser adalah terus menerus bepergian, mendatangi prospek, menawarkan dan mengirimkan produk. Mereka juga melakukan berbagai tugas administrasi saat bepergian, seperti menerima pesanan, membuat faktur, mengumpulkan pembayaran dan laporan lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk merencanakan dengan hati-hati strategi yang tepat sebelum Anda melakukan penjualan kepada pelanggan agar Anda meraih hasil positif, jika tidak, Anda hanya membuang-buang waktu dengan pelanggan yang bahkan bukan dalam target kelompok milik Anda.

Di bagian ini, Anda akan mempelajari tips sales canvasser yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan hasil positif yang maksimal.

1. Tentukan Target Pasar

Salah satu alasan yang membuat penjualan canvassing salah adalah tidak memiliki target pasar. Ketika orang mendengar kata sales canvassing atau cold call, mereka membayangkan untuk melakukan panggilan telepon ke ratusan orang dalam sehari.

Sales canvassing bukan hanya tentang memanggil orang yang tepat. Misalnya, jika Anda menawarkan kursus Digital lalu Anda menelepon dan berbagi informasi dengan target yang bukan dari generasi muda, maka jelas tingkat keberhasilan Anda akan tidak maksimal.

Oleh karena itu, rencanakan dan cari informasi tentang target pasar Anda serta kumpulkan data orang-orang yang relevan kemudian mulai lakukan komunikasi.

2. Lakukan Follow-up

Jika komunikasi penjualan dengan pelanggan Anda tidak berhasil, ada banyak cara untuk tetap berhubungan dengan mereka. Anda dapat menemui secara langsung, mengirim email, panggilan telepon, atau melalui email. Anda harus menjaga hubungan yang baik dengan mereka tetapi pastikan untuk tidak berlebihan.

Canvassing pada dasarnya adalah komunikasi secara langsung kepada pelanggan yang belum Anda ketahui, yang paling penting saat melakukan canvassing adalah kegigihan. Mungkin terlihat sangat mirip dengan memaksa, tetapi kegigihan menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda berdedikasi dan termotivasi untuk bekerja dengan mereka.

3. Update Narasi Skrip Canvassing Anda

Narasi skrip dibuat agar pekerjaan Anda menjadi lebih mudah sesuai dengan aturan yang dibuat berdasarkan prinsip-prinsip yang telah terbukti bekerja. Sangat penting untuk tetap melakukan komunikasi agar dapat membangun kepercayaan dengan pelanggan sehingga ketika Anda meminta janji temu, itu seperti permintaan dari teman tepercaya.

Luangkan waktu Anda untuk membuat sendiri narasi skrip sesuai kejadian di lapangan, sambil mengikuti skrip dasar yang telah diajarkan manajer Anda. Anda bukan robot dan prospek potensial menginginkan berbicara dengan manusia yang supel. Jadi, personalisasi keterlibatan Anda dengan pelanggan.

Buat terobosan kecil yang sesuai dengan kepribadian Anda untuk ditunjukkan kepada pelanggan yang telah Anda identifikasi dan berikan pemahaman bagaimana produk atau layanan Anda akan menyelesaikan masalah utama mereka.

4. Gunakan Aplikasi Sales Canvasser Mobile

Aplikasi sales canvas android iReap POS Pro mengotomatiskan banyak pekerjaan yang sebelumnya harus dilakukan manual oleh canvasser.

Aplikasi sales lapangan iReap POS Pro menyediakan fasilitas untuk mempermudah mencatat tugas dan pekerjaan sales canvassing yang melakukan kunjungan ke pelanggan, mulai dari mencatat barang-barang yang dibawa, mencatat penjualan, menerima pembayaran, sampai dengan pengembalian barang retur dari pelanggan.

Semua data pesanan penjualan, faktur, pembayaran, dan laporan lainnya bisa diunggah dengan aman ke cloud dan bisa dicetak langsung dengan printer bluetooth portable yang terintegrasi dengan aplikasi sales iReap sehingga canvasser bisa melakukan print langsung di lokasi pelanggan.

Baca juga: Cara distribusi barang melalui Sales Canvassing menggunakan iReap POS Pro

Tingkatkan Sales Canvassing Anda Hari Ini

Setiap lokasi memiliki pembeli potensial yang harus dikejar oleh Anda dan tim Anda sehingga dapat meningkatkan penjualan sales canvasser. Dibutuhkan waktu dan usaha, tetapi ketika rencana sudah tersusun rapih dan tim Anda memiliki alat yang mereka butuhkan untuk membantu mengotomatiskan, mengatur, dan menyederhanakan proses penjualan, maka Anda akan berterima kasih.

download iREAP POS PRO

About

contact whatsapp
contact whatsapp