7 Tips Memilih Program Kasir Cafe Terbaik

tips memilih program kasir cafe terbaik

7 Tips Memilih Program Kasir Cafe Terbaik

Ingin menjalankan usaha cafe dengan lebih mudah, cepat, mendapatkan data yang akurat, dan meminimalkan pembuatan waktu untuk membuat laporan keuangan? Kalau iya, Anda membutuhkan program kasir cafe terbaik. Lalu, bagaimana cara memilih program yang memang bagus dan sesuai kebutuhan Anda? Yuk, baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

7 Tips Memilih Program Kasir Cafe Terbaik

1. Kenali Kebutuhan Usaha Cafe

Sebelum memutuskan mau menggunakan program kasir cafe tertentu, ada baiknya Anda mengenali dulu kebutuhan utama dari usaha yang Anda jalankan.

Seperti apa program kasir yang Anda butuhkan? Fiturnya apa saja? Butuh program kasir yang bisa menerima berbagai jenis pembayaran atau tidak? Masih banyak pertanyaan lainnya.

Jika perlu, catat semua kebutuhan tersebut, baru kemudian lakukan riset.

Cara melakukan riset bisa dengan membaca artikel di internet, menghubungi penyedia layanan program kasir, atau meminta referensi dari kenalan.

2. Lakukan Riset Produk Program Kasir Cafe

Ada banyak pilihan program kasir untuk berbagai kebutuhan yang saat ini tersedia. Anda tinggal memilih yang paling cocok dan bisa memenuhi kebutuhan usaha yang Anda jalankan.

Ada beberapa jenis program kasir cafe, di antaranya:

Selain itu, cari tahu lebih banyak mengenai masing-masing jenis program kasir, mulai dari:

  • Bagaimana cara kerjanya? Apakah cepat dan efisien?
  • Data yang dihasilkan akurat atau tidak.
  • Fitur apa saja yang tersedia.
  • Ada tidaknya layanan pelanggan yang responsif.
  • Berapa lama masa berlaku garansi?
Cara Kerja Program Harus Efisien

3. Cara Kerja Program Harus Efisien, Cepat, dan Akurat

Program kasir cafe yang baik adalah program yang mampu membantu Anda bekerja dengan efisien, kerjanya cepat, dan menghasilkan data yang akurat.

Untuk itu, Anda perlu mencoba menggunakan programnya untuk beberapa waktu, misalnya dengan menggunakan versi trial atau versi uji gratis terlebih dahulu.

Kemudian coba lihat, apakah cara kerja programnya cepat dan efisien (tak mudah hang), sering error atau tidak programnya, dan bagaimana kinerjanya ketika dalam penggunaan untuk waktu yang panjang (misalnya untuk lebih dari 12 jam – sesuai jam operasional kafe).

Jangan lupa, coba juga untuk menganalisis laporan yang dihasilkan dari program tersebut, akurat tidak datanya.

4. Program Kasir Cafe Memiliki Fitur Lengkap

Sebelum melakukan deal pembelian dengan penyedia program kasir, pastikan Anda sudah mencoba semua fitur yang tersedia. Sebab, program kasir cafe terbaik harus memiliki fitur yang lengkap.

Beberapa fitur penting yang wajib ada dalam program kasir cafe, antara lain:

  • Fitur pembelian dan penjualan: fitur ini memungkinkan Anda mengelola pembelian, retur pembelian, data multi vendor, juga penerimaan barang.
  • Fitur inventaris dan stok barang.
  • Absensi dan penilaian kinerja karyawan.
  • Mengelola database pelanggan.
  • Laporan transaksi dan laporan keuangan.
  • Penerimaan berbagai metode pembayaran.

5. Harga Terjangkau

Bertanyalah kepada penyedia program, apakah penggunaan program kasir cafe perlu biaya berlangganan atau jual putus (cukup satu kali membayar biaya pembelian program saja).

Jika berlangganan, pastikan harga berlangganannya terjangkau. Sementara jika jual putus, kalau program mendadak error apakah masih ada layanan perbaikan atau tidak.

Layanan Pelanggan / Customer Support

6. Layanan Pelanggan / Customer Support

Dalam penggunaan program kasir, terutama untuk kafe, yang beroperasi setiap hari melayani pelanggan, tentu bisa saja muncul kendala.

Nah, Anda harus memastikan penyedia program kasir memiliki layanan pelanggan atau customer support yang responsif dan siap melayani kapanpun Anda butuhkan.

Jangan sampai programnya sering error dan tidak ada yang bisa bantu Anda, lalu pengelolaan bisnis kafe Anda pun jadi terhambat.

7. Mudah Digunakan

Pertimbangan berikutnya saat mau memilih program kasir cafe terbaik adalah mudah tidaknya program digunakan.

Kemudahan dalam penggunaan program akan membantu petugas kasir atau karyawan yang berwenang untuk cepat beradaptasi dengan program.

Ingin mencoba salah satu program kasir cafe terbaik secara gratis? Anda bisa mengunduhnya dari Google Play Store melalui tombol di bawah ini.

download iREAP POS PRO

About

contact whatsapp
contact whatsapp