Tips Promosi Produk di Media Sosial

Tips Promosi Produk di Media Sosial

apa saja contoh promosi produk di media sosial

Suatu bisnis tidak akan berkembang tanpa adanya promosi. Promosi adalah aktivitas memperkenalkan produk kepada calon pelanggan. Pebisnis harus tahu cara promosi produk untuk menarik perhatian calon pelanggan. Salah satunya, menggunakan kalimat promosi yang efektif atau minimal bisa membuat caption di Instagram untuk promosi produk. Yuk, cari tahu cara membuat kalimat promosi dan contoh promosi produk di media sosial.

Mengapa Pemilik Bisnis Perlu Melakukan Promosi?

Jika pemilik bisnis tidak melakukan promosi, bagaimana calon konsumen bisa mengenal produk dengan baik? Nah, beberapa manfaat yang akan didapatkan pemilik bisnis kalau melakukan promosi secara rutin, di antaranya:

  • Konsumen bisa mendapatkan informasi dan edukasi mengenai produk yang ditawarkan dengan lebih baik dan lebih cepat.
  • Produk dan jasa yang ditawarkan bisa menjangkau pasar yang lebih luas, baik dalam wilayah Indonesia maupun ke luar negeri.
  • Membantu menjaga loyalitas pelanggan lama dan mendapatkan pelanggan baru, asalkan Anda sebagai pemilik bisnis juga terus menjalin interaksi dengan para pelanggan.
  • Pemanfaatan media sosial untuk melakukan promosi memungkinkan Anda berkomunikasi secara aktif dengan pelanggan.
  • Menambah keuntungan perusahaan melalui transaksi penjualan yang meningkat.
  • Anda bisa mengungkapkan fakta-fakta seputar produk melalui review singkat hingga saran pemakaian. Dengan cara ini, pelanggan bisa langsung mendapatkan informasi keunggulan produk yang Anda tawarkan.
  • Membantu menciptakan brand awareness dan branding bisnis sehingga konsumen akan terus mengingat produk Anda saat mereka membutuhkannya.
  • Semakin sering Anda mempromosikan produk di media sosial, semakin besar peluang konsumen melihat konten promosi tersebut di beranda media sosial mereka.
  • Mempengaruhi sudut pandang konsumen dalam membuat keputusan pembelian produk.
promosi produk di media sosial

Tips Promosi Produk di Media Sosial

Ada banyak platform media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan promosi, mulai dari Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, WhatsApp, dan lainnya. Nah, bagaimana cara membuat kata-kata promosi barang dan jasa di media sosial? Ikuti 8 tips promosi produk di media sosial agar produk Anda laris manis.

1. Kenali Target Pasar dan Demografi Mereka

Dalam mempromosikan produk, pebisnis perlu mengenali target pasar dan demografinya. Target pasar adalah kelompok konsumen yang menjadi sasaran perusahaan untuk melakukan pembelian produk. Sementara demografi merupakan pengelompokkan konsumen berdasarkan umur, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, jumlah pendapatan, hingga domisili.

Mengetahui target pasar dan demografi akan membantu Anda memilih kata-kata promosi yang tepat. Untuk target anak-anak, Anda harus menggunakan kalimat yang mudah dicerna dan seru. Sementara untuk konsumen remaja, Anda bisa menggunakan kata-kata kekinian.

Contoh:
“Baper lihat jerawat di jidat? Eits jangan dipencet, nanti bisa bikin bopeng! Yuk, pakai facial wash dengan kandungan bahan alami ini biar kulitmu yang cantik makin glowing!”

2. Kekuatan Promosi Terletak pada Kalimat Pertama

Kekuatan kata-kata promosi yang bisa menarik perhatian, bahkan mempengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan pembelian, terletak pada kalimat pertama. Untuk itu, coba cari tahu dulu permasalahan apa yang paling banyak dihadapi pelanggan. Kemudian, jadikan keluhan tersebut sebagai pembuka kalimat promosi produkmu. Baru kemudian hadirkan produkmu sebagai solusi.

Contoh:
“Sudah gonta-ganti shampo, tapi rambut tetap kering dan rontok? Duh, jangan-jangan kamu salah pilih shampo nih. Mending keramas pakai shampo Peduli Rambut aja, yang terbuat dari bahan alami dan diformulasi khusus untuk menjaga rambutmu tetap sehat, indah, dan tidak rontok.”

3. Pilih Kata-kata Promosi sesuai Brand Personality

Brand personality adalah karakter yang melekat pada brand sehingga membuatnya lebih dekat dengan konsumen. Ada 5 tipe brand personality dalam dunia bisnis, yaitu :

  • Sincerity, menunjukkan ketulusan, kerendahan hati, dan keceriaan dari brand.
  • Excitement, memperlihatkan keberanian, semangat, dan penuh imajinasi.
  • Competence artinya memberitahukan bahwa brand bisa diandalkan, rajin, dan sukses.
  • Sophistication, menunjukkan brand Anda berkelas, mewah, dan glamour.
  • Ruggedness, memperlihatkan brand suka berpetualang, menyukai tantangan, dan kuat.

Contoh promosi produk yang sesuai brand personality, misalnya kata-kata promosi dari brand KFC berikut ini:
“Para cowok harus tahu kalau cewek lebih suka dikasih kulit ayam daripada bunga mawar. Yuk, manfaatkan promo buy one get one di hari kemerdekaan!”

4. Gunakan Pilihan Kata-kata Promosi Kekinian

Dalam mempromosikan produk, Anda harus menghindari penggunaan jargon yang sudah ketinggalan zaman. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan kata-kata kekinian atau sesuai kondisi terkini. Contoh kata-kata promosi kekinian, di antaranya: baper, mager, bucin, gercep, mantul, OOTD, OTW, woles, dan lainnya.
Contoh:
“Mau makin disayang Ayang di hari Valentine? Manfaatkan promo bucin 2 cheeseburger hanya Rp 35.000 di tanggal 2-18 Februari 2022.”

5. Tonjolkan Manfaat Produk

Meski singkat, kalimat promosi harus mengandung manfaat atau keunggulan produk yang dijual. Tulislah keunggulan produk berdasarkan fakta. Jangan memberikan klaim palsu melalui penggunaan kalimat promosi yang berlebihan.

Contoh kalimat promosi yang sesuai manfaat produk:
“Gunakan serum moisturizer ini secara rutin di pagi dan malam hari setiap hari. Kamu bakal lihat kulitmu jadi tampak lebih cerah dan noda hitam tersamarkan setelah 15 hari pemakaian. Cus, langsung cobain, ya!”

6. Jelaskan Kandungan Produk

Untuk menarik perhatian calon pelanggan saat promosi produk secara online, Anda harus memberikan informasi terkait kandungan bahannya. Kandungan bahan juga bisa mendorong target pasar mempercayai klaim produk. Dengan syarat, Anda tidak menggunakan kata-kata yang berlebihan.

Contoh:
“Kunyit memiliki zat antiradang dan antioksidan yang bisa membuat kulit lebih tenang, lembap, dan tampak lebih cerah.”

7. Buat Caption yang Singkat dan Mudah Dipahami

Membuat caption yang singkat dan mudah dipahami jauh lebih efektif dibandingkan Anda menjelaskan secara detail. Apalagi media sosial seperti Instagram, Twitter, dan TikTok membatasi jumlah karakter atau kata dalam setiap unggahan pengguna. Jadi, cukup berikan deskripsi yang memperkuat pesan dalam konten gambar atau video yang Anda unggah.

Contoh:
“Laper, tapi mager? Nggak usah khawatir. Pesan menu makanan pilihanmu via WhatsApp. Ada diskon gratis ongkir di tanggal 17-18 Agustus 2022.”

8. Tambahkan Power Word dan CTA

Power word adalah kata-kata bermakna kuat dan bisa mempengaruhi konsumen secara psikologis atau emosional. Sementara CTA (Call to Action) artinya kalimat pendek yang mendorong seseorang untuk bertindak. Menambahkan power word ke dalam CTA tentunya bisa memperkuat pelanggan untuk melakukan pembelian. Power word itu contohnya: terlengkap, instan, asli, terbaru, terbaik, hanya hari ini, diskon besar, dan gratis selamanya.

Contoh:
“Jaket kulit ini menggunakan bahan kulit asli dari Garut. Stok Terbatas! Jadi, pesan sekarang sebelum kehabisan, yuk.”

cara membuat kalimat promosi

Contoh Kata-kata untuk Promosi

Masih bingung dengan apa saja contoh promosi yang bisa dilakukan di media sosial? Anda bisa mempelajari contoh promosi produk berikut.

1. Contoh Kata-kata Promosi Produk

“Terlalu sering terpapar sinar matahari bikin wajahmu kusam dan kering? Yuk, pakai produk sunscreen Putri Glowing sebelum beraktivitas. Kulitmu akan terjaga kelembapannya dan lebih berseri!”

“Noda hitam di wajah bikin nggak PD? Gunakan produk perawatan terlengkap dari Putri Glowing secara rutin selama 10 hari dan rasakan manfaatnya!”

“Makan enak akhir bulan! Kok bisa? Rumah makan kami menyediakan berbagai paket hemat mulai dari Rp 15 ribu. Berlaku untuk pemesanan online atau makan langsung di tempat!”

2. Contoh Kata-kata Promosi Diskon

“Special promo hari kemerdekaan, daftar member sekarang dan dapatkan diskon hingga 35%!”

“Nantikan flash sale discount up to 90% mulai pukul 00.00 WIB di promo 11.11.”

“Klaim kupon diskon di Toko Kenyang sekarang juga. Promo ini terbatas hanya untuk 100 pembeli pertama. Siapa cepat, dia dapat!”

3. Contoh Kata-kata Promosi Cashback

“Mau beli baju OOTD untung besar? Khusus bulan ini, raih cashback up to Rp 250 ribu dengan minimal pembelian Rp 500 ribu tanpa batasan jenis produk.”

“Promo terakhir bulan ini! Dapatkan cashback Rp. 100 ribu untuk pengguna baru dengan memasukan kode referral ini saat memilih program deposito minimal Rp 1 juta.”

“Mau paket internet besar dan cashback pulsa hingga 75%? Anda cukup membayar menggunakan kartu debit X. Promo berlaku dari 2-10 Maret 2022.”

4. Contoh Kata-kata Promosi Penawaran Terbatas

“Anti air! Kini kamu bisa pakai kerudung tanpa takut basah dan lecek saat kehujanan. Pesan sekarang karena stoknya hanya 5 pcs per motif!”

“Terbatas, hanya untuk hari ini! Cukup membeli satu minuman ukuran XL all varian, gratis minuman ukuran S yang bisa dipilih sesuai keinginan!”

“Hanya hari ini! Makan sepuasnya all you can eat cuma bayar Rp. 100 ribu saja untuk 25 pembeli pertama!”

Untuk bisa membuat kata-kata promosi yang nendang dan bikin pelanggan langsung ingin membeli produk yang Anda tawarkan, sering-seringlah membaca dan menganalisis cara kompetitor melakukan promosi. Misalnya, dengan membaca banyak ulasan dan tips membuat kata-kata promosi. Meski begitu, Anda tetap harus mencoba berkreasi menciptakan kata-kata promosi khas brand Anda sendiri. Selain menerapkan tips promosi produk di media sosial dalam artikel ini, jangan lupa terapkan juga strategi promosi kekinian, ya.

Banner-ireap-pro