Tips Membangun Usaha Kafe yang Untung Terus

usaha kafe untung terus

Tips Membangun Usaha Kafe yang Untung Terus

Usaha kafe saat ini menjadi favorit mengingat gaya hidup anak muda masa kini yang senang nongkrong di kafe. Mereka tak hanya duduk ngobrol dan berkumpul bersama teman.

Banyak juga di antara mereka yang bekerja di kafe atau mengadakan meeting dengan relasi atau klien.
Ingin usaha kafe Anda ramai, didatangi banyak pengunjung dan dapat untung terus?

Jika iya, Anda bisa menerapkan beberapa tips usaha kafe untung terus, seperti: menciptakan suasana yang nyaman, jaminan cita rasa yang enak, konsep kafe kekinian dan Instagramable, dan masih banyak lagi. Yuk, baca selengkapnya.

7 Tips Usaha Kafe Untung Terus

1. Ciptakan Suasana Kafe yang Nyaman

Kafe yang bisa bikin pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama, sudah pasti akan selalu ramai.

Kenyamanan tempat bisa Anda ciptakan misalnya dengan desain interior ruangan yang cozy dan ada pendingin ruangan (AC). Termasuk memisahkan ruangan smoking dan non smoking.

Lalu sediakan meja dan tempat duduk dengan model yang beragam, misalnya meja tinggi untuk yang ingin kerja di kafe, sementara sofa dan meja pendek untuk yang ingin bersantai sambil ngobrol bareng teman...

Prioritaskan Cita Rasa dan Kebersihan

2. Prioritaskan Cita Rasa dan Kebersihan

Cita rasa memegang peranan penting yang menentukan ramai tidaknya mengunjung memesan makanan dan minuman di kafe Anda. Untuk itu, pastikan hanya semua sajian bercita rasa lezat yang membuat pelanggan menyukainya.

Selain itu, cita rasa makanan dan minuman harus konsisten ya. Misalnya pengunjung datang memesan cafe latte dengan rasa yang enak.

Lalu saat pengunjung datang di lain waktu untuk menikmati cafe latte lagi, pastikan rasanya tetap sama enaknya.

Jangan lupa, kebersihan pun harus dijaga. Tak hanya bersih dalam pengolahan makanan dan minuman saja, tetapi peralatan makan dan minum (gelas, piring, dll) harus bersih. Begitu pula dengan kebersihan tempat, ruangan, meja dan kursi, bahkan wastafel dan toilet.

3. Konsep Kafe Kekinian dan Instagramable

Membangun usaha kafe dan menjalankannya hingga mencapai sukses memerlukan perhatian khusus, terutama yang berhubungan dengan pengalaman pelanggan.

Sebab, pelanggan yang mendapatkan pengalaman menyenangkan selama berada di kafe Anda sudah tentu akan kembali datang. Inilah yang bisa membuat kafe mendapatkan keuntungan yang berkelanjutan.

Salah satu caranya, buatlah kafe Anda kekinian dan Instagramable. Bisa dengan dekorasi ruang dengan konsep tertentu, atau bisa pula menyediakan menu makanan dan minuman yang memang sedang hits.

Untuk inspirasi, kunjungi saja cafe Instagramable yang sedang populer dan banyak dikunjungi pelanggan.

4. Sajikan Menu Unik & Musik

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan agar pengunjung dengan senang hati datang ke kafe bisa dengan menyediakan menu makanan yang unik.

Misalnya, tersedia dua hingga tiga jenis menu khas kafe atau menu unggulan yang hanya bisa didapatkan pelanggan di kafe Anda.

Begitu pula dengan kualitas biji kopi. Cari supplier biji kopi dengan cita rasa yang unik dan berkualitas. Lalu ciptakan minuman kopi yang lezat.

Jangan lupa, putar musik di dalam kafe. Menikmati waktu santai bersama teman, relasi, maupun klien di kafe sambil menikmati kopi dan kudapan, akan semakin bikin betah kalau ada musik yang mengiringi.

Pastikan suara musiknya tidak terlalu keras, tidak juga terlalu kecil ya.

Strategi Pemasaran yang Efektif

5. Strategi Pemasaran yang Efektif

Bisnis tanpa promosi tentu sulit menjangkau pelanggan potensial. Namun namanya promosi jelas membutuhkan biaya. Nah, agar promosi tetap bisa berjalan meski budget terbatas, penerapan strategi promosi yang efektif.

Caranya bagaimana? Anda bisa memanfaatkan media sosial populer, seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan sebagainya untuk mempromosikan kafe.

Buat konten menarik yang mengundang minat, seperti foto-foto makanan yang menggugah selera dan ulasan positif dari pelanggan.

Bisa pula bikin challenge untuk pelanggan yang datang ke kafe, lalu posting menu yang mereka pesan di media sosial, dan akan mendapatkan voucher diskon untuk kedatangan berikutnya.

6. Inovasi dan Pengembangan Produk

Untuk tetap relevan dan bisa bersaing dalam industri kafe yang kompetitif, Anda perlu terus berinovasi dan mengembangkan produk terbaru secara berkala. Misalnya dengan menciptakan menu baru.

Lalu, dengarkan juga umpan balik dari pelanggan dan jadilah responsif terhadap tren dan preferensi pasar. Jika hal ini terus Anda lakukan, maka Anda dapat menarik minat pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan setia.

7. Bikin Event Bareng Komunitas

Membangun hubungan baik dengan berbagi komunitas dan seniman lokal, lalu buatkan event kolaborasi yang sesuai dengan kebutuhan komunitas. Bentuk kolaborasi yang bisa dilakukan, misalnya:

  • Event seduh kopi bareng komunitas pecinta kopi.
  • Mini workshop dengan komunitas blogger serta menggunakan para blogger untuk hadir.
  • Pameran seni bekerja sama dengan para seniman.
  • Pameran art craft dengan pengrajin kerja.
  • Journaling dengan menggandeng member dari komunitas journaling.

Anda bisa menjadi sponsor untuk kegiatan di atas, misalnya, dengan memberikan diskon 50% untuk sewa tempat, atau untuk menyediakan makanan dan minuman. Sementara mintalah pihak komunitas untuk membantu Anda mempromosikan kafe.

Dengan kerja sama dan kolaborasi seperti ini, Anda bisa berpartisipasi secara aktif dengan pelanggan, sekaligus dapat meningkatkan brand awareness yang mendukung perkembangan kafe.

Bisnis kafe memiliki peluang besar untuk dikembangkan, mengingat gaya hidup masyarakat modern memang senang berkumpul di kafe untuk berbagai kebutuhan. Tapi ngomong-ngomong, berapa sih modal yang dibutuhkan untuk bikin kafe? Cek di sini: Modal yang Dibutuhkan untuk Buka Usaha Kafe.

Banner-ireap

About

contact whatsapp
contact whatsapp