Instagram Ads: Manfaat dan Cara Menggunakan Instagram Ads

Instagram-ads

Contoh Manfaat dan Cara Menggunakan Instagram Ads

Instagram menjadi salah satu media sosial populer di Indonesia dengan jumlah pengguna aktif per bulannya mencapai 99,9 juta. Untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di Instagram, Anda dapat memasang Instagram ads.

Apa yang dimaksud dengan Instagram ads? Apa saja manfaat Instagram ads? Bagaimana cara menggunakan Instagram ads? Cari tahu semua jawaban untuk pertanyaan tersebut dalam ulasan artikel iReap kali ini.

Apa Itu Instagram Ads?

Instagram ads adalah fitur iklan yang ada di Instagram. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mempromosikan konten yang tampil di feed maupun Instagram story dengan membayar sesuai anggaran yang tersedia.

Untuk membuat Instagram ads, Anda perlu memiliki Instagram bisnis (terhubung dengan halaman Facebook bisnis). Setelah Instagram resmi bergabung dengan Facebook di tahun 2012, cara beriklan di Instagram ada 2 pilihan.

Anda bisa memasang Instagram ads boosting post (mempromosikan konten yang ada secara langsung) dan memasang iklan melalui Facebook ads manager.

Apa Itu Instagram Ads?

Manfaat Instagram Ads yang Wajib Diketahui Pebisnis Online

Instagram ads bisa membantu meningkatkan brand awareness (kesadaran merek). Selain itu, mengiklankan konten visual di Instagram ads akan mendorong terciptanya kredibilitas terhadap brand, meningkatkan loyalitas pelanggan, hingga menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Anda juga bisa menyusun strategi promosi menggunakan Instagram ads secara lebih efektif berdasarkan data demografi pelanggan yang lebih spesifik. Data demografi bisa Anda lihat melalui fitur insight di Instagram.

Format iklan Instagram ads yang memiliki tiga pilihan, yaitu:

  • Iklan untuk konten gambar.
  • Iklan untuk konten video.
  • Carousel ads (beberapa gambar atau video, termasuk konten Instagram story).

Format iklan yang beragam akan berpeluang lebih besar untuk mendorong pengguna Instagram melakukan klik menuju konten asli hingga melakukan pembelian.

Saat beriklan di Instagram, Anda juga dapat memasukkan URL menuju halaman website bisnis atau link pembelian produk.

Cara ini mempermudah pelanggan yang ingin langsung melakukan pembelian, sekaligus dapat meningkatkan traffic ke situs web.

Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Ads?

Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Ads?

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan Instagram ads, Anda bisa menggunakan Instagram ads dengan mudah melalui metode boosting post:

  • Pilih konten yang akan Anda promosikan, bisa dari feed atau Instagram story. Pastikan Anda memilih yang tampilan gambar atau videonya paling menarik, lengkap dengan caption yang juga menarik.
  • Tekan pada tombol boost post yang terletak di bawah konten sebelah kanan.
  • Tentukan goal (tujuan Anda mengiklankan konten). Tersedia 3 pilihan, yaitu mendapatkan lebih banyak kunjungan profil, mendorong audiens untuk mengunjungi situs web, dan berkomunikasi melalui direct message. Setelah memilih, tekan next.
  • Tentukan target audiens (bisa berdasarkan minat atau demografi pelanggan). Anda bisa mengaturnya secara manual jika tahu persis audiens yang ingin dituju. Sementara jika Anda tidak yakin dengan target audiens yang tepat, pilihlah target otomatis. Instagram akan menyesuaikan target audiens berdasarkan audiens yang sudah berinteraksi dengan profil Instagram bisnis Anda. Untuk menampilkan iklan secara bersamaan di Facebook, Anda bisa mengaktifkan tombol allow Facebook placement. Begitu selesai memilih, tekan next.
  • Atur budget (anggaran) dan durasi iklan. Jumlah anggaran per harinya akan mempengaruhi jumlah audiens yang bisa Anda jangkau. Anda juga bisa menentukan durasi iklan tayang di beranda, stories, dan explore Instagram. Untuk merasakan dampak positif dari iklan, sebaiknya memilih durasi 7 hari. Selesai mengatur anggaran dan durasi, tekan next.
  • Selanjutnya, Anda akan masuk halaman preview. Perhatikan kembali pengaturan iklan yang sudah Anda pilih. Kemudian, pilih metode pembayaran iklan. Tekan panah pada add new method.
  • Tentukan negara, mata uang, dan zona waktu, lalu tekan save.
  • Selain memilih metode pembayaran transfer bank, doku wallet, debit or credit card, Anda juga bisa memasukkan NPWP jika diperlukan. Lanjutkan dengan menekan tombol next.
  • Masukkan anggaran yang akan ditransfer (otomatis terisi sesuai anggaran iklan). Tekan next. Anda akan diarahkan ke halaman Facebook Payment. Masukkan email dan pilih continue.
  • Lakukan transfer ke nomor rekening atau virtual account yang muncul. Anda akan diberi waktu paling lambat 7 hari untuk melakukan pembayaran.
  • Jika pembayaran sudah berhasil, Anda bisa menekan boost post dan iklan akan segera tayang setelah proses review oleh tim Instagram ads selesai.

Sebagai fitur iklan di Instagram, Instagram ads akan membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dan meningkatkan penjualan. Anda bisa memulai iklan dengan mudah melalui boosting post langsung pada konten Instagram Anda. Agar hasil promosi bisnis bisa optimal, terapkan pula Tips Promosi Produk di Media Sosial.
Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp