8 Alasan Mengapa Bisnis Franchise Adalah Bisnis Populer di Indonesia

8-Alasan-Mengapa-Waralaba-Jadi-Bisnis-Populer-di-Indonesia

8 Alasan Mengapa Bisnis Franchise Adalah Bisnis Populer di Indonesia

Apa itu Bisnis Franchise? Berdasarkan undang-undang yang ditetapkan pemerintah Indonesia, Bisnis Franchise adalah ikatan yang diberikan satu pihak kepada pihak kedua untuk menggunakan serta memanfaatkan hak kekayaan intelektual. Bisnis franchise populer di indonesia yang dikenal sebagai franchise pun bisa diartikan sebagai pertemuan dua belah pihak yang melibatkan penyediaan dan/atau penjualan produk. Sejumlah imbalan lalu akan diberikan sesuai persyaratan yang sudah disepakati bersama.

Dalam bisnis franchise, pihak pemberi hak disebut sebagai franchisor. Kemudian pihak lain yang mengelola usaha berdasarkan hak yang diberikan disebut sebagai franchisee. Pengelolaan franchise di Indonesia sendiri sudah diatur sedemikian rupa dalam Peraturan Pemerintah 42/2007 tentang franchise.

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Mengapa Membeli Bisnis Franchise Lebih Menguntungkan?

Mengapa Membeli Bisnis Franchise Lebih Menguntungkan? Untuk sejumlah pebisnis, Franchise adalah jenis bisnis menguntungkan. Bahkan tak sedikit pemula yang memilih franchise untuk merintis bisnis mereka. Lalu, apa saja alasan yang membuat franchise layak untuk dibeli?

1. Bukan sekadar membeli usaha

Ketika mengulik franchise, Anda pasti akan mendapatkan penawaran pembelian yang mencakup bahan baku hingga gerobak atau booth dengan harga tertentu. Menjalankan usaha ini pun sekilas tampak mudah karena Anda tak perlu memusingkan produk yang dijual atau memikirkan cara membangun brand yang sesuai.

Baca juga: 3 Kunci Sukses dalam Bisnis Franchise Makanan

Di sisi lain, Bisnis Franchise adalah usaha yang tak hanya berpusat pada pembelian usaha. Anda akan dilatih untuk mengolah produk (untuk makanan dan minuman, misalnya) hingga menjaring konsumen di lokasi strategis. Dengan begitu, pengalaman berbisnis Anda akan lebih variatif.

2. Tak repot mengurus brand atau merek

Menyambung dari poin sebelumnya, mengurus brand atau merek bakal memakan proses cukup panjang dan lama, terutama bagi pemula. Anda harus melakukan riset dulu sebelum menentukan brand yang sesuai. Kemudian, supaya tidak diklaim pebisnis lain, brand tersebut harus dipatenkan agar menjadi hak Anda seutuhnya.

Lain ceritanya kalau Anda memilih bisnis franchise. Merek atau brand sudah diurus oleh pemilik franchise. Anda hanya perlu mengelola bisnis dan memerlukan promosi sesuai strategi yang sudah diarahkan untuk mendapatkan profit yang lebih besar.

Kelola Bisnis Franchise dengan Aplikasi Kasir iReap POS

3. Dukungan Memadai Dari Pemilik Franchise

Bisnis Franchise adalah jenis bisnis yang memudahkan pemula karena dukungan memadai dari pihak pemilik atau penjual. Selain menyediakan bahan baku dan perlengkapan, franchisor pun akan memberikan bimbingan berupa training atau pelatihan, panduan operasional, hingga arahan yang akan membantu Anda menjalankan usaha setelah launching.

Jenis dukungan yang beragam akan membuat pemula mampu menekan risiko seperti kerugian di awal pengelolaan bisnis. Kemudian, Anda juga bakal lebih mudah mengembangkan franchise agar maju dan menguntungkan.

4. Terdapat promosi berkesinambungan

Alasan lainnya yang membuat franchise lebih dipilih pebisnis baru terletak pada promosi. Betapa tidak? Franchise adalah usaha yang memiliki promosi berkesinambungan yang tak akan memaksa Anda mengeluarkan bujet besar. Terutama kalau Anda membeli produk franchise dari franchisor yang namanya sudah besar dan berpengalaman.

Beberapa franchise tak akan mengenakan biaya sepeser pada franchisee, tetapi ada juga yang meminta Anda untuk membuat media sosial untuk meningkatkan brand awareness. Namun, langkah tersebut masih terbilang praktis dibandingkan menyiapkan promosi dari awal.

5. Meningkatkan peluang sukses dalam berbisnis

Karena sudah mempunyai manajemen yang lebih tertata, franchise menjamin kesuksesan berbisnis lebih tinggi dibandingkan usaha lainnya. Persentase yang bakal dirasakan pemula bahkan dapat mencapai 70%. Sementara sebagian besar bisnis yang dirintis sendiri dari nol hanya memberikan jaminan sukses maksimal 60%.

Dengan kata lain, franchise adalah jalan singkat bagi Anda yang baru terjun ke dunia bisnis tanpa harus mengorbankan banyak hal. Meski begitu, Anda sebagai franchisee tetap punya tanggung jawab untuk mengelolanya agar pemasukan terus masuk dalam jangka waktu lama.

6. Ada bantuan dari sesama rekan franchisee

Dukungan tak hanya datang dari franchisor, melainkan juga franchisee. Bersama mereka, Anda bisa berbagi pengalaman selama berbisnis, memberikan saran, dan lain sebagainya. Bantuan seperti ini dinilai akan memotivasi para pemula yang biasanya belum percaya diri mengelola bisnis dan cemas karena harus memulai semuanya sendiri.

Carilah franchisee yang menjalankan bisnis di kawasan yang sama apabila Anda memerlukannya. Di sini, Anda pun dapat melihat franchise adalah jenis usaha yang mampu mempererat kerja sama tim yang berada di bawah naungan yang sama.

Baca juga: 9 Tips Membeli Bisnis Franchise

7. Tak akan kesulitan menemukan lokasi

Mencari lokasi strategis adalah salah satu langkah yang kerap menjadi kendala bagi pemula. Kalaupun berhasil mendapatkannya, mereka kadang harus merogoh kocek dalam atau bersaing dengan kompetitor yang menjual produk serupa. Kendala-kendala seperti ini yang berpotensi menghambat pengembangan bisnis Anda.

Namun, franchisor akan memandu Anda menemukan lokasi optimal yang mereka dapatkan sesuai riset terlebih dulu. Dengan begitu, Anda sebagai franchisee tak perlu memusingkan karakter tempat dan bisa segera mulai berbisnis.

8. Lebih cepat dalam memulai bisnis

Franchise adalah pilihan tepat bagi Anda yang tak mau membuang banyak tenaga dan uang untuk berbisnis. Seperti yang dibahas pada poin-poin sebelumnya, Anda selaku franchisee dimudahkan dari berbagai aspek, sebut saja perlengkapan, brand, hingga promosi. Anda hanya perlu memastikan apabila produk yang dipasarkan sesuai selera dan minat.

Di sisi lain, jangan cepat terlena dengan kepraktisan menjalankan franchise . Anda akan dilatih untuk menjaga usaha tersebut agar mampu bertahan, terutama kalau produk yang dijual umum dijumpai atau muncul dari tren yang mudah berubah.

Apa saja jenis franchise yang bisa dipilih untuk berbisnis?

Apa saja jenis franchise yang bisa dipilih untuk berbisnis?Apa Anda semakin mantap ingin menjadi franchisee setelah membaca alasan-alasan di atas? Franchise adalah bisnis yang fleksibel dari berbagai segi, termasuk jenisnya. Jadi, kalau Anda sudah yakin memilihnya sebagai sumber penghasilan, mari kenali jenis-jenis franchise berdasarkan produk dan negara asal seperti yang tertera di bawah ini.

Jenis bisnis franchise berdasarkan produk
Ada tiga jenis franchise yang dibagi sesuai produk yang ditawarkan, antara lain:

  1. Bisnis Franchise Barang: Makanan, minuman, hingga pakaian adalah segelintir contoh barang yang kerap dipasarkan lewat jalur franchise . Selain mudah ditangani, pangsa pasarnya pun luas;
  2. Bisnis Franchise Jasa: Jenis franchise ini menawarkan layanan seperti kursus, penatu atau laundry, hingga jasa pengiriman barang;
  3. Bisnis FranchiseGabungan:Orang-orang yang mengelola franchise ini akan memberikan produk dalam bentuk barang sekaligus jasa atau layanan.

iReap POS Pro Membantu Memonitor Toko Anda yang Tersebar

Sementara berdasarkan negara asal, franchise dibagi jadi dua jenis, yaitu:

  1. Bisnis Franchise Dalam Negeri: Pada jenis franchise ini, usaha yang dikembangkan benar-benar datang dari dalam negeri. Minimarket dan makanan adalah dua bidang yang mendominasi franchise dalam negeri;
  2. Bisnis Franchise Mancanegara: Jenis franchise ini datang dari luar negeri untuk kemudian dikelola franchise di negara lain. Biasanya ada sejumlah perubahan dilakukan untuk menyesuaikan budaya maupun perilaku konsumen di negara tujuan.

Franchise adalah bisnis yang tak dipungkiri memudahkan pebisnis pemula. Semoga informasi ini bisa memotivasi Anda untuk memulainya!

Download iREAP POS Lite

About

contact whatsapp
contact whatsapp