Contoh Proposal Usaha Makanan dan Minuman ??

7-Point-Lengkap-Contoh-Proposal-Usaha-Makanan-dan-Minuman

7 Point Lengkap Contoh Proposal Usaha Makanan dan Minuman

Bisnis kuliner masih menarik dan akan tetap menarik di Indonesia karena penduduk yang sangat besar jumlahnya. Jadi tidak heran jika banyak orang ingin terjun dalam bisnis kuliner, makanan minuman.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua orang sudah paham tentang bisnis kuliner dari A-Z, khusus nya pada saat anda memulai usaha, penting untuk dapat membuat proposal bisnis yang akan anda mulai agar dapat menghitung bukan hanya keuntungan tetapi resiko yang mungkin timbul.

Banyak usaha mati sebelum berkembang karena salah kelola dan sebagian lagi hidup namun tidak bisa melakukan multiplikasi karena tidak tahu caranya.

Data pelaku usaha UMKM Indonesia menurut BPS (Badan Pusat Statistik) tercatat sekitar 64 juta. Namun tidak banyak yang bisa bertumbuh dan berkembang dengan cepat.

Baca juga: 7 Waralaba makanan praktis yang tren di masa Pandemi

Saat ini saya telah menangani banyak usaha kuliner yang di franchise kan atau diwaralabakan. Dari pengalaman saya menjadi konsultan bisnis, hal penting yang harus dilakukan adalah standarisasi usaha selain itu Anda juga dapat melihat contoh proposal bisnis yang menarik (dibuat dengan jujur). Jenis usaha apapun bisa berkembang, jangan pernah meremehkan usaha apapun.

Jika persoalan mengenai standarisasi sudah Anda lewati, berarti bisnis Anda sudah siap untuk berkembang, saatnya untuk multiplikasi outlet. Multiplikasi outlet bisa dilakukan dengan dana sendiri (jika Anda punya cukup uang) dan melalui cara kemitraan dengan investor. Banyak sistem yang bisa dipakai, salah satunya franchise atau sistem waralaba.

Pengalaman saya puluhan tahun menangani konsultasi bisnis, salah satu hal penting yang harus diketahui oleh pemilik usaha adalah cara membuat proposal usaha. Tujuannya agar bisa ditawarkan kepada calon mitra atau investor – supaya usaha Anda mudah dipahami dan menjadi menarik.

Baca juga: 6 Jenis Hidangan yang Mudah Jadi Franchise Makanan

Sebenarnya, membuat proposal usaha makanan tidak sulit. Hanya perlu mengetahui point-point proposal yang harus Anda buat. Jadi ini saatnya Anda mempromosikan usaha Anda melalui proposal bisnis kuliner yang benar dan pas untuk para investor atau calon mitra.

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

7 Hal utama yang harus ada dalam proposal usaha makanan adalah:

  1. Nama Usaha
  2. Sejarah Berdirinya Usaha
  3. Visi Misi Nilai-Nilai Usaha
  4. Bisnis Model
  5. Analisa SWOT
  6. Penjelasan Detail Tentang Produk
  7. Analisa Bisnis.

Supaya lebih jelas dan dapat segera membantu Anda dalam membuat proposal, berikut saya berikan contoh proposal usaha makanan dan minuman yang sesungguhnya.

CONTOH PROPOSAL USAHA MAKANAN DAN MINUMAN

contoh proposal bisnis
Contoh Proposal Bisnis. Image: pexels.com
Anda dapat segera meniru contoh proposal bisnis makanan ini dengan mudah sehingga Anda dapat menawarkan bisnis kepada calon mitra atau investor.

  1. Nama Usaha:
    DONAT “IKIENAK”
  2. Sejarah Usaha:
    Usaha ini dimulai pada tahun 2015, dimulai dari garasi di sebuah perumahan di Tangerang. Saat ini DONAT ‘IKIENAK’ sudah memiliki 5 outlet di Jabotabek. Semua outlet ramai dikunjungi pelanggan. Usaha donat ini sudah memiliki standard produksi yang baik dan benar. Semua bahan baku sudah dalam bentuk premix sehingga memudahkan proses pembuatan dengan kualitas yang selalu standard.
  3. Visi | Misi | Nilai-Nilai Usaha:
    Visi:
    – Menjadi Donat Kelas Menengah Bawah Paling Populer di Jabodetabek

    Misi:
    – Menjual Donat Dengan Kualitas Yang Sama dan Higienis
    – Memberikan Pelayanan Yang Baik
    – Mensejahterakan Semua Karyawan

    Nilai-Nilai Usaha:
    – Jujur
    – Sopan
    – Kerja Keras
    – Tanggung Jawab

  4. Bisnis Model
    Disini ada 9 komponen penting dalam menjalankan usaha, yaitu Customer Segment, Value Proposition, Channel, Customer Relationship, Revenue Stream, Key Resources, Key Activities, Key Partner, Cost Structure)

    • Customer Segment/ Target Market : Pria/ Wanita, Usia 6-50 tahun, Kelas Menengah Bawah, Tinggal di Jabodetabek, Suka Makanan Manis.
    • Value Proposition/ Kelebihan : Bahan Baku Pilihan Food Grade, Tanpa Bahan Pengawet, Gula Asli, Cara Produksi Yang Baik dan Benar.
    • Channel/ Cara Marketing : Sosial Media (Instagram dan Facebook, WA Group, Banner dan Spanduk)
    • Customer Relationship/ Cara Membina Hubungan Baik Dengan Konsumen: memberikan point setiap kali membeli produk, memberikan harga khusus bagi member, memberikan 2 donat gratis saat ulang tahun)
    • Revenue Stream/ Sumber Pendapatan : Jual Donut Aneka Rasa, Jual MInuman Botol
    • Key Resources/ Sumber Daya : Tim Produksi Yang Handal, Tim Pelayanan Yang Ramah, Alat Produksi Modern, Toko Yang Nyaman, Kurikulum Training Karyawan Yang Terintegrasi.
    • Key Activities/ Kegiatan Utama Dalam Usaha : Produksi Donat dan Menjual Donat.
    • Key Partner/ Pihak Luar Yang Terlibat : Peruahaan Tepung Bogasari dan lainnya, Bank (Mesin EDC), Food Delivery (GoFoof, GrabFood), Perusahaan Software Kasir (iREAP POS www.ireappos.com)
    • Cost Structure/ Biaya Usaha : Bahan Baku Donut, Gaji Karyawan, Perawatan Outlet
  5. Analisa SWOT
    • Strength (Kekuatan) : Harga Terjangkau, Kualitas Produk Bagus, Pelayanan Ramah
    • Weakness (Kelemahan) : Cabang Masih Sedikit
    • Opportunity (Peluang) : Penduduk Jabodetabek sangat padat dan suka makan donat
    • Threat (Ancaman) : Banyak Kompetitor Sejenis
  6. Penjelasan Produk:
    • Donat Rasa Empuk
    • Kualitas Bahan Terpercaya
    • Proses Produksi Yang Higienis
    • Donat Harga Pas Rp. 4.500,-
    • Varian Rasa: Coklat, Strawberry, Green Tea, Alpukat, Vanilla, Red Velvet, Original, Matcha, Keju, Oreo, Tiramisu.
    • Kemasan: untuk pembelian 6 dan 12.
    • Untuk pembelian satuan hanya menggunakan plastik.
  7. Analisa Bisnis:
    Penjualan Per-Hari = 100 pcs
    Profit Per Pcs = Rp. 2.000,-
    Profit Per Hari = 100 x 2.000 = 200.000
    Profit Per Bulan (30 hari buka) = 30 x 200.000 = 6.000.000
    Profit Per Tahun (12 bulan) = 12 x 6.000.000 = 72.000.000
    (asumsi profit sudah dikurangi biaya operasional, pembahasan tentang biaya operasional akan saya bahas pada artikel selanjutnya)

    Modal Awal Buka Outlet (di luar sewa):
    Rp. 72.000.000,- (etalase, interior sederhana, dll)

    Maka BEP (balik modal) usaha adalah 12 bulan.

Dengan pencatatan pendapatan yang lengkap menggunakan software kasir yang tepat maka Anda akan mengetahui Laporan Rugi Laba yang benar dan bisa ditunjukkan kepada calon mitra atau investor.

Aplikasi iReap POS

Saat ini banyak software kasir, pilihkan dengan bijak, yang harga terjangkau namun handal dan sama kualitasnya dengan software mahal (yang mahal karena banyak bayar iklan).

Baca juga: Apa itu analisis SWOT? Manfaat dan Contohnya

Demikian penjelasan saya tentang Contoh Proposal Usaha Makanan agar usaha Anda bisa menarik investor atau calon mitra serta berkembang lebih cepat dengan cara kemitraan dan juga franchise/ peluang usaha.

Jadilah pengusaha yang punya mimpi untuk menjadi besar dan selalu mau belajar agar makin kompeten menangani usaha Anda. Jika Anda merasa perlu mengembangkan usaha, Anda bisa menggunakan jasa konsultan yang terbukti berpengalaman menangani banyak bisnis. Apabila Anda membutuhkan teman seperjuangan dan mendapatkan edukasi bisnis serta permodalan, di Indonesia Anda bisa bergabung di Asosiasi UMKM terpercaya seperti AkuMandiri.

Tidak ada mimpi yang tidak terwujud jika Anda bekerja keras dan berdoa kepada Tuhan. Anda pasti bisa. Kesempatan masih terbuka lebar untuk mengembangkan usaha karena Indonesia memiliki 34 provinsi dengan 514 kabupaten dan kota (data resmi Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia).

Semoga Contoh Proposal Usaha Makanan dan Minuman ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Salam Sukses Selalu.

About

contact whatsapp
contact whatsapp