Home » Tips Bisnis » 10+ Usaha Sampingan dari Hobi yang Menghasilkan Uang

10+ Usaha Sampingan dari Hobi yang Menghasilkan Uang

hobi-yang-menghasilkan-uang-upd

10+ Usaha Sampingan dari Hobi yang Menghasilkan Uang

Ada banyak hobi yang menghasilkan uang, bisa menciptakan peluang usaha, bahkan bisa jadi usaha sampingan, seperti hobi memasak, menggambar, musik, menulis, mengoleksi benda, dll.

Jika Anda ingin bekerja yang menyenangkan dan sesuai hobi, coba cek di artikel ini. Hobi apa saja yang bisa menciptakan peluang usaha?

10+ Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang dan Menjadi Peluang Usaha

1. Hobi Memasak

Suka banget memasak, senang mencoba berbagai resep masakan, bahkan menciptakan resep sendiri, ini bisa jadi peluang usaha lho.

Bagi Anda yang hobi memasak, coba mulai membuat video proses Anda memasak, kemudian tayangkan di YouTube atau media sosial.

Siapa tahu, Anda malah jadi terkenal sebagai konten kreator memasak, kemudian diajak bekerja sama oleh brand tertentu untuk review bahan atau peralatan memasak, bahkan bisa jadi pembawa acara memasak.

Hobi memasak juga akan membantu Anda menghasilkan uang kalau Anda memulai bisnis katering, depot makan, rumah makan, bikin berbagai jajanan pasar, kue kering, dan sebagainya.

Untuk memudahkan evaluasi dan memantau perkembangan usaha kuliner Anda ini, Anda bisa menggunakan aplikasi iReap POS Pro untuk mencatat bahan masakan, resep, transaksi bisnis, juga mencatat keuangan bisnis lainnya.

2. Hobi Mengedit Foto dan Video

Hobi mengedit foto dan video juga bisa jadi hobi yang menghasilkan uang. Anda bisa membuka jasa edit foto dan video, baik secara offline dengan menerima pesanan di rumah atau secara online.

Untuk memasarkan usaha Anda ini, manfaatkan media sosial atau website. Lalu tayangkan hasil editan yang sudah Anda lakukan.

3. Hobi Menjahit dan Merajut

Berbagai model pakaian dan baju menjadi salah satu kebutuhan banyak orang. Adakalanya, orang butuh penjahit untuk membuat pakaian yang mereka inginkan atau hanya untuk memperbaiki bagian tertentu. Nah, kalau Anda senang menjahit, Anda bisa menerima jasa jahit di rumah.

Hal yang sama juga berlaku untuk Anda yang punya hobi merajut. Ada banyak jenis fashion rajutan yang memiliki penggemar. Misalnya cardigan rajut, kaus kaki, sarung tangan, topi, dan sebagainya.

Kedua usaha sampingan dari hobi yang menghasilkan uang ini bisa Anda mulai dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut atau melakukan promosi di media sosial.

Hobi Bermain Musik

4. Hobi Bermain Musik

Hobi bermain musik juga bisa menghasilkan uang kalau Anda tekuni dengan sepenuh hati. Anda bisa membuat video rekaman saat Anda bermain musik, kemudian mengunggahnya di YouTube atau media sosial.

Jika view dan subscriber Anda banyak, akan ada brand yang mengontak Anda untuk bekerja sama. Baik untuk memainkan musik, jadi pemain musik di kafe atau event tertentu (acara ulang tahun, pernikahan, hajatan lainnya) atau dari YouTube ads. Selain itu, Anda juga bisa menjadi guru les musik lho.

5. Hobi Membuat Kerajinan Tangan

Ada banyak bentuk kerajinan tangan yang bisa Anda pasarkan sehingga Anda mendapatkan uang, seperti hiasan dinding, selimut, taplak meja, aksesoris (gelang, kalung, ikat rambut), tas kain, sepatu dari kanvas yang dilukis, dan masih banyak lagi.

Biasanya, orang akan memesan produk kerajinan tangan untuk souvenir atau hadiah, hiasan rumah, segala pernak-pernik hiasan pesta, dan oleh-oleh.

Agar produk kerajinan tangan buatan Anda bisa dijual, pastikan produknya unik, artistik, memiliki fungsi dan manfaat, dan meninggalkan kesan mendalam.

6. Hobi Menulis

Ada banyak peluang usaha yang bisa jadi bisnis utama maupun usaha sampingan dari hobi menulis. Malah saat ini, sudah banyak orang yang berprofesi sebagai penulis secara full time dan bisa membiayai kebutuhan hariannya dengan baik.

Jadi, kalau Anda punya hobi menulis, terus kembangkan potensi Anda dan hasilkan karya tulis terbaik. Sebab, dari tulisan-tulisan Anda tersebut, Anda bisa mendapatkan uang.

Nah, jika punya hobi menulis, bisa menjalankan usaha sampingan apa saja? Berikut beberapa rekomendasinya:

  • Guru Bahasa dan coach menulis.
  • Penulis profesional (artikel website, konten media sosial, buku, materi iklan, skenario film, dan masih banyak lagi)
  • Editor freelance.
  • Copywriter.
  • Content Writer.
  • Penyunting naskah.
  • Merensensi buku.
  • Ghost writer.
  • Blogger.
  • Jasa pengetikkan, dan lainnya.

7. Hobi Fotografi

Hobi fotografi juga bisa menghasilkan banyak uang, apalagi di era digital seperti sekarang.

Anda bisa menjadi fotografer panggilan untuk acara khusus, seperti pernikahan, ulang tahun, arisan, launching produk, acara kantor, dan masih banyak lagi.

Atau bisnis yang lagi tren saat ini adalah jasa foto produk dan jual foto online di situs penyedia gambar.

Senang Bermain Game

8. Senang Bermain Game

Banyak orang beranggapan kalau main game hanyalah kegiatan buang-buang waktu saja. Padahal kalau ditekuni, hobi bermain game ini bisa mendatangkan uang dan membuat Anda berpenghasilan besar lho. Dengan catatan, Anda memang ahli dan terampil dalam memainkan game tertentu ya.

Bagaimana caranya menghasilkan uang dari bermain game? Anda bisa jadi tester yang memainkan game baru untuk perusahaan pembuat game, atau jadi atlet e-sport dan ikut turnamen tingkat nasional dan internasional.

Selain itu, Anda juga bisa membuka toko peralatan game, rental Playstation, jual voucher aplikasi game, dan masih banyak lagi.

9. Merawat Hewan Peliharaan

Di Indonesia, banyak pecinta hewan yang bahkan memelihara hewan dengan baik. Itu sebabnya, hobi merawat hewan peliharaan juga bisa menjadi peluang bisnis, misalnya membuka bisnis yang berhubungan dengan perawatan hewan peliharaan.

Bisnis turunan dari hobi merawat hewan yang menghasilkan uang ini, antara lain:

  • Pet shop yang menyediakan kebutuhan hewan peliharaan, mulai dari makanan, produk perawatan, mainan untuk hewan kesayangan, dan sebagainya.
  • Pelatihan hewan.
  • Perawatan hewan.
  • Penitipan hewan.
  • Fotografi hewan peliharaan.

10. Hobi Menggambar dan Melukis

Senang banget menggambar atau melukis? Jangan sia-siakan hobi ini, malah kalau perlu ditekuni saja sampai ahli. Sebab, hobi yang satu ini bisa jadi ladang penghasilan yang cuannya lumayan.

Anda bisa menjadi desainer untuk sepatu kanvas atau tas, jadi desain grafis (jika mau belajar menggambar secara digital), bahkan banyak perusahaan yang membutuhkan orang yang pandai menggambar di berbagai bahan, seperti pada kertas, logam, kaca, atau tanah liat.

11. Hobi Olahraga

Masih banyak orang yang merasa olahraga hanya sekadar hobi dengan bertujuan untuk membuat tubuh jadi sehat. Padahal dari kebiasaan olahraga, ada banyak peluang untuk menghasilkan uang.

Anda bisa menjadi personal trainer yang bayarannya lumayan banget, coach fitness, pelatih kebugaran panggilan yang datang ke rumah pelanggan untuk bantu pelanggan berolahraga, atau membuka tempat fitness.

12. Hobi Berkebun

Di masa disrupsi saat ini, kebutuhan pangan sangat meningkat, terutama bahan pangan memang merupakan kebutuhan harian.

Kalau Anda suka berkebun, coba tanam juga berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Kalau panen, selain bisa dijual, juga bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berkebun juga bisa mendatangkan lebih banyak uang kalau Anda membudidayakan berbagai tanaman hias yang sedang tren dan digemari masyarakat. Misalnya, kaktus dengan berbagai bentuk yang lucu, tanaman bambu hias, dan sebagainya.

Banyak ya ternyata jenis hobi yang bisa jadi usaha sampingan yang menghasilkan uang. Nah, coba sekarang lihat, peluang usaha seperti apa yang bisa dijalankan dari hobi yang sering Anda lakukan. Selain usaha sampingan, Anda bisa juga kok menjalankan usaha berdasarkan momen yang lagi tren. Misalnya, Bisnis Rumahan yang Laku di Bulan Ramadhan.

Banner-ireap

About

contact whatsapp ireap pos