Home » Tips Bisnis » 10 Bisnis Rumahan yang Laku di Bulan Ramadhan

10 Bisnis Rumahan yang Laku di Bulan Ramadhan

bisnis-rumahan

10 Bisnis Rumahan di Bulan Ramadhan

Jualan yang cepat laku di bulan Ramadhan misalnya katering sahur, buka depot makanan buka puasa, jualan takjil, parsel dan hampers lebaran, jualan kurma dan manisan buah, serta masih banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis rumahan yang laku di bulan Ramadhan, berikut rekomendasi dan penjelasan lengkapnya.

10 Bisnis Rumahan yang Laku di Bulan Ramadhan

1. Katering Sahur

Ide bisnis di bulan Ramadhan yang pertama adalah menyediakan katering sahur. Peluang bisnis rumahan ini memiliki pasar yang luas, mengingat banyak orang yang kesulitan menyiapkan menu sahur sendiri.

Contohnya, anak kost, para pekerja, dan masyarakat umum lainnya. Mana lagi waktu sahur terbatas sehingga tidak semua orang sempat memasak sendiri menu sahur untuk keluarganya.

Nah, beberapa minggu sebelum memasuki bulan Ramadhan, Anda sudah bisa membagikan daftar menu katering sahur kepada kenalan, tetangga, atau mempromosikan usaha Anda di media sosial.

Sediakan layanan antar untuk wilayah terbatas saja supaya pelanggan Anda bisa menerima paket katering sahur mereka tepat waktu.

Menu yang tersedia sebaiknya sudah lengkap nasi dengan takaran cukup untuk sejumlah anggota keluarga pelanggan, lauk pauk, sayur, dan buah-buahan. Buat variasi menu sahur yang beragam agar pelanggan tidak bosan.

2. Depot Makanan Buka Puasa

Untuk beberapa daerah di Indonesia, cukup banyak pengusaha yang menutup bisnis makanannya saat bulan puasa, dan baru buka menjelang waktu berbuka puasa.

Sayangnya, tidak semua depot atau rumah makan yang bisa buka tepat waktu atau melayani pelanggan dengan antrian yang panjang.

Maka, jenis bisnis rumahan dengan membuka depot yang menjual makanan khusus untuk buka puasa juga menjadi salah satu bisnis yang berpeluang laku selama bulan Ramadhan.

Selain melayani penduduk sekitar, bisnis rumahan Anda juga akan sangat membantu para pekerja atau karyawan yang dalam perjalanan pulang ke rumah atau orang yang sedang bepergian.

Pilihan menu makanan buka puasa yang tersedia di depot Anda sebaiknya jenis menu makanan rumahan yang mudah dibuat, rasa yang enak, kebersihan dan kualitas rasa juga terjamin.

Banyak kok orang yang senang membeli masakan rumahan. Apalagi kalau Anda tidak pelit dengan jumlah porsinya.

3. Jualan Takjil

Ramadhan tentu saja tidak bisa dipisahkan dari takjil. Hampir semua orang, bahkan yang tidak berpuasa, akan berburu takjil menjelang waktunya berbuka puasa.

Pilihan jenis takjil yang bisa Anda jual, misalnya gorengan, jajanan pasar, kue khas bulan Ramadhan, kue tradisional, berbagai jenis kolak, dan sebagainya.

Anda bisa membeli yang sudah jadi di pasar, kemudian mengemasnya dengan kemasan yang praktis.

Kalau menggunakan cara ini, keuntungan Anda berasal dari selisih harga beli dan harga jual kembali. Sementara keuntungan yang lebih banyak bisa Anda dapatkan jika mengolah sendiri semua varian takjil yang Anda jual.

Jualan Kue Kering

4. Kue Kering & Toples Kue

Sebenarnya, kue kering bisa Anda jual kapan pun, karena banyak yang suka ngemil kue kering.

Begitu pun dengan kebutuhan akan toples kue yang biasanya dibutuhkan para penjual kue kering.

Namun pada bulan Ramadhan, kebutuhan kue kering dan ketersediaan toples kue menjadi meningkat, sehingga ini bisa Anda jadikan bisnis rumahan di bulan Ramadhan.

Ada baiknya, sebulan sebelum memasuki bulan Ramadhan, Anda sudah melakukan stok berbagai ukuran toples kue yang paling banyak laku.

Kemudian, mulailah membuka PO untuk pemesanan kue kering. Sistem PO jauh lebih menguntungkan lho, karena Anda membuat kue kering sejumlah kebutuhan dan pemesanan.

Menerapkan sistem PO di mana pelanggan melakukan pembayaran duluan, akan mengurangi beban modal yang perlu Anda siapkan.

Bisnis rumahan kue kering juga bisa Anda jalankan dengan sistem reseller atau dropshipper. Anda tidak perlu membuat kue kering sendiri, melainkan menjualkan kue kering hasil produksi orang lain.

Ini jauh lebih praktis dan hemat tenaga. Keuntungan yang Anda dapatkan tentu saja dari selisih antara harga beli dan harga jual.

5. Parcel dan Hampers Lebaran

Tradisi berkirim hampers dan parcel masih menjadi bagian dari bulan Ramadhan, juga menjelang Lebaran. Anda bisa memilih jenis isian hampers maupun parcel sesuai kebutuhan pelanggan dan berdasarkan pemesanan saja.

Bagaimana memulai bisnis hampers maupun parcel? Anda bisa membacanya dari ulasan lengkap dalam artikel lain di web iReap, seperti:

6. Kurma dan Manisan Buah

Kurma adalah salah satu makanan yang paling banyak diburu ketika bulan Ramadhan. Tidak hanya untuk berbuka atau sahur, namun kurma sangat cocok untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Nah, Anda bisa lho membuka bisnis rumahan kurma, baik kurma dalam kemasan maupun kurma kiloan. Lengkapi juga berbagai jenis kurma yang tersedia sehingga pelanggan punya banyak pilihan mau beli yang mana.

Selain menyediakan berbagai jenis kurma, Anda juga bisa menjual berbagai jenis manisan buah.

Kudapan manis ini banyak penggemarnya, baik manisan kering maupun manisan basah. Pastikan manisan buah yang Anda buat berkualitas terbaik, baik dari segi rasa, kebersihan, keamanan, dan kemasannya.

7. Ketupat

Ketupat identik dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri, lengkap dengan lauk pauknya seperti opor ayam, opor daging atau sayur labu siam.

Namun banyak juga orang yang sudah menyiapkan menu ketupat selama bulan Ramadhan, baik untuk berbuka puasa maupun untuk sahur.

Anda bisa membuka bisnis bungkus daun ketupat jika punya keterampilan membuat ketupat sendiri. Modal yang Anda butuhkan juga kecil, yaitu sekitar Rp1.000,-

Dengan modal sekecil ini, keuntungan yang bisa Anda dapatkan bisa hingga 2-3 kali lipat. Oh ya, agar bisa memenuhi kebutuhan pasar, mulailah membuat ketupat bahkan sejak awal bulan Ramadhan ya.

8. Amplop THR Custom

Merayakan hari raya kemenangan Idul Fitri tak lengkap rasanya kalau tak berbagi THR. Saat ini, banyak kebutuhan akan amplop THR custom, baik dari perusahaan maupun kebutuhan pribadi.

Anda bisa mulai membuka bisnis rumahan dengan menerima pesanan amplop THR custom berdasarkan keinginan pelanggan.

Jangan lupa, buat pula amplop THR custom dengan bentuk lain yang unik dan cantik. Jika produksinya bisa banyak, Anda tak perlu menjualnya sendiri.

Anda bisa menitipkan ke seller lain agar mereka saja yang menjual. Anda cukup mengambil keuntungan dari harga grosir ke seller.

Bisnis Baju Muslim & Muslimah

9. Bisnis Baju Muslim & Muslimah

Transaksi pembelian baju saat Ramadhan cukup tinggi di berbagai daerah. Hal ini dikarenakan umat muslim berusaha untuk mengenakan pakaian terbaiknya ketika Hari Raya.

Itulah sebabnya, peluang bisnis baju Lebaran keluarga muslim sangat meningkat selama bulan Ramadhan, terutama menjelang Lebaran.

Anda tak harus membuat sendiri baju-baju tersebut, mengingat saat ini banyak distributor yang membuka grosiran, atau peluang menjadi reseller maupun dropshipper.

Kalau memilih menjalankan bisnis secara reseller maupun dropshipper, Anda bisa meminimalkan kerugian akibat barang tak laku.

Satu lagi nih yang juga berpeluang untung besar. Anda perlu menyediakan pakaian seragam yang biasanya digunakan seluruh anggota keluarga pada saat Lebaran.

Kebiasaan mengenakan pakaian yang sewarna dengan motif serupa saat ini cukup viral dan digemari banyak keluarga di Indonesia.

10. Perlengkapan Ibadah

Peralatan ibadah, mulai dari sarung, buku Al Quran, sajadah, tasbih, mukena, dan lainnya mengalami peningkatan penjualan selama bulan puasa dan menjelang Lebaran.

Maka produk-produk tersebut cocok banget dijadikan produk bisnis rumahan yang laku di bulan Ramadhan.

Tak ada salahnya Anda ikut menjualnya. Apalagi kalau Anda pandai mempromosikan bisnis Anda, baik di media sosial atau membuat toko online di berbagai e-commerce.

Tips Memperbesar Keuntungan Bisnis Rumahan

Untuk memperbesar keuntungan Anda dalam menjalankan bisnis rumahan. Lakukan pencatatan transaksi penjualan dan pembelian yang terperinci.

Tujuannya agar Anda bisa tahu, apakah bisnis yang Anda jalankan untung atau rugi. Untuk memudahkan proses pencatatan transaksi, gunakan saja aplikasi kasir gratis, misalnya aplikasi kasir iReap POS lite. Anda tinggal unduh dengan klik tombol di bawah, dan bisa langsung menggunakan secara gratis tanpa harus bayar sepeser pun.

10 Bisnis rumahan yang laku di bulan Ramadhan adalah yang fokus menjual produk kebutuhan banyak orang, terutama selama bulan puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Anda bisa memilih salah satu dari rekomendasi di atas. Namun sebelum memulai bisnis, termasuk memilih jenis bisnis rumahan yang mau dijalankan, Anda lakukan dulu analisis peluang usaha. Cek di sini caranya ya: Peluang Usaha: Pengertian, Cara Analisis, dan Ciri-cirinya.

Banner-ireap

About

contact whatsapp ireap pos