Home » Tips Bisnis » Apa Itu IUMK, Fungsi, dan Cara Membuat IUMK

Apa Itu IUMK, Fungsi, dan Cara Membuat IUMK

pengertian fungsi dan cara mendapatkan iumk

Apa Itu IUMK, Fungsi, dan Cara Membuat IUMK

Memulai bisnis adalah langkah besar yang membutuhkan keberanian dan tekad kuat. Selain itu, Anda juga harus mengurus berbagai legalitas usaha, salah satunya Izin Usaha Mikro Kecil atau IUMK.

Siapa yang mengeluarkan IUMK? Nah, Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) adalah izin usaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk usaha mikro dan usaha kecil. Cari tahu, yuk, apa itu IUMK, fungsi, dan cara membuat IUMK.

Apa Itu IUMK?

Izin Usaha Mikro Kecil atau IUMK adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh lembaga OSS agar usaha mikro dan usaha kecil dapat beroperasi secara legal.

IUMK hanya berbentuk satu lembar surat yang menjadi payung hukum dan pegangan bagi pemilik usaha untuk menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Informasi yang tercantum di dalam surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK), antara lain nama pemilik usaha, jenis usaha, alamat, dan beberapa detail lainnya yang berkaitan dengan kegiatan usaha tersebut.

Fungsi dan Keuntungan Memiliki IUMK

Memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) memberikan sejumlah fungsi dan keuntungan penting bagi pelaku usaha mikro kecil di Indonesia, antara lain:

1. Tanda Legalitas Usaha

Secara fungsional, IUMK berperan sebagai tanda legalitas yang mengesahkan bahwa bisnis yang Anda jalankan sudah sah secara hukum dan terdaftar sesuai aturan pemerintah.

Dasar hukum Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) yaitu Peraturan Presiden Nomor 98 tahun 2014 tentang perizinan untuk usaha mikro dan kecil.

Tujuan adanya aturan ini untuk memberikan kepastian hukum dan sarana pemberdayaan bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) dalam mengembangkan usaha

2. Memudahkan Proses Perizinan Usaha Lainnya

Dokumen IUMK juga berfungsi untuk mempermudah proses pengajuan dokumen izin usaha bagi kelangsungan operasional bisnis, memberikan kepastian hukum, dan membuka akses ke berbagai program dukungan pemerintah. Selain itu, dokumen ini juga menjadi bukti kalau Anda memang masuk dalam kriteria UMKM yang berlaku.

3. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Memiliki IUMK membuat bisnis UMKM menjadi lebih kredibel, meningkatkan kepercayaan konsumen dan relasi kerja, sekaligus membuat mitra usaha dan investor tertarik untuk bekerja sama karena adanya rasa aman dan kepastian umum.

4. Alat yang Kuat Saat Terjadi Sengketa

Keuntungan memiliki IUMK tidak hanya sebatas pada aspek legalitas, melainkan juga mencakup perlindungan hukum. Dokumen ini menjadi alat yang kuat dalam menyelesaikan sengketa atau permasalahan bisnis yang mungkin muncul.

5. Jadi Mudah Mendapatkan Pendanaan

Adanya dokumen IUMK akan membuka pintu akses ke berbagai program pembiayaan dari pemerintah dan lembaga keuangan, memfasilitasi pertumbuhan bisnis dengan persyaratan yang lebih jelas dan terstruktur.

Dari keseluruhan fungsi dan keuntungan memiliki IUMK di atas, Anda bisa melihat dengan jelas kalau keberadaan dokumen ini tidak hanya mengamankan status bisnis secara formal, tetapi memberikan manfaat substansial untuk perkembangan dan keberlanjutan usaha mikro kecil di Indonesia.

Syarat Mengurus dan Mendaftar Izin Usaha Mikro Kecil

Syarat Mengurus dan Mendaftar Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

Proses mendapatkan IUMK memerlukan pemenuhan sejumlah syarat tertentu. Beberapa syarat umum yang perlu Anda persiapkan, meliputi:

  • Identitas Pemohon: KTP pemohon usaha mikro kecil.
  • Deskripsi Usaha: Penjelasan singkat mengenai jenis dan skala usaha yang akan dijalankan.
  • Lokasi Usaha: Alamat lengkap tempat usaha beroperasi.
  • Surat Pernyataan: Pernyataan setuju untuk mematuhi peraturan dan regulasi yang berlaku.

Setelah persyaratan identitas dan deskripsi usaha terpenuhi, langkah selanjutnya adalah mengurus izin usaha di kantor kecamatan setempat. Proses ini melibatkan pengisian formulir dan penyerahan dokumen persyaratan secara lengkap.

Alternatif lain, Anda juga bisa memanfaatkan platform online, seperti Online Single Submission (OSS) atau layanan Jakevo untuk pengurusan izin secara digital. Bagaimana cara membuat IUMK? Lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai ya.

Cara Membuat IUMK

Cara Membuat IUMK

1. Mengurus IUMK di Kantor Kecamatan

Untuk mengurus IUMK di Kantor Kecamatan, Anda sebagai pemilik usaha perlu mengumpulkan berbagai dokumen yang diperlukan, seperti formulir permohonan, identitas pemilik usaha, surat izin tempat usaha, dan dokumen pendukung lainnya.

Setelah itu, Anda dapat mengajukan permohonan secara langsung ke Kantor Kecamatan dengan melengkapi formulir dan membayar biaya administrasi yang mungkin diperlukan (namun biasanya pembuatan dokumen ini gratis tanpa dipungut biaya).

Pihak Kantor Kecamatan akan melakukan verifikasi dokumen dan memproses permohonan. Lalu kalau semua persyaratan terpenuhi, maka Anda bisa langsung mendapatkan IUMK sebagai bukti legalitas usaha yang sah.

2. Membuat IUMK di Website OSS

Untuk membuat IUMK melalui Website OSS (Online Single Submission), Anda perlu membuka situs oss.go.id. Lalu ikuti langkah berikut:

  • Buat akun terlebih dahulu. Caranya sama dengan saat Anda membuat NIB online di platform OSS.
  • Isi formulir permohonan secara online dengan melampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti surat izin tempat usaha dan identitas pemilik usaha.
  • Setelah formulir diisi dan dokumen terlampir, Anda dapat mengajukan permohonan secara elektronik melalui platform OSS.
  • Pihak OSS akan memverifikasi dokumen dan melakukan proses evaluasi. Saat semua persyaratan terpenuhi, IUMK akan diterbitkan dan dapat diunduh melalui platform OSS sebagai bukti legalitas usaha.

3. Pengurusan Izin UMKM di Jakevo

Alternatif lainnya untuk membuat IUMK, Anda bisa menggunakan platform Jakevo untuk pengurusan izin usaha mikro kecil. Berikut langkahnya:

  • Masuk ke platform Jakevo dengan menggunakan akun yang sudah terdaftar. Jika belum memiliki akun, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu.
  • Pilih opsi “Pengajuan Izin UMKM” dan lengkapi formulir yang disediakan dengan informasi yang diperlukan, seperti data usaha, dokumen pendukung, dan lainnya.
  • Pastikan untuk melengkapi seluruh informasi dengan benar dan jelas.
  • Setelah formulir selesai diisi, submit pengajuan izin tersebut melalui platform. Tim verifikasi akan memproses pengajuan dan memberikan status izin melalui platform Jakevo.

Dengan memiliki IUMK, bisnis Anda bukan hanya menjadi legal, tetapi juga memperoleh akses ke berbagai peluang dan dukungan. Dengan cara ini, Anda bisa mengoptimalkan potensi bisnis, berkontribusi positif bagi perekonomian, dan mencapai sukses. Ikuti terus berbagai informasi bermanfaat mengenai pengembangan bisnis di website iReap, penyedia aplikasi kasir android terbaik.

banner-ireap-pro-monitor-penjualan

About

contact whatsapp ireap pos