4 Jenis Usaha Perseorangan dan Contohnya yang Perlu Anda Ketahui

Types of Sole Proprietorship and Examples

Jenis Usaha Perseorangan dan Contohnya

Jika Anda menyukai pekerjaan yang tidak banyak tuntutan dan lebih fleksibel. Maka, bisa mencoba salah satu dari jenis usaha perseorangan. Cara pengerjaannya pun sangat mudah.

Selain itu, Anda tidak harus memiliki banyak modal untuk bisa memulainya. Bisa melalui keahlian dan kreativitas diri. Bidang pekerjaannya juga cukup banyak, tinggal menyesuaikan dengan keinginan.

Jenis Usaha Perseorangan

Terdapat beberapa jenis atau bidang jika ingin membangun usaha sendiri. Dalam artian, usaha perseorangan adalah sebuah bisnis yang dimiliki per individu. Berikut penjelasannya beserta contoh pekerjaannya.

1. Usaha Perdagangan

Tentu sudah banyak yang tahu mengenai jenis yang pertama ini. Mengingat memang usaha perseorangan di bidang perdagangan semakin meningkat. Apalagi bisa Anda kelola sendiri dengan modal sedikit atau banyak.

Baca juga: Franchise kopi paling laris ini banyak peminatnya

Usaha perseorangan ini sangat banyak cabang pekerjaannya, bisa melalui offline maupun online. Jika produksi dan target tepat, maka bisa mendatangkan banyak keuntungan. Contoh jenis usaha perseorangan dalam bidang ini ialah sebagai berikut.

  • Reseller atau Dropshipper
    Pekerjaan dari jenis usaha perseorangan ini yang banyak diterapkan sekarang. Apalagi bisa secara online dan menghasilkan untung 2 kali lipat. Jadi, pengerjaannya tidak sulit dan dapat bekerja dari rumah secara fleksibel.

    Reseller dan dropshipper tidaklah sama. Pengerjaan yang lebih mudah adalah sebagai dropshipper, karena tidak perlu stok barang. Artinya, hanya menjadi pemasarnya saja, sedangkan pengiriman barang dilakukan oleh supplier.

  • Penjualan Agen
    Usaha perdagangan ini lebih banyak mempunyai jaringan atau koneksi. Selain itu, Anda bisa melakukannya secara offline maupun online. Keuntungan yang akan diperoleh pun semakin besar.
  • Pengecer
    Bidang ini cocok bagi Anda yang tidak memiliki modal banyak. Caranya dengan membeli berbagai jenis barang-barang secara ecer. Dikarenakan tidak membeli dalam jumlah banyak, tentu uang pengeluaran juga sedikit.
  • Ekspor Impor
    Dalam bidang ini tentu membutuhkan koneksi yang luas, karena arahnya bukan hanya dalam negeri. Anda bisa memproduksi sendiri atau membeli dari tempat lain. Kemudian, menjualnya kembali dengan harga berbeda.

    Jika barang yang dijual sampai ke berbagai negara, maka keuntungan akan semakin besar. Biasanya yang banyak negara asing sukai ialah barang-barang produksi yang unik.

2. Industri Kecil

Bidang ini termasuk jenis usaha ekonomi perorangan yang kompleks. Sebab, bisa memadukan antara dagang dan jasa. Jasa tersebut dari keahlian membuat suatu barang, kemudian menjualnya.

Baca juga: Cara Membuat NIB Online di OSS go id

Usaha ini dapat Anda jalankan, meskipun dengan modal sedikit. Pengerjaannya pun fleksibel dan bisa melakukannya dengan lebih santai. Seperti pada contoh pekerjaan di bawah ini.

  • Melukis
    Jika Anda suka dan pandai melukis, sebaiknya jangan sampai menyia-nyiakannya. Keahlian tersebut bisa dimanfaatkan menjadi sebuah profesi. Selain itu, kelebihan usaha perseorangan ini akan menghadirkan rasa senang.

    Kemudian, hasil dari lukisan tersebut bisa dijual, mulai kepada orang sekitar hingga ke daerah lain atau luar negeri. Dengan akses online, penjualannya bisa lebih mudah dan menyebarkan info dengan cepat.

  • Kerajinan Tangan
    Bidang yang satu ini biasanya tidak memerlukan modal banyak. Sebab, bisa berasal dari barang-barang bekas yang ada. Kreativitas diri memang tidak ada habisnya dan selalu menghadirkan karya unik terbaru.

    Peminat kerajinan tangan cukup banyak, karena lebih ramah lingkungan. Seperti membuat tas dari plastik atau sulaman. Selain itu, bisa memakai kerajinan asli negara sendiri tentu akan ada perasaan bangga.

  • Souvenir Pernikahan
    Pekerjaan ini juga memiliki peluang besar, karena pernikahan era sekarang rasanya tidak lengkap tanpa souvenir. Bukan hanya diperuntukkan untuk tamu yang datang, pada prosesi seserahan juga dibentuk sedemikian rupa.

    Dengan kreativitas yang Anda miliki, barang biasa akan memiliki tampilan yang unik. Jasa itulah yang membuat orang banyak tertarik. Apalagi jika bisa membuat sesuai permintaan dari pelanggan.

3. Usaha Jasa

Bidang ini juga termasuk banyak peminatnya, karena bisa menyesuaikan dengan kemampuan khusus. Anda bisa menjadikan hobi sebagai profesi. Misalnya suka menulis, maka bisa membuka jasa di bidang kepenulisan.

Bahkan, untuk memulai jenis usaha perseorangan ini ada yang tidak memerlukan modal sama sekali. Namun, hanya barang-barang pendukung sebagai penunjangnya agar berjalan lancar.

Apalagi di era sekarang dengan dunia teknologi dan internet, tentu usaha jasa ada dimana-mana. Baik itu jasa dalam bidang teknologi, dan lain sebagainya. Berikut beberapa contoh pekerjaan dalam bidang ini.

  • Les Privat
    Jika Anda suka mengajar dengan pengaturan waktu sendiri, maka bisa membuka les privat. Mata pelajaran yang diambil bisa menyesuaikan dengan kemampuan.

    Meskipun di sekolah sudah mendapatkan pengajaran lengkap, tetapi masih banyak yang menggunakan les privat. Hal itu karena dinilai efektif untuk memahami atau menguasai pelajaran tertentu.

  • Jasa Cuci Kendaraan
    Peluang jenis usaha perseorangan ini cukup besar, apalagi kepemilikan kendaraan semakin meningkat. Orang yang tidak sempat untuk mengurus kebersihan kendaraan sendiri, tentu akan lebih memilih menggunakan jasa.

    Perlengkapan yang perlu Anda siapkan juga tidak banyak dan bisa dengan modal sedikit. Diantaranya ialah shampo kendaraan, semir ban, kain lap, kompresor, dan kain lap.

  • Penulis Artikel
    Menjadi penulis artikel termasuk salah satu jenis bisnis perseorangan. Dengan kemampuan menulis yang Anda miliki, maka sudah bisa membuka jasa di bidang ini.

    Tinggal mencari target beberapa kenalan yang memiliki website, kemudian tawarkan jasa tersebut. biasanya yang banyak menggunakan jasa penulis adalah situs jualan produk atau jasa.

4. Pertanian

Usaha ini paling banyak diterapkan di pedesaan, karena memiliki lahan luas yang subur. Namun, Anda tetap bisa memulai usaha ini, meskipun hidup di perkotaan.

Sebab, sudah ada berbagai cara praktis untuk membudidayakan berbagai tanaman. Bahkan, bisa menggunakan lahan yang tidak luas. Contohnya seperti holtikultura, hidroponik, atau terrarium.

Usaha ini juga tidak membutuhkan keahlian khusus, cukup mempelajari tata caranya dengan benar. Anda bisa menjadikannya sebagai pekerjaan utama atau sampingan sebagai hobi.

  • Budidaya Tanaman Hias
    Rumah atau lingkungan sudah banyak yang menggunakan tanaman hias. Tujuannya untuk membuatnya semakin asri dan indah. Bahkan, di dalam ruangan pun kadang sudah ada tanaman hias.

    Oleh karena itu, usaha ini merupakan peluang besar bagi Anda. Apalagi harga tanaman hias biasanya cukup mahal. Semakin unik dan indah bentuknya, maka harganya pun semakin tinggi.

  • Produksi Pupuk Tanaman
    Usaha ini bisa memanfaatkan dari lembah atau kotoran sapi. Jika Anda memiliki banyak sapi, mendingan lakukan usaha ini juga. Dengan begitu, penghasilan akan bertambah.

Jika Anda ingin memulai salah satu jenis usaha perseorangan tersebut, tetapi bingung caranya. Sterling Team bisa menjadi solusi yang tepat dan terpercaya. Team ini akan membantu dalam pengembangan usaha dengan teknologi.

Telah banyak perusahaan yang memakai jasanya dan sukses mengalami kemajuan. Anda bisa mencobanya dengan menjalin kerjasama untuk membantu mempermudah usaha yang dikelola.

Kelola Jenis Usaha Perseorangan Anda dengan IREAP POS

Jika Anda tertarik memulai salah satu jenis usaha perseorangan dengan bantuan Sterling Team. Maka, Anda bisa menggunakan IREAP POS untuk kepentingan manajemen keuangan perusahaan dengan proses yang paling praktis.

Anda tidak akan merasa kesulitan dalam mengelola usaha tersebut. Jangan tunggu lebih lama lagi. Segera gunakan aplikasi IREAP POS sekarang!

Banner-ireap-pro