Home » Tips Bisnis » Tips Sukses Usaha Kedai Kopi yang Ramai Pengunjung dan Laris

Tips Sukses Usaha Kedai Kopi yang Ramai Pengunjung dan Laris

kedai-kopi-sukses-dan-ramai-pengunjung

Tips Sukses Usaha Kedai Kopi yang Ramai Pengunjung dan Laris

Apa yang dimaksud dengan kedai kopi? Kedai kopi adalah tempat yang menjual minuman kopi atau minuman panas lainnya. Kedai kopi dikenal pula dengan nama kafe. Lalu, apa perbedaan kedai kopi dan coffee shop? Kedai kopi dan coffee shop sebenarnya merujuk pada jenis usaha yang sama, yaitu menyediakan kopi.

Namun kedai kopi memiliki suasana yang lebih sederhana, konsep desain tempatnya minimal, dan fokusnya lebih pada kualitas kopi yang disajikan. Sementara coffee shop memiliki suasana tempat yang lebih nyaman, dekorasi lebih kekinian, dan menunya juga lebih variatif.

Nah, kalau saat ini Anda sudah menjalankan usaha kedai kopi dan ingin laris serta banyak pelanggan, apa yang harus dilakukan? Yuk, cari tahu tips sukses agar usaha kedai kopi Anda ramai pengunjung dan laris di artikel iReap ini.

7 Tips Kedai Kopi Laris dan Banyak Pengunjung

1. Dekorasi Indoor & Outdoor Instagramable dan Kekinian

Meskipun masih termasuk kategori sederhana, Anda tetap bisa kok membuat kedai kopi terlihat seperti coffee shop yang kekinian. Misalnya mendekorasi ruangan yang cozy dan instagramable, baik pada bagian indoor maupun outdoor.

Untuk membuatnya, tak perlu menggunakan bahan yang mahal, manfaatkan saja pernak-pernik dekorasi dengan biaya terjangkau.

2. Konsep Unik dan Asyik

Selain dari dekorasi ruangan, konsep yang unik juga bisa Anda ciptakan dari menu kopi yang berbeda dari kebanyakan kedai kopi lain atau bahkan coffee shop lain. Misalnya dari segi cita rasa kopi maupun tampilan minuman kopi saat penyajian.

Anda juga dapat menawarkan pilihan biji kopi yang beragam, sehingga pelanggan bisa memilih kopi mereka menggunakan biji kopi yang mana. Lalu, cara pengolahannya pun pastikan ada beberapa pilihan, seperti cappucino, espresso, latte, dan sebagainya.

Jangan lupa, sediakan minuman non-kopi, makanan ringan, bahkan kalau perlu menu makanan barat, seperti spaghetti, lasagna, dan sejenisnya, yang enak juga disantap sembari minum kopi.

Konsep Unik dan Asyik

3. Fasilitas Lengkap untuk Santai dan untuk Kerja

Bukan hal yang aneh lagi kalau sekarang kedai kopi juga berfungsi sebagai tempat kerja atau rapat. Apalagi saat ini berkembang budaya work from anywhere (bekerja dari mana saja). Nah, untuk menarik perhatian konsumen pecinta kopi, sekaligus yang butuh tempat untuk bekerja, santai, nongkrong, maupun untuk meeting, lengkapi fasilitasnya di kedai kopi Anda.

Fasilitas yang dimaksudkan di sini, antara lain meja dan kursi yang nyaman untuk bekerja maupun bersantai, ruangan meeting lengkap dengan proyektor, Wifi dengan koneksi internet yang cepat dan bisa digunakan secara gratis oleh pengunjung.

Jangan lupa, pastikan tersedia banyak stop kontak di meja maupun di dinding, mengingat konsumen yang datang ke kedai kopi sering kali membutuhkan fasilitas charging untuk perangkat gadget maupun smartphone mereka.

Banner-ireap

4. Berikan Layanan Pelanggan Terbaik dan Buat Program Diskon

Layanan pelanggan yang baik menjadi salah satu faktor penting jika ingin usaha kedai kopi yang Anda jalankan laris dan memiliki banyak pengunjung.

Untuk itu, latihlah karyawan agar bisa melayani pelanggan dengan ramah, komunikatif, dan selalu berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan sebaik mungkin.

Sesekali, adakan program diskon yang menarik, sehingga pelanggan akan terus datang ke kedai kopi Anda. Ini juga merupakan salah satu cara membangun loyalitas pelanggan lho. Contohnya, diskon harga pada hari tertentu, gratis makan dan minum dengan nominal tertentu saat ulang tahun, atau sediakan promo dalam bentuk lain.

5. Adakan Event di Kedai Kopi dan Jalin Kerja Sama dengan Komunitas

Adakan event di kedai kopi, seperti live music, karaoke, atau game night berhadiah. Event seperti ini akan membuat pelanggan merasa tertarik dan betah berlama-lama di kedai kopi Anda.

Supaya acaranya semakin ramai, jalin kerja sama dengan komunitas, seperti komunitas pecinta kopi atau komunitas penggemar musik.

Dengan kerjasama ini, kedai kopi Anda akan dikenal oleh komunitas dan menjadi tempat berkumpul mereka. Selain itu, Anda juga bisa memperkenalkan produk kopi Anda pada komunitas tersebut.

Jalin Kerja Sama dengan Komunitas

6. Manfaatkan Media Sosial untuk Mempromosikan Kedai Kopi Anda

Media sosial merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis. Buatlah akun media sosial yang aktif dan update dengan konten-konten menarik.

Postinglah foto-foto produk kopi, suasana di kedai kopi, dan promo-promo menarik lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk menjawab setiap pertanyaan atau komentar dari pelanggan di media sosial Anda.

7. Mengelola Keuangan dengan Baik

Mengelola keuangan dengan baik adalah hal yang penting dalam menjalankan usaha kedai kopi. Sebab, pengelolaan keuangan yang baik memungkinkan Anda menganalisis kemajuan usaha, sekaligus membuat perencanaan untuk pengembangan usaha.

Itu sebabnya, pastikan Anda mencatat dengan rapi proses transaksi jual beli, mengelola stok barang, inventaris, dan bahan baku dengan baik, dan memiliki laporan real time yang bisa Anda lihat kapan pun Anda ingin melakukan evaluasi atau analisis.

Nah, mengelola pencatatan keuangan dan transaksi akan lebih mudah kalau Anda menggunakan aplikasi kasir yang bisa secara otomatis menghitung jumlah transaksi penjualan dalam periode tertentu, memotong stok barang secara otomatis.

Bahkan semua data bisa langsung terintegrasi dalam laporan yang lengkap. Contoh aplikasi kasir gratis yang bisa Anda gunakan, misalnya aplikasi kasir gratis iReap POS. Anda bisa mencoba aplikasi ini dengan mengunduh di sini: Coba Aplikasi Kasir Gratis iReap POS.

Ada banyak faktor yang menentukan minat dan ketertarikan pelanggan, salah satunya desain ruangan di kedai kopi. Anda bisa mencari tahu desain seperti apa sih yang bikin pelanggan senang berlama-lama di kedai kopi dengan klik link berikut: Desain Ruangan Usaha Kedai Kopi yang Unik dan Menarik.

Banner-ireap

About

contact whatsapp ireap pos