5 Kesalahan Penggunaan Aplikasi Kasir Gratis yang Perlu Dihindari

kesalahan penggunaan aplikasi kasir

5 Kesalahan Penggunaan Aplikasi Kasir Gratis

Ada beberapa kesalahan penggunaan aplikasi kasir gratis yang bisa menyebabkan kerugian, seperti memilih aplikasi kasir gratis yang kurang kredibel dan salah melakukan input master data.

Kesalahan lainnya, yaitu memilih aplikasi yang tak sesuai bisnis, tidak memahami fungsi dan fitur dalam aplikasi, mengabaikan pembaruan aplikasi, dan masih banyak lagi. Yuk, baca selengkapnya di artikel ini.

5 Kesalahan Penggunaan Aplikasi Kasir Gratis yang Perlu Dihindari

1. Aplikasi Kasir Gratis Tak Sesuai Jenis Bisnis dan Tidak Kredibel

Kesalahan paling umum dan sering terjadi, namun sangat vital, adalah pemilihan aplikasi kasir gratis tidak disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Padahal, setiap usaha memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam hal pengelolaan keuangan.

Misalnya, bisnis restoran dan kafe, tentu harus memilih aplikasi kasir yang bisa mengelola stok bahan baku dan menu makanan. Sementara bisnis online perlu memilih aplikasi kasir yang mudah terintegrasi dengan platform e-commerce.

Berikutnya, hindari memilih aplikasi kasir gratis dari penyedia atau perusahaan yang kredibel. Hal ini penting lho, karena berkaitan dengan keamanan data bisnis dan customer support yang mudah dihubungi.

Oleh sebab itu, pastikan memilih aplikasi kasir gratis yang sesuai kebutuhan bisnis dan berasal dari penyedia aplikasi yang memiliki reputasi bagus dan bisa dipercaya.

Tidak Memahami Fungsi Aplikasi Kasir Gratis

2. Tidak Memahami Fungsi dan Fitur dalam Aplikasi Kasir Gratis

Kesalahan yang paling sering terjadi, Anda hanya mengunduh aplikasi kasir gratis dan langsung menggunakannya tanpa memahami bagaimana cara penggunaannya. Padahal, setiap aplikasi kasir memiliki kegunaan/ fungsi dan fitur yang berbeda-beda.

Beberapa fitur aplikasi kasir gratis yang harus ada, seperti pencatatan transaksi, manajemen stok barang dan persediaan, database pelanggan, integrasi dengan perangkat hardware tambahan atau ke platform e-commerce, dan sebagainya.

Untuk menghindari kesalahan ini, pastikan sebelum memutuskan mau menggunakan aplikasi kasir tertentu, lihat dan pelajari dulu fungsi dan berbagai fitur yang tersedia.

Dengan cara ini, Anda bisa memaksimalkan penggunaan berbagai fitur untuk meningkatkan kinerja dari aplikasi kasir gratis yang Anda gunakan sekaligus bisa mengelola bisnis secara optimal.

3. Kesalahan dalam Input Master Data dan Tidak Mengikuti Panduan Penggunaan

Setiap aplikasi kasir gratis memiliki panduan penggunaan yang berbeda-beda. Ada yang harus diatur terlebih dahulu sebelum digunakan dan ada yang langsung bisa digunakan.

Nah, kesalahan penggunaan aplikasi kasir yang sering terjadi, pengguna tidak mengikuti panduan penggunaan dengan benar. Padahal, hal ini sangat penting untuk meminimalisir kesalahan dan masalah saat penggunaan di kemudian hari.

Jika Anda menggunakan aplikasi kasir gratis iReap, maka bisa mengikuti panduan di aplikasi atau mempelajari panduan penggunaan di website iReap.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah melakukan pengaturan umum dan parameter aplikasi kasir gratis, mengubah bahasa, kemudian membuat atau input master data dan inventory.

Semua hal ini harus dilakukan dengan benar karena berpengaruh pada harga jual dan stok barang. Selain itu, pastikan daftar barang pada master data dan inventory selalu diperbarui setiap kali ada barang masuk atau keluar.

4. Tidak Menjaga Keamanan Data dan Tidak Melakukan Backup Berkala

Keamanan data bisnis adalah hal yang sangat penting, terutama informasi sensitif seperti data karyawan maupun laporan keuangan.

Cara menjaga keamanan data dengan baik bisa dengan menggunakan password yang kuat dan tidak menggunakan password yang sama dengan akun media sosial.

Lalu, pastikan kalau aplikasi kasir gratis yang Anda gunakan memiliki sistem keamanan yang baik dan terus memperbarui sistem keamanannya agar data Anda tetap aman.

Berikutnya yang juga penting, Anda perlu melakukan backup data secara berkala untuk meminimalisir kehilangan data ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kerusakan hardware atau pengambilan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Rutin melakukan backup data juga memudahkan Anda saat perlu memulihkan data atau ketika mau mengganti / menambah perangkat.

Gangguan Iklan dan Jangka Waktu Penggunaan

5. Gangguan Iklan dan Jangka Waktu Penggunaan

Pada saat memilih aplikasi kasir yang mau digunakan untuk mengelola keuangan bisnis, pastikan aplikasi kasir yang Anda pilih tidak ada gangguan iklan.

Hal yang perlu dikhawatirkan adalah kemunculan iklan ketika Anda perlu mencatat transaksi penjualan malah membuat terjadi kesalahan input data. Kalau ini yang terjadi, tentu bisa menyebabkan kerugian.

Hal berikutnya, pertimbangkan juga jangka waktu penggunaan. Ada aplikasi kasir yang hanya gratis pada jangka waktu tertentu. Lalu saat sudah berada pada batas penggunaan, Anda malah diwajibkan membayar biaya berlangganan jika mau lanjut menggunakan. Ini tentu sangat merepotkan.

Lebih baik pilih aplikasi kasir gratis selamanya seperti iReap POS Lite. Aplikasi kasir ini bisa Anda gunakan secara bebas tanpa ada gangguan iklan.

Jika pun nanti mau melakukan upgrade untuk mendapatkan fitur tambahan, seperti pengelolaan bisnis dengan banyak cabang atau penggunaan banyak kasir dalam satu toko, maka keputusan tetap berada di tangan Anda.

Menghindari berbagai kesalahan penggunaan aplikasi kasir bisa menghindarkan Anda dari kerugian. Selain itu, pastikan memilih aplikasi kasir gratis yang sesuai dengan jenis usaha. Aplikasi kasir gratis apa yang bagus untuk bisnis ritel? Cek di sini, yuk: Aplikasi Kasir Gratis untuk Bisnis Ritel.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp