Manfaat dan Kenapa Point of Sale Penting dalam Pengembangan Bisnis

manfaat-point-of-sale

Manfaat dan Kenapa Point of Sale Penting dalam Pengembangan Bisnis

Ada banyak manfaat penggunaan aplikasi Point of Sale (POS) bagi bisnis. Anda bisa mengefisiensikan proses transaksi, lebih cepat dalam mengambil keputusan bisnis karena ketersediaan data yang akurat, laporan keuangan dan penjualan real time, dan sebagainya. Yuk, baca 11 manfaat Point of Sale bagi pengembangan bisnis di artikel iReap kali ini.

11 Manfaat Aplikasi Kasir bagi Kelancaran Bisnis

1. Efisiensi Proses Transaksi

Point of sale yang bagus, seperti aplikasi iReap POS, sudah memiliki berbagai fitur yang bisa membantu Anda mengefisiensikan proses transaksi. Beberapa fitur tersebut antara lain, master data produk, kode barcode, menghitung total penjualan secara otomatis, dll.

Hal ini tak hanya membuat pelanggan tak perlu antri lama di kasir, tetapi juga menghemat waktu karyawan memproses dan melayani setiap pelanggan. Apalagi Point of Sale juga sudah bisa menerima pembayaran dalam berbagai metode, maka proses pembayaran pun jadi lebih cepat...

2. Mudah Memantau Inventaris dan Ketersediaan Produk

Inventaris yang tidak terkelola dengan baik dapat menyebabkan kehilangan pendapatan dan pelanggan. Contohnya, pelanggan mau membeli produk tertentu yang mereka butuhkan.

Sayangnya saat berbelanja di toko Anda, barang tersebut ternyata habis. Kalau sudah begini, pelanggan kecewa dan pindah ke toko lain, sementara Anda pun tak jadi mendapatkan keuntungan.

Nah, kalau sudah menggunakan Point of Sale (POS), hal tersebut bisa Anda hindari. Aplikasi POS memungkinkan Anda memantau inventaris dengan mudah.

Di saat yang sama, Anda juga bisa memantau ketersediaan barang dagangan atau bahan baku, bahkan bisa memprediksi kapan produk laris habis, sehingga Anda bisa restock terlebih dahulu sebelum kehabisan.

Menyajikan Laporan Keuangan Secara Realtime

3. Menyajikan Laporan Keuangan Secara Realtime

Manfaat Point of Sale berikutnya, Anda bisa langsung mendapatkan laporan keuangan otomatis dan tersaji secara real time. Artinya, setiap terjadi transaksi penjualan maupun pembelian, laporan keuangan dan laporan penjualan akan diperbaharui secara otomatis dengan data terbaru.

Anda jadi tak perlu repot lagi menyediakan waktu dan SDM khusus untuk membuat laporan penjualan dan laporan keuangan. Bahkan Anda juga tak perlu membeli dan menggunakan software akuntansi tambahan.

4. Memudahkan Proses Analisis Penjualan

Dengan menggunakan aplikasi Point of Sale, Anda memiliki akses ke berbagai laporan. Misalnya laporan penjualan dan pembelian untuk periode tertentu, tren penjualan produk yang laku, laporan penjualan harian, stok barang per periode, dan sebagainya.

Ketersediaan seluruh data tersebut sudah tentu akan memudahkan dalam menganalisis penjualan, arus kas usaha, mengidentifikasi tren penjualan, mengukur profitabilitas, dan merencanakan strategi pertumbuhan yang lebih baik. Bahkan Anda juga bisa lho menganalisis perilaku pembelian pelanggan.

5. Lebih Cepat dalam Pengambilan Keputusan Bisnis

Point of Sale akan membantu Anda dalam mengambil keputusan dengan cepat berdasarkan kondisi perusahaan terkini. Hal ini karena lengkapnya data transaksi bisnis yang Anda miliki berkat menggunakan Point of sale.

Contohnya, Anda ingin melakukan restock produk, maka sebelum mengambil keputusan Anda bisa melihat dulu sisa stok yang tersedia, cepat tidaknya perputaran produk tersebut, dan sebagainya.

Contoh berikutnya, Anda mau memperluas pangsa pasar, maka tinggal analisis dan pelajari dulu data pelanggan yang tersimpan dalam database Point of sale. Data ini akan memberi gambaran kepada Anda bagaimana perilaku pelanggan yang sebenarnya dalam melakukan pembelian.

6. Manajemen Pelanggan Lebih Baik

Aplikasi kasir sering dilengkapi dengan fitur manajemen pelanggan yang memungkinkan Anda untuk menyimpan data pelanggan, seperti informasi kontak, alamat, produk yang paling sering dibeli (riwayat pembelian), bahkan data pribadi lainnya.

Dengan adanya data tersebut, Anda bisa mengembangkan program loyalitas, mengirimkan voucher hadiah ulang tahun di hari ulang tahunnya, menginfokan penawaran khusus, dan sebagainya.

Manajemen pelanggan yang baik tidak saja berguna untuk menjaga pelanggan yang sudah ada, tetapi bisa sekaligus menarik lebih banyak pelanggan baru. Lalu dengan mengembangkan program loyalitas yang berkelanjutan, Anda juga bisa meningkatkan penjualan lho.

7. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pengalaman pelanggan yang baik adalah kunci kesuksesan bisnis. Dengan penggunaan Poin of Sale, Anda dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan.

Misalnya proses pembayaran yang cepat tanpa antri. Pelanggan tentu akan senang karena mereka tak perlu membuang banyak waktu saat berbelanja di bisnis Anda. Jika mereka puas, maka kemungkinan mereka kembali di masa mendatang jadi lebih besar.

Keamanan dan Keakuratan Data

8. Keamanan dan Keakuratan Data

Pencatatan transaksi secara manual memiliki risiko lebih besar untuk terjadi kesalahan pencatatan, perhitungan, bahkan kehilangan data. Kalau sampai salah hitung, jelas bisnis Anda akan mengalami kerugian.

Sebaliknya, penggunaan aplikasi kasir Point of Sale membantu Anda meminimalisir terjadinya kesalahan pencatatan transaksi. Hal ini karena setelah diinput, semua data akan tersimpan secara elektronik, bahkan terenkripsi.

Selanjutnya, data hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang sehingga kerahasiaan informasi bisnis dan pelanggan terjaga dengan baik. Selain itu, keamanan transaksi juga lebih terjamin.

9. Skalabilitas Bisnis yang Lebih Baik

Seiring bisnis tumbuh, skala operasi juga akan meningkat. Maka penggunaan Point of Sale membuat proses integrasi dengan sistem lain jadi lebih mudah dan lebih baik.

Misalnya, bisnis perlu sistem rantai pasok, sistem akuntansi yang lebih kompleks, sistem manajemen kerja, dan sebagainya.

Dengan cara ini, Anda bisa mengelola bisnis yang semakin besar tetap dengan efisien dan efektif.

10. Mempercepat Proses Ekspansi Bisnis

Sejak memulai bisnis, pastinya Anda sudah memiliki rencana untuk membuat bisnis itu menjadi besar, kan? Jika pada tahap pertama Anda hanya punya satu bisnis, nanti seiring dengan waktu tentu butuh membuka cabang baru, perluasan pasar, menambah produk, dan sebagainya.

Namun, membuka cabang baru berarti perlu ada integrasi sistem dan pengawasan agar pelayanan dan kualitas produk di setiap cabang sesuai standar.

Itulah sebabnya, Anda membutuhkan Point of Sale agar semua data terintegrasi dengan baik dan Anda pun lebih mudah mengelola serta mengembangkan bisnis.

11. Otomatisasi Menyederhanakan Operasional Bisnis

Dalam banyak aspek, POS sistem dapat berperan serupa equalizer bagi bisnis, menghindarkan pemilik bisnis dari kegiatan yang menyita banyak waktu dan tenaga. Artinya, Anda bisa menyediakan layanan yang optimal dan cepat, sekaligus melakukan evaluasi dan analisis data.

Hal ini karena Point of Sale memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan data secara otomatis sehingga Anda tidak perlu menginput data satu-satu secara manual. Cukup satu kali input, lalu transfer data berjalan secara otomatis, mulai dari transaksi penjualan, update stok barang dan inventory, input data pelanggan, absensi karyawan, dan sebagainya, secara real time.

Anda juga ingin mendapatkan semua manfaat Point of Sale di atas? Jika iya, maka sudah waktunya Anda mulai mempersiapkan diri untuk memilih dan menggunakannya. Namun sebelum itu, pahami dulu Cara Kerja Point of Sale.

banner-ireap-pro-monitor-penjualan

About

contact whatsapp
contact whatsapp