Cara Menemukan Peluang Usaha

menemukan peluang usaha

Cara Menemukan Peluang Usaha

Untuk menemukan peluang usaha, Anda bisa melihat ke dalam diri sendiri terlebih dahulu. Pengetahuan dan wawasan apa yang Anda miliki. Pengalaman di dunia bisnis, permintaan pasar, hasil riset, kreativitas dan lainnya. Yuk, cari tahu peluang usaha muncul karena apa saja, faktor-faktor yang mempengaruhi peluang usaha, dan cara menemukan peluang usaha di artikel ini.

Sumber Peluang Usaha Apa Saja?

Kalau Anda bertanya-tanya, peluang usaha muncul karena apa? Maka jawabannya ada banyak. Peluang usaha bisa muncul karena hasil dari kreativitas, hasil riset, pengetahuan dan wawasan.

Bahkan peluang usaha juga bisa berasal dari pengalaman kerja atau pengalaman di dunia bisnis, permintaan pasar, masalah yang banyak konsumen hadapi, atau hasil dari inovasi produk yang sudah ada sebelumnya.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peluang Usaha

Setelah tahu sumber yang bisa memunculkan peluang usaha, maka ada pula faktor-faktor yang mempengaruhi kemunculan peluang usaha. Untuk hal ini, ada 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

1. Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri sendiri, antara lain:

  • Seberapa banyak wawasan dan pengetahuan Anda mengenai bisnis dan ragam industri yang berkembang saat ini. Mengembangkan pengetahuan dan wawasan bisa dari banyak membaca buku, artikel, maupun jurnal.
  • Bisa pula dari menonton berita, hasil dari pendidikan, mengikuti kursus, juga webinar.
  • Ada tidaknya pengalaman dalam dunia usaha atau bisnis. Biasanya, semakin kaya pengalaman yang Anda miliki, semakin mudah Anda menemukan peluang usaha baru yang menjanjikan.
  • Kemampuan melihat, mengamati, dan menganalisis suatu masalah, kemudian menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  • Anda juga perlu keterampilan untuk memprediksi hal-hal penting berdasarkan situasi dan kondisi terkini yang terjadi dalam masyarakat.
Faktor yang Mempengaruhi Peluang Usaha

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar, seperti:

  • Hasil diskusi dengan orang lain yang kemudian memunculkan ide baru. Dalam hal ini, termasuk saran, masukan, maupun nasihat dari orang lain.
  • Kondisi yang sedang dihadapi, misalnya baru kena PHK, kebutuhan hidup yang menuntut untuk dipenuhi, atau sedang menghadapi suatu masalah.
  • Masalah yang sedang banyak orang hadapi dan butuh solusi cepat untuk mengatasinya.

Cara Menemukan Peluang Usaha di Sekitar yang Prospektif

Ketika mau memulai bisnis baru, atau merealisasikan peluang usaha prospektif, seringkali Anda kesulitan untuk menemukan peluang usaha dengan modal kecil. Mungkin Anda malah memilih menunggu saja peluang datang. Padahal ada lho cara menemukan peluang usaha yang tepat, seperti beberapa cara di bawah ini:

1. Melakukan Riset yang Detail dan Mendalam

Untuk menemukan peluang usaha, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu. Misalnya, usaha apa yang memiliki prospek bagus saat ini dan dibutuhkan masyarakat? Usaha apa yang menjanjikan keuntungan? Produk apa saja yang laku dijual? Atau hal-hal lain.

Usahakan saat melakukan riset, jangan sampai tergoda dan terlalu fokus dengan bisnis musiman atau yang sedang viral saja. Ini bukan berarti jenis bisnis tersebut tidak menguntungkan ya. Tetapi, Anda harus tetap melihat prospek bisnis viral ke depannya bagaimana. Jangan sampai, bisnis baru berjalan 6 bulan, lalu terpaksa tutup karena tren sudah berlalu.

2. Sesuaikan Kemampuan dan Kebutuhan Masyarakat di Sekitar

Cara lain untuk menemukan peluang usaha, Anda bisa melihat dulu kemampuan yang Anda miliki, termasuk hobi yang sering Anda lakukan. Sebab, tak menutup peluang dari hobi tersebut malah bisa jadi bisnis yang menguntungkan lho.

Contohnya: Anda hobi membuat berbagai kerajinan tangan dari rotan. Produk yang Anda hasilkan juga beragam dan rata-rata disukai teman-teman Anda. Nah, ini bisa jadi peluang usaha yang kalau Anda tekuni dapat mendatangkan keuntungan.

Setelah Anda mengetahui kemampuan diri sendiri, termasuk hobi atau keahlian tertentu yang bisa Anda lakukan dengan baik, cari tahu pula kebutuhan masyarakat di sekitar Anda. Kemudian, coba cari kesesuaian antara keduanya. Bisakah kemampuan Anda tersebut memenuhi kebutuhan masyarakat?

3. Mencari Peluang Usaha dari Bakat Anda sendiri

Cara paling efektif untuk menemukan peluang usaha adalah melihat bakat yang sebenarnya sudah ada di dalam diri Anda sendiri. Kadang, potensi ini tak Anda sadari, namun ternyata bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Sama seperti contoh pada poin 2, yaitu hobi yang menjadi bisnis, maka bakat terpendam yang akhirnya Anda sadari dapat Anda kembangkan menjadi sesuatu yang unik, tak dimiliki oleh orang lain, sehingga berpotensi membuat usaha berkembang lebih cepat.

4. Bekerja Sama Dengan Bisnis Lain

Jika mengalami kesulitan karena tidak memiliki lokasi bisnis yang strategis, maka Anda dapat bekerja dengan pemilik bisnis lain, misalnya dengan sharing keuntungan, bagi hasil, atau mempercayakan proses penjualan produk bisnis Anda kepada mereka.

Dengan kata lain, Anda dapat membuat perjanjian kerja sama untuk menitipkan produk bisnis Anda untuk mereka pasarkan, mengingat mereka memiliki lokasi yang strategis untuk berjualan produk.

Bekerja Sama Dengan Bisnis Lain

5. Belajar dari Pengalaman Pengusaha Lain

Cara berikutnya untuk menemukan peluang usaha yang tepat, Anda bisa belajar dari pengalaman pengusaha lain. Cari tahu bagaimana mereka menemukan peluang usaha, merealisasikan peluang jadi bisnis yang nyata, termasuk bagaimana mereka mengembangkan dan mengelola bisnis.

Untuk Anda ketahui, cara belajar berbisnis yang efektif memang belajar dari orang lain yang sudah lebih dulu menjalankan usaha. Dari mereka, Anda bisa tahu kelebihan maupun kekurangan suatu bisnis, serta inovasi yang harus dilakukan.

6. Cari Tahu Permasalahan yang Masyarakat Hadapi dan Sediakan Solusinya

Tahu tidak ide awal Gojek lahir? Ya, untuk memudahkan mobilitas masyarakat. Di masa itu, jebakan macet di jalan jadi salah satu tantangan masyarakat dengan mobilitas tinggi. Nah, Gojek hadir sebagai solusi yang membantu orang-orang bisa bepergian secara cepat, membeli makan siang tanpa harus meninggalkan kantor, mengantar dokumen dengan aman, dan sebagainya.

Sekarang giliran Anda. Coba perhatikan dan cari tahu kebutuhan dan masalah yang banyak orang hadapi di sekitar Anda. Lalu pikirkan, solusi seperti apa yang bisa Anda hadirkan untuk membantu mereka. Bisnis yang prospektif adalah bisnis yang bisa membantu banyak orang menyelesaikan masalah mereka.

7. Buka Wawasan Mengenai Bisnis Seluas Mungkin

Anda juga bisa menemukan peluang usaha dari buku yang Anda baca, atau dari mengikuti berbagai kegiatan seminar kewirausahaan. Dari seminar tersebut, Anda tidak hanya mendapatkan pengetahuan maupun wawasan.

Tetapi juga jaringan networking, contoh model bisnis yang sedang berkembang, bertemu dengan banyak pebisnis profesional lainnya, bahkan bisa berdiskusi dengan banyak orang. Cara ini ampuh lho untuk menemukan peluang usaha yang memiliki prospek tinggi.

Bagaimana? Sudah punya gambaran yang jelas mengenai cara menemukan peluang usaha, kan? Sekarang tiba waktunya Anda mencoba sendiri ya. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa menemukan peluang usaha yang tepat bagi diri Anda sekaligus mendatangkan keuntungan. Jika belum kunjung menemukan peluang usaha, boleh juga lho membaca artikel berikutnya yang berjudul: 10+ Peluang Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan dan Mudah.

Banner-ireap

contact whatsapp ireap pos