Peluang Bisnis Kafe yang Menguntungkan & Tipsnya

peluang bisnis kafe

Peluang Bisnis Kafe yang Menguntungkan

Modal buka cafe bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Prinsipnya, selama mau berusaha, pasti ada saja jalannya sehingga Anda bisa memulai bisnis kafe sendiri. Tapi sebelum memulainya, coba cari tahu dulu peluang bisnis kafe tahun ini, yuk.

Peluang Bisnis Kafe yang Bisa Bikin Pebisnis Untung

1. Industri Kuliner dan Kopi yang Terus Tumbuh

Setelah masa pandemi berakhir dan masyarakat kembali bisa bebas beraktivitas, banyak di antara mereka yang mulai berkumpul dan menghabiskan waktu di kafe.

Bahkan dari berita yang tayang di Tribun News bulan November tahun 2022 disebutkan transaksi kopi di Indonesia mengalami pertumbuhan setiap tahunnya.

Lalu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebutkan kepada Kontan.com, bahwa produksi kopi meningkat sebesar 250% dalam 10 tahun terakhir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang gemar minum kopi.

2. Meningkatnya Permintaan Konsumen akan Kopi Berkualitas

Penikmat kopi di saat ini berburu berbagai macam jenis minuman kopi yang diolah dari biji kopi berkualitas tinggi.

Mereka berpindah dari satu kafe ke kafe lainnya untuk mencari yang mereka suka. Ini sudah tentu jadi peluang yang menjanjikan. Terutama kalau kafe Anda juga menyediakan minuman kopi...

Tips Bisnis Kafe

3. No Coffee, No Work

Gaya hidup generasi milenial yang berkembang saat ini lekat dengan kebiasaan minum kopi bareng sambil nongkrong, kerja, atau bahkan meeting.

Bahkan banyak juga orang yang menjadikan minum kopi sebagai ritual sehingga muncullah jargon, No Coffee, No Work. Hal inilah yang kemudian mendorong terbukanya peluang bisnis kafe yang menjanjikan.

4. Modal Bisa Disesuaikan

Memang, untuk buka kafe sudah pasti Anda butuh modal. Anda bisa membaca modal buka kafe dulu untuk memahaminya. Namun besaran modal tetap bisa disesuaikan dengan kebutuhan kok.

Misalnya hanya punya dana sebesar 10 juta Rupiah sebagai modal awal, Anda tetap bisa memulai usaha kafe lho. Tinggal manfaatkan tempat yang ada di rumah.

Lalu dana yang tersedia gunakan untuk membeli bahan baku berkualitas. Dengan cara ini saja, Anda sudah bisa buka kafe kopi rumahan.

Strategi Ampuh Meningkatkan Keuntungan Bisnis Kafe

Mengingat yang ingin buka kafe bukan hanya Anda saja, maka wajar kalau persaingan bisnis kafe juga lumayan ketat. Untuk itu, Anda harus punya strategi ampuh untuk bisa meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Nah, berikut beberapa tips bikin kafe dapat untung:

1. Kenal Baik dengan Calon Konsumen

Penting untuk tahu siapa yang akan jadi pelanggan tetap di kafe Anda. Cari tahu sebanyak mungkin mengenai usia, preferensi, gaya hidup dan kebutuhan utama mereka datang ke kafe.

Jika target konsumen adalah para profesional yang membutuhkan kopi enak untuk memulai hari, maka pastikan menu kopi di kafe Anda punya ciri khas dan berbahan kopi berkualitas.

Sementara jika target konsumen adalah orang-orang yang butuh suasana hangat dan nyaman untuk kerja, diskusi, bahkan untuk sekadar nongkrong dan bersantai, maka sediakan apa yang mereka butuhkan.

Bisnis Kafe yang Menguntungkan

2. Wajib Ada Koneksi Internet yang Cepat dan Stabil

Orang datang ke kafe dengan berbagai kebutuhan. Ini benar adanya. Salah satu kebutuhan krusial yaitu Wifi atau koneksi internet yang cepat.

Hal yang tak bisa dipungkiri, masyarakat modern saat ini tak lepas dari gadget. Bahkan saat di kafe, mereka bisa saja sambil kerja, meeting, atau sekadar berselancar di dunia maya.

3. Inovasi Menu yang Tak Monoton

Cobalah berkunjung ke berbagai kafe dan pelajari menu yang tersedia. Lalu, ciptakan menu Anda sendiri yang inovatif, tak monoton, bahkan jika bisa sediakan menu baru secara berkala.

Tersedianya makanan dan minuman yang unik, baik dengan sentuhan lokal atau internasional, bisa menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka terus datang ke kafe Anda.

4. Layanan Pelanggan yang Terbaik

Pastikan seluruh staf Anda dilatih dengan baik dalam hal keramahan, kecepatan, dan keakuratan dalam melayani pelanggan.

Berikan perhatian khusus pada pelanggan setia, misalnya dengan memberi loyalty program, free makanan & minuman ketika berulang tahun, dan sebagainya.

Ketika pelanggan merasa dihargai dan puas dengan pelayanan Anda, mereka cenderung kembali dan merekomendasikan kafe Anda kepada orang lain.

Ngomong-ngomong, saat ini sedang tren lho cafe outdoor bernuansa alam. Cek di sini yuk, siapa tahu bisa menginspirasi Anda: Cafe Outdoor Instagramable, Ini Beberapa Contoh Konsepnya.

Banner-ireap

About

contact whatsapp
contact whatsapp