Inspiratif! Perjalanan Bisnis Precious One dan Teman Disabilitas

precious one dan disabilitas

Perjalanan Bisnis Precious One dan Teman Disabilitas

Apa itu disabilitas? Teman disabilitas adalah seseorang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, sensorik, dalam jangka waktu lama. Meskipun memiliki keterbatasan, teman disabilitas tetap bisa berkarya kok, seperti membuat kerajinan yang unik.

Pada artikel kali ini, Anda bisa membaca perjalanan bisnis Precious One dan teman disabilitas yang inspiratif. Yuk, langsung saja baca sampai selesai ya.

Apa Itu Disabilitas?

Menurut KBBI, disabilitas adalah orang yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama sehingga mengalami hambatan dan kesulitan dalam berinteraksi dengan lingkungan, dan menyebabkan keterbatasan dalam melaksanakan tugas atau kegiatan sehari-hari.

Meskipun memiliki keterbatasan, tidak berarti teman disabilitas tak bisa berkarya atau berprestasi. Faktanya banyak atlet disabilitas yang berhasil menyumbang emas di ASEAN Para Games.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak pula teman disabilitas yang bisa menciptakan produk unik dan memiliki nilai seni yang tinggi. Contohnya para disabilitas yang berkarya dan berkolaborasi bareng Precious One. Mereka ada yang mengalami disabilitas fisik, intelektual, tuli, dan ada juga tuna netra.

Apa Itu Disabilitas?

Apa Itu Precious One?

Precious One adalah organisasi yang berfokus pada penguatan disabilitas, bertujuan supaya mereka dapat menemukan potensi diri, menyadari bahwa setiap manusia diciptakan dengan sebuah tujuan dan nilai.

Misi Precious One adalah mengurangi pengangguran disabilitas dengan menciptakan produk berkualitas hasil karya disabilitas. Melalui karya tersebut harapannya ada lebih banyak orang yang melihat dan percaya bahwa disabilitas mampu, asal diberi kesempatan. Special Product for Special People.

Bagaimana Precious One Berdiri?

Sakit dan Nazar untuk Terjun ke Dunia Disabilitas

Ada cerita dibalik berdirinya Precious One. Sekitar 22 tahun lalu, tepatnya di tahun 2001, Ratnawati Sutedjo menderita penyakit hepatitis A yang cukup parah hingga ia tak bisa bekerja dan melakukan apa pun. Saat itu, Ratna merasa tak berdaya dan hidupnya jadi tak berguna.

“Ketika sakit, saya merasa hidup jadi tak berguna. Lalu saya terpikir bagaimana perasaan teman-teman disabilitas ya? Mereka punya mata dan telinga, namun tak bisa mendengar. Bagaimana yang tak bisa melihat? Bagaimana yang punya keterbatasan fisik lainnya sehingga tak bisa bekerja? Saya pun berkata pada Tuhan, kalau sembuh saya ingin terjun ke dunia disabilitas.”

Ketika mengucapkan nazar tersebut, maksud Ratna hanya ingin mengenal dan berteman dengan teman disabilitas. Namun, sepertinya Tuhan punya rencana lain.

Dari Satu Teman Tuli dan Satu Produk, Precious One Berdiri

Singkat cerita, Ratna berkenalan dengan seorang teman tuli pada 2004. Dari temannya ini, Ratna sering mendengar curhatan betapa ia butuh pekerjaan, namun selalu mengalami penolakan di sana sini ketika melamar pekerjaan.

Hati Ratna terketuk dan ingin membantu kehidupan mereka dan supaya mereka bisa mendapatkan kesempatan yang sama, yaitu memiliki pekerjaan. Ratna pun mendirikan Precious One dan membuat alat peraga untuk membantu anak-anak berkonsentrasi dalam belajar.

Karena teman yang satu ini merasa senang bisa bekerja bersama Precious One, ia pun mengajak teman-temannya yang sama-sama tuli untuk bergabung.

Saat ini ada sekitar 20 orang yang bekerja sebagai tim produksi di workshop Precious One. Tidak hanya itu, ada banyak mitra yg tersebar dari berbagai daerah yang juga mengembangkan banyak produk kriya mulai dari tas, dompet, pakaian, topi, boneka, kuliner dan jasa.

Semua produk Precious One dibuat oleh teman-teman disabilitas. Selain teman difabel yang bergabung di workshop, Precious One juga tetap menggandeng para teman disabilitas dari seluruh wilayah Indonesia untuk berkarya.

Teman Down Syndrome dan Autis Juga Bisa Bekerja

Selain membuat produk kerajinan yang beragam, Precious One juga punya produk jasa lho, yaitu jasa packing sendok. Jadi, sendok plastik akan dibungkus dengan tisu terlebih dahulu, kemudian dimasukkan dalam plastik.

Biasanya packing sendok seperti ini dibutuhkan oleh pengusaha katering yang menyediakan nasi box untuk pelanggannya.

Nah, yang mengerjakan proses packing sendok ini adalah teman-teman down syndrome dan autis. Hebat ya mereka, sehingga tetap berkarya meski memiliki keterbatasan.

Pada akhirnya, keterbatasan bukan berarti halangan yang membuat seseorang tidak mampu. Asal diberi kesempatan, ternyata mereka mampu kok melakukan banyak hal.

Cara Mendapatkan Produk Unik dan Berkualitas dari Precious One

Produk karya para teman disabilitas yang bergabung dengan Precious One itu unik-unik dan berkualitas lho. Kamu pengen mendapatkan produk mereka? Beli saja di website Precious di PreciousOne.com, Instagram @preciousone_catalogue, bahkan bisa kamu dapatkan juga di e-commerce.

Program yang Ada di Precious One

Selama ini Precious One identik dengan karya. Ini memang betul karena salah satunya memang menghasilkan karya teman-teman disabilitas. Tetapi di dalamnya tidak cuma memproduksi berbagai produk saja.

Ada banyak hal yang Precious One lakukan untuk berpartisipasi dan terlibat di dunia disabilitas. Berikut beberapa program yang ada di Precious One:

1. Program Stop Bully Disabilitas

Program stop bully disabilitas adalah program ajakan agar masyarakat dari berbagai kalangan dapat memahami kehidupan teman-teman disabilitas.

Tujuan dibuatnya program ini agar semua orang bisa menghargai hidup yang sudah Tuhan berikan, sekaligus menghargai hidup teman disabilitas. Ingat, hari ini kita sehat, bukan berarti kita tak bisa menjadi disabilitas.

2. Program Special Day for Special Children

Dalam penyelenggaraan program ini, Precious One akan mengundang 1000 anak disabilitas di satu kota untuk bermain secara gratis.

Tujuannya untuk mengapresiasi anak-anak disabilitas dan memberi mereka kesempatan untuk bermain di mall, sama seperti yang biasa dilakukan anak-anak lain. Program SDSC ini juga menjadi ajakan untuk masyarakat dan perusahaan agar mendukung program ini.

3. Program Bangga

Program bangga adalah program mentoring bagi UMKM disabilitas di seluruh Indonesia agar karya mereka juga bisa diangkat dan dikenal oleh banyak masyarakat.

Selain belajar mengembangkan bisnis, menghasilkan produk yang berkualitas, jangan lupa untuk mempelajari mengenai perpajakan bagi pebisnis UMKM. Untuk itu, Anda bisa membaca tentang Pajak UMKM.

4. Program Training Perusahaan

Program training karyawan di perusahaan untuk karyawan yang non disabilitas agar mereka punya semangat dan daya juang, tidak menyerah, dan mereka punya rasa syukur karena masih diberi kesempatan untuk bekerja.

Program yang Ada di Precious One

Precious One Menggunakan iReap POS Pro Untuk Otomatisasi Pengelolaan Produk

Pada 2004, karena baru memulai Precious One, semuanya dilakukan secara manual. Mencatat satu-satu bahan baku yang masuk dan produk yang dihasilkan.

Saat ini, Precious One sudah menggunakan iReap POS Pro. Bahkan sudah menggunakan sistem pencatatan otomatis iReap POS Pro kurang lebih 5 tahun.

Menurut Ratna, Precious One sangat terbantu dengan adanya iReap POS Pro, sehingga tidak perlu repot mendata semua barang yang diproduksi maupun melakukan manual stok barang yang tersedia.

Keuntungan berikutnya yang Ratna rasakan dari penggunaan iReap POS Pro, antara lain:

  • Bisa mengetahui penjualan produk laris dan pendapatan dari penjualan secara real time.
  • Mudah digunakan, bahkan oleh orang awam yang baru menggunakan iReap POS Pro.
  • Jadi tahu siapa saja konsumen loyal dan produk apa saja yang sering mereka beli dalam setahun.
  • Tim support yang cepat dalam merespons semua pertanyaan, sekaligus cepat memberikan bantuan ketika terjadi kendala.

“Dengan adanya manajemen database pelanggan yang tersedia di iReap POS Pro, kami di Precious One jadi tahu kalau konsumen Precious One itu loyal dan setia banget. Mereka senang dan membeli produk Precious One bukan semata karena rasa kasihan, tetapi karena produknya memang berkualitas dan sesuai kebutuhan mereka,” ujar Ratna menutup sesi wawancara dengan tim iReap.

Ingin tahu lebih banyak tentang Precious One dan produk-produknya? Kunjungi saja langsung website Precious One ya.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp