Prospek Usaha Kedai Kopi dan Alasan Bisnis Ini Menguntungkan

prospek-usaha-kedai-kopi

Prospek Usaha Kedai Kopi

Bisnis kopi masih menguntungkan, begitu pula kalau Anda membuka usaha kedai kopi. Hal ini karena kopi merupakan salah satu minuman yang populer.

Di saat yang sama, berkembangnya kebiasaan banyak orang berkumpul di kedai kopi untuk minum kopi bersama sambil ngobrol, meeting, dan sebagainya.

Yuk, baca alasan kenapa usaha kedai kopi masih menguntungkan di Indonesia.

Apakah Bisnis Kopi Masih Menguntungkan?

Bisnis kopi dan usaha kedai kopi masih menguntungkan. Permintaan kopi juga tinggi mengingat minum kopi di kedai kopi jauh lebih praktis, dan modal memulai usaha bisa disesuaikan dengan budget.

Selain itu, kedai kopi menjadi tren sebagai tempat nongkrong dan bersosialisasi. Selengkapnya, baca alasan kenapa usaha kedai kopi menguntungkan di bawah ini:

1. Kebutuhan dan Permintaan Tinggi

Salah satu alasan utama mengapa bisnis kedai kopi masih menguntungkan di Indonesia adalah karena kebutuhan dan permintaan yang tinggi. Indonesia adalah negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Vietnam.

Di saat yang sama, konsumsi kopi di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Menurut data dari International Coffee Organization, konsumsi kopi per kapita di Indonesia meningkat dari 0,47 kg pada tahun 2010 menjadi 0,76 kg pada tahun 2019.

Banner-ireap

2. Kedai Kopi sebagai Tempat Bersosialisasi

Bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi yang berkualitas, kedai kopi juga menjadi tempat yang nyaman untuk bersosialisasi.

Itulah sebabnya, Anda akan mudah menemukan kedai kopi di berbagai kota di Indonesia, tak hanya kota besar seperti Jakarta, namun kota kecil seperti Malang atau Situbondo pun ada kedai kopi kekinian.

Banyak orang datang ke kedai kopi untuk bertemu dengan teman, rekan bisnis, menikmati waktu bersama keluarga, dan sebagainya. Bahkan tak jarang meeting atau rapat tim kerja juga dilakukan di kedai kopi.

Tempat Pecinta Kopi Menikmati Berbagai Jenis Kopi

3. Tempat Pecinta Kopi Berpetualang Menikmati Berbagai Jenis Kopi

Kopi memiliki berbagai macam jenis dan variasi, sehingga wajar kalau aroma dan rasanya pun berbeda-beda. Ada kopi Arabika, Robusta, Flores, Toraja, dan banyak lagi.

Hal ini memungkinkan pecinta kopi untuk berpetualang rasa menikmati berbagai varian kopi berkualitas terbaik.

Rasa kopi akan jadi berbeda dan lebih nikmat ketika di kedai kopi menyajikan olahan kopi dengan tambahan bahan lain, seperti jahe, susu, sirup, whipped cream, dan masih banyak lagi.

Inilah yang kemudian membuka peluang bagi para pengusaha kedai kopi untuk menyediakan kopi berkualitas, rasa yang unik, dan suasana kedai yang nyaman.

4. Potensi Pasar yang Besar dan Peluang Meningkatkan Keuntungan

Potensi pasar yang besar juga merupakan alasan mengapa bisnis kedai kopi masih menguntungkan di Indonesia. Selain permintaan lokal, banyak turis asing yang datang ke Indonesia adalah penyuka kopi, sehingga mereka akan mencoba mengunjungi banyak kedai kopi selama berada di Indonesia.

Indonesia terkenal dengan kopi-kopinya yang berkualitas tinggi, seperti kopi Luwak dan kopi Mandailing. Jadi, membuka kedai kopi bisa menjadi peluang untuk menarik pelanggan lokal dan turis asing.

Apalagi biasanya tidak hanya kopi yang dijual di kedai kopi, namun ada juga produk lain, seperti snack, potongan cake, hotdog, burger, kentang goreng, dan masih banyak lagi. Tentunya keuntungan kedai kopi akan semakin besar ketika ada banyak produk makanan dan minuman yang tersedia.

5. Investasi Awal yang Terjangkau

Membuka kedai kopi bukanlah investasi yang membutuhkan modal besar. Anda bisa membuka kedai kopi kecil dengan modal sekitar 10 juta rupiah.

Tentu saja, modal yang lebih besar akan memungkinkan Anda untuk membuka kedai kopi yang lebih besar dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Namun, jika Anda ingin memulai bisnis kedai kopi dengan modal kecil, Anda masih bisa melakukan, bahkan cukup memanfaatkan ruang yang tersedia di rumah.

Mudah Dikelola

6. Mudah Dikelola

Bisnis kedai kopi lebih mudah dikelola dibandingkan bisnis lainnya, seperti restoran, depot makan, bahkan bisnis ritel. Sebab, kedai kopi biasanya tidak memerlukan banyak karyawan dan peralatan yang rumit.

Anda cukup mempekerjakan dua karyawan saja kalau kedai kopinya masih dalam skala kecil dan baru buka. Lalu sediakan mesin kopi dan alat seduh kopi yang sederhana dulu.

Nanti sejalan dengan perkembangan bisnis, Anda bisa menambah karyawan dan peralatan kopi yang lebih lengkap. Nah, supaya usaha kedai kopi Anda cepat berkembang, pastikan pencatatan transaksi keuangan bisnis terdata dengan rapi serta lengkap dengan laporan keuangan untuk setiap periode. Dari data inilah Anda bisa melakukan analisis kemajuan usaha, termasuk perhitungan penggunaan modal apakah sudah sesuai dengan keuntungan yang Anda dapatkan.

Kalau mau praktis dan efisien dalam proses penjualan, pencatatan setiap transaksi, perhitungan modal, stok bahan baku, bahkan membuat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir.

Pada tahap awal, gunakan dulu aplikasi kasir gratis sehingga Anda tidak perlu bayar biaya berlangganan dan bisa menghemat biaya operasional.

7. Dukungan Pemerintah

Pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan kepada usaha kedai kopi. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah menjadikan kopi sebagai komoditas unggulan. Hal ini tentunya membuat peluang usaha kedai kopi semakin menjanjikan.

Dengan prospek yang masih bagus dan peluang mendapatkan keuntungan yang besar, apakah Anda berminat untuk membuka usaha kedai kopi? Jika iya, sekalian baca dan pelajari persiapan modal yang dibutuhkan untuk buka usaha kedai kopi. Cek di sini ya: Modal yang Dibutuhkan untuk Buka Kedai Kopi dan Perhitungannya.

Banner-ireap

About

contact whatsapp
contact whatsapp