Syarat Aplikasi Point of Sale (POS) yang Bagus untuk Pebisnis UMKM

aplikasi point of sales

Aplikasi Point of Sale (POS) yang Bagus

Untuk memudahkan pengelolaan transaksi dan bisnis, pebisnis UMKM perlu menggunakan aplikasi point of sale yang bagus.

Nah, syarat point of sale (POS) yang bagus harus user friendly, memiliki fitur sesuai kebutuhan bisnis, dan tersedia pilihan metode pembayaran yang lengkap.

Selain itu, juga harus memiliki kompatibilitas tinggi dengan perangkat tambahan, mudah terintegrasi dengan sistem keuangan, dan sebagainya.

Cari tahu penjelasan lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Point of Sale (POS)?

Aplikasi POS atau dikenal pula dengan nama point of sale adalah sistem yang bisa membantu Anda memantau seluruh transaksi dalam bisnis, antara lain mencatat semua transaksi yang terjadi setiap hari, stok barang serta inventaris, mencetak nota penjualan, dan sebagainya.

Agar proses pencatatan dan pengelolaan transaksi bisnis bisa berjalan dengan baik, efisien, dan real time, Anda perlu memilih point of sale yang bagus. Berikut beberapa syarat yang wajib dimiliki aplikasi POS yang bagus.

7 Syarat Aplikasi Point of Sale (POS) yang Bagus untuk Pebisnis UMKM

1. Point of Sale Harus User Friendly

User interface (antarmuka) yang intuitif dan navigasi yang jelas akan memudahkan penggunaan. Apalagi kalau Anda mempekerjakan karyawan yang belum tentu familiar dengan berbagai fitur yang ada di aplikasi point of sale.

Hal terpenting berikutnya, pastikan penyedia layanan aplikasi point of sale juga menyediakan panduan penggunaan yang lengkap. Misalnya dalam bentuk booklet, artikel di situs web, atau bisa pula bertanya secara langsung kepada customer service terkait penggunaan aplikasi...

2. Memiliki Fitur Sesuai Kebutuhan Bisnis

Pada umumnya, aplikasi POS sudah tentu memiliki fitur untuk mengelola transaksi penjualan. Tetapi fitur ini termasuk standar lho. Maka saat memilih aplikasi point of sale yang bagus, cari tahu juga ketersediaan fitur lain yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Beberapa fitur yang sebaiknya juga ada pada aplikasi POS, antara lain fitur manajemen (database) pelanggan, pengelolaan inventaris dan stok barang yang real time, fitur untuk membuat program promosi, hingga ketersediaan data transaksi lengkap yang sudah berbentuk laporan keuangan.

3. Tersedia Pilihan Metode Pembayaran yang Lengkap

Kecanggihan teknologi memberikan banyak kemudahan, termasuk masalah pembayaran transaksi. Di saat yang sama, konsumen saat ini juga sudah terbiasa menggunakan metode pembayaran yang beragam sesuai preferensi masing-masing.

Maka sebagai pemilik bisnis, mau tidak mau Anda perlu menyediakan kemudahan bagi konsumen untuk melakukan pembayaran sesuai dengan keinginan mereka.

Untuk itu, pastikan pada aplikasi POS yang ada gunakan juga tersedia berbagai metode pembayaran, mulai dari QRIS, transfer bank, e-money (DANA, Gopay, ShopeePay, OVO, dll), maupun pembayaran dengan kartu kredit.

Aplikasi POS Menggunakan Barcode Scanner

4. Point of Sale yang Bagus Memiliki Kompatibilitas Tinggi dengan Perangkat Tambahan

Saat ini, aplikasi point of sale bisa digunakan pada perangkat mobile, tetapi dalam operasional bisnis sudah tentu Anda juga perlu menggunakan perangkat lain.

Misalnya perangkat cash drawer agar petugas kasir bisa menyimpan uang dengan aman, barcode scanner, printer bluetooth untuk cetak nota, dan sebagainya.

Itu sebabnya, Anda wajib cek dulu kompatibilitas aplikasi point of sale dan bisa tidak aplikasi tersebut digunakan bersamaan dengan penggunaan perangkat tambahan lainnya.

5. Terintegrasi dengan Sistem Cloud dan Laporan Keuangan

Point of sale (POS) yang bagus biasanya sudah terhubung dengan sistem cloud. Sistem ini memungkinkan Anda bisa mengakses data dari manapun dan kapanpun. Artinya, Anda bisa memantau dan mengontrol bisnis dengan lebih aman, mudah, dan lebih baik.

Selain itu, pastikan juga aplikasi POS yang digunakan sudah terintegrasi dengan laporan keuangan secara real time.

Tujuannya agar Anda jadi lebih mudah memantau arus kas, melacak pembayaran konsumen, mengetahui laba rugi usaha, cek produk yang laku, bahkan bisa mengetahui stok barang ketika ada barang masuk atau keluar.

Aplikasi POS Terintegrasi Dengan Laporan Keuangan

6. Skalabilitas dan Keamanan Data

Anda sudah tentu menginginkan bisnis yang terus bertumbuh dan mendapatkan keuntungan, kan?
Otomatis perangkat kasir yang Anda gunakan juga harus mampu mengakomodasi pertumbuhan bisnis tersebut, seperti peningkatan jumlah transaksi, inventaris yang lebih kompleks dan beragam, serta integrasi dengan berbagai perangkat lain yang perlu digunakan.

Selanjutnya, pilih pula aplikasi POS yang sudah memiliki fitur keamanan yang baik, seperti enkripsi data, perlindungan terhadap serangan siber, dan fitur backup data secara berkala.

Dengan cara ini, Anda bisa memastikan pelanggan mendapatkan keamanan transaksi sekaligus bisa mencegah potensi kehilangan data akibat human error atau perangkat yang rusak.

7. Sustainability dan Memiliki Dukungan Pelanggan

Sustainability bisa diartikan sebagai keberlanjutan. Maka aplikasi POS yang Anda gunakan sebaiknya punya kemampuan untuk terus berkembang secara berkelanjutan.

Artinya, sebelum menentukan pilihan untuk aplikasi POS yang mau digunakan, ada baiknya Anda bertanya dulu, apakah penyedia layanan aplikasi melakukan update secara berkala? Seberapa besar kemampuan aplikasi untuk mengelola data yang besar dan kompleks?

Jangan lupa, pastikan juga penyedia layanan aplikasi point of sale memiliki dukungan pelanggan yang responsif. Jadi, kapanpun Anda membutuhkan bantuan teknis, tim layanan pelanggan bisa membantu dengan cepat dan efektif.

Rekomendasi Aplikasi Point of Sale (POS) untuk Pebisnis UMKM dengan Fitur Lengkap

Jika saat ini Anda sedang mencari aplikasi point of sale (POS) yang fiturnya lengkap untuk memudahkan Anda mengelola usaha, coba gunakan aplikasi POS iReap POS.

Aplikasi ini sudah memiliki user interface yang ramah pengguna, bahkan pengguna yang belum terlalu paham teknologi pun bisa dengan mudah menggunakannya.

Fitur lain yang juga tersedia pada aplikasi iReap POS, seperti inventory dan stok barang, fitur manajemen pelanggan, serta laporan keuangan yang real time.

Selain itu, mudah terintegrasi dengan aplikasi maupun perangkat tambahan, rutin update sesuai kebutuhan bisnis, hingga tersedia layanan pelanggan yang siap membantu Anda. Yuk, langsung coba sendiri aplikasi iReap POS dengan klik banner di bawah ini.

Banner-ireap

About

contact whatsapp
contact whatsapp