Home » Strategi Marketing / Bisnis » 7 Tujuan Social Media Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

7 Tujuan Social Media Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

social-media-marketing-dan-tujuannya

Tujuan Social Media Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Social media marketing atau pemasaran di media sosial menjadi salah satu strategi bisnis yang bisa meningkatkan penjualan. Nah, apa yang dimaksud dengan sosial media marketing? Apa tujuan social media marketing? Yuk, baca di sini.

Apa yang Dimaksud dengan Sosial Media Marketing?

Social media marketing adalah bentuk pemasaran digital yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan dan memasarkan produk maupun jasa. Media sosial yang biasa digunakan, seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, TikTok, dan sebagainya.

Beberapa aktivitas dalam social media marketing, antara lain:

  • Membuat dan mengunggah konten secara rutin di media sosial untuk menyebarkan informasi dan membangun brand awareness.
  • Membangun interaksi dengan pelanggan dan melibatkan pelanggan dalam diskusi terkait produk dan brand.
  • Membangun brand loyalti dengan cara memberi informasi, menjawab pertanyaan, mengatasi keluhan.

Lalu, apa sih tujuan semua aktivitas yang Anda lakukan di media sosial bagi bisnis Anda? Lanjutkan membaca, ya.

Apa Tujuan Social Media Marketing?

Apa Tujuan Social Media Marketing?

1. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Tujuan utama pebisnis perlu melakukan social media marketing adalah untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Anda sebagai pebisnis bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan, mengetahui kebutuhan pelanggan, dan bisa langsung tahu respons pelanggan terhadap produk dan layanan bisnis Anda. Hubungan yang baik dengan pelanggan bisa meningkatkan loyalitas pelanggan, yang kemudian berdampak pada peningkatan penjualan.

2. Brand Building

Interaksi yang intens dengan percakapan aktif (antar pelanggan atau antara Anda sebagai pemilik brand dengan pelanggan) mengenai brand, layanan bisnis, dan produk Anda di media sosial bisa menjadi strategi meningkatkan brand awareness (kesadaran merek), brand recognition (pengenalan merek) dan recall (pengingatan kembali mengenai keberadaan merek), brand image (citra merek), sekaligus dapat menciptakan brand loyalti (loyalitas merek).

3. Media Publikasi

Media sosial bagus sebagai tempat untuk membagikan berbagai informasi mengenai produk, layanan bisnis yang tersedia, promosi dan diskon, bahkan Anda bisa berbagi tips dan informasi pendukung lainnya yang bisa jadi solusi bagi pelanggan.

4. Media Promosi

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan diskon yang menarik, produk baru, cara menggunakan produk, dan sebagainya. Selain membuat pelanggan merasa dihargai, cara ini juga bisa mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian, terutama untuk program diskon terbatas atau diskon khusus.

5. Memudahkan Riset Pasar

Menerapkan social media marketing juga dapat memudahkan pebisnis mempelajari perilaku pelanggan, mengetahui keinginan dan kebutuhan mereka, sekaligus mempelajari strategi promosi yang digunakan kompetitor.

Social Media Marketing Membantu Riset Pasar

6. Membuat Pelanggan Jadi Ingat Brand dan Produk Anda

Aktivitas di media sosial dengan rutin mengunggah konten yang kekinian akan membuat pelanggan jadi terus mengingat brand dan produk Anda. Bahkan hanya melihat gambar, warna, logo, tagline, atau contoh produk, mereka mengenali produk Anda dengan baik. Ketika mereka membutuhkan suatu produk, bisa jadi mereka langsung teringat dengan produk Anda.

7. Meningkatkan User Engagement

Semakin aktif pelanggan berinteraksi di media sosial Anda, maka semakin tinggi pula angka user engagament yang Anda dapatkan. Pelanggan yang sudah terhubung dengan baik dengan produk dan layanan bisnis Anda, sudah pasti akan ingat produk Anda dengan baik. Ini sudah tentu dapat mendorong terjadinya penjualan.

Setelah tahu social media marketing dan tujuannya, sekarang waktunya Anda menerapkan social media marketing pada bisnis Anda agar penjualan meningkat. Nah, untuk memudahkan proses pencatatan transaksi penjualan, jangan lupa gunakan aplikasi kasir. Baca juga manfaat menggunakan aplikasi kasir bagi bisnis.
Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp ireap pos