Inilah Pentingnya Standar Operasional Prosedur Perusahaan

standar operasional prosedur perusahaan

Pentingnya Standar Operasional Prosedur Perusahaan

Standar Operasional Prosedur perusahaan atau SOP perusahaan adalah suatu sistem yang sengaja perusahaan buat sebagai panduan bagi karyawan menyelesaikan tugas dan pekerjaannya.

Selain itu, adanya SOP juga memberikan kemudahan, merapikan, sekaligus membuat operasional kerja di perusahaan menjadi lebih tertib, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas secara keseluruhan.

Kenapa Perusahaan Perlu SOP?

1. Sebagai Acuan Operasional Usaha

Standar operasional prosedur berbentuk dokumen yang isinya berupa panduan bagi seluruh karyawan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Adanya SOP sebagai acuan ini bertujuan untuk meminimalkan terjadi kesalahan dan memudahkan setiap orang untuk memahami alur kerja di perusahaan.

2. Bekerja Lebih Efisien Sesuai Standar

Adanya SOP membantu memberi batasan dan standar yang sama bagi seluruh karyawan sehingga bisa bekerja dengan efisien, bahkan bisa mempercepat proses penyelesaian pekerjaan.

Standarisasi proses kerja juga dapat menghilangkan kemungkinan duplikasi pekerjaan sehingga dapat menghemat waktu dan sumber daya.

Dengan cara ini, semua karyawan juga dapat bekerja sesuai dengan peraturan yang telah dibuat oleh perusahaan...

3. Karyawan Lebih Mandiri

SOP membantu seluruh karyawan menjadi lebih tertib, mandiri, bahkan membantu agar karyawan tidak terlalu bergantung pada manajemen.

Sebagai contoh, karyawan tahu aturan kerja yang perlu diikuti untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu, ketentuan absensi dan jam kerja, bahkan sanksi bagi yang melanggar peraturan. Selain itu, cukup melihat SOP, mereka bisa mengoperasikan alat kerja, melakukan perawatan, juga perbaikan cara kerja.

Improving Corporate Accountability

4. Meningkatkan Akuntabilitas

Kenapa perusahaan perlu SOP? Sebab adanya SOP dapat membantu meningkatkan akuntabilitas saat melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Hal ini akan membuat para karyawan jadi lebih tertib dalam menjalankan pekerjaan. Mereka bahkan berlomba-lomba bekerja sesuai aturan demi mendapat penghargaan maupun kenaikan pangkat.

5. Taat Aturan dan Hukum

Keberadaan SOP memastikan kinerja dan cara bekerja seluruh elemen di dalam perusahaan sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku. Di saat yang sama, pengambilan keputusan lebih lanjut untuk pengembangan perusahaan pun jadi lebih mudah dilakukan.

6. Keterbukaan Informasi

Perusahaan dapat mewujudkan keterbukaan informasi berkat adanya SOP. Baik itu informasi keselamatan, kesehatan, lingkungan, bahkan operasional yang membantu semua karyawan melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Dengan cara ini, karyawan bisa berfokus dalam bekerja tanpa perlu sibuk mencari informasi yang dibutuhkan lagi berkat semuanya sudah tersedia dalam SOP.

Mengurangi Kesalahan Operasional Perusahaan

7. Mengurangi Kesalahan

SOP dapat membantu karyawan untuk memahami proses kerja dengan memberikan panduan yang jelas dan langkah-langkah yang terstruktur.

Contohnya:

  • SOP tentang cara membuat kopi yang tersedia di kedai kopi. SOP ini dapat membantu karyawan menghindari kesalahan dengan memberikan panduan yang jelas tentang cara menggunakan mesin kopi, cara menakar kopi, dan cara menyeduh kopi.
  • SOP tentang cara melayani pelanggan pada bisnis ritel atau restoran. SOP perusahaan seperti ini dapat membantu karyawan menghindari kesalahan dengan memberikan panduan tentang cara berkomunikasi dengan pelanggan, cara menangani keluhan pelanggan, dan cara menyelesaikan masalah pelanggan.
  • SOP tentang cara menggunakan mesin produksi dapat membantu karyawan menghindari kesalahan dalam mengoperasikan mesin produksi, cara menjaga mesin produksi tetap dalam kondisi baik, dan cara mengatasi masalah yang terjadi pada mesin produksi.

Jika Anda adalah pemilik perusahaan, maka buatlah SOP perusahaan yang akan membantu Anda menjalankan operasional usaha dengan lebih sistematis dan terstruktur rapi. Supaya bisa merasakan manfaat SOP perusahaan seperti penjelasan di atas, terapkan juga Kiat Sukses Mencapai Tujuan Standar Operasional Prosedur.

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp
contact whatsapp