5 Alasan UMKM dan UKM Harus Menggunakan Aplikasi Kasir Gratis

UMKM UKM perlu aplikasi kasir gratis

5 Alasan UMKM Menggunakan Aplikasi Kasir Gratis

Kenapa UMKM dan UKM harus pakai aplikasi kasir? Aplikasi kasir membantu Anda mengelola setiap transaksi bisnis dengan efisien, meminimalkan risiko terjadi kesalahan transaksi, membantu memantau stok barang, dan masih banyak lagi. Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

5 Alasan UMKM dan UKM Harus Pakai Aplikasi Kasir Gratis

Aplikasi kasir gratis dapat membantu UMKM dan UKM mengelola bisnis secara lebih efisien dan produktif, mulai dari manajemen stok barang, pengelolaan keuangan, hingga meningkatkan penjualan dan keuntungan. Berikut penjelasannya:

1. Memudahkan Pengelolaan Keuangan dan Transaksi Bisnis

Jika menggunakan aplikasi kasir gratis, maka Anda bisa lebih cepat dalam memproses transaksi sekaligus merekam seluruh transaksi yang terjadi, baik transaksi penjualan, pembelian, serta mengurangi / menambah stok barang secara otomatis.

Layanan pelanggan pun jadi lebih baik. Ketika pelanggan mau melakukan pembayaran, Anda bisa melayani mereka dengan cepat, namun tetap aman, dengan risiko terjadinya salah hitung nota penjualan pun kecil. Selain itu, semua transaksi akan secara otomatis tercatat dalam laporan keuangan yang detail.

2. Operasional Bisnis Lebih Cepat dan Efisien

Menjalankan operasional bisnis secara manual tanpa aplikasi kasir pastinya membuat Anda repot. Ketika ada pelanggan yang mau bayar, maka Anda perlu menulis nota penjualan dulu, memasukkan nama barang, harganya, kemudian perlu mentotal jumlah penjualan.

Setelahnya, Anda perlu membungkus barang belanjaan pelanggan sembari melakukan pengecekan ulang. Belum lagi Anda perlu menghitung uang kembalian. Proses ini jelas memakan waktu dan membuat pelanggan lama menunggu.

Lain halnya kalau Anda sudah menggunakan aplikasi kasir gratis. Anda tinggal melakukan scan barcode sembari memasukkan produk ke tas belanja. Seluruh barang yang dibeli pelanggan secara otomatis terinput ke aplikasi lengkap dengan harganya, bahkan langsung ada nominal jumlah uang yang harus pelanggan bayar.

Otomatisasi pada stok barang pun berjalan secara real-time. Saat ada barang yang laku terjual, stok akan berkurang, sehingga Anda bisa langsung tahu jumlah persediaan barang yang masih ada di toko.

Operasional Bisnis Lebih Cepat dan Efisien

3. Meningkatkan Kepercayaan dan Kenyamanan Pelanggan dalam Berbelanja

Pernah tidak Anda mengalami rasa ragu ketika berbelanja di suatu toko, ketika melihat pemilik toko melakukan perhitungan manual untuk semua belanjaan Anda? Atau jangan-jangan Anda juga ikut menghitung karena takut penjualnya salah hitung.

Rasa ragu dan tidak percaya seperti yang Anda rasakan tersebut, juga bisa lho dirasakan pelanggan ketika berbelanja di toko yang masih melakukan proses transaksi secara manual.

Itulah sebabnya, pebisnis UMKM dan UKM, yang meskipun usahanya masih kecil, perlu menggunakan aplikasi kasir gratis. Sebab, aplikasi kasir yang bekerja secara otomatis dalam menginput dan menghitung transaksi bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Selain itu, bisa pula membuat pelanggan nyaman melakukan transaksi dengan bisnis Anda. Hal ini karena pelanggan bisa langsung melihat proses perhitungan otomatis yang dilakukan aplikasi kasir, kemudian mereka juga bisa menerima struk pembelian dengan cepat.

4. Mengelola dan Mengontrol Stok Barang secara Efektif

Sebagai pemilik bisnis UMKM atau UKM, Anda sudah tentu harus mengelola dan mengontrol stok barang, persediaan, dan inventaris. Bahkan kalau usaha Anda masih kecil, tetap perlu menggunakannya. Mengapa? Sebab, ketika terjadi penjualan, sistem dalam aplikasi akan langsung mengurangi jumlah persediaan barang.

Begitupun ketika Anda melakukan pembelian, maka secara otomatis jumlah barang yang masuk akan menambah stok dan persediaan barang. Cara ini membantu Anda mengetahui dengan cepat, mana saja produk yang laris terjual serta mana yang penjualannya lambat.

Untuk penjualan yang lambat atau kurang laku, Anda bisa menerapkan harga diskon khusus, menjual dengan harga modal (yang tidak membuat Anda rugi), atau menjual dengan sistem bundling.

Tujuannya, agar produk yang kurang laku bisa cepat habis dan modal usaha tidak tertahan dalam bentuk barang. Cara ini juga efektif untuk mencegah terjadinya kerugian akibat barang expired.

Sementara untuk produk yang cepat laku, Anda bisa melakukan restock atau menambah persediaan agar produk selalu tersedia. Jadi saat pelanggan mau membeli produk, mereka bisa langsung mendapatkannya.

Dengan produk yang laku selalu tersedia, keuntungan yang Anda dapatkan akan meningkat sejalan dengan peningkatan angka penjualan. Artinya, selama Anda bisa menjual produk laku sebanyak mungkin, ya keuntungan bisnis jadi semakin besar.

Semua manfaat di atas bisa Anda dapatkan kalau menggunakan aplikasi untuk kasir. Dengan catatan, Anda memang sudah menggunakan dan memilih aplikasi kasir gratis terbaik.

Mengelola Stok Barang secara Efektif

5. Meminimalkan Risiko Kerugian dan Akurasi Data

Salah menjumlahkan harga produk saat membuat nota penjualan secara manual, atau salah memberikan uang kembalian kepada pelanggan, adalah penyebab paling sering yang membuat bisnis mengalami kerugian.

Nah, cara terbaik untuk mencegah kerugian sudah tentu Anda perlu menggunakan suatu sistem yang memudahkan kerja kasir.

Dengan adanya aplikasi kasir gratis yang bisa digunakan di smartphone, Anda cukup melakukan scan barcode saja. Lalu semua data penjualan akan tercatat secara detail. Di saat yang sama, tersedia pula data yang akurat untuk memudahkan proses analisis dan evaluasi bisnis.

Contohnya, Anda menjalankan usaha toko kelontong. Ketika ada pelanggan yang berbelanja di toko Anda dengan jenis dan jumlah produk yang banyak, tentunya akan merepotkan kalau harus melakukan perhitungan secara manual.

Sebaliknya kalau Anda sudah menggunakan aplikasi pada bagian kasir, sistem bisa langsung melakukan pencatatan transaksi, mulai dari nama produk, kuantitas atau jumlah produk yang dibeli, harga satuan, harga total per item produk, hingga menjumlahkan keseluruhan penjualan secara otomatis dan cepat.

Banyak ya manfaat dan keuntungan menggunakan aplikasi kasir gratis. Apalagi sudah cukup banyak bukti penggunaan aplikasi kasir bisa meningkatkan penjualan lho. Mau tahu? Baca di sini: Cara Aplikasi Kasir Gratis Membantu Meningkatkan Penjualan.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp