10 Alasan Menggunakan Aplikasi Kasir untuk Mengembangkan Bisnis

aplikasi-mesin-kasir-toko-untuk-mengembangkan-bisnis

Alasan Menggunakan Aplikasi Kasir

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis atau menjalankan usaha toko, baik toko kelontong, toko rumahan, kios kecil, bahkan depot makanan, perlu tidak sih menggunakan aplikasi kasir? Nah, ini 10 alasan kenapa harus pakai aplikasi kasir dalam mengelola dan menjalankan bisnis secara praktis dan efektif.

Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi Kasir?

1. Efisiensi Waktu dalam Pengelolaan Semua Transaksi

Ada banyak jenis transaksi yang terjadi dalam pengelolaan bisnis dalam satu hari, mulai transaksi penjualan, transaksi pembelian bahan, ketersediaan stok barang, dan sebagainya. Penggunaan aplikasi kasir akan membantu Anda bekerja lebih efektif dalam mengelola semua transaksi tersebut.

Anda tinggal melakukan input data, yang secara otomatis akan terintegrasi dengan keseluruhan data bisnis yang sudah Anda miliki, seperti:

  • Harga setiap produk sudah sesuai dengan harga yang tercantum begitu Anda memasukkan nama produk.
  • Jika terjadi penjualan, stok barang secara otomatis akan berkurang sehingga Anda tidak perlu mengecek rak hanya untuk tahu jumlah barang yang tersisa atau jumlah barang yang hampir habis.
  • Aplikasi kasir bisa langsung menyajikan seluruh data transaksi beserta laba yang didapatkan saat Anda tutup toko. Ini lebih praktis dan cepat daripada Anda harus menjumlahkan setiap nota penjualan secara manual.

2. Meminimalkan Risiko Terjadinya Kesalahan Transaksi

Aplikasi kasir memungkinkan Anda memeriksa kembali setiap input transaksi yang Anda lakukan sebelum melakukan pencetakan struk atau invoice. Cara ini jelas meminimalkan risiko terjadinya kesalahan transaksi yang berpotensi merugikan Anda sebagai pemilik bisnis atau merugikan pelanggan.

3. Mengontrol Ketersediaan Barang dengan Lebih Cepat

Umumnya, sudah tersedia fitur manajemen inventori dan stok barang dalam aplikasi kasir. Nah, menggunakan fitur aplikasi kasir tersebut memungkinkan Anda melakukan kontrol yang lebih baik atas ketersediaan barang. Anda tidak perlu memeriksa gudang untuk memastikan berapa jumlah stok barang yang tersedia. Cukup buka aplikasi kasir, ketikkan nama produk, dan data mengenai jumlah stok akan langsung bisa Anda lihat.

4. Laporan Keuangan Langsung Jadi

Hal paling merepotkan dalam pengelolaan bisnis adalah membuat laporan keuangan harian, mingguan, atau laporan keuangan bulanan. Jika melakukan secara manual, jelas membutuhkan waktu dan tenaga, kan? Sebagai solusi praktis yang mempermudah proses pembuatan laporan keuangan bisa menggunakan aplikasi kasir.

Contohnya, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir iReap yang secara otomatis menyajikan laporan yang Anda butuhkan, seperti laporan transaksi penjualan harian, laporan keluar masuk barang, laporan keuangan bulanan, dan sebagainya. Laporan keuangan yang sistematis dan tersaji rapi akan memudahkan Anda merancang strategi yang lebih baik untuk mengembangkan usaha.

Sistem Keamanan Aplikasi Kasir yang Lebih Baik

5. Sistem Keamanan yang Lebih Baik

Aplikasi kasir akan mencatat rincian transaksi penjualan setiap hari. Di akhir hari, Anda bisa langsung mengetahui berapa jumlah uang tunai hasil penjualan, berapa uang non tunai yang masuk, jumlah barang yang laku dan stok barang yang masih tersedia dengan lebih akurat dan aman.

Penggunaan aplikasi kasir juga memungkinkan Anda menggunakan karyawan untuk menjalankan operasional bisnis, bahkan menerima uang masuk, tanpa takut terjadi kecurangan. Mengapa? Sebab, Anda tetap bisa memantau operasional bisnis bahkan dari rumah, berkat sistem keamanan dalam aplikasi kasir yang bisa mencegah berbagai kecurangan yang mungkin terjadi.

6. Proses Analisis Bisnis dan Penentuan Strategi yang Lebih Efektif

Data transaksi yang langsung tersedia dalam aplikasi kasir akan membantu Anda melakukan analisis bisnis, mulai dari identifikasi barang laku, barang yang tidak laku, stok barang, jumlah barang yang perlu diretur, dan sebagainya. Bahkan Anda bisa merancang dan menentukan strategi marketing yang lebih baik untuk periode berikutnya.

Fitur pendukung untuk menjalankan strategi marketing yang tersedia dalam aplikasi kasir, misalnya fitur diskon yang bisa di-setting akan otomatis aktif pada jam tertentu. Adanya fitur ini membuat Anda bisa melakukan promo diskon secara terjadwal, sehingga target penjualan bisa lebih mudah dicapai.

7. Pelayanan Bisnis Jadi Lebih Baik dan Lebih Cepat

Hal paling mengesalkan pelanggan ketika hendak melakukan transaksi adalah antrian yang panjang dan lama. Nah, untuk mencegah terjadinya antrian di kasir, gunakan saja aplikasi kasir yang sudah memiliki fitur lengkap, mulai dari input transaksi, pencatatan transaksi secara otomatis, menghitung total transaksi dengan lebih cepat, bahkan memudahkan pelanggan melakukan pembayaran dengan tersedianya berbagai metode pembayaran (tunai, OVO, Gopay, QRis, dan sebagainya).

8. Pengelolaan Bisnis Bisa Dilakukan dari Mana Saja

Jika bisnis Anda sudah memiliki banyak cabang atau toko, Anda tidak perlu menghabiskan seluruh waktu Anda untuk berada di setiap toko. Anda bisa memberikan tugas operasional kepada karyawan. Selebihnya, Anda cukup memantau pengelolaan bisnis dari mana saja, cukup dengan melihat data real time yang tersedia di aplikasi kasir.

Aplikasi Kasir Lebih Hemat

9. Hemat Biaya Operasional

Penggunaan satu aplikasi kasir sudah bisa memenuhi kebutuhan Anda untuk dapat mengontrol operasional toko cukup dengan biaya yang sangat terjangkau. Bahkan satu aplikasi kasir bisa digunakan oleh beberapa kasir dengan akun user yang berbeda. Artinya, Anda sudah tidak perlu lagi menyediakan mesin kasir lain dalam jumlah banyak yang butuh biaya perawatan dan perbaikan. Dengan hanya menggunakan satu aplikasi kasir yang sudah mengakomodasi kebutuhan Anda dalam mengelola bisnis, jelas akan menghemat biaya operasional.

10. Memudahkan Integrasi dengan Banyak Saluran Penjualan

Memiliki banyak saluran penjualan membuka peluang terjadi peningkatan penjualan dan keuntungan bisnis. Dulu, setiap saluran penjualan membutuhkan karyawan dengan sistem operasional dan manajemen tersendiri. Sekarang berkat adanya aplikasi kasir yang bisa terintegrasi dengan banyak saluran penjualan, akan memudahkan Anda memantau penjualan di toko fisik sekaligus memantau penjualan melalui e-commerce, reseller, dan sebagainya.

Setelah membaca 10 alasan betapa untungnya Anda menggunakan aplikasi kasir di atas, sekarang waktunya Anda mencoba sendiri. Langsung unduh yuk, aplikasi kasir gratis ini.

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp
contact whatsapp